Daftar Penemuan Harta Karun Terbesar Sepanjang Masa

9 bulan lalu, by blogunik

Penemuan Harta Karun Terbesar Sepanjang Masa - Nuestra Senora de Atocha

Kehidupan pada jaman terdahulu di bumi ini begitu banyak menyimpan misteri dari cara hidup, adat istiadat, budaya hingga harta. Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk menggali dan mempelajari cara hidup masyarakat pada jaman dulu. Bahkan beberapa penelitian yang dilakukan bukan hanya mendapatkan jejak-jejak peradaban masa lalu namun juga menemukan berbagai macam hal yang terkait dengan kehidupan pada jaman tersebut. Penemuan-penemuan tersebut diantaranya berupa fosil, bangunan, catatan sejarah, emas, permata dan berbagai barang-barang antik dan unik lainnya. Khusus untuk harta karun, beberapa penemuan harta karun diantaranya tercatat sebagai penemuan harta karun terbesar di dunia dengan jumlah yang amat besar dan juga banyak. Dari sekian banyak harta karun yang telah ditemukan, berikut ini adalah beberapa daftar penemuan harta karun terbesar sepanjang masa yang berhasil BlogUnik rangkum.

1. Harta Karun Sipan, Peru

Penemuan Harta Karun Terbesar Sepanjang Masa - Harta Karun Sipan, Peru

photo via : www.infovisual.co

Penemuan harta karun terbesar sepanjang masa yang pertama adalah penemuan harta karun Sipan dimana di dalamnya telah ditemukan setidaknya ada 450 jenis perhiasan emas didalamnya. Pemimpin Sipan sendiri merupakan salah satu generasi seorang Imam Agung dari peradaban suku Moche yang dulunya pernah berjaya di dataran Peru. Dan pada sekitra pertengahan tahun 1987, sebuah makam dari pemimpin Sipan akhirnya berhasil dibongkar dan ditemukan oleh para ahli arkeolog. Penemuan yang luar biasa ini membaut para peneliti dan juga arkeolog menjadi terkaget-kaget dan terkagum-kagum karenanya. Bagaimana tidak, didalam makam ini tedapat sekitar 450 beragam macam jenis perhiasan yang dibuat dari emas murni, perhiasan perak, serta tembaga dan juga berbagai temuan tekstil yang terbuat dari bulu hewan. Temuan ini sendiri jika dilihat dari materiilnya tentu saja amat sangat tak ernilai harganya, belum lagi dari pengetahuan yang bisa didapat dari berbagai temuan yang ada di makam ini.

2. Harta Karun Varna, di Bulgaria

Penemuan Harta Karun Terbesar Sepanjang Masa - Harta Karun Varna, di Bulgaria

photo via : thecriticalspace.wordpress.com

Masih berhubungan dengan emas, penemuan harta karun terbesar selanjutnya adalah sebuah harta karun yang ditemukan di di Bulgaria yang merupakan harta karun masyarakat kuno Varna. Sejak jaman dahulu, masyarakat kuno Varna memang dikenal sebagai masyarakat yang memiliki banyak profesi sebagai pengrajin emas handal. Jadi tidak heran saat tahun 1972 yang lampau, para peneliti berhasil menemukan ribuan makam kuno bangsa Varna pada jaman logam perunggu. Didalam makam-makam kuno ini ditemukan banyak sekali artefak-artefak yang terbuat dari berbagai emas murni. Setidaknya ada sekitar 3.000 artifak yang terbuat dari emas yang ditemukan di tempat ini. Jadi bisa kalian bayangkan saja sendiri seberapa besar nilai dari 3.000 artifak tersebut.

3. Nuestra Senora de Atocha

Penemuan Harta Karun Terbesar Sepanjang Masa - Nuestra Senora de Atocha

photo via : www.flickr.com/photos/paullew

Jika dua harta karun yang sebelumnya merupakan harta karun yang bisa ditemukan di dunia alias di daratan, penemuan harta karun terbesar selanjutnya ditemukan di bawah laut. Adalah sebuah kapal yang mengangkut berbagai jenis harta dari emas dan juga perak yang tenggalam pada tahun 1622 silam. Kapal yang berangkat dari pelabuhan Havana Kuba menuju Spanyol tersebut membawa setidaknya 24 ton perak dan 125 emas batangan dan kepingan. Kapal tersebut mulai berlayar menuju Spanyol. Namun saat memasuki selat Florida. kapal tersebut dihantam badai yang membuat 8 dari kapal tersebut tenggelam ke dasar laut, termasuk Nuestra Senora de Atocha. Baru pada tahun 1985 akhirnya kapal tersebut ditemukan oleh keluar ga penyelam bernama Mel Fiser. Kapa yang memiliki nilai sekitar setengah miliar dolar ini saat ini disimpan di museum Mel Fisher di Florida.

4. Harta Karun Malagana (Kolombia)

Penemuan Harta Karun Terbesar Sepanjang Masa - Harta Karun Malagana (Kolombia)

photo via : www.kaskus.co.id

Penemuan harta karun di Malagana, Kolombia juga tercatat sebagai salah satu penemuan harta karun terpesar. Penemuan harta karun ini awalnya terjadi saat seorang petani di Hacienda Malagana di Cauca Valley, Kolombia tiba-tiba menemukan benda bersinar saat dirinya menggarap ladang tebu dengan menggunakan traktor. Di tempat tersebut para petani menemukan topeng emas, aksesoris tangan, perhiasan dan juga peninggalan-peninggalan berharga lainnya. Dengan tersebar luasnya kabar tersebut, ada sektiar 5.000 orang yang datang ketempat tersebut untuk mencari harta karun yang masih tersisa. Dari penjarahan tersebut, setidaknya ada sekitar 4 ton artefak yang ditemukan. Namun sebagian besar dari artefak-artefak tersebut telah dilebur oleh orang-orang ataupun telah menjualnya kepada para kolektor. Pihak museum sendiri hanya mampu mengamankan sektiar 150 keping emas yang dibeli dari para petani dengan harga 500 juta peso atau kalau dirupiahkan sekitar Rp 3,96 miliar.

5. Harta karun Raja Agamemnon (Yunani)

Penemuan Harta Karun Terbesar Sepanjang Masa - Harta karun Raja Agamemnon (Yunani)

photo via : www.ancient-origins.net

Yunani memang memiliki sejarah dan legenda yang begitu banyak sejak jaman dahulu. Bahkan legenda-legenda yang mereka miliki telah banyak dibuatkan film ataupun animasinya. Nah salah satu penemuan harta karun yang ada ini ditemukan di Yunani oleh salah seorang arkeolog ternama yang bernama Heinrich di pertengahan tahun 1876. Arkeolog yang satu ini menemukan harta karun yang diyakini milik dari salah satu pmimpin kenaman bangsa Yunani yakni raja Agamemnon. Agamemnon merupakan pemimpin terkenal Yunani yang pernah memimpin peperangan Trojan. Didalam makam kuno yang satu ini, Heinrick bersama timnya berhasil menemukan lima buah topeng tebal yang terbuat dari bahan emas murni. Salah satu dari lima topeng tersebut terlihat memiliki Janggut dan topeng yang itulah diyakini sebagai sosok sang Raja Agamemnon. Bisa kalian bayangkan 5 buah topeng tebal yang keseluruhan terbuat dari emas? Makanya tidak salah jika penemuan ini juga tercatat sebagai salah satu penemuan harta karun terbesar sepanjang masa.

6. Harta karun Emas Anglo Saxon (Inggris)

Penemuan Harta Karun Terbesar Sepanjang Masa - Harta karun Emas Anglo Saxon (Inggris)

photo via : www.sulawesita.com

Penemuan Harta Karun Terbesar Sepanjang Masa - Harta Karun Anglo-Saxon

Photo via nydailynews.com

Seorang pemburu harta karun amatir pada 5 Juli 2009 yang lalu erhasil menemukan sebuah harta karun di wilayang Hammerwich Staffordshire. Pemburu harta karun bernama Terry Herbert ini berhasil memenuhi 244 tas dengan berbagai benda yang terbuat dari emas. Dikarenakan banyaknya harta yang ditemukan di tempat ini, ia menyadari bahwa penemuan tersebut bisa saja menjadi penemuan harta karun terbesar yang pernah ia lakukan. Ia juga menyadari bahwa dengan begitu banyak harta karun yang ada maka kemungkinan besar wilayah tersebut memiliki sebuah sejarah yang besar yang perlu diteliti lebih lanjut. Oleh karenanya ia langsung menghubungi pihak bwerwenang dan langsung mengevakuasi area tersebut. Setidaknya ada 3.400 benda bersejarah ditemukan di tempat tersebut. termasuk 5 kilogram emas dan juga 1,3 kilogram perak yang berhasil ditemukan. Harta karun yang didapat di area tersebut ditaksir memiliki nilai sebesar $5,4 juta atau sektiar Rp 71,3 miliar. Edan bukan?

7. Harta karun Kapal San Jose

Penemuan Harta Karun Terbesar Sepanjang Masa - Harta karun Kapal San Jose

photo via : beritaunikdananeh99.blogspot.com

Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos pernah mengatakan jika penemuan harta karun bangkai kapal Spanyol San Jose merupakan penemuan harta karun paling besar sepanjang sejarah manusia. Selain umur dari harta karun ini yang terbilang tua yakni lebih dari 300 tahun, di dalam kapal yang karam ini juga ditemukan harta finansial setidaknya hingga mencapai 2 milyar USD. Kapal yang satu ini diketahui tenggelam dan menjadi penghuni bawah laut di daerah Semenanjung Baru di wilayah selatan Cartagena didekat kepualauan Rosario Spanyol. Dulunya kapal yang satu ini mulai berlayar pada tanggal 8 Juni 1708 dengan membawa setidaknya 600 awak kapal, 11 juta keping koin emas, permata dan perhiasan lainnya yang jika ditotalkan memiliki berat mencapai 1 ton. Wow….

8. Harta karun emas dan Ritual Ganja (Rusia)

photo via : keepo.me

Pada tahun 2013, sebuah harta karun emas ditemukan di sebuah ruang rahasia yang tersembunyi disebuah gundukan makam Schythian kuno didekat Stropovol Rusia. Harta karun emas yang satu ini ditemukan dengan jejak ganja dan juga opium. Sedikit terlihat aneh memang, namun artefak emas yang satu ini diyakini sebagai sebuah bagian dari ritual yang dilakukan oleh masyarakat Scythian. Di tempat tersebut, para arkeolog menemukan sebuah ruangan tersembunyi yang didalamnya terdapt harta karun emas seberat 3,17 kilogram yang semuanya berasal dari 2.400 tahun yang silam. Adapun artefak yang ditemukan tersebut terdiri dari vas berbentuk kapal, cincin, kalung, gelang dan juga cangkir emas.

9. Harta karun Priam (Turki)

Penemuan Harta Karun Terbesar Sepanjang Masa - Harta karun Priam (Turki)

photo via : www.liputan6.com

Pada 31 MEi 1973 seorang arkeolog asal jerman yang bernama Heinrich Schliemann menemukan sebuah ahrta karun Hisarlik yang dikenal dengan nama Treasure of Priam. Meneurut sang Arkeolog sendiri, harta karun yang ditemukan ini merupakan milik dari raja Trojan yang ia temukan secara tidak sengaja saat sedang mengekskavasi Hisarlik yang dikenal sebagai sebuah situs kuno Troy. Harta karun yang ditemukan tersebut terdiri dari senjata, kuali tembaga, panci dan juga ketel erunggu serta masih banyak lagi benda yang terbuat dari emas dan juga perak seperti hiasan kepala, kalung, anting-anting dan juga ban lengan.

10. The Eberswalde Hoard (Jerman)

Penemuan Harta Karun Terbesar Sepanjang Masa - The Eberswalde Hoard (Jerman)

photo via : i.pinimg.com

harta karun yang selanjutnya yakni The Eberswalde Hoard sendiri ditemukan saat sedang dilakukannya ekskavasi di timur laut Berlin, pada tahun 1913. Harta karun yang ditemukan tersebut diperkirakan berasal dari abad ke 11 atau ke-10 sebelum masehi. Diantara penemuan yang lainnya, penemuan yang satu ini dikatakan sebagai penemuan yang paling berharga dan merupakan koleksi prasejarah terbesar untuk Jerman. Harta karun dengan berat total sekitar 2,6 kilogram ini terdiri 81 benda emas kuno, termasuk 60 perhiasan lengan dengan bentuk kawat spiral, 8 mangkuk emas dan emas batangan.

11. Harta Karun Zaman Perunggu (Stonehenge, Inggris)

Penemuan Harta Karun Terbesar Sepanjang Masa - The Eberswalde Hoard (Jerman)

photo via : www.yukepo.com

Selain emas Anglo Saxon, di Inggris juga ditemukan harta karun lainnya yakni Harta Karun Zaman Perunggu yang yang ditemukan oleh seorang arkeolog profesional, William Cunnington pada tahun 1808. Ia menemukan sebuah benda yang hingga saat ini dikenal sebagai mahkota permata milik raja Stonehenge. Harta karun itu sendiri ditemukan di sebuah pemakaman dari jaman perunggu di sekitar wilayah Bush Barrow. Di daerah tersebut, Cunnington mampu menemukan perhiasan, sebuah aksesoris emas yang diikat di jubah milik raja, dan juga belati dengan hiasan dari emas yang sangat detail serta rumit. Menurut para peneliti, setidaknya dibutuhkan waktu sebanyak 2.500 jam lamanya untuk bisa membuat hiasan terkenal tersebut.

12. Tilliya Tepe di Jowzjan ( Afghanistan )

Penemuan Harta Karun Terbesar Sepanjang Masa - The Eberswalde Hoard (Jerman)

photo via : ipsocontainer.org

Untuk harta karun selanjutnya adalah harta karun yang ditemukan di benua Asia tepatnya di Afghanistan. Harta karun yang ditemukan disini merupakan harta karun dengan jumlah yang cukup banyak dimana beberapa diantara termasuk kalung, medali, mahkota dan juga berbagai koin yang terbuat dari emas, perak dan juga gading. Hal ini ditemukan dari galian enam gundukan pemakaman pada tahun 1978. Untuk saat ini sendiri, temuan tersebut dipajang di museum nasionl Tokyo. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *