Dari Presiden Hingga Pemilik Mobil Pertama di Indonesia, Inilah Daftar Orang Indonesia Paling Pertama

5 bulan lalu

Daftar orang pertama Indonesia

Indonesia dengan segala kekayaan dan keunikannya memiliki catatan sejarah yang cukup panjang dan menarik untuk diketahui. Dalam perjalanannya sebagai sebuah bangsa, tentunya  banyak peristiwa dan kejadian penting yang sudah tercatat.

Salah satu hal yang akan sangat menarik dari peristiwa dan kejadian sejarah bangsa Indonesia adalah apabila kita bisa mengetahui siapa-siapa saja orang Indonesia pertama didalam segala hal seperti pemilik mobil pertama di Indonesia, penakluk Gunung Everest pertama asal Indonesia hingga pemeran salah satu ranger pertama asal Indonesia di film favorit anak-anak yang berjudul Power Rangers.

Menarik bukan? Nah berikut ini Blog Unik rangkumkan daftar nama orang paling pertama di Indonesia dalam segala hal.

1. Ir Soekarno (Presiden RI Pertama)

Daftar Orang Indonesia yang Paling Pertama - Ir Soekarno (Presiden RI Pertama)

photo via : geotimes.co.id

Siapa yang tidak tahu nama presiden pertama kita? Pastinya semua orang tahu akan hal tersebut. Apalagi yang namanya sejarah bangsa itu diajarkan kepada kita sejak kita masih berada di sekolah dasar. Sejak pertama kali Indonesia merdeka pada tahun 1945, presiden pertama kita adalah Ir Soekarno. Beliau menjabat sebagai presiden Republik Indonesia sejak tahun 1945 hingga tahun 1967. Beliau lahir di Surabaya apda tanggal 6 Juni 1901 dan meninggal pada 21 Juni 1970.

2. Mohammad Hatta (Wakil Presiden RI Pertama)

Daftar Orang Indonesia yang Paling Pertama - Mohammad Hatta (Wakil Presiden RI Pertama)

photo via : merahputih.com

Bersama dengan bapak proklamator kita, Mohammad Hatta merupakan tokoh sentral yang juga ada di dalam sejarah perkembangan bangsa Indonesia. Bersama dengan Soekarno, Mohammad Hatta merupakan wakil presiden pertama Republik Indonesia. Beliau amat memegang peranan penting dalam kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Bapak Mohammad Hatta lahir pada 12 Agustus 1902 di Bukittinggi dan meninggal pada 14 Maret 1980 di Jakarta/

3. Megawati Soekarnoputri (Presiden Wanita pertama Indonesia)

Daftar Orang Indonesia yang Paling Pertama - Megawati Soekarnoputri (Presiden Wanita pertama Indonesia)

photo via : id.wikipedia.org

Dalam sejarahnya, Indonesia sudah beberapa kali berganti presiden. Namun dari sekian banyak presiden Indonesia hingga saat ini, Indonesia hanya memiliki satu presiden wanita yakni Megawati Soekarnoputri. Megawati merupakan presiden kelima RI dan merupakan presiden wanita pertama RI. Sesuai dengan namanya, Mewagawati Soekarnoputri merupakan anak dari presiden pertama kita Ir Soekarno dan ibunya Ibu Fatmawati yang lahir pada 23 Januari 1947.

4. Clara Sumarwati (Orang Indonesia pertama yang mencapai Puncak Everest)

Daftar Orang Indonesia yang Paling Pertama - Clara Sumarwati (Orang Indonesia pertama yang mencapai Puncak Everest)

photo via : chirpstory.com

Seperti yang sudah diketahui, Puncak Everest yang ada di Pegunungan Himalaya merupakan gunung tertinggi di dunia jiga dihitung dari permukaan air. Nah untuk orang Indonesia pertama yang sampai ke puncak Everest ini adalah seorang wanita asal Yogyakarta yang mana dirinya mampu menaklukkan Gunung Everest pada tahun 1996 yang lalu. Sebelum berhasil sampai ke puncak gunung, awalnya Clara sempat mencoba mendaki puncak Everest pada tahun 1994 bersama angkatan darat kopasus. Namun pendakiannya tersebut tidak berhasil sampai ke puncak. Baru akhirnya pada tahun 1996 bersama seorang sersan Kopasus bernama Basuki kembali mencoba menaklukan gunung bersama pemandu dan berhasil. Hanya saja yang mencapai puncak saat itu hanya Clara Sumarwati seorang.

5. Adam Malik (Orang Indonesia pertama yang menjadi Ketua Umum Majelis Umum PBB Ke-26)

Daftar Orang Indonesia yang Paling Pertama - Adam Malik (Orang Indonesia pertama yang menjadi Ketuam Majelis Umum PBB Ke-26)

photo via : id.wikipedia.org

Nama adam Malik, pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita, apalagi beliau merupakan salah satu tokoh sentral pemerintahan Indonesia dulu dan juga perjuangan dalam usaha kemerdekaan Indonesia. Adam Malik memulai kehidupan politiknya dengan mengikuti berbagai kegiatan organisasi yang ada. Ia juga termasuk dalam golongan pemuda yang yang membantu mendorong terciptanya proklamasi dengan membawa Ir Soekarno dan Mohammad Hatta ke Rengas Dengklok sebelum Proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan. Kemampuannya memang tidak perlu di ragukan lagi. Beliu sempat menjabat wakil presiden RI pada masa pemerintahan Pak Soeharto. Kemmapuannya bukan hanya diakui di Indonesia saja, melainkan hingga ke luar negeri. Pada tahun 1971, beliau terpilih sebagai Ketua Majelis Umum PBB ke-26 dan hingga saat ini, beliau adalah orang Indonesia pertama dan satu-satunya yang mampu duduk di dalam organisasi perdamaian tersebut.

6. Sri Susuhunan Pakubuwono ke-10 (pemilik mobil pertama di Indonesia)

Daftar Orang Indonesia yang Paling Pertama - Sri Susuhunan Pakubuwono ke-10

photo via : infobimo.blogspot.com

Pastinya pernah kita beranggapan jika mobil pertama yang ada di Indonesia dimiliki oleh orang Belanda saat masa penjajahan Belanda. Namun ternyata hal itu tidak benar. Mobil pertama yang ada di Indonesia merupakan sebuah mobil dengan nama Benz Phaeton yang dibeli oleh Sri Susuhunan Pakubuwono ke 10 pada tahun 1885. Mobil yang satu ini dibeli oleh beliau dari seorang misionaris asal Inggris yang bernama John C. Potter. Beliau membeli mobil pertama ini seharga 10.000 gulden. Meskipun disebut dengan sebutan mobil, namun jangan dibandingkan dengan seperti mobil yang ada saat ini ya, karena mobil yang satu ini masih menggunakan kayu dan memiliki mesin satu silinder dengan kapasitas 2.000 cc dan bertenaga 5 horse power.

7. Tan Joe Hok (Orang Indonesia Pertama yang Juara All England)

Daftar Orang Indonesia yang Paling Pertama - Tan Joe Hok (Orang Indonesia Pertama yang Juara All England)

photo via : merahputih.com

Untuk rekor orang pertama Indonesia selanjutnya adalah Tan Joe Hok atau yang dikenal dengan sebutan Hendra Kertanegaara ini merupakan orang Indonesia pertama yang mampu menraih gelar juara dalam kejuaraan bulu tangkis bergensi All England. Dalam laga final All England untuk kategori tunggal putera di tahun 1959, Tan Joe Hok mampu mengalahkan lawannya yakni Ferry Sonneville dan meraih gelar juara All England. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

8. Raditya Dika (Orang Indonesia pertama mendapat Youtube Partner Rewards)

Daftar Orang Indonesia yang Paling Pertama - Raditya Dika (Orang Indonesia pertama mendapat Youtube Partner Rewards)

photo via : guneman.co

Saat ini mungkin bisa dibilang sudah ada banyak para youtuber-youtuber yang mendapatkan penghargaan dari Youtube seperti Youtube Partner Rewards dimana para Youtuber ini haruslah memiliki subscriber dengan jumlah minimal 1 juta. Namun Tahukah kalian siapa Youtuber Indonesia pertama yang mendapatkan hal tersebut? Siapa lagi kalau bukan Raditya Dika. Raditya Dika yang merupakan seorang, BLoger, Youtuber, Sutradara dan juga komedian ini merupakan orang pertama yang mendapatkan penghargaan resmi dari Youtube tersebut.

9. Fedi Fianto (Orang Indonesia Pertama yang Ikut Maraton di Kutub Utara)

Daftar Orang Indonesia yang Paling Pertama - Fedi Fianto (Orang Indonesia Pertama yang Ikut Maraton di Kutub Utara)

photo via : www.wego.co.id

Mendengar kata kutub, hal pertama yang dibayangkan pastilah beruang kutub dan juga suhu udaranya yang dingin. Pasti gak bakala kebayang buat diam di tempat dingin itu apalagi berolahraga. Namun dalam ajang olahrga maratahon sebelumnya yang berjudul North Pole Marathon 2018, salah satu orang Indonesia ikut serta dalam perlombaan tersebut. Dlam perlombaan tersebut seorang pria asal Bandung yang bernama Fedi Fianto tersebut mengukir sejarah sebagai orang Indonesia pertama yang mengikuti olahraga berlari di suhu minus 33 derajat celcius tersebut. Dalam ajang marathon 2018 itu, Fedi mampu finish dengna waktu 7 jam 48 menit 19 detik. Gak kebayang deh seperti apa dinginnya disana.

10. Nugroho Imam Setiawan (Orang Indonesia pertama yang menjadi peneliti di Antartika)

Daftar Orang Indonesia yang Paling Pertama - Nugroho Imam Setiawan (Orang Indonesia pertama yang menjadi peneliti di Antartika)

photo via : ristekdikti.go.id

Antartika merupakan sebuah benua di bumi yang terkenal dengan iklimnya yang amat keras. Hal ini pun membuat jarang ada orang yang mau tinggal ataupun menginjakkan kakinya di Antartika. Namun, demi ilmu pengetahuan, pasti ada saja para ilmuan dan juga peneliti yang datang ke benua dingin ini untuk meneliti daerah tersebut. Hingga saat ini, satu-satunya orang Indonesia dan juga orang pertama yang menginjakkan kakinya serta meneliti daerah benua dingin ini adalah Nugroho Imam Setiawan. Ia merupakan anggota dari tim ekspedisi UGM yang tergabung dalam Japan Antartic Research Expedition 58 (JARE58). Perjalanan ekspedisi yang dilakukannya tersebut dimulai dari 11 November 2016 sampai 22 Maret 2017.

11. Yoshua “Yoshi” Sudarso (Orang Indonesia Pertama menjadi Power Rangers)

Daftar Orang Indonesia yang Paling Pertama - Yoshua 'Yoshi' Sudarso (Orang Indonesia Pertama menjadi Power Rangers)

photo via : www.imdb.com

Menemani masa kecil kalian, pasti ada banyak sekali film kartun dan juga film pahlawan berkostum / topeng yang menyertai hari minggu kita tiap minggunya. Dan salah satunya adalah film pahlawan Power Rangers. Film yang satu ini pstinya amat kalian suaki dan gemari mengingat ada berbagai hal-hal seru didalam film aksi yang satu ini. Namun siapa sangka, jika film buatan Amerika ini terdapat 1 nama orang Indonesia yang ikut serta menjadi ranger yakni Yoshi Sudarso yang berperan sebagai Koda, ranger biru di film Poer Rangers Dino Charge.

12. Rudy Hartono (Orang Indonesia pertama yang tercatat di Guiness World)

Daftar Orang Indonesia yang Paling Pertama - Rudy Hartono (Orang Indonesia pertama yang tercatat di Guiness World)

photo via : www.beritasatu.com

Buat kamu yang suka dengan olah raga bulu tangkis, pastinya kenal dengan orang yang satu ini. Siapa lagi kalau bukan Rudy Hartono. Pebulu tangkis asal Indonesia ini merupakan satu-satunya atlet bulu tangkis asal Indonesia yang mampu menjuarai All England Sebanyak 8 kali dan 7 gelar diantaranya merupakan berurutan. Ia menjuarai All England pada 1968, 1969, 1970, 1971, 1972, 1973 , 1974 serta 1976. Dengan prestasinya yang luar biasa ini, tentu saja membuat namanya semakin dikenal kembali setelah namanya tercatat dalam buru rekor dunia. Dengan tercatatnya namanaya itu, hal ini membuat dirinya menjadi orang pertama yang masuk dalam daftar rekor dunia, Guiness World Record.

13. Enrique Maluku (Orang Indonesia Pertama yang Mengelilingi Bumi)

Daftar Orang Indonesia yang Paling Pertama - Enrique Maluku

photo via : www.tokopedia.com

JIka dilihat di berbagai buku sejarah, pasti menyebutkan nama Ferdinand Magella sebagai orang pertama yang mengelilingi bumi. Namun ternyata, Enrique Maluku alias Enrique el Negro inilah pelaut asal Indonesia yang pertama kali mengelilingi bumi. Hal ini lantaran pri asal ambon, Maluku ini pada 7 April 1521 telah melengkapi catatan petualangannya bersama sisa armada laut spanyol di kapal Victoria saat tiba di Cebu Filipina. Tentu saja hal ini menandakan jika Enrique telah lengkap mengelilingi bumi sebanyak 360 derajat. Sedangkan untuk pemimpin armada Spanyol yakni Ferdinand Magella sendiri pada 27 April 1521 telah terbunuh di Mactan Filipina yang membuatnya belum genap mengelilingi bumi sebesar 360 derajat.

14. Dolly Salim (Orang Indonesia pertama yang menyanyikan Indonesia Raya)

Daftar Orang Indonesia yang Paling Pertama - Dolly Salim (Orang Indonesia pertama yang menyanyikan Indonesia Raya)

photo via : news.okezone.com

Kalau kalian orang Indonesia tapi tidak tahu lagu Indonesia Raya, pasti kebangetan sekali. Lagu Indoneisa Raya merupakan lagu nasional dan juga merupakan lagu kebangsaan Republik Indonesia. lagu ini pertama kali diperkenalkan oleh komponisnya, Wage Rudolf Soepratman pada tanggal 28 Oktober 1928 pada saat kongres Pemuda II di Batavia. Beliau memainkan instrumen lagu Indonesia Raya dnegan menggunakan biola. Pada saat kongres tersebut para hadirin yang hadi disana terpesona akan lagu tersebut, namun mereka belum puas hanya dengan instrumennya saja. Hingga akhirnya mereka meminta untuk diperdengarkan kembali, namun kali ini dengan menggunakan lirik alias dinyanyikan. lantaran desakan yang ada, akhirnya lagu ini dinyanyikan dengan sedikit perubhan lirik oleh seorang gadis remaja yang ikut serta dalam kongres yang bernama Dolly Salim. Gadis cerdas yang satu ini merupakan putri pertama dari haji Agus Salaim yang juga merupakan salah satu tokoh sentral dalam perjuangan bangsa Indonesia.

15. Ricky Santino (Orang Indonesia pertama yang menjadi koki masak di Antartika)

Daftar Orang Indonesia yang Paling Pertama - Ricky Santino (Orang Indonesia pertama yang menjadi koki masak di Antartika)

photo via : www.vice.com

Jika sebelumnya ada orang Indonesia yang ikut perlombaan marathon dan menjadi peneliti di Antartika, kali ini adalah koki asal Indonesia pertama yang ikut memasak di beua dingin yang satu ini. Dia adalah Riky Santiano, seorang koki yang telah berkeliling dunia untuk memasak. Baginya, rumah sejati seorang koki adalah di dapur. Selama menjadi seorang koki profesional, dirinya telah berhasil menjelajahi setidaknya 40 negara hingga ia juga menjadi koki Indonesia pertama yang memasak di Antartika. Kemampuannya dalam hal memasak memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Awal mula dirinya ke Antartika adalah saat ia mendapatkan tawaran untuk bekerja di sebuah kapal ekspedisi yang rutin mengunjungi Antartika yang diterimanya pada tahun 2016 kemarin.

16. Anggun (Penyanyi wanita Indonesia pertama yang tembus Billboard)

Daftar Orang Indonesia yang Paling Pertama - Anggun (Penyanyi wanita Indonesia pertama yang tembus Billboard)

photo via : fotoartisterbaik.blogspot.com

Jagad musik memang terus berkembang dan saat ini ada banyak sekali lagu-lagu bagus yang dikeluarkan oleh para penyanyi baik dalam maupun luar negeri. Namun, kalau berurusan tentang lagu, salah satu pasar internasional yang sulit untuk ditembus adalah Amerika. Namun al itu bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Seperti apa yang dipersembahkan oleh Anggun dimana lagu miliknya mampu menemus Billboard sebagai salah satu dari 10 lagu paling top kategori dance club di Billboard. Adapaun lagu yang dimaksud adalah album kelima milik Anggun yang berjudul What We Remember. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

17. Griselda Sastrawinata (Wanita Indonesia pertama yang bekerja di Disney)

Daftar Orang Indonesia yang Paling Pertama - Griselda Sastrawinata (Wanita Indonesia pertama yang bekerja di Disney)

photo via : duniagames.co.id

Disney merupakan perusahaan besar yang memilik banyak usaha, mulai dari pembuatan animasi, cinderamata, souvenir hingga taman bermain. Kepopuleran Disney ini sendiri tentu saja berawal dari karya-karya film kartun milik mereka yang memiliki tingkat kerumitan tinggi dan amat bagus untuk ditonton baik dari alur ceritanya maupun dari animasi yang dimilikinya. Nah, siapa sangka perusahaan animasi luar negeri yang terkenal ini ternyata memiliki seorang pegawai yang berasal dari Indonesia. Ia adalah Griselda Sastrawinata. Sudah banyak film-film animasi terkenal yang pernah diabuat olehnya. Dan beebrapa diantaranya pastinya sudah kalian ketahui. Sebut saja film Shrek forever after, Kungfu Panda: Secrets of The Masters hingga Moana dan masih banyak lagi yang lainnya. Prestasi miliknya ini tentu saja akan memberikan sebuah motifasi tersendiri buat orang-orang Indonesia yang ingin terjun ke ranah animasi luar negeri.

18. Syaikh Ahmad Khathib Al-Minangkabawi Rahimahullah (Imam Besar Masjidil Haram Pertama Asal Indonesia)

Imam Besar Masjidil Haram Asal Indonesia - Syaikh Ahmad Khathib Al Minangkabawi Rahimahullah

Photo via hot-trit.blogspot.com

Syaikh Ahmad Khathib Al-Minangkabawi Rahimahullah adalah orang Indonesia pertama yang menjadi Imam Besar Masjidil Haram. Dikutip dari Wikipedia, Syaikh Ahmad Khathib Al-Minangkabawi Rahimahullah adalah seorang ulama Indonesia asal Minangkabau yang lahir di Koto Tuo, Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada tanggal 6 Zulhijah 1276 H (1860 M) dan meninggal di Mekkah pada tanggal 8 Jumadilawal 1334 H (1916 M).

Baca Juga