7 Alasan Mengapa Membaca Buku Lebih Baik Daripada Membaca di Internet

4 bulan, by blogunik

Keuntungan Membaca Buku daripada Membaca Lewat Internet

Siapa nih yang punya hobi membaca? Memang tak perlu diragukan lagi kalau kebiasaan membaca adalah hal yang baik dan memberi banyak manfaat bagi seseorang. Dengan membaca kita bisa mendapatkan berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Selain itu, dengan membaca, kita juga dapat membantu mengubah masa depan, serta dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita.

Bahkan kegiatan membaca dapat dilakukan oleh siapa saja, anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang-orang yang telah berusia lanjut. Tak hanya itu, kegiatan membaca juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Mengingat saat ini, kegiatan membaca tak harus selalu membawa buku cetakan, sebab dengan modal smartphone dan internet, kamu pun bisa membaca dimana saja dan kapan saja dengan lebih praktis tanpa harus membawa buku cetakan yang tebal dan berat.

Yup, bisa dikatakan keberadaan internet saat ini sangat mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi. Kita hanya pelu mengetikkan hal-hal yang kita ingin ketahui dan semua jawaban yang kamu inginkan langsung tersedia. Tentu semua ini tak bisa kita dapatkan dalam sebuah buku cetakan. Jadi nggak heran kenapa saat ini banyak buku-buku digital seperti E-Book mulai diciptakan.

Sayangnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa membaca materi dari buku cetak lebih baik daripada membaca buku digital lewat layar smartphone atau perangkat gadget lainya. Nah berikut berbagai alasan mengapa membaca buku cetak lebih baik daripada membaca buku digital. Let’s check it out guys!

1. Membaca buku merupakan obat alami untuk insomnia sedangkan membaca di internet membuat kamu susah tidur

Keuntungan Membaca Buku daripada Membaca Lewat Internet

photo via andreaspiirimets.se

Membaca buku cetakan merupakan cara alami untuk mengatasi insomnia. Ini mengapa saat kamu membaca buku, kamu akan merasa ngantuk. Dalam kurun waktu tak sampai 30 menit, biasanya kamu akan merasa lebih rileks dan akhirnya mengantuk. Jadi buat kamu yang menderita insomnia, cobalah untuk membaca buku cetak segabai kebiasaan rutin sebelum tidur.

Sedangkan membaca buku digital atau membaca apapun melalui layar gadget akan membuat kamu kesusahan untuk mendapatkan tidur berkualitas. Kebanyakan kamu membaca novel atau komik di situs web serta memeriksa media sosial melalui gadget, sehingga cahaya dari gadget tersebut akan membuat kamu semakin susah untuk bisa langsung tidur. Membaca buku digital sebelum tidur mengganggu produksi hormon yang penting untuk tidur, yakni melatonin. Akibatnya akan membuat sulit tidur, susah mendapat tidur pulas, dan bangun tidak segar.

2. Membaca buku cetakan lebih sehat untuk mata dibanding membaca melalui layar HP

Keuntungan Membaca Buku daripada Membaca Lewat Internet

photo via freepik.com & today.com

Kelebihan lain kenapa membaca buku cetak lebih baik dibanding dengan membaca di internet melalui layar gadget adalah mata akan lebih sehat karena fokus pada satu sumber penerangan. Berbeda dengan membaca dari gadget. Sewaktu membaca buku, sumber peneranganmu hanya berasal dari lampu ruangan atau mungkin sedikit tambahan lampu belajar. Sedangkan jika membaca dari gadget, matamu juga harus menyesuaikan daya akomodasi lensa dengan sumber cahaya dari layar gadget. Hal ini yang menyebabkan membaca dari gadget membuatmu mudah lelah dan rentan mengalami kerusakan mata dibandingkan dengan membaca buku.

3. Gangguan ketika membaca buku dalam bentuk fisik lebih sedikit di banding membaca buku digital di internet

Keuntungan Membaca Buku daripada Membaca Lewat Internet

photo via freestock.com & press24.net

Buat kamu yang dulunya membaca dari buku cetakan lalu beralih menggunakan buku digital pasti sangat merasakan perbedaan satu ini. Membaca buku cetakan membuat konsentrasimu tertuju pada hal yang sedang kamu baca. Sementara membaca dari gadget benar-benar dapat terusik oleh banyak gangguan. Seperti pop up iklan, chat dari teman, atau notifikasi media sosial yang mengganggu aktivitas membacamu di gadget, atau bahkan sambungan internetmu terputus sehingga tidak dapat melanjutkan bacaan di halaman berikutnya.

4. Membaca buku membuat daya ingat dan konsentrasi lebih meningkat dibanding membaca buku di internet

Keuntungan Membaca Buku daripada Membaca Lewat Internet

photo via entrepreneur.com

Dikutip dari Merdeka.com, membaca buku digital melalui internet seperti E-book, justru dapat menurunkan pemahaman bacaan. Berdasar penelitian yang dilakukan oleh West Chester University, diketahui bahwa siswa yang membaca di iPad memiliki pemahaman bacaan yang lebih rendah dibanding yang membaca buku dalam bentuk fisik. Banyak pembaca yang melompati teks ketika membaca e-book. Hal ini menyebabkan pemahaman mereka menjadi tidak utuh dan melompat-lompat.

Sedangkan mereka yang membaca buku dalam bentuk fisik memiliki konsentrasi dan daya ingatmu yang semakin meningkat. Bahkan sebuah percobaan yang dilakukan di Norwegia juga menunjukan hasil mengejutkan. Bahwa orang yang diajak membaca novel dari buku cetakan mampu mengingat alur cerita secara lebih baik dan lengkap daripada orang yang membaca novel dari gadget.

5. Membaca buku cetakan membuat daya imajinasi dan kreativitasmu lebih berkembang dibanding membaca di internet

Keuntungan Membaca Buku daripada Membaca Lewat Internet

photo via klasvanjuflinda.nl

Tidak ada yang bisa menyangkal jika membaca atau mempelajari sesuatu dari internet memang lebih menyenangkan. Melalui gadget yang mendukung kegiatan belajar, kamu bisa mendapatkan banyak ilustrasi menarik berformat audio, visual, maupun audio visual. Tentu saja Ilustrasi tersebut tidak banyak kita dapatkan melalui buku. Kalau pun ada, mungkin hanya berupa ilustrasi visual seadanya.

Namun justru disinilah letak keunggulan buku dalam bentuk fisik. Sebab dengan minimnya ilustrasi pendukung di buku, justru akan membuat imajinasi dan kreativitasmu lebih berkembang. Secara tak langsung, kamu akan lebih kreatif dalam menginterpretasikan isi buku di benakmu.

Berbeda jika kamu membaca di internet melalui gadget. Meskipun tampak menyenangkan namun otakmu selalu dimanjakan dengan ilustrasi yang disajikan. Sehingga tidak memberikan kesempatan pada otakmu untuk berpikir kreatif serta mengimajinasikan hal-hal yang kamu baca dan dapat dalam internet.

6. Membaca buku cetakan tidak memerlukan quota atau sambungan internet serta berbagai macam teknologi

Keuntungan Membaca Buku daripada Membaca Lewat Internet

photo via videohive.net

Alasan berikutnya kenapa membaca buku lebih baik daripada membaca di internet adalah karena membaca buku dalam bentuk fisik tidak bergantung pada teknologi ataupun sambungan internet. Di saat quota internetmu habis atau sambungan wifii bermasalah, kegiatan membaca bukumu tidak akan terganggu jika kamu membaca buku dalam bentuk cetakan. Sehingga kamu bisa membaca buku di manapun dan kapanpun.

Berbeda jika kamu membaca buku di internet, tentu sangat tergantung dengan sambungan internet dan juga baterai gedget kamu. Sehingga membaca buku lewat internet hanya bisa dilakukan ditempat atau waktu yang memadai.

7. Membaca buku dapat meringankan stress namun membaca di internet dapat menambah stress

Keuntungan Membaca Buku daripada Membaca Lewat Internet

photo via biz.kompas.com & liputan6.com

Kegiatan membaca buku adalah salah satu cara untuk mengurangi tingkat stres. Efek ini hampir sama dengan mendengarkan musik ataupun meminum secangkir teh hangat untuk menghilangkan stress.

Namun, membaca buku digital di internet justru menghalangi hal ini, bahkan memengaruhi level stres secara negatif. Penggunaan smartphone atau notebook di malam hari erat kaitannya dengan depresi, level stres yang tinggi, serta kelelahan. Saat membaca di buku digital akan ada banyak hal-hal lain yang menarik perhatian sehingga mengganggu konsentrasi membaca. Terus berulang, hal ini kemudian bisa memperlama waktu terjaga, tanpa sadar, hari sudah berganti. Bila terjadi berulang-ulang, hal ini bisa menimbulkan kelelahan yang memicu stress.

Nah itulah beberapa alasan kenapa membaca buku dalam bentuk fisik lebih baik daripada membawa di internet. Meskipun terkesan kuno dan tidak praktis. Namun membaca buku dalam bentuk fisik dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan maupun kreatifitas kita. So, apakah kalian menyesal meloakkan buku-buku bacaan mu?

0
Artikel Terkait