Daftar Action Camera Terbaik Yang Recommended

7 bulan lalu

Dengan semakin berkembangnya media sosial yang lebih banyak membagikan foto dan juga video, tentu saja membuat orang-orang tiba-tiab akan jadi demam dengan fotografi dan videografi. Apalagi saat ini kebanyakan foto ataupun video yang diambil adalah sebuah video aksi diluar ruangan. nah untuk menunjang kegiatan yang dilakukan diluar ruangan dan mengabadikannya kedalam bentuk video, diperlukan sebuah kamera jenis kusus yakni action camera.

Kalau kamu pernah melihat orang-orang yang meletakan kamera kecil di pada bagian atas kepalanya ataupun meletakkan kamera kecil di sepeda ataupun sepeda motor miliknya, itu adalah salah satu jenis action camera. Namun tentu saja tidak semua kegiatan yang kamu lakukan ada di daratan. Terkadang juga kamu pasti ingin mengabadikan kegiatan air seperti menyelam ataupun snorkling. Meskipun kedua jenis kegiatan itu sama-sama memerlukan action camera, namun untuk mengabadikannya diperlukan dua buah jenis kamera yang berbeda tentunya. Kalau saat inikamu ingin membeli sebuah action camera, berikut ini adalah sedikit deretan action camera terbaik dan juga terpopuler 2018.

1. GoPro HERO6 Black

Action Camera Terbaik - GoPro HERO6 Black

photo via : www.bhphotovideo.com

Action Camera kita yang pertama adalah GoPro HERO6 Black yang merupakan keluaran baru dan merupakan penerus dari seri GoPro HERO5 Black. Meskipun kamera yang satu ini memiliki bentuk yang relatif sama dengan pendahulunya, namun bagian dalam ataupun jeroan dari kamera ini amatlah berbeda dan mengalami perubah yang cukup signifikan. GoPro HERO6 Black telah dibekali dengan mesin pemrosesan GP1 terbaru yang mampu merekam video berkualitas 4K pada 6-fps. Selain itu, action camera ini juga telah membawa fitur penstabil gambar, termasuk dynamic range yang lebih lebar dan performanya yang lebih maksimal di kondisi pencahayaan rendah. Dengan pembaharuan tersebut, tentu saja membuat performa GoPro HERO6 Black lebih baik dibandingkan GoPro HERO5 Black. Selain itu, kamera jenis ini juga mampu bertahan di dalam air dengan dengan kedalaman hingga 10m. Untuk harganya sendiri, kamera yang satu ini bisa dibilang lumayan, yakni sebesar Rp 6 juta-an.

2. Sony DSC-RX0

Action Camera Terbaik - Sony DSC-RX0

photo via : www.ephotozine.com

Kalau urusan kamera, sepertinya banyak orang yang sukan dengan merk yang satu ini. Apalagi kalau bukan Sony, Sony memang terkenal memiliki kualitas kamera yang amat bagus dan mampu menghasilkan gambar yang enak untuk dilihat. Seperti seri action kamera Sony DSC-RX0 yang telah dirilis tahun 2017 yang lalu. Kamera yang satu ini memang dibuat sebagai pesaing yang cocok untuk seri GoPro HERO6 Black. DSC-RX0 dibesut dengan sensor 1 inci yang lebih besar dibandingkan kamera sekelasnya. Selain itu ukurannya yang cukup compact, namun dengan sonsor lensa yang lebih besar, kamera ini juga ukurannya tidak lebih besar dibandingkan GoPro HERO6 Black yang merupakan pesaingnya. Sony DSC-RX0 ini sendiri dibekali dengan kamera dengan lensa ZEISS yang mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi, baik di atas ataupun di dalam air. Bahkan kamera ini juga mampu merekam video super-slow dan mengabadikan gambar still 15MP. Sama seperti seri GoPro HERO6 Black, action camera buatan Sony ini juga mampu menyelam kedalam air hingga kedalaman 10M dan bahkan jika menggunakan casing kusus, ia mampu menembus kedalaman 100meter. Sesuai daengan kemampuannya, action camera seri Sony DSC-RX0 memiliki harga yang cukup fantastis yakni sekitar Rp 8 juta-an.

3. GoPro HERO5 Black

Action Camera Terbaik - GoPro HERO5 Black

photo via : www.bhphotovideo.com

Walaupun sudah ada versi terbarunya yakni seri GoPro HERO6 Black, namun seri pendahulunya yakni GoPro HERO5 Black juga masih tetap tangguh untuk digunakan. Kemampuan dari action camera ini memnag tidak perlu diragukan lagi dan bahkan kamera ini merupakan salah satu kamera terbaik dan paling banyak dicari saat ini. Action camera yang satu ini mampu merekam video footage 4K hingga 30fps. Selain itu video footage yang dihasilkan juga terlihat sangat halus, serta mampu untuk mengabadikan gambar still dalam raw format, sehingga GoPro HERO5 Black cukup fleksibel untuk digunakan. Sama seperti action camera lainnya, seri ini juga mampu untuk digunakan untuk menyelam di dalam air hingga kedalaman 10 meter tanpa harus menggunakan casing pelindung tambahan lainnya. Untuk baterainya sendiri untuk ukuran kamera, bisa dibilang cukup lama karena action camera yang satu ini bisa bertahan 1 hingga 3 jam lamanya. Hal yang paling mungkin dicari orang-orang adalah harganya yang tidak terlalu mahal untuk ukuran action camera, yakni sektiar Rp 3,7 juta-an.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

4. YI 4K+ Action Camera

Action Camera Terbaik - YI 4K+ Action Camera

photo via : www.digitaltrends.com

Kalau kamu mencari action camera yang cukup tangguh namun dengan harga yang tidak mahal, mungkin action camera YI 4K+ ini bisa kamu jadikan alternatif. Action camera ini telah diisi dengan layar touhscreen yang memiliki ukuran jauh lebih besar dibandingkan milik GoPro HERO6 Black, tentu saja lengkap dengan dukungan resolusi 4K footage pada 60fps. Adapun untuk kualitas gambar/video yang dihasilkan dari camera ini juga cukup mendetail, halus, dan memiliki warna yang tajam. Action camera ini sendiri memiliki antarmuka pengguna yang cepat diakses dan cukup simpel. Hanya saja untuk kamera yang satu ini berbeda dengan seri Go Pro, kamera ini tidak dibekali dengan pelindung waterproof yang mampu melindunginya dari air. Jadi kamu yang ingin merekam aktivitas di dalam air, hendaknya jangan menggunakan action camera yang satu ini. Untuk harnya sendiri, seri kamera ini memiliki harga yang amat bersaing untuk spesifikasi canggih yang dimiliknya yakni hanya sekitaran Rp 3,5 juta-an saja kamu sudah bisa mendapatkan action camera yang satu ini.

5. YI 4K Action Camera

Action Camera Terbaik - YI 4K Action Camera

photo via : www.bhphotovideo.com

Untuk seri action camera yang satu ini merupakan seri pendahulu dari YI 4K+. Namun meskipun sudah ada yang baru, seri ini tetap amat diminati oleh orang-orang. Sama seperti versi updatenya, seri ini juga tidak bisa digunakan didalam air. Hanya saja dengan menggunakan sebuah pelindung kusus, action camera yang satu ini sudah bisa digunakan didalam air tapi tentu saja karena kamera ini tidak dibekali dengan perlindungan waterproof, hal ini amatlah riskan untuk dilakukan. YI 4K Action Camera semndiri telah dibekali dengan layar touhcsreen yang besar dan juga responsif, lengkap dengan baterai berukuran besar dan memiliki kecepatan transfer daya yang cukup cepat. YI 4K Action Camera ini juga telah dilengkapi dengan korektor distorsi lensa dan fitur image stabilisation sebagai penstabil video. Jika dilihat dari sisi performanya, action camera ini mampu merekam video 4K dengan putaran 30fps dan kamera still 12MP. Untuk harganya sendiri, kamera yang satu ini tergolong murah yakni sekitar Rp 2,5 juta-an.

6. Olympus Stylus TG-Tracker

Action Camera Terbaik - Olympus Stylus TG-Tracker

photo via : www.scandinavianphoto.se

Deretan kamera selanjutnya adalah Olympus Stylus TG-Tracker. Kamera yang satu ini bisa dibilang salah satu kamera terpopuler yang ada saat ini. Dengan berat hanya 180 gram dan mampu bertahan di dalam air hingga kedalaman 30 meter, Olympus Stylus TG-Tracker membuktikan dirinya sebagai salah satu kamera aksi terbaik saat ini. Apalagi kamera mungil yang satu ini mampu merekam video footage berkualitas 4K pada 30 fps, sedangkan di resolusi 1080p, ia mampu merekam video pada 60 fps. Bahkan Olympus Stylus TG-Tracker disebut juga mampu bekerja di berbagai kondisi ekstrim, termasuk mampu bertahan di suhu minus 10 derajat C. Kamera ini juga mampu bertahan meskipun dijatuhkan dari ketinggian 2 m dan menahan bebannya hingga 100 kg. Kamera ini juga memiliki layar flip-out 3.8 inci yang mampu memudahkan penggunanya untuk merekam berbagai momen berharga, juga lampu LED untuk perekaman di malam hari. Apalagi kamera ini juga telah dilengkapi dengan sensor mulai GPS, compass, accelerometer, barometer untuk tekanan udara dan air yang bisa menjadi data tambahan saat merekam video. Jadi kalau kamu senang bepergian ke tempat-tempat ekstrim dan ingin mengabadikannya, kamera yang satu ini amat cocok untukmu. Hanya saja satu sedikit kekurangan dari action camera ini adalah kualitas foto yang dihasilkan hanya memiliki resolusi 8MP saja.

7. Sony Action Cam FDR-X3000R

Action Camera Terbaik - Sony Action Cam FDR-X3000R

photo via : www.amazon.com

Kamera selanjutnya berasal dari produsen yang amat terkenal akan kualitas kameraya yang amat bagus. Kali ini salah satu hasil dari action camera yang dimilikinya juga amat bagus yakni seri Sony Action Cam FDR-X300R. Seri ini memiliki desain yang cukup mungil dengan dengan berat yang amat ringan yakni hanya sebesar 114 gram saja. Action camerqa ini sendiri mampu bertahan di dalam air hingga kedalaman 60 meter namun dengan casing tambahan tentunya. Dibandingakan dengan action camera Sony lainnya, kamera ini juga lebih stabil jika dibandingkan dengan action camera Sony lainnya dengan hadirnya fitur SteadyShot yang mampu menstabilkan perekaman video. Selain hal itu, Sony Action Cam FDR-X300R ini juga telah dibekali dengan lensa besutan ZEISS yang mampu membuat hasil rekaman video begitu tajam dan bebas pantulan. Dari sekian banyak fitur canggih yang dimiliki oleh actino camera yang satu ini, nilai jual paling memukau dari kamera ini adalah desainnya yang amat ramping dan juga ringan yang memungkinkan action camera ini mampu merekam video dengan kualitas suara yang bagus dan mampu meredam berbagai noise yang lainnya, sehingga audio yang dihasilkan bisa terdengar dengan jelas. Untuk harganya sendiri, action camera yang satu ini dijual dengan harga sekitaran Rp 5,7 juta-an

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

8. YI Lite

Action Camera Terbaik - YI Lite

photo via : www.tomtop.com

Kalau kamu ingin coba-coba, mungkin kamera yang satu ini bisa dijadikan pilihan karena harganya yang cukup murah yakni hanya sekitar Rp 2 juta-an saja. Meskipun harganya yang cenderung murah, namun action camera ini memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni dikelasnya dengan harga segitu tentunya. YI Lite ini sendiri merupakan perpaduan antara YI generasi pertama dan YI 4K. Dengan telah dilengkapi dengan layar touch screen 2 inci dan pelindung Gorilla Glass. Dari sisi baterainya juga, action camera ini menggunakan baterai lithium berkapasitas 1,200 mAh yang mampu membuat YI Lite bertahan hingga 140 menit untuk merekam video 1080 p pada 60 fps, lengkap dengan dukungan Bluetooth dan WiFi. YI Lite juga telah mendukung sensor Sony CMOS f/2.8 dan lensa 16MP. Kamera aksi YI Lite ini juga mampu merekan video full HD 1080p atau video 4K, dilengkapi lensa wide angle 150 derajat. Hanya saja, untuk perekaman video 4K hanya memiliki standar 15 fps yang merupakan di bawah standar video 4K yang sebesar 30 fps.

9. Brica B-PRO5 Alpha Edition mark II

Action Camera Terbaik - Brica B-PRO5 Alpha Edition mark II

photo via : www.bricanova.com

Action Camera milik kita selanjutnya adalah Brica B-PRO5 Alpha Edition mark II. Kamera yang satu ini telah dibekali dengan berbagai fitur yang tentu saja amat lumayan sebagai action camera dengan resolusi 4K. Brica B-PRO5 Alpha Edition mark II ini mampu merekam video 4K pada 30 fps dengan 8 layer lensa. Denga CMOS Sensor, Brica B-PRO5 Alpha Edition mark II ini juga mampu mengabadikan gambar 16MP dengan hasil yang cukup baik. Nilai lebih dari kamera yang satu ini lainnya adalah kemampuannya untuk bertahan hingga di kedalaman 40 meter di dalam air. kamera ini juga memiliki konektivitas WiFi, Brica B-PRO5 Alpha Edition mark II yang juga dibekali dengan panel LCD True Color 2 inci. Kamarenya sendiri memiliki wide 170 derajat yang mampu memeberikan jangkauan frame yang tentu saja lebih luas. Untuk harganya, action camera yang satu ini dibandrol dengan harga sekitrat Rp 1 Juta-an.

10. GoPro Fusion

Action Camera Terbaik - GoPro Fusion

photo via : www.bhphotovideo.com

Action camera kita selanjutnya adalah GoPro Fusion. Seri kamera yang satu ini bisa dibilang salah satu yang terbaik. Tapi kalau kita ngomongin yang terbaik, yah tentu saja sesuai juga dengan harganya yah. Harga action camera yang satu ini sendiri sekitar Rp 10 juta-an. Meskipun lumayan mahal, tapi kalau kamu milih action camera yang satu ini tentu saja gak bakalan nyesel. Apalagi dengan kemampuan yang dimilikinya yang mampu merekam video 360 derajat menjadi nilai jual utama dari GoPro Fusion ini. Selain hal tersebut, kamera ini juga dibekali dengan 2 kamera di bagian depan dan belakang, masing-masing memiliki sensor 18MP. Hebatnya lagi kedua kamera ini mampu merekam video dengan resolusi 5.2K pada 30 fps dan video 3K pada 60 fps. Untuk kapasitas baterainya sendiri, action camera ini mampu bertahan untuk merekam video hingga 1 jam 15 menit. GoPro Fusion ini juga mampu membuat video dan juga gambar dengan jarak pandang dan sudut yang lebih luas. Dari sisi bentuk dan juga desainnya, seri ini memiliki bentuk yang tidak begitu berbeda jauh dari seri GoPro Hero.

11. Ricoh WG M1

Action Camera Terbaik - Ricoh WG M1

photo via : www.plazakamera.com

Action camera kita selanjutnya adalah Ricoh WG M1. Dilihat secara sepintas, action camera yang satu ini memang memiliki bentuk dan juga desain yang unik. Kamera ini sendiri mampu mengambil gambar video maupun foto dengan resolusi 14MP dan juga mampu menghasilkan video dengan kualitas full HD. Untuk action camera yang satu ini, ia juga mampu bertahan di dalam air dengankedalaman hingga 10m tanpa housing ataupun casing. Action camera ini juga mampu bertahan di daerah-daerah dengan cuaca sangat dingin yakni hingga -10°C. Dadri sisi kekuatan, kamera ini bisa dibilang tahan banting untuk dijatuhkan dari ketinggian 2 m. Didalam action camera yang satu ini, juga telah terpasang sebuah pendeteksi gerakan yang mampu merekam secara otomatis sesuai dengan pergerakan dari seseorang. Selain sensor tersebut, action camera ini juga telah terpasang koneksi Wi-Fi yang memungkinkannya untuk bisa langsung berbagi baik foto maupun video dengan pernagkat lainnya seperti smartphone ataupun komputer. Untuk harganya sendiri, seri action camera yang satu ini dijual dengan harga di kisarab Rp. 2,7 juta rupiah.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

12. Garmin VIRB XE

Action Camera Terbaik - Garmin VIRB XE

photo via : gearjunkie.com

Action camera yang selanjutnya datang dari Garmin yakni seri Garmin VIRB XE. Seri ini mampu merekam gambar dengan kecepatan dan juga lokasi pada saat bersamaan. Kamera yang dapat bertahan tanpa housing di kedalaman air hingga 50 m ini memiliki resolusi video full HD dan resolusi foto 12MP. Fitur one touch recording pada kamera ini memudahkan Anda mengabadikan momen yang diinginkan. Selain itu, kamera ini juga telah dilengkapi dengan built-in Wi-Fi serta aplikasi yang kompatibel dengan smartphone yang memungkinkan Anda mengecek langsung hasil rekaman dan menyimpankan di cloud. Garmin VIRB yang merupakan pelopor pemasangan pelacak GPS di action camera juga menanamkan GPS tracking di action camera seri XE ini. Untuk harganya sendiri, seri Garmin VIRB XE ini dibandrol seharga Rp 6,7 juta-an.

13. Panasonic HX A1

Action Camera Terbaik - Panasonic HX A1

photo via : hdvcam.net

Action camera selanjutnya dikeluarkan oleh Panasonic yakni Panasonic HX A1. Action camera yang satu ini memiliki harga yang bisa dibilang murah untuk ukuran kelas actino camera. Kamera ini hanya dibandrol seharga Rp 1,8 juta-an. Namun memiliki kemampuan yang cukup mumpuni dikelasnya. Bahkan kamera yang satu ini menawarkan mode night vision untuk bisa mengambil gambar di malam hari. Jika dilihat dari sisi bentuknya, kamera yang satu ini memang memiliki bentuk yang amat berbeda jika dibandingkan dengan action camera lainnya. Action camera yang satu ini memiliki bentuk silinder dengan berat 45 gram. Meskipun kamera yang satu ini terbilang ringan, namun kemampuannya cukup mumpuni. Misalnya, kamera ini mampu bertahan di dalam air dengan kedalaman hingga 1,5 m dan juga mampu bertahan pada suhu ekstrim yakni -10°C. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamera ini juga dibekali dengan kemampuannya dalam merekam video saat malam atau kemampuan night vision. Video yang dihasilkan oleh kamera ini juga memiliki resolusi full HD.

14. SJ Cam SJ7 Star

Action Camera Terbaik - SJ Cam SJ7 Star

photo via : sjcam.com

SJ Cam merupakan salah satu produsen action camera yang menggunakan lensa dengan sudut pandang yang bisa diatur hingga 166°. Anda juga bisa langsung mengecek hasil video atau foto yang diambil lewat layar sentuh built-in berukuran 2 inci pada SJ Cam S7 Star ini. Action camera dari SJ Cam ini sudah dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi, remote control, dan pendeteksi gerakan. Kamera ini juga cukup tangguh karena mampu bertahan di bawah air hingga 30 m dengan memakai housing-nya. Namun sayangnya, kamera ini belum dilengkapi dengan GPS seperti action camera merk lain. Untuk harganya sendiri tidak terlalu mahal, action camera ini dibandrol dengan harga Rp 2,5 juta-an.

15. Nikon KeyMission 360

Action Camera Terbaik - Nikon KeyMission 360

photo via : www.photographybay.com

Sebagai produsen kamera terkemuka, Nikon mengeluarkan produk action camera terbaik yang mampu merekam dari segala arah dan menghasilkan video dengan sudut pandang 360°! Tanpa housing tambahan, Nikon Key Mission 360 telah dipersiapkan untuk dapat bertahan di berbagai medan, waterproof hingga kedalaman 30 m, tahan suhu dingin hingga -14°C, dan tahan benturan hingga ketinggian 2 m. Action camera dari Nikon ini menggunakan 2 lensa Nikkor dan 2 sensor untuk menangkap gambar di sekitar Anda dengan kualitas terbaik. Dengan resolusi video 4K dan foto 23,9MP, Anda tidak perlu meragukan kejernihan gambar yang dihasilkan. Selain itu, kamera ini juga telah dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth. Dengan kualitas dan berbagai fitur serta kemampuan yang dimiliki oleh action camera ini, tentu saja harganya juga lumayan mahl yakni sekitar Rp 7 juta-an.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

16. Kogan Action Camera 4K UltraHD

Action Camera Terbaik - Kogan Action Camera 4K UltraHD

photo via : www.tokopedia.com

Selain Brica, action camera lainnya yang memiliki harga yang cukup murah adalah Kogan. Kogan mengeluarkan action camera dengan seri 4K UltraHD. Kogan Action Camera 4K UltraHD ini sendiri dirancang dengan desain simple berdimensi 29.8 x 59.2 x 41 mm yang elegan. Action camera terbaik ini mampu mengabadikan video dengan resolusi mencapai 1920 x 1080 Pixels dengan ketajaman 16 MP. Merk kamera action terbaik Kogan Action Camera 4K UltraHD yang memiliki resolusi rekam 4K ini juga mampu terkoneksi dengan WiFi. Untuk harganya juga amat terjangkau buat kamu yang ingin mencoba menggunakan action camera karena kamera yang satu ini hanya dijual seharga Rp 336.000 hingga Rp 960.000.

Baca Juga