Cara Unik Dan Lucu Orang Indonesia Saat Bangunin Sahur

3 minggu lalu, by blogunik

Cara-Unik-Dan-Lucu-Orang-Indonesia-Saat-Bangunin-Sahur

Kesulitan bangun untuk menunaikan sahur saat Ramadan memang menjadi permasalahan banyak umat muslim di Indonesia. Nggak heran masyarakat Indonesia memilik budaya unik untuk membangunkan warga sekitar untuk sahur.

Mesipun bulan Ramadhan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana kegiatan ibadah dibatasi karena wabah virus corona sehingga terpaksa umat Muslim beribadah di rumah masing-masing. Namun hal itu tak mempengaruhi semangat umat Muslim dalam menjalankan puasa.

Semangat menjalankan puasa inipun terlihat dari meriahnya para remaja muslim dalam membangunkan warga di perumahan masing-masing untuk sahur. Biasanya para pemuda di lingkungan rumah tergerak untuk berkeliling guna membuat riuh membangunkan warga untu sahur.

Bukan hanya membuat riuh semata, banyak hal kreatif dan unik yang dilakukan. Saking banyaknya inspirasi, ditambah lagi dengan teknologi sudah semakin canggih, cara orang membangunkan sahur menjadi lebih bervariasi. Ada yang membangunkan dengan cara yang wajar, ada pula yang menggunaka cara yang aneh dan bikin mata langsung melek.

Nah berikut berbagai cara unik dan lucu orang Indonesia saat bangunin sahur, let’s check it out guys!

1. Bangunin sahur pakai suara “Alam Ghaib”

Cara bangunin orang sahur yang unik pertama adalah dengan menggunakan suara “Alam Ghaib”. Video bangunin orang sahur dengan suara “Alam Ghaib” ini viral di media sosial beberapa waktu lalu. Sekelompok pemuda membangunkan warga dengan membawa speaker sambil menghidupkan suara dari “alam ghaib” yang membuat siapapun menjadi merinding. Tentu saja aksi mereka mendapat banyak tanggapan dari netizen. Banyak yang menganggap aksi pemuda-pemuda tersebut terlalu berlebihan. Namun ada juga yang mengatakan aksi pemuda-pemuda tersebut sangat ampuh untuk membangunkan orang sahur.

https://www.youtube.com/watch?v=V9L3gM4p6_Q

2. Bangunin sahur dengan joget peti yang lagi viral

Siapa sih yang nggak tahu joget peti yang lagi viral didunia maya? Joget peti asal Ghana tersebut memang menyita perhatian banyak orang bahkan saking viralnya, sekelompok remaja di Indonesia memperagakannya untuk membangunkan orang sahur.

Dibarengi dengan alunan pianika dan suara drum dari bahan perabotan rumah tangga, sekelompok remaja ini terhanyut dengan alunan membawa seorang anak yang lebih kecil sebagai mayatnya. Aksi mereka ini disambut tawa oleh warganet, karena dengan peralatan seadanya, mereka tetap bisa terhibur. Mereka menari memperagakan tarian yang viral di Instagram, membangun warga untuk sahur dengan cara yang berbeda dari biasanya.

3. Bangunin sahur pakai terompet ala TNI

Sulitnya membuat warga terbangun untuk sahur juga membuat marbot masjid kebingunga untuk mencari cara agar warga kampunyanya terbangun. Namun tidak dengan marbot masjid satu ini. Seperti nggak kehabisan ide, marbot masjid satu ini membunyikan terompet ala tentara TNI yang pastinya membuat mereka yang masih tidur langsung bangun seketika.

4. Bangunin sahur pakai lagu kpop

Tahu kalau warga kompleksnya kebanyakan kpopers, para remaja satu punya cara unik buat bangunin warga sahur, apalagi kalau bukan nyanyi lagu-lagu kpop yang lagi hits.

5. Bangunin sahur dengan nada yang lebih kekinian

Bangunin sahur pakei lagu bangun sahur biasa udah nggak mempan, pemuda satu ini akhirnya mengubah lagu sahur menjadi lebih kekinian. Lebih ngegas tapi nggak sampai mengganggu kesanyamanan warga.

View this post on Instagram

SAURRR NA SAURRR OYYYY

A post shared by HALEWWWW (@halewwww) on

6. Bangunin sahur pakai towa

Keliling bawa towa untuk bangunin orang sahur udah biasa, tapi yang nggak biasa adalah kalimat-kalimat yang diucapkan untuk membangunkan warga. Dalam video, bapak satu ini menghimbau agar warga segera bangun untuk mempersiapkan sahur, yang masak buruan masak, hingga yang menyusu segera menyusu. Yang lebih kocak suara bapak ini lebih mirip suara pedagang tahu bulat lho!

View this post on Instagram

LAMBEMU GACOR TENAN SLURRR

A post shared by HALEWWWW (@halewwww) on

7. Bangunin sahur versi ngegas

Marbot masjid yang satu ini terlalu semangat dalam membangunkan warga untuk sahur. Dengan menggunakan kekuatan penuh, ia berteriak melalui toa masjid untuk membangunkan warga. Kalau kamu nggak bangun dengerin teriakannya marbot satu ini, admin sarankan agar kamu segera ke THT deh!

View this post on Instagram

SAURRRR SLURRRR

A post shared by HALEWWWW (@halewwww) on

8. Bangunin sahur tapi disuruh tidur aja

Boro-boro nyuruh bangun buat sahur, bapak satu ini justru nyuruh warga di kampungnya buat tidur aja nggak usah sahur. Nyindir halus nih. Kocaknya abis bilang gitu, si bapak dan cs nya langsung joget ria nih!

https://www.instagram.com/p/B_f7A2Jjbaj/?utm_source=ig_embed

9. Bangunin sahur rasa suporter bola

Bukannya terlihat seperti bangunin orang sahur tapi sekelompok pemuda ini malah terlihat seperti suporter bola saking banyaknya yang ikutan. Kalau yang bangunin rame kayak gini, kamu masih tetep kesiangan, mungkin ada yang salah sama telinga kamu nih.

10. Bangunin sahur sambil joget mantap

Nggak kehabisan ide, sekelompok pemuda membangunkan sahur dengan bernyanyi sambil berjoget ria. Acara bangunin orang sahur jadi lebih seru dan menyenangkan.

https://www.instagram.com/p/Bi-kaonBWZW/?utm_source=ig_embed

11. Bangunin sahur sambil curhat

Bangunin sahur versi remaja Tebet satu ini juga terbilang unik, pasalnya lagu yang digunakan untuk membangunkan orang sahur berupa keluh kesah mereka selama membangunkan warga untuk sahur. Dimana mereka mengungkapkan jika warga dibangunkan untuk sahur, mereka malah mendapat omelan, namun jika tidak dibangunkan, warga justru kesiangan untuk sahur. Yah serba salah deh, sabar ya guys!

12. Bangunin sahur sambil berdendang pakai towa masjid

Nggak harus keliling kampung, towa masjid juga bisa menjadi alat ampuh buat bangunin orang sahur. Kamu bisa sambil berdendang dan membuat teman-temanmu menjadi backing vocal yang keren.

13. Nyanyikan lagu bersuara merdu

Seolah tak pernah kehabisan akal, kali ini, sekelompok pemuda dari provinsi Nanggroe Aceh Darussalam membangunkan warga untuk sahur dengan cara menyanyikan lagu secara merdu melalui pengeras suara di masjid. Dari rekaman video, terlihat ada lima orang yang bersiap di depan mikrofon, satu orang pemuda dengan suara yang paling merdu menjadi pemimpin sementara empat pemuda lainnya bertugas sebagai pengiring. Cara mereka membawakan lagu terdengar kompak hingga terlihat seperti grup musik profesional.

14. Bangunin sahur bareng mbak kunti

Ada lagi nih guys, aksi bangunin sahur paling kocak yang ada di Indonesia yaitu bangunin sahur bareng mbak kunti. Diringi musik seadanya dan teriakan sekelompok remaja membangunkan warga untuk sahur, si mbak kunti berjoget ria seakan menambak keunikkan cara sekelompok orang ini untuk membangunkan warga untuk sahur.

15. Klotekan

Klotekan adalah tradisi membangunkan sahur yang berasal dari Yogyakarta. Klotekan menggunakan satu set drum yang ditata rapi di atas gerobak. Biasanya, klotekan dimainkan mengelilingi kampung oleh anak-anak dan remaja.

https://www.instagram.com/p/Bj-mLy9htwx/?utm_source=ig_embed

16. Obrog

Obrog adalah seni tradisional dengan alunan musik dan lirik. Tradisi ini sudah turun temurun dilakukan di daerah Indramayu dan Cirebon untuk membangunkan warga sekitar untuk sahur. Perpaduan musik dan liriknya sangat khas. Pada zaman dulu, obrog memanfaatkan kentungan dan bedug masjid. Saat ini, obrog menggunakan gerobak yang dilengkapi sounds system.

17. Arak-arakan bangunin sahur pakai kostum pocong

Satu lagi guys, arak-arakan membangunkan orang sahur yang kocak dan unik adalah dengan menggunakan kostum pocong. Dalam video terlihat sekelomok orang yang menggunakan kostum ocong lengkap dengan keranda berjalan mengitari kampung membangunkan warga untuk sahur. Wah, kalau malam-malam liat begini auto lari deh!

Membangunkan orang sahur adalah perbuatan mulia. Kalau kamu punya teman nongkrong di kompleks rumahmu, nggak ada salahnya membangunkan warga untuk sahur dengan cara-cara unik dan kreatif di atas. Tapi ingat jangan sampai berlebihan. Alih-alih membangunkan warga, justru bisa memancing emosi satu kampung apabila terlalu berisik saat membangunkan sahur.

Artikel Terkait