Cara Menghadapi Pasangan Yang Keras Kepala

3 bulan lalu, by blogunik

Cara Menghadapi Pasangan Yang Keras Kepala - Sebisa Mungkin Tahan Dirimu Jangan Mencoba Melawanya

Memiliki pasangan yang keras kepala pastinya akan membuat emosi dan energimu terkuras. Tapi siapa sih yang ingin memiliki pasangan yang keras kepala? Kebanyakan orang pastinya ingin memiliki pasangan yang pengertian, baik dan penuh kasih sayang. Namun balik lagi pada “namanya juga jodoh nggak ada yang tau” Tetapi jika kamu terlanjur memiliki pasangan yang keras kepala apa boleh buat. Memiliki pasangan yang keras kepala terkadang membuatmu tidak kuat untuk menghadapinya dan terkadang kamu berpikir untuk meninggalkannya. Tapi itu tidak mungkin karena kamu masih sayang, tapi jika dipertahankan membuat kesabaran dan emosimu teruji. Jika saat ini kamu sedang bingung bagaimana cara menghadapi pasangan yang keras kepala, berikut ini ada beberapa caranya

1. Ketika Dia Sedang Emosi Jangan Mengajaknya Bicara

Cara Menghadapi Pasangan Yang Keras Kepala - Jangan Mengajaknya Bicara

Photo via rock-cafe.info

Berbicara dengan orang yang sedang diliputi emosi tentunya tidak akan menyelesaikan masalah. Apapun yang akan kamu katakan padanya ketika emosi tidak akan diterima dengan baik. Justru dia merasa diserang olehmu dan akan melakukan apapun itu untuk mempertahankan bentengnya. Maka dari itu tak ada gunanya kamu berbicara dengannya, daripada menimbulkan percikan api yang lebih besar lebih baik kamu tunggu sampai emosinya reda. Jika emosinya sudah mereda dan dia bisa berpikiran jernih lagi maka berbicaralah padanya.

2. Hadapi Dia Dengan Kelembutan dan Kasih Sayang

Cara Menghadapi Pasangan Yang Keras Kepala - Hadapi Dia Dengan Kelembutan dan Kasih Sayang

Photo via rd.com

Orang yang keras kepala itu tentunya tidak bisa kamu hadapi dengan keras juga karena jika kamu melakukannya dengan keras maka akan menimbulkan permasalahan yang makin runyam buruknya lagi kamu bisa saja putus dengannya. Pastinya kamu tidak ingin dong hubungan kalian kandas begitu saja? Maka dari itu untuk menghadapi kekerasan kepalanya itu kamu harus memperlakukannya dengan kelembutan dan kasih sayang yang kamu miliki. Berilah dia pengertian jika sifat keras kepalanya itu bukan hal yang baik atau mungkin bisa saja merugikan orang lain. Namun kamu juga sesekali boleh bersikap tegas dengannya tapi bukan marah-marah, kamu hanya perlu menyampaikannya dengan lemah lembut. Selain itu, beri juga dia perhatian yang lebih dengan kasih sayang yang kamu miliki, percaya deh lama-kelamaan dia akan melunak juga. Kamu juga harus tahu jika seseorang yang memiliki sifat keras kepala juga memiliki hati, jika kamu memperlakukannya dengan baik maka dia akan baik juga.

3. Ketika Dia Sedang Berbicara Jangan Dipotong

Cara Menghadapi Pasangan Yang Keras Kepala - Ketika Dia Sedang Berbicara Jangan Dipotong

Photo via momentswithjenny.com

Kamu juga harus tahu orang yang keras kepala itu cenderung tidak mau mengalah sehingga ketika dia sedang berbicara dalam keadaan yang emosi jangan pernah sekali-kali kamu memotong pembicaraannya. Yang harus kamu lakukan adalah biarkan saja dia menyelesaikan pembicaraannya dan mengeluarkan semua benak dihatinya. Jika kamu berani memotong pembicaraannya justru membuat dia semakin tidak ingin kalah. Sehingga jalan terbaiknya adalah biarkan dia menyelesaikan kalimatnya dan nanti kamu akan lebih mengerti apa yang dia maksud dan tahu harus bagaimana.

4. Ada Saatnya Ketika Kamu Bebicara dan Menyampaikan Maksudmu

Cara Menghadapi Pasangan Yang Keras Kepala - Ada Saatnya Ketika Kamu Bebicara dan Menyampaikan Maksudmu

Photo via gmhealthhub.org

Perlu diingat orang yang keras kepala cenderung sulit menerima masukan atau apapun itu yang diluar nalarnya. Sehingga ketika kamu sedang berusaha untuk berbicara dan menyampaikan maksudmu padanya, jangan berputar-putar atau mengandung makna yang tersirat. Jelaskan saja maksudmu dengan jujur, jelas dan dengan logika yang mudah dia terima. Seperti “Aku nggak suka aja kamu begitu sayang” ganti kata tersebut menjadi “Aku ngerti kok sayang kalau kamu pengen pergi sama teman-temanmu dan aku ngerti kamu nggak pengen diganggu. Tapi aku khawatir sayang, aku nggak mau kamu kenapa-kenapa. Kan biasanya kamu pergi bareng mereka sampai malam, lupa waktu, nah aku cemas dan nggak tenang karena nggak tahu kamu ada dimana. Jadi bukannya aku ngelarang kamu pergi”. Jangan menggunakan bahasa yang membuatnya tersudut atau menghakimi, gunakan saja bahasa yang mudah diterima dengan baik olehnya.

5. Sebisa Mungkin Tahan Dirimu Jangan Mencoba Melawanya

Cara Menghadapi Pasangan Yang Keras Kepala - Sebisa Mungkin Tahan Dirimu Jangan Mencoba Melawanya

Photo via themarriageandfamilyclinic.com

Ingat yang namanya api tidak bisa dilawan dengan api juga dibutuhkan air untuk memadamkannya, hal ini berlaku juga buat kamu dan dia. Ketika dia sedang terbakar emosi atau menunjukkan sisi keras kepalanya, langkah terbaik yang harus kamu lakukan adalah menarik nafas dalam-dalam dan yakini dirimu jika keras kepalanya ini hanya sesaat. Jangan pernah mencoba untuk melawannya karena masalahmu dengannya bukannya selesai malahan akan semakin keruh. Sehingga lebih baik untuk menahan diri dengan menjadi pendengar yang baik dan tanggapi setiap pembicaannya dengan senyuman atau katakan saja “Iya aku mengerti kok sayang”.

6. Berusahalah Untuk Mengambil Hatinya

Cara Menghadapi Pasangan Yang Keras Kepala - Berusahalah Untuk Mengambil Hatinya

Photo via 1zoom.me

Tahukah kamu jika pasangan yang keras kepala itu akan melunak jika kita mampu mengambil hatinya. Sehingga buatlah dia selalu mempercayai kamu atau berikanlah dia kenyamanan seperti perhatian dan hiburan ketika dia sedang bersedih. Ketika dia sudah merasa nyaman dengamu, kamu bisa membagi keluh kesahmu dengannya dan jangan takut mengatakan kalau kamu itu tidak suka dengan sifatnya yang keras kepala. Percaya deh lama-kelamaan dia akan sadar akan kesalahannya dan berusaha untuk merubahnya tapi tentu saja perubahan itu membutuhkan proses.

7. Ketika Kamu Berbicara Dengannya Gunakan Nada Yang Rendah

Cara Menghadapi Pasangan Yang Keras Kepala - Ketika Kamu Berbicara Dengannya Gunakan Nada Yang Rendah

Photo via psychologytoday.com

Pasangan yang keras kepala selalu menganggap bahwa konflik atau perbedaan pendapat adalah medan perang yang harus dia menangkan. Sehingga jangan sampai kamu terpancing amarahnya dan meninggikan nada bicaramu. Lebih baik menjaga nada bicaramu agar tidak meninggi agar masalah kalian tidak semakin memanas.

8. Banyak-banyaklah Bersabar

Cara Menghadapi Pasangan Yang Keras Kepala - Banyak-banyaklah Bersabar

Photo via time.com

Memang menjadi seseorang yang penyabar itu tidak mudah, tapi jika kamu dengannya sama-sama keras kepala semua permasalahan kalian justru akan semakin rumit. Jika kamu benar-benar mencintainya, sekeras apapun sifatnya itu kamu pasti akan mencoba untuk bersabar dan bertahan. Kamu juga perlu ingat, mencocokan hati satu sama lain itu tidakah mudah. Namun jika kamu berniat untuk putus darinya dan mencari yang lebih baik darinya, belum tentu juga orang tersebut cocok dan menyatu denganmu.

Nah, itulah cara menghadapi pasangan yang keras kepala, tak selamanya memiliki pasangan yang keras kepala itu menyebalkan. Di balik sifatnya yang keras kepala pastinya terdapat sifat yang memembuat kamu bahagia. Tapi jika hubunganmu dengannya tidak bahagia bahkan sering bertengkar, cobalah untuk berpikir lagi apakah perlu di pertahankan atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *