Berbagai Macam Usaha Sampingan Bagi Mahasiswa Agar Bisa Mendapat Penghasilan Tambahan

Dibuat oleh blogunik

Walaupun prioritas seorang mahasiswa adalah menuntut ilmu, namun sebagai seorang Mahasiswa kamu juga dituntut untuk lebih kreatif dalam berpikir. Usia kamu saat menjadi mahasiswa juga sudah dikatakan dewasa dimana kamu juga harus berpikir untuk mulai hidup mandiri. Jangan selalu mengharapkan uang saku atau kiriman dari orang tua. Sebagai mahasiswa dan generasi muda yang hidup di jaman milenial sudah seharusnya kita berpikir untuk lebih maju seperti mencari peluang usaha yang menjajikan namun bermodal kecil. Walaupun bisnis kecil-kecilan namun hasilnya nanti bisa kamu gunakan untuk kebutuhan kuliah dan keperluan kamu sehari-hari. Setidaknya kamu ada pegangan dan tidak lagi memberatkan orang tua mengenai biaya kuliah kamu.

Berbekal kreativitas, jeli melihat peluang, dan berani mengambil risiko, sebenarnya banyak peluang bisnis yang tepat untuk mahasiswa dengan modal yang kecil. Nah berikut beberapa peluang bisnis yang bisa dicoba oleh kamu yang masih berstatus pelajar mahasiswa.

1. Bisnis Jual Pulsa dan Paket Data

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa - Bisnis Jual Pulsa dan Paket Data

photo via : http://hilman.co

Bisnis paling mudah dan murah yang bisa kalian para mahasiswa lakukan adalah bisnis menjual pulsa dan paket internet. Selain karena modalnya kecil, bisnis ini juga cukup menjanjikan karena permintaan akan pulsa maupun paket internet sangat tinggi. Selain itu, bisnis ini juga tak akan mengganggu waktu kuliah kamu karena kamu bisa melakukan transaksi dimanapun, bahkan didalam toilet sekalipun.

Keuntungan dari setiap penjualan pulsa atau paket internet memang terlihat sedikit. Biasanya dari satu penjualan paket pulsa kita bisa mengambil untung antara Rp1000 – Rp2000 saja. Tapi kalau kamu konsisten dan tau target pasaran yang tepat, maka keuntungan tersebut akan berlipat ganda.

Nah kalau masalah target pasaran, manfaatkan lingkungan kampus kamu pasalnya teman-teman di kampus adalah target market yang sangat tepat, tinggal cara kamu memasarkannya. Tapi berbisnis pulsa dan paket internet ini bukannya tanpa resiko lho! Resiko yang kemungkinan besar kamu alami saat menjalankan resiko ini adalah masalah penagihan pembayaran, pasti kamu akan sering menghadapi pelanggan yang sering ngutang pulsa kekamu. Apalagi mereka teman dekat ataupun keluarga, paling susah deh kalau diminta bayar pulsa. Untuk itu kamu harus bisa tegas dalam menagih bayaran, demi kelangsungan bisnis kamu.

2. Bisnis Online Shop

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa - Bisnis Online Shop

photo via : belajarbisnis.id

Bisnis selanjutnya yang bisa dijalani oleh mahasiswa tanpa mengganggu waktu kuliah dan juga minim modal adalah bisnis Shop. Kamu bisa menjual berbagai macam barang, seperti baju, sepatu, makanan, aksesoris, pernak-pernik, hingga perlengkapan rumah tangga dan gadget.

Internet bisa menjadi lapak untuk barang jualanmu, bahkan para calon konsumenmu, bukan hanya teman-teman kampusmu, namun konsumenmu juga bisa berasal dari luar pulau dan juga dari belahan bumi lain. Pakai setiap jejaring sosial yang kamu punya untuk memasarkan produk yang kamu jual. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur marketplace secara maksimal.

Kamu gak perlu khawatir dengan modal yang akan kamu keluarkan untuk menjalani bisnis ini, sebab, bisni online shop ini hanya membutuhkan modal kecil. Kamu bisa menjual barang-barang dengan sistem reseller dan dropship. Sehingga modal yang dibutuhkan akan kecil, namun keuntungannya tetap lumayan. Tapi kamu harus ingat kalau semakin giat kamu memasarkan dan mepromosikan dagangan online mu makan keuntunganmu juga akan semakin meningkat.

3. Bisnis makanan ringan

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa - Bisnis makanan ringan

photo via : career.undip.ac.id/

Bisnis makan ringan juga menjadi salah satu ide usaha mahasiswa yang lumayan menjanjikan. Kamu bisa menjual berbagai jenis cemilan atau makanan ringan seperti kue kering atau keripik dan snack-snack ringan yang lain. Bisnis ini cukup menjanjikan karena banyak orang suka dengan camilan atau makanan ringan.

Kamu bisa menargetkan teman-teman kampusmu terlebih dahulu sebagai target pasaran. Jika banyak yang menyukai makanan ringan yang kalian buat, kamu bisa melebarkan sayap dengan menjualnya secara online dan juga menitipnya diwarung-warung yang menurut kalian banyak pembelinya. Jika dirasa modal sudah cukup, kamu bisa membuka stand makanan sendiri dan mencara seorang pegawai jika kamu tidak bisa menjaganya sambil kuliah.

4. Buka jasa Les Privat

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa - Buka jasa Les Privat

photo via : peluangusaharumahan.info

Buat mahasiswa yang mengambil bidang pendidikan, gak ada salahnya membuka jasa les privat, yaitu bisnis untuk memberikan pelajaran les privat kepada beberapa anak, mulai SD, SMP, sampai SMA, tergantung keterampilan kalian. Kalau kamu mengambil jurusan ilmu eksak atau sains, kamu dapat memberikan pelajaran biologi, kimia, matematika, atau fisika. Kamu juga bisa memberikan pelajaran yang bersifat umum semisal bahasa Inggris.

Bisnis ini memberikan dua keuntungan, yaitu menambah uang saku dan memperdalam penguasaan materi. Biasanya bisnis ini laris ketika akan diadakan ujian nasional (UN). Sebab ada banyak anak yang ingin makin memperdalam mata pelajaran yang diujikan secara nasional melalui les privat.

5. Buka Jasa Pengetikan dan Print

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa - Buka Jasa Pengetikan dan Print

photo via : www.shutterstock.com

Membuka jasa pengetikan dan print merupakan bisnis yang cukup menjanjikan bagi para mahasiswa. Kamu bisa menawarkan jasa mu kepada teman-teman ataupun seniormu yang tidak mempunyai perangkat cetak dan tidak ada waktu untuk mengetik serta mencetak tugas sendiri. Pasalnya, kuliah pastilah identik dengan berbagai macam tugas seperti makalah, dan sebagainya yang semua dalam bentuk cetakan.

Untuk membuka bisnis ini, diperlukan kemampuan dalam pengetikan. Sebab biasanya pelanggan akan kembali bila hasilnya memuaskan. Modalnyapun cukup dengan laptop dan komputer serta printer sebagai modal utama. Kamu kamu tidak memiliki printer, kamu bisa membeli printer bekas yang masih bagus dengan harga yang lebih murah.

6. Bisnis Kaos

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa - Bisnis Kaos

photo via : http://www.teropongbisnis.com

Bisnis kaos memang menjadi bisnis yang paling diminati oleh mahasiswa terutama yang cowok. Dalam bisnis ini, mahasiswa dituntut memiliki kreatifitas yang tinggi. Untuk memulai bisnis ini, kamu harus mempunyai hubungan yang baik dengan konveksi dan sablon. Buatlah desain kaos yang benar-benar keren dan tunjukan kelebihan dari kaos yang kamu jual dibanding dengan kaos dari penjual yang lain. Semakin keren desain kamu, semakin banyak pula orang yang membelinya.

7. Penulis Freelance

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa - Penulis Freelance

photo via : www.c2live.com

Kamu punya hobi menulis? Coba deh bisnis satu ini. Menjadi penulis Freelance merupakan bisnis yang cukup menjanjikan untuk mahasiswa yang hobi menulis. Tak perlu menjadi seorang jurnalis atau Shakespeare untuk menjadi penulis yang dapat menghasilkan uang. Sebab, banyak situs web, blog, dan majalah yang membayar orang untuk menulis artikel dan e-Book untuk mereka. Untuk itu penulis freelance ini sangatlah dibutuhkan. Selain itu, menjadi penulis freelance kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tetap lho!

Ada banyak kategori yang bisa kamu pilih sesuai minat dan keahlian kamu dalam menulis, seperti keuangan pribadi, kesehatan dan gaya hidup, hiburan, pemasaran, dan lain sebagainya. Mungkin pada awalnya kamu merasa tidak percaya diri saat membuat karya. Tapi jangan khawatir, kamu dapat mengikuti kursus online seperti Earn More Writing yang dapat membantu kamu dalam membuat tulisan yang baik untuk dipublikasikan.

8. Menjadi YouTuber

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa - Menjadi YouTuber

photo via : ivesort.com

Guys! akhir-akhir ini profesi sebagai YouTuber mulai banyak diminati oleh orang-orang termasuk mahasiswa. Menjadi YouTuber bisa menjadi salah satu opsi bisnis untuk mahasiswa yang kreatif dalam menciptakan konten-konten video. Di Indonesia sendiri sudah banyak yang menghasilkan uang dari YouTube. Nah jika kalian ingin menghasilkan uang dengan cara yang seru kalian bisa memulai dan belajar menjadi seorang YouTuber.

9. Memulai Sebuah Blog

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa - Memulai Sebuah Blog

photo via : http://www.wag2009.com

Bagi mahasiswa yang punya hobi menulis dan ingin mengembangkan sebuah blog, maka bisnis ini terbilang sangat menjanjikan. Saat ini profesi blogger tidak bisa diremehkan. Banyak blogger yang menghasilkan banyak uang hanya dari keuletan mereka memposting artikel bermanfaat untuk banyak orang. Coba pilih beberapa topik yang sekiranya kamu minati, seperti food, traveling, lifestyle, otomotif, fashion, beauty, dan masih banyak lainnya.

Untuk menjadi seorang blogger, kamu memerlukan kemampuan menulis, fotografi dasar, dan mengoperasikan sebuah blog atau website. Kamu harus memposting artikel secara rutin, kemudian membagikannya agar semakin banyak orang yang membaca. Jika ingin mendapatkan hasil dalam waktu yang lebih cepat, coba daftarkan blog kamu ke beberapa afiliasi yang menguntungkan.

10. Bisnis Penitipan dan Perawatan Hewan

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa - Bisnis Penitipan dan Perawatan Hewan

photo via : http://wap.mi.baca.co.id

Buat kamu yang senang dengan dunia hewan dan mencintai hewan, bisnis jasa penitipan dan perawatan hewan pastinya akan cocok dengan kamu. Kamu hanya perlu sedikit keahlian untuk melakukan perawatan hewan. Para penggemar binatang biasanya mau melakukan apasaja asalkan peliharaan mereka senang, seperti perawatan bulu, mencuci, keramas, sampai mengeringkan bulu. Bisnis ini tidak dapat dijalankan sendirian, untuk itu sebaiknya kamu ajak teman kamu yang penggemar binatang juga untuk membantumu menjalankan bisnis ini.

11. Menjadi perias

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa - Menjadi perias

photo via : /womantalk.com

Buat mahasiswi yang pandai bermake up, jangan sia-siakan keahlian kalian dalam merias wajah. Manfaatkan kemampuan kalian untuk menghasilkan uang. Coba abadikan setiap hasil make up yang kamu buat dan promosikan melalui media sosial yang kamu miliki. Kamu juga bisa membuat video tutorial untuk bermake up yang bisa kamu unggah di media sosial ataupun di YouTube. Hal ini sebagai strategi pemasaran agar orang-orang tertarik menggunakan jasa tata rias dirimu. Namun kamu harus selalu update gaya make up mu agar lebih kekinian.

12. Menjual E-Book

photo via : www.bookbaby.com

Bisnis lain yang bisa dijalani oleh mahasiswa untuk mendapat uang tamdahan adalah menjual E-Book. Ebook merupakan produk informasi yang postensial sebagai generator uang. Kamu bisa menulis ebook dengan berbagai topik. Sebisa mungkin cari topik menarik yang banyak dicari orang. Kamu bisa menjual E-Book karyamu dari kurun harga Rp 10.000 hingga jutaan rupiah. Tentu harga akan menyesuaikan dengan kualitas isinya.

13. Budidaya Tanaman

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa - Budidaya Tanaman

photo via : http://e-nalovelykitchen.blogspot.com

Jika kamu ingin waktu belajarmu tetap banyak namun ingin mendapatkan penghasilan, membudidayakan tanaman bisa kamu jadikan pekerjaan sampingan sampingan. Bisnis ini cukup menjanjikan untuk para mahasiswa, bagaimana tidak, kamu hanya perlu sesekali mengurusi tanamanmu, untuk penanaman, penyiraman, pemupukan, dan pemanenan. Durasi untuk masing-masing aktivitas itu juga tidak terlalu menyita waktu senggangmu. Tapi perlu diperhatikan jenis tanaman yang kamu tanam, pilih tanaman yang tidak “rewel” atau tidak membutuhkan perawatan lebih. Misal pisang, ketela, atau bisa juga tanaman hias seperti kaktus dalam pot. Setelah tanamanmu siap dipanen kamu hanya perlu menjual hasilnya saja.

14. Buka Jasa Shoes Cleaning

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa - Buka Jasa Shoes Cleaning

photo via : ekonomi.kompas.com

Masyarakat modern kini mulai menggandrungi sneakers berharga tinggi. Sepatu berharga selangit ini turut pula menciptakan berbagai kesempatan bisnis untuk mahasiswa. Salah satunya adalah bisnis shoes cleaning. Bahan-bahan yang diperlukan pun semakin mudah untuk ditemukan karena sudah banyak peracik-peracik lokal yang mampu membuat cairan pembersih sebaik produk impor. Selain menyediakan jasa untuk mencuci sepatu, bahkan kamu juga bisa menjadi reseller dari produk-produk pembersih tersebut.

15. Bisnis Jual Jilbab

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa - Bisnis Jual Jilbab

photo via : http://oknusantara.com

Bisnis jual jilnan ini cukup menjanjikan buat para mahasiswi. Apalagi kalau kamu banyak kenalan para hijabers. Kamu bisa menawarkan produk jilbab karyamu sendiri kepada mereka. Selain itu, kamu juga bisa memasarkannya melalui media sosial yang kamu miliki. Jika jilbabmu cantik pasti banyak yang akan tertarik dengan jilbabmu. Hanya saja kamu harus tetap memperhatikan jenis dan desain hijab apa yang sekiranya sedang trend dan sedang digemari oleh target sasaranmu. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.