Band Kpop Pria dan Wanita Terpopuler 2020

2 minggu, by blogunik

idol kpop terpopuler 2020

Institut Penelitian Bisnis Korea telah mengungkapkan peringkat reputasi brand Agustus 2020 untuk grup Idol kpop. Pemeringkatan ini pun ditentukan melalui analisis partisipasi konsumen, liputan media, interaksi dan indeks komunitas dari berbagai grup kpop menggunakan data besar yang dikumpulkan mulai dari 21 Juli hingga 21 Agustus. Kira-kira idol kpop siapa saja yang terpopuler pada tahun 2020 ini? Berikut ini daftar peringkatnya

Korea Brand Reputation Center

Korea Brand Reputation Center

 

20. Teen Top

idol kpop terpopuler 2020 - Teen Top

Photo via kprofiles.com

Teen Top berada di peringkat ke-20 sebagai salah satu idol kpop terpopuler 2020. Boyband ini dibentuk oleh TOP Media pada tahun 2010, grup ini terdiri dari 5 anggota yaitu C.A.P, Chunji, Niel, Ricky dan Changjo. Sebagai grup 6 anggota dengan L.Joe yang mengajukan pemberhentian kontrak pada Februari 2017, mereka merilis album singel pertama berjudul “Come Into the World” pada 9 Juli 2010 dan membuat debut resmi mereka pada 10 Juli 2010 di MBC Music Core.

19. Weeekly

idol kpop terpopuler 2020 - Weeekly

Photo via allkpop.com

Weeekly adalah girlgroup Korea Selatan yang diluncurkan oleh Play M Entertainment. Girlgroup ini beranggotakan tujuh orang yaitu Lee Soo Jin, Shin Ji Yoon, Monday, Park So Eun, Lee Jae Hee, Jihan dan Zoa. Weeekly merupakan girlgroup kedua Play M Entertainment dalam 10 tahun setelah Apink. Weeekly debut pada 30 Juni 2020 dengan album mini berjudul “We Are”.

18. WJSN

idol kpop terpopuler 2020 - WJSN

Photo via koreanarea.com

Pada peringkat ke-18 diduduki oleh WJSN sebagai salah satu idol kpop terpopuler 2020. WJSN atau yang dikenal juga dengan Cosmic Girls ini merupakan girlgrup Korea Selatan – Tiongkok yang dibentuk oleh Starship Entertainment dan Yuehua Entertainment yang memulai debutnya pada tahun 2016. Album pertama mereka berjudul “Would You Like?” yang dirilis pada 25 Februari 2016.

17. Rocket Punch

idol kpop terpopuler 2020 - Rocket Punch

Photo via medium.com

Girlgrup satu ini masih bisa dikatakan baru saja debut, dimana mereka debut pada 7 Agustus 2019 dengan mini album mereka “Pink Punch”. Rocket Punch ini merupakan girlgroup yang dibentuk oleh Woolim Entertainment yang beranggotakan enam anggota yaitu juri, Yeonhee, Suyun, Yunkyoung, Sohee dan Dahyun. Meskipun baru debut mereka berhasil menempati posisi ke-17 sebagai salah satu idol kpop terpopuler 2020 ini.

16. ASTRO

idol kpop terpopuler 2020 - ASTRO

Photo via celebrity.okezone.com

ASTRO adalah salah satu idol kpop terpopuler 2020 yang menempati posisi ke-16. Boygroup ini dibentuk oleh Fantagio yang terdiri dari 6 anggota yaitu MJ, JinJin, Eunwoo, Moonbin, Rocky, dan Yoon Sanha. Mereka debut pada 23 Februari 2016 dengan lagu berjudul “Hide & Seek” dari album mini debut “Spring Up” yang memuncak pada peringkat #6 di Billboard World Albums Chart di Amerika Serikat.

15. NCT

idol kpop terpopuler 2020 - NCT

Photo via kprofiles.com

NCT adalah salah satu boygroup Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment. NCT sendiri merupakan singkatan dari Neo Culture Technology dimana istilah ini diciptakan oleh pendiri SM Entertainment yaitu Lee Soo Man untuk mendeskripsikan konsep grup ini yang memiliki jumlah anggota tak terhingga. Grup ini pun terbagi ke dalam beberapa sub-unit berbasis di berbagai kota di dunia, grup ini terdiri dari 21 orang yaitu Taeil, Doyoung, Jaehyun, Taeyong, Ten, Mark, Yuta, Winwin, Haechan, Renjun, Jeno, Jaemin, Chenle, Jisung, Johnny, Jungwoo, Lucas, Kun, Xiaojun, Hendery dan Yangyang.. Unit pertama yaitu NCT U yang debut pada April 2016 dengan single digital “The 7th Sense dan Without You”. Unit kedua, NCT 127 yang berbasis di Seoul memulai debutnya pada Juli 2016 dengan mini “NCT #127”. Unit ketiga NCT Dream yang memulai debut pada Agustus 2016 dengan singel digital “Chewing Gum”. Unit keempat, WayV berbasis di Tiongkok debut pada 17 Januari 2019 dengan album single “The Vision”.

14. GFriend

idol kpop terpopuler 2020 - GFriend

Photo via fakta.id

Girlgroup satu ini tentunya sudah sering sekali kalian lihat di televisi yaitu GFriend. Girlgroup yang beranggotakan enam orang ini dibentuk oleh Source Music pada tahun 2015. Anggotanya sendiri terdiri dari Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB dan Umji. Mereka debut dengan EP Season of Glass pada 15 Januari 2015. GFriend sendiri menjadi salah satu idol kpop terpopuler 2020 pada peringkat ke-14.

13. ITZY

idol kpop terpopuler 2020 - ITZY

Photo via kepoper.com

ITZY adalah salah satu idol kpop terpopuler 2020, dimana girlgroup ini dibentuk oleh JYP Entertainment. ITZY sendiri beranggotakan 5 orang yang terdiri dari Yeji, Lia, Ryujin, Chaeryeong dan Yuna. Girlgroup ini debut pada 11 Februari 2019 dengan perilisan album singel mereka “It’z Different”.

12. EXO

idol kpop terpopuler 2020 - EXO

Photo via twitter.com/exoloverint

Siapa yang tak mengenal boygroup satu ini yaitu EXO. EXO adalah boygroup yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2011 dan debut pada tahun 2012. Grup ini terdiri dari sembilan anggota yaitu Xiumin, Suho, Lay, Baekhyun, Chen, Chanyeol, D.O, Kai dan Sehun. Grup ini menempati posisi lima besar sebagai selebritas paling berpengaruh dalam daftar Forbes Korea Power Celebrity tiap tahun dari 2014 hingga 2018. EXO juga merupakan salah satu idol kpop terpopuler 2020 meskipun saat ini mereka sedang hiatus karena beberapa anggotanya sedang menjalani wajib militer.

11. APRIL

idol kpop terpopuler 2020 - APRIL

Photo via dbkpop.com

APRIL adalah girlgroup asal Korea Selatan yang dibentuk oleh DSP Media pada tahun 2015. Mereka debut pada 24 Agustus 2015 dengan album mini “Dreaming” dan lagu utamanya “Dream Candy”. Girlgroup ini terdiri dari enam anggota yaitu Chaekyung, Chaewon, Naeun, Yena, Rachel dan Jinsol.

10. Seventeen

idol kpop terpopuler 2020 - Seventeen

Photo via c-k-jpopnews.fr

Seventeen atau SVT adalah salah satu boygroup terpopuler 2020 diperingkat ke-10. Dimana boygroup ini dibentuk oleh Pledis Entertainment yang beranggotakan 13 orang. Dimana anggotanya sendiri terdiri dari S.Coups, Jeonghan, Joshua, Jun, Hoshi, Wonwoo, Woozi, DK, Mingyu, The8, Seungkwan, Vernon dan Dino. Ketiga belas anggotanya ini dibagi menjadi tiga unit yang berbeda untuk menampilkan spesialisasi keahlian masing-masing yaitu unit hip-hop, unit vokal dan unit performance. Kelompok ini dikenal akan keterlibatan para anggotanya dalam penyusunan dan pembuatan semua lagu serta pengembangan koreografi mereka. Untuk klub penggemar mereka dipanggil dengan sebutan “Carat”.

9. Girls’ Generation

idol kpop terpopuler 2020 - Girls' Generation

Photo via kpop.fandom.com

Girls’ Generation adalah girlband asal Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2007, group ini juga dikenal dengan nama SNSD. Grup ini terdiri dari delapan anggota yaitu Taeyeon, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona dan Seohyun. Dalam rentang waktu lima tahun, grup ini berhasil menjual total sebanyak 4,4 juta album dan 30 juta singel digital. Popularitas yang sangat tinggi di Korea Selatan ini berhasil mengantarkan mereka meraih title “The Nation’s Singers” dan “The Nation’s Girl Group”. Selain itu, group ini juga disebut sebagai entertainer paling berpengaruh pada tahun 2011 dan 2012 menjadikan mereka sebagai group wanita pertama dalam sejarah yang berhasil masuk daftar tersebut. Selain itu, meskipun kini para anggotanya beraktivitas solo Girls’ Generation termasuk salah satu idol kpop terpopuler 2020.

8. Oh My Girl

idol kpop terpopuler 2020 - Oh My Girl

Photo via dbkpop.com

Oh My Girl adalah salah satu idol kpop terpopuler 2020 diperingkat ke-8. Dimana group ini beranggotakan delapan orang yang dibentuk oleh WM Entertainment yang terdiri dari Hyojung, Mimi, YooA, Seunghee, Jiho, Binnie dan Arin. Mereka memulai debut pada tanggal 21 April 2015 dengan album mini yang bernama sama.

7. IZ*ONE

idol kpop terpopuler 2020 - idol kpop terpopuler 2020 - IZONE

Photo via kpopchart.net

Buat kalian yang mengikuti acara survival Produce 48, tentunya mengenal girlgroup satu ini yaitu IZ*ONE. IZ*ONE merupakan girlgroup Korea Selatan – Jepang yang dibentuk oleh CJ E&M melalui acara kompetisi realitas pada tahun 2018. Group ini terdiri dari 12 anggota yang dipilih melalui pengambilan suara langsung yaitu Kwon Eun Bi, Sakura Miyawaki, Kang Hye Won, Choi Ye Na, Kim Chae Won, Lee Chae Young, Hitomi Honda, Kim Min Ju, Nako Yabuki, Jo Yu Ri, Ahn Yu Jin dan Jang Won Young. IZ*ONE debut pada 29 Oktober 2018 dan dikelola oleh Off the Record Entertainment, Swing Entertainment di Korea Selatan dan AKS di Jepang. IZ*ONE juga menjadi salah satu idol kpop terpopuler 2020.

6. MAMAMOO

idol kpop terpopuler 2020 - MAMAMOO

Photo via kpopchart.net

MAMAMOO adalah girlgroup yang dibentuk oleh Rainbow Bridge World pada tahun 2014. Group ini secara resmi debut pada tanggal 19 Juni 2014 dengan lagu “Mr.Ambiguous”. Debut mereka dianggap oleh beberapa kritikus sebagai salah satu debut kpop terbaik tahun 2014. Mereka juga diakui untuk konsep retro, jazz dan R&B serta penampilan vokal yang kuat.

5. Twice

idol kpop terpopuler 2020 - idol kpop terpopuler 2020 - TWICE

Photo via blogtag.ameba.jp

Idol kpop selanjutnya yang masuk ke dalam idol kpop terpopuler 2020 adalah Twice. Twice adalah girlgroup asal Korea Selatan yang dibentuk oleh JYP Entertainment. Group ini terdiri dari sembilan anggota yang terdiri dari Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu. Girlgroup ini dibentuk melalui sebuah program televisi berjudul Sixteen dan mereka debut pada tanggal 20 Oktober 2015 dengan album mini bertajuk “The Story Begins”. Dalam kurun waktu 19 bulan setelah debut, Twice telah menjual lebih dari 1,2 juta kopi dari empat album mini dan satu album spesial mereka. Pada tahun 2019, mereka menjadi grup idola wanita Korea terlaris sepanjang sejarah.

4. (G)I-DLE

idol kpop terpopuler 2020 - idol kpop terpopuler 2020 - (G)I-DLE

Photo via facetofeet.com

(G)I-DLE kependekan dari GIRL-I-DLE adalah girlband yang dibentuk oleh Cube Entertainment pada tahun 2018. Grup ini memiliki 6 anggota yang terdiri dari Miyeon, Minnie, Soojin, Soyeon, Yuqi, dan Shuhua. (G)I-DLE memulai debut pada 2 Mei 2018 dengan album mini pertama “I Am”. Girlgroup ini pun masuk ke peringkat ke-4 sebagai idol kpop terpopuler 2020.

3. Red Velvet

idol kpop terpopuler 2020 - idol kpop terpopuler 2020 - Red Velvet

Photo via sbs.com.au

Red Velvet merupakan salah satu idol kpop terpopuler 2020 diperingkat ke-3. Girlgroup ini dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2014 yang terdiri dari lima anggota yaitu Irene, Seulgi, Wendy, Joy dan Yeri. Group ini memulai karirnya pada tanggal 1 Agustus 2014 dengan merilis single digital “Happiness” dengan formasi awal 4 anggota yaitu Irene, Seulgi, Wendy dan Joy. Kemudian pada Maret 2015, Red Velvet menambah satu anggota yaitu Yeri. Red Velvet juga berpartisipasi dalam film animasi musikal “Trolls World Tour” mewakili kpop dengan lagu “Russian Roulette” yang muncul dalam film tersebut.

2. BLACKPINK

idol kpop terpopuler 2020 - idol kpop terpopuler 2020 - BLACKPINK

Photo via hypebae.com

BLACKPINK atau BLΛƆKPIИK adalah girlgroup Korea Selatan yang dibentuk oleh YG Entertainment yang terdiri dari Jisoo, Jennie, Rose dan Lisa. BLACKPINK sendiri debut pada tanggal 8 Agustus 2016 dengan singel berjudul “Square One” yang menghasilkan “Whistle” sebagai lagu nomor satu pertama mereka di Korea Selatan. Singel ini juga menghasilkan “Boombayah” singel nomor satu pertama mereka di tangga lagu Billboard World Digital Songs yang mendapatkan rekor sebagai video musik debut yang paling banyak ditonton. Selain itu mereka merupakan grup K-pop perempuan pertama dan satu-satunya yang memasuki dan memuncaki tangga lagu Emerging Artists Billboard. Tak hanya itu saja, mereka juga merupakan grup K-pop perempuan pertama yang mempunyai empat lagu di tangga lagu Billboard World Digital Song Sales. Di waktu yang sama saat dirilis, “Ddu-Du Ddu-Du” memecahkan rekor sebagai video musik Korea yang paling banyak ditonton di YouTube dalam waktu 24 jam. Tak heran jika BLACKPINK masuk ke peringkat ke-2 sebagai salah satu idol kpop terpopuler 2020.

1. BTS

idol kpop terpopuler 2020 - BTS

Photo via usatoday.com

Idol kpop terpopuler 2020 peringkat pertama diraih oleh BTS. Bangtan Sonyeondan atau dikenal juga dengan Bangtan Boys adalah boygroup yang dibentuk oleh Big Hit Entertainment. Dimana BTS sendiri terdiri dari tujuh anggota yaitu Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V dan Jungkook. Prestasi BTS sendiri tak perlu ditanya lagi, mereka berada di peringkat tertinggi dalam album, YouTube, Billboard dan lainnya.

Itulah daftar idol kpop terpopuler 2020, dari deretan idol kpop diatas idola-mu ada di peringkat berapa?

Artikel Terkait