Cicit Pencipta Lagu “Indonesia Raya” Menang Cipta Lagu Dunia 2019

6 bulan lalu, by blogunik

Sebagai warga negara Indonesia sejati, pastinya kamu tahu dong siapa pencipta lagu Indonesia Raya? Yup siapa lagi kalau bukan WR Supratman. Sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia, tentu saja jiwa seni dan kualitas bermusik dari WR Supratman tak perlu diragukan lagi. Nah Ternyata bakat bermusik dari WR Supratman ini menurun pada cicitnya lho!

Dialah Andrea Turk, cicit dari sang pencipta lagu Indonesia Raya ini yang menuruni bakat sang maestro. Andrea merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, sekaligus produser muda. Kualitas bermusik dari Andrea Turk ini baru saja dibuktikan dengan menyabet juara pertama dalam kompetisi menulis lagu, Young Songwriter Competition 2019 kategori Internasional di London, Inggris. Ia membawakan lagu ciptaannya bertajuk Who We Are.

photo via : www.instagram.com/andreapturk

Dilansir dari msn.com, lagu Who We Are merupakan tembang pertama Andrea Turk yang telah dirilis pada Oktober 2018. Andrea bersyukur dengan keberhasilannya pada kompetisi ini karena dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional.

Dilihat dari postingan Instagram prbadinya, gadis 18 tahun ini membawakan lagu ciptaannya di The Tabernacle W11, London, Inggris pada Minggu, 23 Juni 2019 waktu setempat. Dalam unggahannya tersebut dirinya tidak dapat menutupi kebahagiaannya atas pencapaian yang telah diraih. Pasalnya biar bagaimanapun, gadis 18 tahun ini merupakan satu–satunya peserta dari luar Inggris yang mendapat kesempatan untuk tampil secara live di babak final. Andrea Turk berhasil mengalahkan peserta dari Kanada dan Slovenia, dan mampu meraih peringkat pertama.

Dikutip dari Liputan6.com, Selain menang di Young Songwriter Competition 2019, ada tiga lagu gubahan Andrea Turk yang juga berhasil masuk ke dalam nominasi top 30 dalam kompetisi tersebut. Bahkan sebelumnya ia telah merilis debut album self-titled pada 2 April 2019 yang berisi 14 lagu. Ke-14 lagu tersebut meliputi Who We Are, Nothing About You, Outsider, Boy From Panama, Gigantics, Honest, Pressure, Garden, Young, You (Beautiful)The Cafe, Daisies, Dust, Happy Birthday Papa (Acoustic Live Version). Ia juga termasuk salah satu penyanyi yang ada terlibat dalam program Billboard Spotlight dari Billboard Indonesia.

Sementara itu ia baru saja menyelesaikan pendidikan SMA di Australian Independent School Indonesia (AIS Indonesia) pada 2018. Selain itu. Andrea juga telah menyelesaikan latihan super ketat di Berklee Collage of Music, Amerika pada 2016, NYU Steinhardt pada 2017 dan 2018, lalu NYU TISCH Clive Davis Institute of Recorder Music pada 2018.

Kerennya lagi, Andrea juga membuat lagu khusus untuk Presiden Joko Widodo bertajuk One Love, One Heart. Pada proyek musik ini, Andrea turut menggandeng rapper Indonesia, Jayko. Selain itu, salah satu lagu Andrea bertajuk Garden didaulat sebagai opening theme song dari film bergenre drama komedi yang dirilis pada April 2019 bertajuk Rumput Tetangga.

Berkat pencapaian Andrea Turk yang luar biasa di dunia musik, ia bahkan diterima di enam universitas di Amerika Serikat dan empat universitas di Inggris. Kabar bahagia ini sempat ia bagikan di Instagram pada akhir April lalu.

Wah bagaimana menurut kalian guys? Keren kan prestasi yang dicapai oleh Andrea Turk ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait