Berbagai Jenis Bonsai Termahal di Dunia Yang Indah dan Menakjubkan

2 minggu lalu, by blogunik

Bonsai-termahal-didunia

Siapa yang tidak tahu tanaman bonsai? Bonsai adalah seni tanaman hias yang dipopulerkan oleh negara Jepang. Bonsai sendiri sebenarnya terdiri dari dua kata Bon dan Sai. Di mana, Bon sendiri memiliki artian mangkuk tipis atau piring. Sedangkan Sai berarti tanaman yang ditanam atau pohon.

Dari dua kata ini, bisa disimpulkan bonsai adalah sebuah tanaman yang ditanam dalam media mangkuk atau piring. Namun dalam artian lebih luasnya, bonsai ini adalah budidaya yang membuat pohon menjadi kerdil dan ditempatkan dalam sebuah pot. Meskipun populer di Jepang, namun bonsai atau seni tanaman bonsai sebetulnya sudah ada di China dari abad ke-6. dengan nama penjing atau penzai yang berarti pemandangan nampan atau tanaman nampan.

Bonsai, sebagai tanaman hias mempunyai nilai seni yang tinggi. Karena untuk membuatnya menjadi indah memerlukan ketelitian dan waktu serta expositions yang cukup panjang. Semakin tua usia bonsai makan nilainya akan semakin tinggi. Nggak heran tanaman kerdil dengan bentuk yang indah ini kerap dijual dengan harga yang fantastis.

Nah berikut berbagai jenis bonsai terunik didunia yang harganya pasti akan membuat kamu membelalakan matamu saking mahalnya. Let’s check it out guys!

1. Bonsai Shunkaen oleh Kunio Kobayashi (800 tahun)

Brbagai-Jenis-Bonsai-Dengan-Harga-Termahal-Di-Dunia

photo via bonsaiviet.com.vn

Bonsai terunik didunia pertama adalah Bonsai Shunkaen yang dimiliki oleh Kunio Kobayashi. Dinamakan bonsai Shunkaen karena bonsai satu ini terletak di kota Shunkaen yang keberadaannya tidak jauh dari Tokyo, Jepang. Bonsai yang dimiliki oleh Kunio Kobayashi tersebut telah berusia 800 tahun. Dilihat dari usianya, bisa dibilang pohon bonsai Kunio Kobayashi ini adalah salah satu pohon bonsai termahal di dunia.

Pemiliknya, Kobayashi ialah salah satu seniman bonsai yang withering populer di dunia dan sudah memenangkan penghargaan bermartabat dari ketua Menteri Jepang yang sebanyak 4 kali.

Kini, Bonsai Shunkaen ditempatkan di sebuah galerry yang berada di kota Tokyo dan sangat terbuka untuk para pengunjung. Tanaman Bonsai ini juga pernah ditawar 90.000 Dollar US atau sekitar Rp 1,3 miliar.

2. Bonsai Goshin “Sang Pelindung Jiwa” oleh John Naka

Brbagai-Jenis-Bonsai-Dengan-Harga-Termahal-Di-Dunia

photo via bonsaiempire.com

Pecinta tanaman bonsai, pastinya tidak asing lagi dengan nama John Naka. Pembudidaya bonsai ini memang sudah dikenal dengan beraneka bonsai yang ia miliki, salah satunya Bonsai Goshin. Goshin sendiri adalah bonsai dengan julukan “Sang Pelindung Jiwa”. Selain itu, bonsai ini juga kerap disebut dengan nama Hutan Sebelas Foemina Junipers.

Pada awalnya John Naka memulai merawat Bonsai Goshin pada tahun 1948 yang kemudian didonasikan ke pusat pengembangan bonsai nasional di Amerika serikat dan berada di sana hingga saat ini dan kerap dipamerkan di National Arboretum, di Amerika Serikat. Bonsai satu ini bisa dibilang menjadi bonsai termahal dan paling terkenal di Amerika Serikat.

3. Sang Bonsai Kecil “Sang Shohin” oleh Morten Albek

Brbagai-Jenis-Bonsai-Dengan-Harga-Termahal-Di-Dunia

photo via bonsaiempire.com

Selanjutnya ada bonsai karya seniman Morten Albek yang juga merupakan salah satu jenis bonsai termahal di dunia. Karya Albek inipun menggambarkan Rockspray (Cotoneaster horisontalis).

Bonsai yang diberi nama Sang Shohin ini memiliki bentuk yang begitu anggun. Memiliki ukuran 9,5 cm, Sang Shohin berdiri di atas miniatur batu yang membuat tampilannya begitu elegan.

Selain itu, yang membuat Sang Shohin beharga sebagai bonsai termahal di dunia, adalah bunga-bunga bonsai tersebut. pasalnya, bunganya akan mekar di musim panas. Sedangkan ketika musim dingin, warna bunga itu akan menjadi merah bergaris-garis yang indah dipandang mata. Bonsai ini berusia sekitar 20 tahun.

4. Bonsai Silvestris Pinus oleh Stefano Frisoni

Berbagai-Jenis-Bonsai-Dengan-Harga-Termahal-Di-Dunia

photo via bonsaiempire.com

Berbeda dengan bonsai Shunkaen yang menjadi bonsai termahal karena usianya menembus 800 tahun, bonsai Silvestris Pinus bisa mahal karena wujudnya benar-benar seperti miniatur pohon tua. Memili daun yang rimbus dengan dasar rindang, membuat bonsai ini terlihat tumbuh seperti di alam aslinya.

Bonsai ini awalnya dibeli oleh Stefano frisoni untuk menambah daftar penyimpannya. Tetapi pada akhirnya ia mengatur ulang untuk menciptakan karya dedaunan yang menyerupai awan di langit tanpa mengubah seni yang ada pada bonsai sebelumnya.

Pohon bonsai ini akhirnya mempunyai penampilan yang sangat realistis. Sifat dan seninya sangat lah menonjol untuk ukuran pohon bonsai dengan bantalan dedaunan yang sangat ramai bagaikan awan di langit.

5. Pohon Bergaya China, (a Penjing landscape) oleh Yee sun Wu

Brbagai-Jenis-Bonsai-Dengan-Harga-Termahal-Di-Dunia

photo via kienthuc.net.vn

Bonsai dengan harga termahal selanjutnya adalah bonsa yang disebut sebagai pohon bergaya China atau a Penjing landscape yang merupakan karya dari seniman bonsai Yee sun Wu yang kini dimiliki oleh seorang kolektor dari Hong Kong bernama Man Lung.

Bonsai yang dibentuk dengan gaya khas China ini merupakan pohon-pohon Bird Plum China (Sageretia Theezans) yang berpadu dengan indahnya pemandangan yang begitu realistis dan harmonis. Dalam bonsai ini, pohon-pohon, batu dan patung-patung miniatur ditempatkan pada pot dangkal lonjong atau persegi panjang (terbuat dari marmer), yang selanjutnya dipamerkan pada meja antik. Sehingga kian menambah nilai estetika pada bonsai satu ini.

6. Flowering Bonsai oleh Wolfgang Putz

Brbagai-Jenis-Bonsai-Dengan-Harga-Termahal-Di-Dunia

photo via bonsaiempire.ru

Bonsai termahal di dunia berikutnya bernama Flowering Bonsai alias bonsai berbunga yang merupakan pohon jenis Azalea dengan ketinggian hanya 14 centimeter (5 inci). Bonsai ini memiliki rimbunan bunga berwarna putih keungu-unguan serta mempunyai daun yang berbentuk agak meruncing serupa dengan tombak dan warnanya berwarna hijau yang gelap. Bonsai ini tumbuh di atas pot bergaya Jepang yang menambah nilainya sebagai bonsai termahal di dunia.

7. Brazilian rain tree, oleh Budi Sulistyo

Brbagai-Jenis-Bonsai-Dengan-Harga-Termahal-Di-Dunia

photo via bonsaiempire.com

Brazilian rain tree karya Budi Sulistyo juga termasuk ke dalam salah satu jenis bonsai dengan harga yang mahal. Bonsai satu ini tumbuh dari pemotongan yang sangat rumit. Dimana pohon bonsainya tumbuh dan berkembang dari ranting yang kecil sampai ke bentuk yang sempurna. Bonsai ini aslinya berasal dari Amerika Selatan dan dianggap sebagai salah satu bonsai tropis yang withering indah dan menjadi salah satu bonsai withering terkenal di dunia.

8. Famous Bonsai, a Japanese maple (Acer palmatum), by Walter Pall

Brbagai-Jenis-Bonsai-Dengan-Harga-Termahal-Di-Dunia

photo via bonsaiempire.com

A Japanese maple merupakan salah satu dari sekian banyak bonsai terkenal yang dimiliki oleh seniman bonsai Eropa (Walter Pall). Pohon ini mempunyai bentuk yang sangat indah dan tampak sangat realistis. Japanese maple mempunyai ukuran yang besar (tingginya hampir 1 meter, yang adalah ukuran maskimum untuk disebut sebagai pohon bonsai) dan sudah berumur lebih dari 100 tahun. Nggak heran kalau bonsai ini memiliki harga yang fantastis.

9. Bonsai master Kimura

Brbagai-Jenis-Bonsai-Dengan-Harga-Termahal-Di-Dunia

photo via bonsaiempire.com

Selanjutnya ada Bonsai master Kimura yang merupakan bonsai termahal di dunia milik guru Masahiko Kimura. Bonsai ini merupakan variasi yang terkenal di seluruh dunia. Bentuk bonsai ini sangat indah dan memikat. Kimura sendiri ialah seorang seniman Jepang yang sangat terkenal di dunia dan sudah mempelajari seni bonsai pada sejak berumur 15 tahun di Desa Omiya.

Ciri khas dari bonsai-bonsai hasil karyanya adalah perpaduan yang unik antara kayu mati yang dipahat secara artistik dengan kayu hidup yang muncul secara tradisional yang berayun dari tanah ke puncak dedaunan. Banyak dari pohon-pohonnya memiliki bentuk yang lebih rumit daripada yang biasanya ditemukan di alam liar. Nggak heran bonsai-bonsai dari Kimura ini dijual dengan harga yang sangat fantastis.

10. Bonsai Ficus

Bonsai-Ficus

photo via reddit.com

Bonsai termahal di dunia selanjutnya adalah Bonsai Ficus yang terletak di Museum Bonsai Crespi di Italia. Bonsai satu ini usianya telah lebih dari 1000 tahun dan diyakini sebagai bonsai tertua didunia. Luigi Crespi, pendiri Museum Bonsai Crespi ini menghabiskan spuluh tahun untuk mencoba mendapatkan kepemilikan pohon bonsai ini dan baru berhasil mendapatkannya pada tahun 1986. Sebelumnya pohon ini dirawat dan dibentuk oleh penguasa Tiongkok dan selama tahun-tahun pertama di Italia Ficus retusa Linn ini dibentuk oleh master bonsai Jepang Shotaro Kawahara.

Nah itulah deretan jenis bonsai dengan harga termahal didunia. Pecinta bonsai wajib tahu nih! Tertarik untuk mengoleksinya?

Artikel Terkait