Daftar Aplikasi Android Penyebab Baterai Boros

8 bulan lalu

Kalau jaman dulu saat masih jamannya ponsel biasa, kita biasanya mengecas baterai handphone paling sering sehari sekali. Bahkan saat masih jaman telpon dan sms saja, baterai hape amatlah awet dan bisa bertahan 2-3 hari tanpa dicas kembali. Namun sejak datangnya era smartphone, baterai-baterai pada smartphone yang ada semakin boros dan cepat habis. Hala ini terjadi karena beberapa aplikasi yang kita instal pada smartphone khususnya dengan sistem operasi android, menggunakan daya yang lebih besar dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

Kalau suatu ketika kamu menyadari adanya perubahan banyaknya daya atau mungkin saat smartphone milikmu terasa boros baterai, kemungkinan besar karena beberapa aplikasi yang kamu instal ini menghabiskan banyak baterai yang kamu miliki. Adapun beberapa aplikasi yang bisa menghabiskan banyak baterai samartphone milikmu adalah:

1. Instagram

Daftar Aplikasi Android Penyedot Baterai Terboros Instagram

photo via : play.google.com

Saat ini bisa dibilang media sosial yang satu ini merupakan media sosial yang lagi tren dikalangan semua orang. Banyak hal baru baik berupa berita yang berupa gambar ataupun video bisa kita dapatkan di media sosial yang satu ini. Tentu saja dengan adanya berbagai fitur yang terus dikembangkan dalam aplikasi ini, membuat Instagram jadi membutuhkan resource ataupun hardware yang lebih besar. Tentu saja dengan kebutuhan resource yang lebih banyak, seperti kamera, pemutar video, perekam suara dan lainnya, membuat dayang yang dibutuhkan oleh aplikasi ini pun jadi semakin besar yang membuat aplikasi ini jadi semakin boros dengan baterai.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

2. Facebook

Daftar Aplikasi Android Penyedot Baterai Terboros Facebook

photo via : play.google.com

Hingga saat ini, media sosial yang memiliki pengguna terbanyak masih dipegang oleh Facebook. Dari balita, remaja hingga dewasa masih menggunakan media sosial yang satu ini. Media sosial ini biasanya digunakan untuk berkenalan dengan teman baru, berbagi curahan hati dan juga untuk urusan bisnis. Dengan fitur-fitur yang dimilikinya yang semakin banyak, membuat Facebook jadi aplikasi yang besar dan juga aplikasi yang amat boros dengan baterai. Apalagi dengan banyaknya kuota dan juga memori yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi ini, membuat baterai yang diperlukan semakin banyak.

3. Facebook Messenger

Daftar Aplikasi Android Penyedot Baterai Terboros Facebook Messenger

photo via : play.google.com

Sebenarnya ini merupakan bagian dari fitur yang dimiliki oleh Facebook yang mana fitur chat yang ada pada Facebook versi PC, dibuatkan terpisah dalam bentuk aplikasi yang memiliki fungsi kusus untuk menjalankan fitur chatting saja. Jika dibandingkan dengan messenger yang lainnya, Facebook Messenger bisa dibilang cukup berat dan dari jumlah baterai yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi yang satu ini juga tidak sedikit. Apalagi jika nantinya aplikasi ini digunakan untuk melakukan aktifitas panggilan video, tentu saja akan semakin boros dengan baterai.

4. Snapchat

Daftar Aplikasi Android Penyedot Baterai Terboros Snapchat

photo via : play.google.com

Kalau kamu menggunakan aplikasi yang satu ini, tentu saja aplikasi berbagi video singkat ini amat seru untuk digunakan dengan berbagai fitur-fitur yang ada di dalamnya. Meskipun aplikasi yang satu ini seru untuk digunakan, namun aplikasi ini menggunakan resource daya RAM dan juga baterai yang tinggi karena fitur-fitur yang dimilikinya juga tidak kalah dan hampir sama dengan Instagram. Bahkan sebagian besar fitur yang ada pada Instgram adalah contekan dari fitur-fitur yang ada di aplikasi yang satu ini.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

5. YouTube

Daftar Aplikasi Android Penyedot Baterai Terboros YouTube

photo via : play.google.com

Siapa juga yang tidak kenal dengan nama yang satu ini. YouTube saat ini memang sedang digemari oleh banyak orang kususnya anak-anak muda kita saat ini. Apalagi saat ini sudah ada banyak sekali para YouTuber-YouTuber sukses yang mampu menghasilkan dari konten-konten video yang mereka unggah di dalam situs ini. Untuk versi Smartphone sendiri, telah ada memang aplikasi dari YouTube. Dan jangan salah jika saat kalian membuaka aplikasi ini akan ada banyak video YouTube yang bisa kamu tonton dan dapatkan di situs ini. Aplikasi YouTube sendiri tidaklah berukuran besar, namun karena konsep aplikasi ini yang mengharuskan penggunanya untuk streaming, maka tentu saja koneksi internet dan juga layar yang terus menyala membuat aplikasi ini jadi semakin boros dengan baterai.

6. Twitter

Daftar Aplikasi Android Penyedot Baterai Terboros Twitter

photo via : play.google.com

Tak kalah dengan Facebook, aplikasi sosial media lainnya yang boros dengan baterai adalah Twitter. Aplikasi yang satu ini juga bersaing dengan Twitter dalam hal keborosan daya baterai yang digunakannya. Meskipun jika dilihat dari penggunanya, aplikasi ini tidak sebanyak dari Facebook ataupun Instagram, namun sosial media ang satu ini masih sering digunakan oleh orang-orang untuk berbagi. Sejak Twitter bisa menmpilkan foto dan juga gambar, aplikasi yang satu ini bisa dibilang jadi bertambah berat oleh karenanya. Jadi tak heran kalau kamu browsing twitter berlama-lama akan membuat daya baterai pada smartphone milikmu jadi cepat untuk berkurang.

7. Line Free Call & Messenger

Daftar Aplikasi Android Penyedot Baterai Terboros Line Free Call & Messenger

photo via : play.google.com

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi Line yang memang terkenal boros dengan baterai. Aplikasi chatting yang satu ini memang termasuk aplikasi yang boros, karena mereka memiliki fungsi kususnya yang membuatnya harus terus berjalan di latar belakang untuk memberikan push notification apabila ada chat yang masuk. Apalagi untuk Line sendiri, memiliki fitur lain selain chatting saja yakni fitur online shop dan juga artikel seperti line today yang tentunya juga akan menambah beban kinerja dari aplikasi ini sendiri.

8. Google Maps

Daftar Aplikasi Android Penyedot Baterai Terboros Google Maps

photo via : play.google.com

Wah kalau kamu yang suka jalan-jalan, pasti sudah sering menggunakan aplikasi yang satu ini untuk menemukan alamat yang ingin kalian tuju. Nah, pasti sudah tahu juga bukan jika aplikasi Google Maps itu membutuhkan sensor GPS dan juga internet. Dengan adanya 2 kebutuhan tersebut, membuat aplikasi ini membutuhkan baterai yang lebih banyak. Saat Google Maps aktif, kalian pasti pernah menyadari jika smartphone milikmu lebih panas dari biasanya. Hal ini adalah hasil dari penggunaan resource yang berlebihan untuk menjalankan aplikasi Google Map ini.

9. Whatsapp

Daftar Aplikasi Android Penyedot Baterai Terboros Whatsapp

photo via : play.google.com

Sama seperti aplikasi messenger lainnya, Whatsapp juga membuat smartphone kita jadi boros dengan baterai. Karena aplikasi messenger yang satu ini juga memberikan push notification, tentu saja Whatsapp juga memiliki fungsi yang berjalan di latar belakang untuk proses tersebut yang membuat baterai smartphone kita terus berkurang sedikit demi sedikit walaupun kita tidak aktif menggunakan Whatsapp.

10. Pokemon Go

Daftar Aplikasi Android Penyedot Baterai Terboros Pokemon Go

photo via : play.google.com

Sebelumnya saat aplikasi game android ini sedang trending, Pokemon Go amat banyak dicari dan juga disukai oleh penggunanya. Bahkan game ini menjadi amat booming dan banyak dimainkan oleh orang-orang. Permainan ini sendiri menggunakan berbagai perangkat yang tertanam di smartphone kita. Katakan saja kamera dan juga GPS yang paling sering digunakan dalam game yang satu ini. Dengan terus aktifnya dua komponen itu beserta layar smartphone milik kita, tentu saja membuat konsumsi daya yang dibutuhkan menjadi semakin banyak yang membuat game yang satu ini jadi boros baterai dibandingkan dengan aplikasi game lainnya.

11. Subway suffer

Daftar Aplikasi Android Penyedot Baterai Terboros Subway suffer

photo via : play.google.com

Aplikasi game ini merupakan salah satu aplikasi game yang pernah populer dengan jenis petualangan untuk mengumpulkan poin yang ada di sepanjang lintasan yang dilalui olehnya. Game ini memiliki tampilan yang amat bagus dan juga berwarna cerah. Karena saking boomingnya game yang satu ini, tentu saja hal ini membuat banyak orang yang memainkan dan kecanduang dengan game yang satu ini. Hampir semua jenis game biasanya menggunakan resource yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis-jenis aplikasi yang lainnya. Apalagi jika yang dimainkan adalah aplikasi yang memiliki grafis yang amat bagus. Tentu saja hal tersebut memberikan dampak pada batera yang digunakan untuk menjalankan game Subway Surfer ini.

12. Clashroyale

Daftar Aplikasi Android Penyedot Baterai Terboros Clashroyale

photo via : play.google.com

Clash royale merupakan game berperang satu lawan satu. Permainan dari game ini sangat simple dan setiap sesi peperangan berlangsung sangat cepat. Permainan ini membutuhkan koneksi internet karena bersifat real time. Game clash royale sangat sulit dimainkan apabila dalam kondisi sinyal internet lemah. Clashroyale masuk dalam kategori aplikasi android boros baterai meskipun tidak terlalu boros kuota internet. Selain itu ukuran game ini cukup besar dan menguras memori serta RAM.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

13. Spotify

Daftar Aplikasi Android Penyedot Baterai Terboros Spotify

photo via : play.google.com

Kalau YouTube lebih memfokuskan pada konten video, untuk Spotify sendiri lebih bertema pada layanan streaming musik digital yang memberikan jutaan lagu asli dari para penyanyinya. Cara mendapatkan dan juga menggunakan layanan inipun cukup mudah, kalian cukup mendaftarkan diri di aplikasi ini dengan menggunakan email yang kamu miliki secara gratis. Selain versi gratisnya, Spotify juga memiliki paket premium yang mana para penggunaya bisa mendapatkan akses yang jauh lebih luas dibandingkan dengan versi gratisnya. Tentu saja yang namanya layanan streaming, audio konktifitas jaringan dan audio yang ada di msartphone harus tetap hidup yang membuat aplikasi ini jadi brors baterai jika digunakan secara terus menerus.

14. DU Battery Saver

Daftar Aplikasi Android Penyedot Baterai Terboros DU Battery Saver

photo via : play.google.com

Jika dilihat dari namanya, aplikasi ini berfungsi untuk menghemat penggunaa baterai pada smartphone dengan jalan menutup semua aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di background. Namun pada prakteknya, justru aplikasi yang membuat baterai smartphone kita jadi boros. Bagaimana tidak, aplikasi ini terus hidup selama smartphone kita masih hidup dan lagi, ia berjalan dilatar belakang saat ponsel masih hidup. Ditambah lagi aplikasi ini biasa memunculkan berbagai klan yang membuat kenyamanan dalam menggunakan smartphone menjadi terganggu.

15. Netflix

Daftar Aplikasi Android Penyedot Baterai Terboros Netflix

photo via : play.google.com

Saat ini netflix merupakan aplikasi penyedia tontonan film berbayar baik film maupun tv series. Dengan menggunakan aplikasi ini, kalian jadi bisa menonton film kesukaanmu dimanapun dan kapanpun selama kalian menggunakan smartphone dan internet. Sama halnya dengan layanan streaming lainnya, aplikasi ini juga cukup banyak menghabiskan daya baterai yang dimiliki oleh smartphone. Hal tersebut terjadi karena smartphone yang satu ini mengharuskan perangkatnya selalu terhubung dengan internet dan tentu saja layar smartphone harus tetap hidup gunamenonton film yang ada di aplikasi Netflix.

Baca Juga