Aneka Jenis Kue Bolu Indonesia Yang Lembut Dan Enak

Dibuat oleh blogunik

Kue berbahan dasar tepung, gula dan telur ini memang memiliki banyak penggemarnya. Selain memiliki tekstur yang lembut, rasanya pun juga enak. Beberapa variannya terkadang memiliki topping, campuran buah-buahan bahkan ada juga yang dihiasi sedemikian rupa sehingga terlihat begitu cantik. Kue bolu ini juga menjadi pilihan yang tepat ketika mengadakan acara karena dapat bertahan cukup lama. Namun tahukah kamu jika di Indonesia ada berbagai macam bolu yang memiliki ciri khas, tekstur dan rasa yang berbeda-beda. Penasaran? Berikut ini aneka jenis kue bolu Indonesia yang lembut dan enak

1. Bolu Bhoi

Aneka Jenis Kue Bolu Indonesia

photo via festivalpetronioalvarez.com

Bolu Bhoi ini berasal dari Aceh, bolu ini hampir mirip dengan bolu klemben. Namun yang membedakannya terletak pada bentuknya yang bervariasi seperti bentuk ikan, binatang dan lainnya. Bolu ini memiliki rasa yang nikmat dengan tekstur bagian luar yang kering dan bagian dalam yang lembut. Biasanya bolu ini lebih nikmat disajikan dengan secangkir kopi atau teh.

2. Bolu Cermai

Aneka Jenis Kue Bolu Indonesia

photo via shopee.co.id

Bolu satu ini bisa kamu temukan di Riau dan Malaysia, agar lebih mudah kalian juga bisa menemukannya di pasar tradisional Pekanbaru. Dinamakan bolu cermai karena memiliki bentuk yang mungil seperti buah cermai. Rasa kuenya agak kering karena tidak menggunakan mentega, namun tetap nikmat di santap. Bolu ini biasanya disajikan saat hari raya, jenduri atau hajatan lainnya.

3. Bolu Klemben

Aneka Jenis Kue Bolu Indonesia

photo via omahresep.com

Dari Banyuwangi, Jawa Timur ada bolu bernama Bolu Klemben, bolu ini memiliki tektsur yang agak keras di luar tapi lembut dibagian dalamnya. Hal ini karena bolunya dipanggang dalam waktu yang cukup lama. Untuk ukurannya kecil dengan bentuk menyerupai cangkang kerang. Buat yang ingin mencicipinya, kamu bisa mengunjungi pasar tradisional atau toko oleh-oleh.

4. Bolu Kemojo

Aneka Jenis Kue Bolu Indonesia

photo via langsungenak.com

Bolu ini berasal dari Palembang dan disebut dengan beberapa nama seperti kue kojo, lapis kojo atau kue koja. Bolu berwarna hijau ini terbuat dari santan, tepung terigu, gula merah, mentega dan telur, lalu dimasak dengan cara dipanggang atau dikukus. Memiliki rasa yang manis serta legit, cocok sekali disantap ketika pagi hari untuk sarapan. Untuk bentuknya menyerupai bunga kemojo atau kamboja dan biasanya disajikan saat perayaan hari besar atau pesta pernikahan.

5. Bolu Macan

Aneka Jenis Kue Bolu Indonesia

photo via come2indonesia.com

Jenis kue bolu selanjutnya yang ada di Indonesia yaitu Bolu Macan yang berasal dari Bangka Belitung. Bolu Macan ini memang mirip sekali dengan bolu marmer hanya saja corak lorengnya lebih rapi dan tidak berantakan seperti bolu marmer. Umumnya bolu ini dibuat dengan loyang berukuran 20cm atau 22 cm. Rasa bolunya sangat lezat dan teksturnya pun lembut. Bolu Macan ini dapat kamu temui di pusat oleh-oleh khas Bangka Belitung.

6. Bolu Meranti

Aneka Jenis Kue Bolu Indonesia

photo via bolumeranti.co.id

Oleh-oleh khas Medan ini memang paling populer dan selalu dicari-cari ketika mengunjungi kota ini. Ada beberapa varian bolu yang bisa kamu cicipi seperti bolu gulung. Bolu Meranti ini memiliki tekstur yang lembut bahkan meski sudah dimasukkan ke lemari es. Yang mau mencicipinya bisa datang ke tempatnya yang terletak di Jl. Sisingamangaraja No.19B, Kotamatsum III, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara.

7. Bolu Manis Enthu-enthuan

Aneka Jenis Kue Bolu Indonesia

photo via agussiswoyo.com

Diperkirakan bolu ini sudah ada sejak peninggalan Belanda, bolu ini berasal dari daerah Jombang. Dinamankan Enthu-enthuan karena menurut istilah orang Jawa, enthu berarti satu butir benda yang bentuknya bulat atau lonjong. Bolu Manis Enthu-enthuan ini dulunya menjadi kue yang wajib ada di setiap hajatan.

8. Bolu Peca

Aneka Jenis Kue Bolu Indonesia

photo via indonesiakaya.com

Jika diperhatikan bentuk Bolu Peca ini agak bantet mirip seperti bolu yang gagal. Tapi sebenarnya bentuknya memang seperti ini, teksturnya juga sangat lembut dan rasanya tak perlu diragukan lagi begitu manis. Karena terbuat dari gula merah, telur, tepung, gula pasir dan baking soda. Bolu khas dari Sulawesi Selatan ini disajikan pada acara resmi atau sebagai takjil saat Ramadan. Bolu Peca ini juga bisa kamu makan dengan disiram kiah gula merah atau teman minum teh tawar.

9. Bolu Pisang

Aneka Jenis Kue Bolu Indonesia

photo via bisnisusahaonline.com

Siapa yang tidak mengenal bolu pisang? Bolu satu ini menjadi salah satu jenis bolu di Indonesia yang sangat mudah ditemukan. Untuk bahan utamanya sudah pasti menggunakan pisang yaitu pisang ambon dengan rasa manis yang begitu khas. Kamu juga bisa membuatnya sendiri dirumah, karena caranya tergolong cukup mudah bahkan tak terllau mahir pun dapat membuatnya.

10. Bolu Suri

Aneka Jenis Kue Bolu Indonesia

photo via resepspesial.id

Bolu suri ini akan mengingatkanmu dengan bika ambon karena memiliki bentuk dan tekstur yang berrongga-rongga dibagian dalamnya. Namun, tekstur bolu dari Palembang, Sumatera Selatan ini lebih lembut dan warnanya juga lebih pucat. Proses pembuatnya sama seperti membuat bolu lainnya, hanya saja kamu harus memangganggnya dengan suhu yang berbeda per 20 menitnya.

11. Bolu Susu

Aneka Jenis Kue Bolu Indonesia

photo via bolulembang.co.id

Bolu Susu Lembang ini sudah ada sejak tahun 2017 dan menggunakan bahan-bahan lokal yang berkualitas. Berbahan dasar susu sehingga menghasilkan bolu dengan tekstur yang lembut serta aromanya menggugah selera. Bolu ini semakin nikmat karena memiliki beragam topping dan varian rasanya juga bervariasi.

12. Bolu Tiwul

Aneka Jenis Kue Bolu Indonesia

photo via wcmaret2007.blogspot.com

Terakhir ada bolu tiwul, bolu satu ini berbeda dengan bolu-bolu diatas karena bolu satu ini tidak menggunakan bahan dasar tepung terigu. Walaupun tidak menggunakan tepung terigu, rasa dari bolu ini sangat enak tidak enek di lidah, manis serta teksturnya begitu lembut. Umumnya bolu tiwul ini akan diberikan topping kelapa parut diatasnya sehingga rasanya gurih dan nikmat.

 

Itulah aneka jenis kue bolu Indonesia yang lembut dan enak. Dari deretan diatas, bolu mana yang ingin kamu cicipi? Bolu-bolu ini akan lebih nikmat jika ditemani dengan teh hangat atau kopi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait