Cara Sejukin Rumah Tanpa AC, Bisa Menghemat Listrik Nih!

7 bulan lalu

Musim kemarau memang membuat suasana sekitar menjadi panas,  apalagi di dalam rumah. Rumah dengan ruangan yang panas,  gerah dan pengap memang membuat penghuninya menjadi tidak betah berada berlama-lama diruangan tersebut.  Tak heran banyak orang yang berlomba-lomba untuk memasang AC didalam  ruangannya.

Penggunaan AC memang sah-sah saja bagi mereka yang mempunyai keuangan yang berkecukupan, karena memang menggunakan AC beban listriknya lumayan menambah. Nah bagi  kalian yang keuangannya masih terbatas untuk memasang AC  bisa melakukan cara ini agar ruangan kalian tetap sejuk  walaupun tidak menggunakan AC. Penasaran? Yuk cek dibawah ini!

1. Lepas kabel alat elektronik saat tidak dipakai

Photo via : insideedison.com

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa benda-benda elektronik seperti TV dan komputer ataupun kabel-kabel yang masih terpasang di stop kontak saat tidak dipakai dapat mengeluarkan suhu panas. Dan yang sering kita lupakan adalah charger ponsel yang sering kita lupa untuk mencabutnya saat sudah selesai mengisi bateray, padalah charger yang masih terpasang di stop kontak masih mengaliri listrik yang dapat meningkatkan suhu dalam ruangan.

2. Matikan lampu

Photo via : edisonlightglobes.com

Semua jenis lampu mengeluarkan panas, bahkan lampu-lampu yang menggunakan teknologo LED sekalipun. Jadi kalian harus rajin-rajin mematikan lampu saat tidak dipakai lagi, misalnya saat matahari mulai bersinar sampai tenggelam lagi, maupun saat kalian tidur. dan ganti semua bohlam dengan teknologi energi efisien dan ramah lingkungan.

3. AC DIY

Photo via : vancitybuzz.com

Mungkin bisa dibilang AC manual, caranya dengan menempatkan semangkuk es didepan kipas angin agar butiran air dingin tertiup oleh kipas dan membuat ruangan menjadi sejuk.

4. Minimalkan masuknya sinar matahari

Photo via : houzz.com

Photo via : pixabay.com

Cahaya matahari memnag bagus, namun jika berlebihan akan membuat ruangan kalian menjadi panas, ada baiknya kalian meminimalisir cahaya yang masuk dengan menutup jendela dengan tirai atau pasang kaca film sebagai filter cahaya agar mengurangi jumlah cahaya yang masuk, cara klasik ini masih terbilang ampuh untuk membuat rumah sejuk tanpa AC.

5. Jaga sirkulasi udara

Photo via : orkin.com

Photo via : pinkpeonies.co

Agar rumah terlihat adem dan sejuk, kalian bisa menambahkan tanaman sebagai interior tambahan yang multifungsi, karena selain sebagai penghias ruangan, tanaman juga dapat membantu menyerap zat berbahaya dari alat elektronik apabila ditempatkan disekitarnya. Tak heran jika tanaman dapat menimbulkan sensasi sejuk disekitar dimana diaa ditempatkan.

 

Baca Juga