Apa Itu Body Shaming? Dan Kenapa Bisa Dipidana?

2 bulan lalu

Apa itu body shaming

Body shaming saat ini marak dibicarakan, lalu apa itu body shaming? Body Shaming adalah kegiatan mengkritik dan mengomentari secara negatif baik itu fisik maupun penampilan seseorang.

Body shaming ini biasanya sering dialami oleh para perempuan, namun tak sedikit juga laki-laki yang pernah menjadi korbannya. Mungkin kamu tidak sadar pernah melakukan body shaming atau kamu sering melakukannya hanya untuk bercandaan, tapi tetap saja sengaja atau tidak body shaming itu tidak boleh dilakukan.

Dampak yang didapat dari body shaming ini tidak boleh kamu remehkan lho, menjelek-jelekkan fisik seseorang akan membuat orang tersebut menjadi tidak percaya diri, bisa juga membuat si korban stress dan parahnya orang tersebut bisa mengakhiri hidupnya.

Body shaming ini dapat dikategorikan menjadi dua yaitu langsung dan tidak langsung.

Body shaming tak langsung merupakan ejekan fisik yang dilakukan melalui media sosial dimana hal ini bisa diakses oleh jutaan orang, body shaming ini masuk ke UU ITE Pasal 45 ayat 1 dan Pasal 27 ayat 3 yang bisa diancam dengan hukuman pidana 6 tahun.

Untuk body shaming secara langsung dapat dijerat dengan Pasal 310 KUHP dengan ancaman hukuman 9 bulan penjara. Namun jika ejekan fisik di tuangkan dalam tulisan tanpa ditransmisikan ke media elektronik maka bisa dijerat dengan Pasal 311 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun.

Kasus body shaming yang masih hangat di Indonesia adalah kasus body shaming yang dialami oleh artis Dian Nitami. Istri dari aktor Anjasmara ini menjadi korban body shaming oleh salah satu netizen. Merasa tidak terima atas tindakan netizen tersebut, Anjasmara kemudian melaporkan penghina istrinya ke pihak polisi pada Rabu, 2 Januari 2019 setelah sebelumnya dirinya memberikan kesempatan 2×24 jam untuk meminta maaf.

Melihat akibat yang ditimbulkan kepada korban maupun pelaku maka mulai saat ini STOP-lah melakukan body shaming karena di dunia ini tidak ada orang yang sempurna, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seseorang yang melakukan body shaming hanya orang yang tidak dewasa dan memiliki sifat buruk karena selalu mengomentari orang. Sebelum kamu mengomentari fisik seseorang bercerminlah dahulu, apakah kamu sudah sempurna hingga tidak ada cela? Kamu juga harus ingat orang yang kamu hina adalah ciptaan Tuhan. Menjelekkan seseorang juga sama halnya dengan menjelekkan ciptaannya, bukankah kita semua meupakan ciptaan Tuhan.

Baca Juga