Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Aman

3 bulan lalu

Senyum itu indah dan memperindah wajah, karena wajah yang tersenyum mencerminkan perasaan yang tenang. Ketika seseorang tersenyum tanpa paksaan dan keluar dengan tulus, ia akan membuat suasana perasaan menjadi lebih riang, dan orang yang berjumpa atau yang ada di sekitar akan ikut tersenyum dan merasa lebih bahagia. Selain itu, senyuman juga dapat menunjang penampilan seseorang loh! Namun, untuk mendapat senyuman manis dan menawan yang dapat membuat orang lain juga bahagia, tentunya harus didukung dengan penampilan gigi yang cantik. Salah satunya adalah warna gigi yang putih cemerlang.

Sayangnya semakin bertambahnya usia, warna gigi tak lagi seputih gigi susu saat kita masih anak-anak. Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan gigi tak lagi putih atau gigi kuning antara lain :

  • Malas menggosok gigi atau cara menggosok gigi yang salah
  • Terlalu sering meminum teh herbal dan kopi
  • Efek nikotin dari rokok sehingga perokok aktif biasanya akan memiliki warna gigi yang kuning
  • Sering mengkonsumsi Alkohol
  • Penggunaan obat tetes mata yang berlebihan
  • Sering mengonsumsi minuman berkabronasi dan minum penambah energi atau suplement
  • Terlalu banyak mengkonsumi permen
  • Menggunakan obat pemutih gigi yang tidak sesuai
  • Kandungan klorin yang sering dijumpai saat kita berenang bisa membuat gigi menjadi kuning.
  • Memiliki penyakit tertentu seperti Diabetes.
  • Semakin bertambahnya usia maka secara otomatis gigi kita pun akan otomatis bertambah usia yang bisa mengakibatkan gigi menjadi kuning. Jika sejak dini kita rajin merawat gigi maka hal ini tidak akan terjadi secara cepat.

Itulah beberapa penyebab gigi menjadi kuning. Untuk mengembalikan gigi putihmu, sebenarnya banyak cara yang bisa digunakan. Salah satunya pergi ke dokter gigi dan membeli obat pemutih gigi. Meskipun terjamin hasilnya, namun sudah pasti kedua cara tersebut memerlukan biaya yang mahal dan ada efek sampingnya. Nah untuk itu Blog Unik akan berbagi cara memutihkan gigi secara aman, tepat dan tentunya murah. Langsung saja yuk cek dibawah ini!

1. Arang Kayu

photo via : www.mygrocer.my

Kok arang bisa memutihkan gigi? padahal kan arang warnanya hitam dan terkesan kotor? Yup memang arang terlihat kotor dan berwarna hitam pekat, namun itulah keunikan dari arang. Arang memiliki sifat alkali yang berfungsi untuk mengikis dan menghilangkan noda kuning pada gigi kamu. Penggunaan arang dengan skala kecil tidak akan berdampak negatif pada tubuh. Cara menggunakan arang ini tergolong sangat mudah, tinggal gunakan sebagai pasta gigi arang yang sudah ditumbuk halus dan dicampur dengan 1sdm air perasan lemon. Gosok gigi dengan pasta arang tersebut kemudian bilas gigi hingga bersih.

2. Cuka Sari Apel

photo via : www.tokopedia.com

Khasiat cuka sari apel ini adalah dapat membantu menghilangkan zat kafein yang terdapat dalam teh, kopi dan rokok yang bisa membuat gigi kuning. Cara menggunakan cuka sari apel ini juga sangat mudah, kalian cukup berkumur-kumur menggunakan campuran 2 sendok makan cuka sari apel dengan segelas air selama sekitar 3-5 menit dan buang. Cuka sari apel ini dapat membantu menghilangkan bakteri dan kuman yang terdapat di gigi dan mulut kita yang menyebabkan karies pada gigi.

3. Cengkeh

photo via : /lifestyle.okezone.com

Cengkeh terkenal dengan khasiatnya untuk menjaga kesehatan gigi, salah satunya adalah memutihkan gigi. Adapun cara memutihkan gigi dengan cengkeh yaitu tumbuklah cengkeh hingga menjadi bubuk dan gunakan sebagai pengganti pasta gigi. Gosokkan pada gigi kamu selama 10 hingga 15 menit setiap harinya. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

4. Siwak/Miswak

photo via : https://www.deherba.com

Siwak atau Miswak adalah sejenis ranting kayu khusus untuk membersihkan gigi yang secara tradisional digunakan untuk kesehatan gigi di banyak negara Timur Tengah maupun Afrika. Fungsi siwak dapat menghambat pertumbuhan bakteri, mengikis plak, mencegah gigi berlubang, terutama untuk memutihkan gigi. Nenek moyang kita biasa menggunakan siwak dengan cara mengunyah batangnya. Jika tidak berani mengunyahnya, kamu bisa mengoleskan batang siwak bersih yang telah ditumbuk halus pada gigi secara merata. Bisa juga mencampurnya dengan air hingga berbentuk pasta, kemudian menggunakannya sebagai pasta gigi.

5. Daun Sirih

photo via : www.teen.co.id

Daun sirih ialah daun yang memang memiliki khasiat untuk memutihkan gigi bahkan kandungannya diformulasikan pada pasta gigi. Tetapi ada cara lebih mujarab daripada hanya memakai pasta giginya, orang tua jaman dahulu sering sekali memakan daun sirih agar giginya kuat dan putih bersinar.

Adapun cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengunyah daun sirih secara langsung. Jika cara ini dirasa terlalu berat, karena rasa sirih yang kuat, kamu dapat merebus beberapa daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih kemudian menggunakannya untuk kumur. Lakukan secara teratur setiap hari. Sirih akan merawat rongga mulut kamu termasuk mengurangi pendarahan pada gusi, mengurangi bau mulut, dan pastinya membuat gigi kamu semakin putih.

6. Daun Salam

photo via : http://www.grid.id

Daun salam memiliki banyak kandungan yang bisa menjaga kesehatan gigi secara efektif, seperti Minyak atsiri, sitral, tannin, flavonoid, metal kavikol, juga mengandung Vitamin A, B, C, D serta kalsium, zat besi, kalium dan magnesium. Gabungan dari zat-zat ini manjur digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami.

Adapun cara menggunakan daun salam untuk memutihkan gigi secara alami, bisa kamu lakukan dengan cara siapkan beberapa lembar daun salam segar dan kulit jeruk, kemudian jemur kedua bahan tersebut dibawah terik matahari. Setelah daun salam dan kulit jeruk berubah menjadi lebih kering dan renyah, kamu bisa menumbuk kedua bahan tersebut sehingga halus. Campurkan kedua bahan tadi, aduk-aduk hingga tercampur rata kemudian gosokan campuran ini pada gigi dan lakukan setiap hari selama kurang lebih dua minggu.

7. Daun Mimba

photo via : www.beritaaktual.ne

Daun mimba atau dalam bahasa Inggrisnya margosa dapat bermanfaat untuk memutihkan gigi. Daun mimba mengandung azadirahtin yang berguna sebagai antibakteri yang efektif sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Ambil daun mimba dan ambil minyaknya saja, kemudian campurkan dengan pasta gigi biasa. Sikat gigi kamu menggunakan pasta gigi yang sudah dicampur dengan minyak mimba tersebut dan lakukan 2 kali sehari.

8. Kulit Jeruk

photo via : http://batam.tribunnews.com

Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, Selain baunya yang harum, kulit jerukpun ternyata bermanfaat untuk memutihkan gigi kamu loh! Bagian kulit jeruk yang bisa digunakan adalah bagian dalamnya. Gosokkan kulit jeruk pada gigi secara hati-hati jangan sampai melukai gigi ataupun gusi. Namun, bagi kamu yang memiliki gigi sensitif harus lebih hati-hati karena dapat menimbulkan rasa nyeri terlebih dahulu. Lakukanlah kebiasaan ini secara teratur untuk mendapatkan gigi yang putih. Inilah cara memutihkan gigi secara alami dalam satu minggu.

9. Kulit Pisang

photo via : www.vemale.com/

Kulit Pisang yang biasanya kita buang begitu saja ternyata menyimpan khasiat yang berguna untuk memutihkan gigi loh. Kulit pisang mengandung potasium, magnesium dan manganese yang dapat membantu untuk memutihkan gigi. Memutihkan gigi dengan kulit pisang bisa kamu lakukan dengan cara menggosokan secara perlahan kepermukaan gigi kita. Gunakan bagian kulit dalam untuk menggosokkannya.

10. Lemon

photo via : www.edisoninst.com

Lemon memiliki sifat pemutih yang dapat menghilangkan gigi kuning. Siapkan beberapa sendok makan garam dan beberapa tetes perasan air lemon. Campurkan bahan-bahan tersebut, lalu gosok gigi kamu dengan menggunakan campuran tersebut. Biarkan selama beberapa menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu.

11. Strawberry

photo via : www.veseys.com

Strawberi mengandung Vitamin C dan asam malat yang berfungsi untuk mengikis noda pada gigi, selain itu strawberi juga bermanfaat untuk mencegah sariawan, gusi berdarah dan membunuh bakteri dalam mulut. Untuk menggunakan strawberry tidak akan menyita banyak waktu karena kamu tidak harus membuat ramuan tetapi cukup dengan memakannya atau dengan cara menggosok-gosokan bagian dalam strawberry ke permukaan gigi lalu kumur-kumur dengan air hangat.

12. Baking Soda

photo via : http://travel.tribunnews.com

Baking soda dapat menghapus plak serta membuat gigi menjadi putih dan indah. Ambil beberapa sendok makan baking soda dan sedikit pasta gigi. Campurkan baking soda dengan pasta gigi dan sikat gigi kamu dengan menggunakan campuran tersebut, bilas dengan air hangat. Namun, penggunaan dengan sering juga bisa berdampak negatif bagi lapisan gigi. Gunakan maksimal satu atau dua kali setiap bulannya.

13. Garam

photo via : http://artuz.com.tr

Garam juga bisa digunakan sebagai pengganti pasta gigi. Ramuan ini sudah dipercaya sejak dulu untuk memutihkan gigi. Cara menggunakan pasta gigi alami adalah dengan cara mencampurkan garam sebanyak setengah sendok teh kedalam 1 gelas air kurang lebih 25ml air. Gunakan air hangat, selanjutnya rendam sikat gigi sekitar 1-3 menit. Barulah gosok secara perlahan gigi dengan sikat lembut dan jangan lupa kumur-kumur dengan air garam tadi. Lakukan cara ini setidaknya 2 kali dalam seminggu. Kamu juga bisa menggunakan perasan lemon dengan cara yang sama.

14. Susu

photo via : www.inspiradata.com

Beberapa produk susu, seperti keju atau jenis makanan yang lain (yogurt) mengandung kalsium tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa kalsium adalah zat yang sangat bermanfat untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi susu kaya kalsium dapat membantu kamu dalam memutihkan gigi. Selain itu, susu sangat baik untuk kesehatan tubuh sehingga akan lebih baik jika dikonsumsi secara rutin.

15. Biji Buah Pinang

photo via : hellosehat.com

Buah pinang mengandung astringent dan hemostatik dari zat tanin dapat digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Caranya degan menghaluskan biji buah pinang terlebih dahulu. Kemudian gosokkan ke gigi menggunakan kain katun atau sabut pinang. Ternyata manfaatnya tidak hanya untuk memutihkan gigi tapi juga menguatkan gigi.

16. Dark chocolate

photo via : http://www.upout.com

Mungkin terdengar aneh, hal ini karena cokelat dapat membuat gigi menjadi keropos. Namun, cokelat hitam dapat bermanfaat untuk memutihkan gigi. Hal ini karena cokelat hitam mengandung zat yang dapat memperkuat permukaan gigi serta dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Caranya, kamu hanya perlu mengkonsumsi coklat hitam setiap hari. Namun jangan lupa untuk membatasi asupan mengkonsumsi cokelat hitam. Terlalu banyak mengkonsumsi cokelat dapat membuat kegemukan.

17. Jahe

 

photo via : makassar.terkini.id

Jahe dapat bermanfaat untuk menghilangkan gigi kuning dan dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Buat pasta dari jahe dan gosok gigi kamu dengan menggunakan pasta tersebut. Namun, jangan terlalu banyak, karena dapat membakar lidah kamu. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

18. Apel

photo via : lifestyle.kompas.com

Siapa yang menyangka, selain enak dan bervitamin, ternyata mengunyah apel juga bisa membuat gigi menjadi putih. Alangkah baiknya untuk mengunyah apel setidaknya 1 atau 2 apel setiap hari, hal ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apel dapat membuat gigi kamu menjadi putih karena buah apel mengandung sifat asam yang dapat membersihkan gigi. Brokoli, wortel, dan mentimun juga dapat memutihkan gigi.