Sejumlah Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Jika Kamu di PHK

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Jangan cepat putus asa jika suatu saat kamu terkena PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja. Pasalnya ada banyak alternatif lain yang bisa kamu kerjakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari membuka jasa seperti bengkel, cuci mobil, jasa foto dan berbagai hal sesuai dengan skill yang kamu miliki. Selan itu, ada juga banyak jenis bisnis modal kecil yang bisa kamu rintis untuk memenuhi kehidupan sehari-hari setelah di PHK. Seperti bisnis kuliner, bisnis thrifting dan masih banyak lagi.

Nah buat kamu yang lagi butuh ide untuk membuka bisnis modal kecil dengan untung yang besar. Jangan bingung, karena kali ini, kita akan membahas beberapa peluang bisnis modal kecil untuk besar yang bisa kamu kerjakan jika kamu di PHK. So let’s check it out guys!

1. Bisnis gorengan berbahan dasar tahu

Sejumlah Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Jika Kamu Di PHK

photo via tahugo.co.id

Bisnis modal kecil yang bisa kamu kerjakan jika di PHK adalah dengan berbisnis gorengan berbahan dasar tahu. Tahu merupakan salah satu bahan makanan yang harganya sangat murah dan bisa dengan mudah diolah menjadi berbagai jenis gorengan yang nikmat. Mulai dari tahu isi, tahu walik, tahu krispy dan berbagai macam olahan tahu lainnya.

Penggemar gorengan tahu juga sangat banyak bahkan bisa dibilang gorengan tahu tahu ini bersifat timeless. Setiap harinya pasti gorengan tahu akan diburu oleh penggemarnya. Kamu cukup membuat stand atau dagangan kaki lima di depan rumah atau di pinggiran jalan untuk menjual gorengan tahu ala kamu. Ini bisa menjadi ide bisnis menguntungkan dengan modal yang kecil.

2. Bisnis kue

Sejumlah Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Jika Kamu Di PHK

photo via pojokbisnis.com

Buat kamu yang memiliki skill dalam membuat kue, maka jangan sia-siakan bakat yang kamu punya. Jika di PHK, kamu bisa memanfaatkan bakat kamu dalam membuat kue untuk membangun bisnis sendiri. Kamu bisa membuat aneka olahan kue kering, pastry dan berbagai inovasi kue-kue kreatif yang saat ini banyak digemari oleh anak muda.

Untuk menjalankan bisnis ini, kamupun tak perlu keluar uang banyak untuk menyewa tempat, karena kamu bisa menjual kue-kue olahan kamu dari rumah. Modal yang diperlukan hanya untuk membeli bahan membuat kue. Gunakan semua media sosial kamu untuk promosi sehingga banyak calon pelanggan yang tertarik untuk membeli barang dagangan kamu. Jika konsisten dan ditekuni, kamupun bisa memiliki peluang besar untuk membuka toko kue kamu sendiri.

3. Bisnis camilan/makanan ringan

Sejumlah Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Jika Kamu Di PHK

photo via money.kompas.com

Ide bisnis dengan modal kecil yang bisa kamu coba selanjutnya adalah bisnis camilan atau makanan ringan. Seperti yang kita tahu, camilan atau makanan ringan memang selalu di buru apapun jenisnya. Karena memang makanan ringan ini tak pernah lepas dari keseharian orang-orang ketika sedang bersantai ataupun beraktivitas.

Jadi jangan ragu untuk membuka bisnis makanan ringan jika suatu saat nanti kamu di PHK. Untuk membuka bisnis ini, kamu tidak perlu berpatokan pada jenis camilan yang memerlukan bahan yang mahal.

Karena camilan berbahan dasar murah seperti singkong, kentang, ubi, tahu atau baksopun pun banyak diminati. Seperti keripik singkong, basreng, keripik kentang, keripik ubi, peyek, dll.

Selain itu, bisnis modal kecil ini juga bisa dilakukan dirumah tanpa harus menyewa tempat. Kamu hanya perlu mengeluarkan modal untuk membeli bahan-bahan untuk membuat makanan ringan. Kamu juga harus fokus pada kualitas rasa makanan ringan buatanmu agar berbeda dan lebih menarik dari makanan ringan yang dijual orang lain. Dengan promosi yang menarik, nggak menutup kemungkinan barang dagangan kamu akan diborong oleh pembeli.

4. Bisnis toko kelontong atau warung

Sejumlah Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Jika Kamu Di PHK

photo via sentrarak.com

Membuka bisnis kebutuhan pokok juga menjadi alternatif lain yang menjanjikan ketika kamu di PHK. Seperti yang kita tahu, bahan-bahan pokok atau sembako memang selalu diburu dimanapun dan kapanpun oleh masyarakat. Sehingga membuka toko kelontong atau warung kecil-kecilan yang menjual kebutuhan bahan pokok bukanlah hal yang memalukan, karena justru akan menguntungkan kamu.

Kamu bisa membuka toko kelontong yang menjual kebutuhan bahan pokok didepan rumah kamu dan menyasar pada masyarakat kelas menengah kebawah. Kebutuhan bahan pokok yang dijual diwarung biasanya memiliki harga yang lebih murah dibanding di supermarket sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan termasuk mereka yang berpenghasilan di bawah rata-rata. Bahkan kamu bisa menjual kebutuhan bahan pokok sesuai dengan kantong pembeli, seperti menjual telur satu butir hingga membeli beras hanya satu liter saja.

5. Bisnis Franchise

Sejumlah Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Jika Kamu Di PHK

photo via franchisekeren.blogspot.com

Ada banyak pilihan franchise yang memulai dari modal kecil yang bisa kamu ikuti. Tidak hanya bisnis franchise dibidang makanan dan minuman, tapi ada juga franchise jasa laundry, gas, jasa kirim barang, bahkan ada bisnis franchise tambal ban.

Kamu bisa menjadikan bisnis waralaba ini sebagai alternatif yang menjanjikan untung besar dengan modal kecil karena kamu hanya perlu menjual produk yang terkenal tanpa kamu perlu memasarkan, dan pastinya akan lebih cepat mendatangkan pembeli.

Kamu bisa memilih bisnis franchise yang sesuai dengan modal yang kamu miliki namun pastikan kamu dapat melihat dengan jeli peluang usaha tersebut, dan memilih jenis bisnis serta mitra bisnis yang terpercaya.

6. Bisnis thrift shop

Sejumlah Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Jika Kamu Di PHK

photo via adira.co.id

Bisnis modal kecil yang bisa dikerjakan berikutnya adalah Bisnis thrift shop. Buat yang belum tahu, usaha thrift shop adalah usaha jual beli baju bekas layak pakai.

Bisnis ini mulai naik daun karena menjadi pilihan banyak anak muda yang ingin berbisnis dengan modal yang kecil. Selain itu bisnis ini juga cukup mudah untuk dijalankan karena bisa dilakukan secara online melalui platform media sosial.

Semua baju yang dijual adalah baju bekas namun dengan kualitas yang masih bagus. Nah karena produk bekas, semua barang yang dijual memiliki harga yang pastinya lebih murah dari harga barunya. Meski begitu, baju-baju bekas yang dijual di thrift shop selalu diminati banyak orang karena terkadang menjual baju-baju yang limited edition.

7. Bisnis kerajinan tangan

Sejumlah Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Jika Kamu Di PHK

photo via kalbar.antaranews.com

Buat kamu yang memiliki keterampilan dan kreativitas dibidang kerajinan tangan dan seni, maka ide untuk membuka usaha di bidang kerajinan tangan bisa jadi alternatif yang menguntungkan. Kamu bisa membuat sisir yang estetik, aksesoris, case hp, tas hingga beragam souvenir lainnya.

Selain mempromosikan barang jualan kamu di media sosial, kamu juga bisa berjualan di marketplace khusus kerajinan tangan dan seni. Usaha ini bisa dilakukan di rumah, dan kamu hanya perlu menyiapkan modal untuk membeli bahan dan peralatan untuk membuat kerajinan tangan yang ingin kamu pasarkan. Semakin unik dan kreatif produk yang kamu pasarkan, maka produk kamu akan semakin dilirik.

8. Membuka warung kopi di depan rumah

Sejumlah Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Jika Kamu Di PHK

photo via stellamariscollege.org

Jika pesangon yang kamu terima tidak cukup untuk membuka coffee shops, maka kamu bisa membuka warung kopi sederhana. Usaha ini sangat cocok bila lokasi usaha terletak di sekitar kampus atau kawasan industri. Atau bisa juga dibuka di depan rumah kamu jika rumah kamu terletak dikawasan yang strategis dan banyak dilalui warga. Selain kopi, kamu juga bisa menjual gorengan, rokok, mie instan atau minuman lainnya untuk nilai tambah dan juga untuk membuat calon pelanggan betah berada di warung kopi kamu.

9. Menjual foto di internet

Sejumlah Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Jika Kamu Di PHK

photo via pixelphant.com

Jika kamu memiliki bakat dibidang fotografi, maka kamu bisa menghasilkan uang dari hasil foto yang kamu ambil sendiri. Bahkan cara ini bisa menjadi ladang bisnis baru buat kamu tanpa perlu mengeluarkan modal. Caranya adalah dengan menjual foto-foto hasil jepretanmu secara online. Pasti akan ada orang yang bersedia membayar foto yang kamu hasilkan jika memang foto yang kamu jual, unik, bagus dan berkarakter.

Beberapa situs jual beli foto digital yang melayani transaksi ini adalah istockphoto.com (komisi 15% per foto) dan shutterstock.com (komisi 20-30% per foto).

Selain itu, situs fotolia.com dan stockfresh.com juga bisa digunakan untuk menjual foto-foto kamu. Namun perlu diingat bahwa, untuk transaksi skala global biasanya menggunakan PayPal sebagai mode transaksi. Jadi kamu diharuskan untuk memiliki kartu kredit terlebih dahulu sebelum membuat akun ini.

10. Jastip

Sejumlah Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Jika Kamu Di PHK

photo via teknologi.bisnis.com

Buat kamu yang suka berplesiran keluar kota atau bahkan ke luar negeri, kamu bisa tetap mendatangkan cuan dengan membuka jasa titip atau jastip. Jastip masuk dalam peluang usaha modal kecil yang memberi keuntungan besar.

Ketika kamu bepergian ke suatu kota atau negara, kamu bisa mempromosikan barang-barang disana yang kamu anggap memiliki nilai jual di media sosial kamu. Misalnya saja seperti pakaian, aksesoris, kosmetik, mainan, dan barang-barang lain.

Jika ada yang menitip, kamu hanya perlu membelikan barang-barang pesanan pelanggan tersebut, dan kemudian kamu bisa kirimkan ke mereka dengan tambahan ongkos kirim. Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil dengan omzet besar hingga jutaan rupiah. Meski cukup mudah dilakukan, namun kamu harus gencar melakukan promosi dan juga harus pandai dalam mengambil kepercayaan dari pembeli yang titip beli di kamu agar bisnis jastip yang kamu geluti bisa lancar dan awet.

11. Affiliate Marketing

Sejumlah Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Jika Kamu Di PHK

photo via tokopedia.com

Affiliate Marketing menjadi salah satu bisnis modal kecil yang tengah digemari banyak orang saat ini. Pada bisnis ini, kamu hanya perlu mempromosikan barang dagangan orang lain yang ada di marketplace ke akun media sosial kamu.

Jika ada orang yang tertarik dan membeli barang tersebut dari link yang kamu bagikan, kamu akan mendapat komisi atau keuntungan. Yang kamu perlukan dalam menjalankan usaha ini adalah HP dan internet. Apalagi jika kamu memiliki modal pengikut yang cukup banyak di media sosial, tentu ini menjadi peluang besar untuk mendapat keuntungan dari program affiliate.

12. Buka jasa admin media sosial

Sejumlah Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Jika Kamu Di PHK

photo via internet-marketing-cafe.com

Ketika kamu di PHK dari pekerjaan kamu, kamu bisa beralih profesi menjadi penyedia jasa admin media sosial. Jasa admin media sosial sangat banyak dicari oleh beragam bidang perusahaan. Namun untuk bisa menjadi seorang admin media sosial, kamu harus memiliki beberapa kemampuan seperti apdate terhadap tren, kreatif, bisa berkomunikasi dengan baik, dan yang pasti pengguna aktif media sosial.

Penting juga untuk diketahui bahwa admin media sosial tidak hanya soal menata media sosia menjadi lebih rapi dan teratur, tapi juga harus membuat konten yang relevan dan kreatif untuk menarik perhatian followers-nya. Bisnis ini dapat menjadi pilihan untuk kamu yang memang sedang mencari bisnis modal kecil namun keuntungan yang besar.

13. Usaha publisher iklan

Sejumlah Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Jika Kamu Di PHK

photo via juragancipir.com

Jika kamu memiliki website atau blog pribadi, dan masih menunggu program Google Adsense, mungkin kamu tertarik mencoba bisnis yang satu ini. Publisher iklan bertugas untuk memasang iklan dari klien di website atau blog milik publisher tersebut. Jadi sambil menunggu Google Adsense kamu disetujui, kamu bisa memasang iklan dari krien di website kamu. Bisnis modal kecil ini semakin berkembang semenjak pandemi karena tingginya permintaan di bidang digital advertising dari pelaku bisnis.

14. Bisnis dropshipper

Sejumlah Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Jika Kamu Di PHK

photo via klikmania.net

Bingung mencari pekerjaan dimana lagi setelah kena PHK? Kamu nggak perlu melamar kerjaan disana-sini lagi karena kamu bisa mengikuti bisnis dropshipper. Sistem dropship merupakan bisnis tanpa modal yang menguntungkan. Kamu tidak perlu punya stok barang, cukup menentukan produk dan jenis barang yang ingin kamu jual.

Dalam bisnis modal kecil untung besar ini, yang kamu perlukan adalah supplier produk atau informasi produk yang bisa dibagikan kepada para pelanggan setia kamu melalui media sosial atau marketplace. Selanjutnya kamu hanya perlu meneruskan pesanan tersebut kepada supplier produk tersebut. Nantinya, supplier akan langsung mengirimkan pesanan tersebut ke pelanggan kamu.

15. Membuka Pertamini di depan rumah

Sejumlah Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Jika Kamu Di PHK

photo via facebook.com/azmi.bintangtehnik.pommini

Satu lagi ide bisnis modal kecil yang bisa kamu kerjakan jika kena PHK adalah dengan membuka pertamini di depan rumah. Bisnis ini cocok buat kamu yang memiliki lokasi rumah di pinggir jalan yang ramai dilalui kendaraan. Hanya dengan modal kurang dari Rp 8 juta, kamu sudah bisa mendirikan pertamini didepan rumah dengan keuntungan yang besar.

Nah itu dia sejumlah bisnis modal kecil yang bisa kamu kerjakan jika di PHK. Bagaimana menurut kalian? Kena PHK bukanlah akhir dari segalanya, dengan uang pesangon yang kamu dapatkan, kamu bisa memulai bisnis baru dengan modal kecil dan mendapatkan keuntungan yang besar. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.