Cara Membedakan Ketertarikan Didasari Oleh Nafsu atau Cinta

7 bulan lalu, by blogunik

Cara-Membedakan-Ketertarikan-Didasari-Oleh-Nafsu-atau-Cinta

Ungkapan “Cinta Itu Buta” diciptakan bukanlah tanpa alasan. Pasalnya, hampir setiap orang yang jatuh cinta cenderung menepikan segala keburukan pasangan, dan memilih melihat yang baik-baiknya saja. Mereka bahkan tidak mau menerima nasihat dalam bentuk apapun dari orang lain terkait hubungan asmaranya dengan sang pacar. Pokoknya dimata kamu, pacarmu saat ini adalah sosok yang sempurna dan cinta yang diberikan olehnya adalah cinta yang tulus.

Dia tidak ragu menggandeng tanganmu, memelukmu, mencium kening dan bibirmu dan melakukan skinship lainnya. Dimana perlakukannya yang lembut membuat dirimu semakin luluh dengan pesonanya. Tapi apakah kamu yakin ketertarikan yang dia tunjukan padamu ataupun ketertarikan yang kamu tunjukan padanya adalah murni karena cinta atau hanya sekedar nafsu?

Pasalnya, membedakan ketertarikan karena cinta dan ketertarikan karena nafsu tidaklah mudah, apalagi biasanya nafsu bersembunyi dibalik “topeng” atau berkedok cinta. Makin susahlah kita membedakannya!

Tak sedikit pasangan yang terkecoh dengan hubungan yang mereka jalani. Apakah mereka menjalani hubungan karena cinta atau nafsu semata? Sebab, perbedaan keduanya cenderung tipis dan tidak kasatmata. Nah buat kamu yang ingin meyakinkan diri kalau hubunganmu dengan pacar adalah murni didasari cinta dan bukan karena nafsu belaka, berikut definisi cinta dan nafsu yang harus kalian ketahui.

Definisi Cinta dan Nafsu

Sebenarnya cinta dan nafsu memiliki definisi yang sangat berbeda. Hanya saja nafsu kerap menyamar dan bersembunyi dibalik nama cinta, sehingga cinta yang kita anggap tulus ternyata hanyalah cinta palsu yang hanya berdasarkan nafsu. Cinta dan nafsu sering kali dianggap sama dan membingungkan bagi beberapa orang. Kamus mendefinikan cinta sebagai “rasa suka, rasa tertarik atau perasaan sangat sayang”. Sedangkan nafsu didefiniskan sebagai “dorongan yang kuat dari dalam diri untuk melakukan sesuatu, kecenderungan, keinginan, atau gairah yang tidak baik”. Cinta berkonotasi positif, sedangkan nafsu berkonotasi negatif.

Cinta

Cara Membedakan Ketertarikan Didasari Oleh Nafsu atau Cinta

photo via steptohealth.com

Cinta adalah perasaan kasih sayang yang lebih mendalam dan tulus. Dalam cinta kamu tidak menjadikannya sebagai pilihan, tetapi menjadikannya sebagai tujuan utama untuk mendapatkan cintanya. Dalam hubungan yang dilandaskan oleh cinta ada rasa perhatian dan rasa hormat.

Ketika seseorang cinta tulus pada orang lain, berarti akan muncul rasa hormat dan perhatian kepada yang Ia cintai. Seseorang yang jatuh cinta, biasanya memiliki keinginan untuk menghabiskan waktu lama dengan orang yang Ia cintai hanya untuk mengenal dirinya lebih jauh

Pasangan yang saling jatuh cinta juga biasanya sama sekali tidak mempermasalahkan kekurangan pasangannya, justru saling support dan saling melengkapi. Pasangan yang benar-benar murni saling jatuh cinta akan mengikat janji suci mereka hingga kakek nenek dan hanya kematian yang dapat memisahkan.

Menurut para ahli, cinta adalah emosi yang terjadi antara dua orang yang memiliki perasaan yang sama. Cinta didasarkan pada kepercayaan penuh dan saling pengertian. Ini adalah emosi yang memiliki hubungan dan efek positif bagi setiap orang.

Nafsu

Cara Membedakan Ketertarikan Didasari Oleh Nafsu atau Cinta

photo via vix.com

Sedangkan nafsu hanyalah sebuah ketertarikan secara fisik, yang kamu lihat hanyalah penampilannya yang memukau. Keinginan yang kamu miliki untuk bersamanya hanya bersifat sementara dan tujuan utama hanyalah ingin mendapatkan dirinya secara fisik.

Jika pacar kamu selalu mengomentari penampilan kamu, hati-hatilah, sebab bisa saja dia hanya menjalin hubungan denganmu hanya berlandaskan nafsu saja. Hanya melihat dari fisik dan bukan kepribadiannya. Di matanya, fisik adalah segalanya, jadi kamu seakan dituntut untuk selalu berpenampilan menarik.

Jika pacar kamu selalu meminta untuk berhubungan intim padahal jelas kalau kalian belum menikah, maka perlu dipertanyakan, apakah pacar kamu benar-benar cinta denganmu? Atau kamu hanya jadi pelampiasan nafsu saja? Tolong lebih berhati-hati dan lebih bijak guys! Pasalnya pasangan yang benar-benar tulus mencintaimu justru akan melindungi kesucianmu sampai kalian benar-benar sah menjadi pasangan suami istri.

Memang sih, ketertarikan fisik adalah hal pertama yang dapat menyatukan hati pria dan wanita hingga ke jenjang pernikahan. Pasalnya keduanya memang menjadi hal yang saling berkaitan dalam hubungan asmara. Tapi hubungan yang dasarnya adalah cinta tidak akan menjadikan hubungan intim sebagai kepuasan utama. Bisa dibilang, dalam cinta itu seks adalah sebuah bonus. Namun dalam hubungan yang berlandaskan nafsu, seks justru menjadi kepuasan utama yang harus didapatkan. Dengan kata lain, nafsu adalah cara alami seseorang yang memengaruhi setiap pribadi untuk melakukan aktivitas seksual. Saat berhubungan dengan nafsu, seseorang hanya akan berpikir tentang bercinta.

Cara Membedakan Ketertarikan Didasari Oleh Nafsu atau Cinta

Setelah mengetahui definisi cinta dan nafsu, berikut berbagai cara membedakan ketertarikan berlandaskan cinta atau karena nafsu belaka. Check it out guys!

1. Bagaimana cara kamu melihat orang itu

Cara Membedakan Ketertarikan Didasari Oleh Nafsu atau Cinta

photo via istockphoto.com & evangelie.ru

Untuk mengetahui apakah kamu sedang jatuh cinta atau sekedar nafsu, maka kamu perlu memperhatikan dan memahami bagaimana cara kamu melihat orang tersebut. Ada dua kemungkinan apakah kamu tertarik kepada orang tersebut karena penampilannya atau karena bisikan dari hati.

Bika kamu melihatnya karena dia cantik atau ganteng, seksi dan mempesona sehingga kamu ingin memilikinya dan ingin menyentuhnya, maka hal ini adalah nafsu.

Namun ketika kamu melihatnya dan timbul keinginan untuk menghabiskan waktu dengannya hanya sekedar untuk mengenal lebih dalam dan ingin selalu melihat senyumnya, maka ini bisa menjadi awal cinta. Bahkan saat kamu mengetahui bahwa orang tersebut memiliki kekurangan, kamu tetap ingin selalu bersamanya dan menerima segala kekurangannya, maka itulah cinta.

Orang yang benar-benar cinta tak peduli dengan kekurangan pasangannya. Bahkan jika suatu saat pasangannya berubah menjadi jelek, dia akan tetap mencintainya. Berbeda dengan nafsu yang hanya melihat dari fisiknya saja. Seseorang yang tertarik hanya karena nafsu akan mudah meninggalkan pasangannya jika sewaktu-waktu penampilan pasangannya berubah menjadi tidak menarik lagi.

2. Apakah kalian saling terbuka dalam masalah pribadi

Cara Membedakan Ketertarikan Didasari Oleh Nafsu atau Cinta

photo via stocksy.com

Cara membedakan hubungan asmara yang didasari cinta ataukah nafsu berikutnya adalah dengan memperhatikan topik obrolan pribadi yang kerap pasangan lakukan. Biasanya, saat seseorang jatuh cinta, dia akan rela seluruh rahasianya terbongkar, bahkan mengenai rahasia paling kelam sekalipun. Cinta yang tulus lazimnya dibarengi dengan kepercayaan penuh dan keterbukaan. Cinta membuat kamu percaya bahwa orang tersebut ada untuk saling berbagi, memahami, dan mendukung.

Namun jika hubungan asmara hanya berlandaskan nafsu, maka si dia tidak akan tertarik untuk berinteraksi mengenai hal-hal yang lebih pribadi dengan kamu. ataupun sebaliknya. Tak ada komunikasi mengenai keluarga, pekerjaan, dan perasaan masing-masing. Namun, saat interaksi dilakukan secara fisik, dia ataupun kamu mendadak jadi bersemangat dan bergairah. Nah bisa dipastikan jika hubungan kalian hanyalah nafsu belaka.

3. Waktu bertahan menjalani hubungan

Cara Membedakan Ketertarikan Didasari Oleh Nafsu atau Cinta

photo via hk01.com

Cara membedakan mana cinta dan mana nafsu berikutnya adalah dengan memperhatikan berapa lama keinginan kalian untuk mempertahankan hubungan kalian. Cinta adalah sebuah ikatan yang abadi. Kamu ingin selalu bersamanya dalam keadaan apapun. Bahkan saat si dia berubah dari yang langsing jadi gendut, dari ganteng/cantik jadi kucel, dari kaya jadi miskin, kamu tetap menerimanya dan selalu ingin bersamanya sampai kapanpun. Dalam cinta kamu akan merasa dekat dengannya, seperti sudah kenal sejak lama dan ingin mengarungi hidup bersamanya.

Berbeda dengan hubungan yang berlandaskan nafsu yang hanyalah bersifat sementara. Hari ini kamu tertarik dan mengaku suka dengannya karena fisiknya yang sesuai dengan seleramu. Maka ada kemungkinan saat fisiknya berubah dan tidak lagi sesuai dengan seleramu, kamu akan meninggalkannya dan juga melupakannya karena dirimu sudah nggak tertarik lagi dengannya. Ibaratnya “Habis Manis Sepah Dibuang”, itulah nafsu yang sebenarnya.

4. Cara menangani konflik

Cara Membedakan Ketertarikan Didasari Oleh Nafsu atau Cinta

photo via nydailynews.com

Hubungan berdasarkan cinta dengan hubungan berdasarkan nafsu juga bisa dibedakan dari cara kalian menangani konflik. Dalam cinta, tak peduli berapa seringnya dan berapa besarnya perdebatan kalian, tapi pada akhirnya kalian akan tetap memilih untuk bersama-sama. Sebab masing-masing dari kalian tidak ingin berpisah. Bagian yang paling penting dari cinta adalah kalian benar-benar saling menghargai ketika salah satu dari kalian berbicara kebenaran meski itu menyakitkan. Kalian berani meminta maaf hanya untuk mempertahankannya. Hubungan kalian akan semakin mesra setelah bertengkar. Inilah cinta.

Beda halnya dengan nafsu. Jika hubungan kalian sejak awal hanyalah karena nafsu belaka, maka saat ada masalah, meskipun hanya karena hal sepele, akan besar kemungkinannya untuk kalian berpisah. Hal ini terjadi karena saat masalah tercipta, kalian bukannya mencoba untuk memecahkan masalah dan perbedaan pendapat dalam hubungan kalian. Kalian malah saling menyalahkan satu sama lain. Tidak ada usaha yang kalian lakukan untuk mencari solusi dari masalah yang sedang melanda hubungan kalian. Kalian malah berpikir untuk berpisah dan mencari orang lain yang menurut kalian lebih baik. So ini adalah nafsu, yang sangat jarang kalian ketahui.

5. Tidak ada rasa peduli pada kebahagiaan pasangan

Cara Membedakan Ketertarikan Didasari Oleh Nafsu atau Cinta

photo via flickr.com (Sara Mayor)

Jika hubungan kamu dengan pacar benar-benar berlandaskan cinta, pastinya kamu ingin memberikan semua kebahagiaan untuk pasangan kamu. Melihatnya bahagia dan selalu tersenyum cerah adalah hal yang paling kamu inginkan. Bahkan saat kamu sedang menghadapi masalah, hanya dengan melihat senyumnya saja kamu akan lupa dengan berbagai masalah dan segala kesulitan yang sedang kamu hadapi. Tak hanya itu, saat melihatnya bersedihpun akan ada sakit yang kamu rasakan juga. Maka dari itu, ada keinginan yang tumbuh dalam hati untuk selalu menjaga dan mempertahankan senyuman cerah dan perasaan bahagia dari pasanganmu.

Sedangkan dalam nafsu, kamu hanya berfokus pada kebahagiaanmu sendiri. Mau pasanganmu sedang sedih atau menderita, kamu nggak akan peduli. Kamu tak melakukan apapun untuk membuatnya kembali ceria. Kamu juga tak pernah berusaha untuk menjaga dan mempertahankan agar senyumannya tetap cerah. Kamu juga nggak pernah intropeksi diri apakah dia bahagia bersamamu atau malah tertekan saat bersamamu. Yang kamu pikirkan hanyalah kenyamanan dan kebahagiaanmu saja.

6. Jenis kontak fisik yang dilakukan

Cara Membedakan Ketertarikan Didasari Oleh Nafsu atau Cinta

photo via bustle.com

Memang sih dalam cinta juga melibatkan kontak fisik, namun kontak fisik dalam cinta tidak akan membuatmu bergerilya dengan bebas di tubuh pacarmu. Karena kontak fisik dalam cinta akan terasa jauh lebih bermakna daripada kata-kata sayang dan ciuman penuh gairah.

Kontak fisik yang dilandaskan cinta ini bisa kamu rasakan saat kamu sedang bersedih atau mengalami masalah yang berat sampai-sampai kamu sulit untuk bercerita. Maka pelukan akan jauh lebih efektif daripada nasihat. Sentuhan cinta tulus membuatmu merasa nyaman. Seperti saat dia mengusap kepalamu sambil tersenyum, menggandeng tanganmu atau mencium di dahi.

Tapi kalau hubunganmu berlandaskan nafsu, dia akan mengambil kesempatan dalam kesempitan. Seperti memeluk badanmu sambil tangannya bergerilya bebas diatas tubuhmu. Padahal sudah jelas kamu sedang sedih dan perlu hiburan. Atau lebih suka melakukan ciuman yang panas tiap kali bertemu daripada mengobrol. Hal ini adalah salah satu cara yang bisa kamu perhatikan untuk menentukan apakah hubunganmu dengannya hanyalah sekedar nafsu atau memang karena cinta.

7. Cinta mendorongmu untuk menjadi orang yang lebih baik namun nafsu menuntutmu untuk selalu sempurna dimatanya

Cara Membedakan Ketertarikan Didasari Oleh Nafsu atau Cinta

photo via scienceoflove.jp

Cinta dan nafsu sama-sama bisa mengubah pribadi seseorang. Banyak orang yang memprotes soal penampilan kekasihnya, sehingga sang kekasih memilih untuk diet ketat untuk memuaskannya. Mereka juga lebih rajin berdandan supaya pasangannya tak melirik perempuan lain. Tidak ada salahnya menjadi lebih cantik dan berpenampilan menarik, tapi lakukanlah itu karena dia mendorongmu untuk mencintai dirimu sendiri. Lebih dari fisik, kamu dan dia saling memotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik, karena itulah arti cinta.

Sedangkan nafsu, kamu akan dituntut menjadi orang yang ia sukai. Kamu dituntut untuk memiliki tubuh yang langsing, rambut yang panjang dan wajah yang cantik. Kamu hanya dituntut ini itu agar penampilanmu tampak menarik, dia bahkan tak peduli bagaimana susahnya perjuangan kamu untuk memiliki penampilan fisik yang ia inginkan.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membedakan mana hubungan atau ketertarikan yang berlandaskan cinta atau hanya nafsu belaka. Perlu kalian ketahui guys, nafsu dan cinta itu memang memiliki keterikatan. Dimana nafsu adalah hal yang membuatmu memulai hubungan karena ketertarikan saat pertama kali bertemu dengannya. Sedangkan cinta adalah hal yang membuat hubunganmu bertahan hingga jenjang pernikahan bahkan sampai masa tua nantinya.

Nafsu bisa berubah menjadi cinta, tapi jangan pernah mencoba mengubah cinta menjadi nafsu. Kontak fisik dalam cinta memang wajar, namun kalau melebihi batas wajar apalagi kalian belum menikah, itu namanya nafsu guys. Jadi apakah hubungan kamu dan pasangan benar-benar cinta atau hanya sekedar nafsu belaka guys?

Artikel Terkait