Cara Menyiasati Resolusi Yang Belum Tercapai

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Tahun 2022 sudah didepan mata nih, pastinya kalian sudah bersemangat untuk membuat pencapaian-pencapaian baru untuk tahun 2022 kan? Atau jangan-jangan masih ada resolusi kalian di tahun 2021 yang belum tercapai?

Jika iya, berarti ada beberapa faktor yang membuat kalian tidak dapat mewujudkan resolusi tersebut. Seperti kurangnya komitmen dan kesalahan dalam membuat target sehingga membuat kalian selalu gagal dan sulit mewujudkan resolusi yang ingin dicapai.

Namun selagi masih ada waktu, jangan pernah patah semangat, karena di tahun baru 2022 kamu masih bisa mewujudkan impian kamu dan menjadikan resolusi yang harus dicapai. Kamu harus mulai dengan merencanakan tindakan apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan resolusi 2022. Karena pada dasarnya, resolusi yang tidak dibarengi dengan langkah nyata, sama saja dengan omong kosong.

Untuk itu berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menyiasati resolusi yang belum tercapai. So let’s check it out guys!

1. Pahami apa tujuan kamu ingin mewujudkan resolusi

Cara Menyiasati Resolusi Yang Belum Tercapai

photo via extramile.thehartford.com

Cara yang paling dasar agar kamu lebih semangat mewujudkan resolusi kamu di tahun baru adalah dengan memahami apa yang sebetulnya menjadi tujuan kamu dalam mencapai semua resolusi yang dibuat.

Dengan tujuan yang kuat, maka kamu akan terus bersemangat dan termotivasi untuk mewujudkan semua resolusi yang dibuat. Misalnya saja, resolusi yang kamu buat adalah mengembangkan channel YouTube kamu agar melampaui 1 juta subscriber.

Tujuannya, agar kamu bisa mendapatkan golden play button ataupun mendapatkan pendapatan yang lebih bukan hanya dari adsense namun juga dari endors dan sponsor. Dan tentunya akan membuat namamu menjadi lebih populer sebagai konten creator.

2. Fokus dengan satu tujuan

Jika selama ini, kamu merasa kesulitan dalam mencapai target, mungkin salah satu alasannya adalah kamu terlalu banyak memiliki hal yang ingin kamu ubah dan di capai

Agar resolusi yang belum tercapai sebelumnya dapat dicapai di tahun baru, cobalah untuk fokus dengan satu tujuan saja. Fokus kepada satu hal dalam hidup kamu yang ingin kamu ubah terlebih dahulu.

Misalnya, tahun ini target terbesarmu adalah memiliki berat badan yang ideal. Maka yang kamu fokuskan adalah cara agar berat badan kamu bisa berkurang. Mulailan dengan membuat kebiasaan-kebiasaan kecil yang dapat dimulai untuk mewujudkannya. Mulai dari mengurangi makanan dan minuman manis, memperhatikan kalori yang masuk ke tubuh hingga melakukan olahraga secara rutin.

3. Tuliskan target yang konkret

Cara Menyiasati Resolusi Yang Belum Tercapai

photo via learnenglishteens.britishcouncil.org

Bukan hanya daftar belanjaan saja yang perlu di catat, kamu juga perlu mencatat resolusi kamu untuk kedepannya. Terkadang kita lupa bahkan tidak mencatat resolusi yang ingin kita wujudkan, akibatnya, kita lupa dengan rencana selama setahun dan kita menjadi kurang termotivasi untuk mewujudkannya.

Oleh karenanya, resolusi harus dicatat. Namun bukan hanya mencatat saja. Kamu juga harus menuliskan target yang ingin dicapai secara konkret. Misalnya, dalam setahun ke depan, kamu punya target untuk membeli mobil impian kamu.

Maka kamu perlu menuliskan nama mobil impian kamu dan berapa budget yang harus kamu siapkan untuk membeli mobil tersebut. Pastikan juga kamu menuliskan kapan kamu sudah bisa mengendarai mobil impian tersebut. Dengan begini, resolusi yang ingin kamu capai di tahun depan tidak akan terasa kabur atau hanya terbayang dalam angan.

4. Lakukan aksi dan tindakan nyata

Dalam setahun kedepan, ada banyak target yang ingin kamu capai. Ingin keluar negeri, ingin membeli mobil, ingin membangun rumah dll. Namun percuma saja jika kamu memiliki impian besar, namun dalam praktiknya, kamu tidak melakukan apapun untuk mewujudkannya.

Untuk mewujudkan apa yang menjadi target kamu, jangan fokus dengan kelemahan yang kamu miliki. Misalnya, kamu ingin membuat konten YouTube tentang makeup, maka jangan banyak alasan dengan mengeluhkan, harga makeup mahal, kamera nggak memadai, fasilitas untuk membuat konten belum ada dll, sehingga apa yang ingin kamu capai tidak pernah terwujud dan hanya sebatas angan saja. Guys, jika ada niat, semua masalah pasti akan teratasi!

Jadi, daripada kebanyakan drama yang membuat resolusi sulit untuk diwujudkan, lebih baik mencobanya terlebih dahulu dan jangan menunggu momen yang pas. Seperti kata orang, lebih baik melangkah dengan pelan yang penting konsisten daripada melangkah lebar namun menunggu momen yang pas. Intinya lakukan aksi dan tindakan nyata untuk mewujudkan impian dan resolusimu. Tak apa mengambil langkah kecil, selama itu membuat kita bergerak daripada hanya diam ditempat.

5. Kenali kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki dalam mencapai tujuan

Cara Menyiasati Resolusi Yang Belum Tercapai

photo via stacyblackman.com

Untuk mewujudkan resolusi yang belum tercapai, pastikan kamu mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Ketahui apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan diri kamu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa langsung introspeksi diri dan mulai merubah kekuranganmu menjadi kelebihan. Selain itu, kamu juga bisa mengeksplorasi semua kelebihan yang kamu miliki secara maksimal sebagai senjata untuk mewujudkan resolusi kamu kedepannya.

6. Selalu fleksibel dan siapkan rencana cadangan

Mungkin resolusi kamu selama ini sulit untuk direalisasikan karena impian yang ingin kamu tuju terlalu tinggi untuk diwujudkan. Maka dari itu, kamu harus tetap fleksibel jika rencana awal ternyata sulit untuk direalisasikan. Pastikan untuk selalu menyiapkan mental menghadapi kegagalan dan siapkan rencana baru yang bisa kamu tempuh untuk mencapai target.

Dalam mewujudkan resolusi, tentu kamu akan menghadapi banyak tantangan. Namun jangan pernah menyerah dan melupakan target yang ingin kamu raih.

7. Cari tahu apa yang menyebabkan resolusi belum terwujud

Cara Menyiasati Resolusi Yang Belum Tercapai

photo via nypost.com

Cara yang paling penting dalam menyiasati resolusi yang belum tercapai adalah dengan mencari tahu apa faktor yang menyebabkan resolusi kamu selama ini belum terwujud.

Mulai dari sifat malas, kebiasaan suka menunda pekerjaan dan melewatkan kesempatan yang ada bisa menjadi beberapa faktor yang menyebabkan resolusi kamu belum terwujud dan masih bertahan dalam status wacana saja.

Selain itu, faktor lingkungan yang tidak mendukung serta jadwal aktifitas yang tidak beraturan juga bisa menjadi penyebab mengapa resolusi kamu selama ini belum ada perkembangan nyata.

Dengan mengetahui penyebabnya, tentu kamu bisa introspeksi diri dan akan mendorong kamu agar berubah menjadi lebih baik dari hal sikap hingga manajemen waktu. Cara ini akan membuat kamu lebih termotivasi untuk mulai mewujudkan resolusi yang sempat tertu

8. Bersabar dan selalu konsisten

Segala sesuatunya perlu proses. Tidak ada hal yang bisa dicapai secara instan, begitupun dengan resolusi. Jadi jangan cepat menyerah jika target yang kamu inginkan masih jauh dari ekspektasi. Ketahuilah bahwa kita tidak mampu mewujudkan resolusi dengan cepat dan semudah kita membalikkan telapak tangan.

Perjalanan untuk mencapai semua target mungkin sangat panjang. Namun, ketika kamu berjuang mewujudkan resolusi, dan melakukan perubahan sedikit demi sedikit dengan konsiten, tentu kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Kuncinya adalah bersabar dalam proses, sehingga kamu tidak menyerah di tengah jalan.

Mulailah dari hal sederhana serta luangkan waktu 30 menit sampai 1 jam waktumu setiap harinya untuk mengerjakan rencana tersebut. Dari hal tersebut akan menimbulkan kebiasaan baru hingga tanpa terasa rencana tak lagi sekadar harapan.

9. Komitmen dan percaya diri

Cara Menyiasati Resolusi Yang Belum Tercapai

photo via parade.com

Masih erat kaitannya dengan poin di atas, untuk dapat mencapai sebuah resolisi, kamu juga harus memiliki komitmen dan kepercayaan diri. Komitmen dan percaya diri merupakan kunci utama untuk dapat meraih setiap impianmu.

Tanpa adanya komitmen, perjalananmu dalam mencapai resolusi akan mudah goyah dan terpengaruh oleh orang lain. Bahkan jika kamu kurang percaya diri, maka resolusi akan jauh lebih sulit untuk dicapai karena kamu bisa merasa tidak mampu dan minder. Jadi pastikan kamu menyeimbangkan antara komitmen dan rasa percaya diri agar setiap impianmu dapat tercapai dengan lebih mudah.

10. Selalu pantau progres atau kemajuan yang kamu alami

Salah satu faktor yang menyebabkan resolusi kamu setahun ini belum tercapai adalah karena kamu tidak memonitoring progres yang telah kamu lakukan untuk mencapai target secara rutin.

Untuk mewujudkan resolusi, memantau kemajuan yag telah kamu buat merupakan kunci sukses untuk menciptakan perubahan yang baik dalam diri kamu. Jika tidak, bagaimana kamu bisa tahu kalau rencana yang kamu jalankan telah tepat sasaran? Dengan memantau dan menilai peningkatan kamu secara teratur bisa membuat kamu tetap termotivasi.

11. Jangan ragu untuk mencari bantuan orang lain

Cara Menyiasati Resolusi Yang Belum Tercapai

photo via forbes.com

Jika kamu susah mewujudkan resolusi kamu, maka cobalah untuk mencari motivasi atau dukungan dari orang lain. Bisa dari keluarga hingga teman-teman terdekat kamu. Setidaknya, kamu memberitahukan keluarga atau teman terdekat tentang target-target yang ingin dicapai di tahun baru.

Kamu bisa meminta bantuan pada mereka untuk selalu mengingatkan kamu untuk fokus dengan resolusi jika sewaktu-waktu kamu melupakan tujuan kamu. Keluarga dan teman-teman yang baik tentu akan senantiasa membantu dan menyemangati kamu dalam mencapai resolusi.

Bahkan memiliki teman dengan visi dan misi yang sama akan membuat kamu lebih bersemangat serta memudahkan kamu untuk mengukur seberapa jauh perkembangan yang dicapai dalam mewujudkan target resolusi tahun baru. Selain itu, banyak bergaul atau berdiskusi dengan orang yang mampu mencapai target resolusi tahun baru juga bisa membuat kamu semakin semangat mewujudkannya.

12. Hindari ekspektasi berlebihan di awal rencana

Ketika membuat sebuah resolusi, tentu kita sudah memiliki sebuah ekspektasi yang menyenangkan ketika resolusi tersebut dapat diwujudkan. Namun perlu diingat bahwa, jangan memasang ekspektasi terlalu berlebihan atau terlalu tinggi di awal. Pasalnya ketika kita mematok ekspektasi yang terlalu tinggi maka rasa kecewa yang akan kita hadapi juga akan sengat besar jika resolusi susah untuk direalisasikan.

Memasang harapan tinggi memang tidak salah tapi hati-hatilah bila kenyataannya tidak sesuai dengan keinginan. Cukup jalani rencana kamu dengan konsisten dan sabar, karena hasil tidak akan mengkhianati usaha kalian.

13. Jangan buat resolusi yang terlalu muluk-muluk

Cara Menyiasati Resolusi Yang Belum Tercapai

photo via createyourhappy.org

Penting juga diperhatikan bahwa salah satu penyebab kenapa resolusi kamu setahun kebelakang tidak terwujud, bisa saja karena resolusi yang terlalu muluk-muluk. Sebelum menuliskan target-target yang harus dicapai di tahun depan, ada baiknya kamu mengukur kemampuan terlebih dahulu.

Misalnya saja jika salah satu resolusi tahun baru kamu adalah memiliki rumah, maka kamu tidak perlu langsung mengeluarkan uang untuk membangun rumah sampai memaksakan diri mengambil pinjaman disana-sini. Lebih baik sesuaikan dengan kemampuan diri kamu sendiri. Serta fokus dengan keinginan diri sendiri dan bukan berdasarkan keinginan orang lain maupun ikut-ikutan tren.

14. Berikan batasan waktu

Dalam mewujudkan resolusi yang belum tercapai, penting halnya kamu memberikan batasan waktu pada setiap resolusi yang ingin kamu capai. Tujuan memberikan batasan waktu ini akan agar kamu lebih termotivasi dan fokus untuk meraihnya. Ibaratnya seperti deadline. Jika kamu mengetahui deadline-nya kapan, maka kamupun akan lebih bersemangat dan ingin segera menyelesaikan tantangan tersebut.

15. Nikmati tiap proses dan progres yang dialami

Meskipun kamu memberikan batas waktu untuk mencapai resolusi, namun jangan sampai lupa untuk menikmati tiap proses dan progres yang kamu lalui. Sadari terus bahwa pencapaian sebuah target memiliki kunci pada proses dan progres yang konsisten dan persisten. Jangan pernah melihat seberapa sulit target yang kamu raih. Selama kamu masih melakukannya dengan sabar dan konsisten maka kamu akan selalu diberikan jalan untuk mencapai target kamu.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyiasati resolusi yang belum tercapai selama ini. Bagaimana menurut kalian? Sudah siap untuk menyongsong tahun baru dengan resolusi yang baru?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.