Deretan Makanan Thailand Yang Lezat Berikut Ini Mampu Membuatmu Meneteskan Air Liur

3 bulan lalu

Daftar Makanan Thailand Yang Enak dan Lezat

Sama-sama negara yang termasuk dalam wilayah Asia Tenggara, Indonesia dan Thailand memiliki beberapa kemiripan, selain warna kulit samo matang dan kuning langsat, Indonesia dan Thailand juga memiliki kemiripan di bidang kulinernya guys! Kalau kalian sering memakan makanan Thailand, pastinya kamu juga sadar kalau rempah-rempah yang digunakan pada kuliner Thailand sama persis dengan rempah-rempah yang digunakan oleh Indonesia. Jadi gak heran, kebanyakan makanan Thailand selalu cocok dengan lidah Indonesia begitupun sebaliknya.

Tapi walaupun memiliki kemiripan, tetap saja Indonesia dan Thailand memiliki ciri khas masing-masing pada kulinernya. Makanan Thailand terlihat segar dan unik. Rasa pedas, dipadu dengan rasa manis, asin dan asam adalah ciri khas makanan Thailand. Jika bertandang ke negara Gajah Putih tersebut kamu akan disambut dengan berbagai macam kuliner yang menggugah selera. Street food Thailand juga sangat mencuri perhatian para wisatawan karena mampu membuat orang meneteskan air liur.

Meskipun ada beberapa yang telah kalian ketahui, tapi berikut ini adalah deretan makanan lezat Thailand yang mampu membuatmu meneteskan air liur. Dan kamu akan menyesal jika melewatkan makanan ini jika bertandang ke negara tersebut!

1. Durian Dessert

Deretan Makanan Thailand Yang Enak Dan Lezat - Durian Dessert

photo via : www.instagram.com/yenkei_veronica

Mungkin selain sebutan negara Gajah Putih, Thailand juga terkenal dengan durianya yang besar dan juga lezat. Tak heran jika Thailand memiliki menu durian dessert yang populer bahkan hingga mancanegara. Makanan khas Thailand ini hampir bisa ditemukan di cafe yang ada di Thailand guys! Rasa manis dan legit dipadu dengan ice cream dan susu membuat orang-orang ketagihan untuk mencobanya.

2. Mango Sticky Rice/Khao niew ma muang

Deretan Makanan Thailand Yang Enak Dan Lezat - Mango Sticky Rice/Khao niew ma muang

photo via : giant.tours

Walaupun di Indonesia juga banyak yang jual, tapi Mango Sticky Rice Thailand satu ini memiliki cita rasa yang lebih manis dan segar. Jenis mangga yang digunakan juga lebih besar yang berwarna orange segar. Kuliner Thailand satu ini memadukan kesegaran buah mangga dengan beras ketan yang beri toping ice cream dan krim santan. Rasanya yang manis, segar dan lezat nggak akan pernah kamu lupakan deh. Makanan ini bisa kamu temukan dengan mudah di setiap sudut jalanan kota Bangkok. Apalagi saat sedang musim mangga.

3. Som Tam/Sour Papaya Salad

Deretan Makanan Thailand Yang Enak Dan Lezat - Som Tam/Sour Papaya Salad

photo : theitravelchannel.tv

Makanan khas Thailand satu ini mungkin sudah sering kalian dengar atau bahkan sudah sering mencicipinya. Som Tam adalah salad khas Thailand yang terbuat dari serutan pepaya muda yang dicampur dengan aneka bahan lainnya seperti kacang panjang, tomat, taburan kacang bahkan ada yang ditambah dengan aneka seafood. Bumbu untuk salad ini antara lain cabai, gula palem, saus ikan dan perasan jeruk nipis. Som Tam ini memiliki cita rasa yang beragam, dari asam, manis, segar, pedas dan pastinya lezat.

4. Tom Yum

Deretan Makanan Thailand Yang Enak Dan Lezat - Tom Yum

photo via : www.instagram.com/ja_nuchjarin

Selain Som Tam, Tom Yum adalah primadona kulinernya Thailand. Tom yum adalah makanan khas Thailand berupa hidangan sup yang terdiri dari ragam sajian seperti udang, ikan, dan masih banyak lagi. Setiap bahan dasar sebagai sajian utama tom yum memberikan karakteristik sendiri yang dibedakan dari nama makanannya. Ada Tom Yum Pla yang berisi ikan, Tom Yum Goong dengan isian udang serta Tom Yum Po Taek yang berisi aneka macam seafood. Terdapat dua pilihan kuah, yakni bening dan bersantan. Sup khas Thailand ini bercitarasa asam, gurih, pedas dan menyegarkan dari racikan rempah seperti cabai kering, cabai rawit, serai, daun jeruk, dan air perasan jeruk. Buat pecinta pedas, Tom Yum ini sangat cocok buat kalian.

5. Grilled Pork Stick/Moo Ping

Deretan Makanan Thailand Yang Enak Dan Lezat - Grilled Pork Stick/Moo Ping

photo via : www.instagram.com/ithakatravelcommunity

Buat yang non muslim, kuliner satu ini wajib banget kamu coba saat berjalan-jalan di Thailand. Street food satu ini bukan sate babi biasa, namun kuliner yang dimasak dengan cara yang berbeda. Daging babi yang sudah ditusuk direndam dalam saus ikan dan daun ketumbar lalu kemudian dibubuhi dengan santan saat dibakar di atas bara api. Saus yang digunakan untuk menambah kelezatan moo ping bernama saus jaew yang memiliki cita rasa manis. Sate moo ping biasanya disantap bersama nasi dan saus khusus. Namun jika tidak ingin memakan nasinya, kalian bisa memakan hidangan ini sambil berjalan-jalan melihat-lihat keindahan kota Bangkok.

5. Coconut Ice Cream/I Tim Kati

Deretan Makanan Thailand Yang Enak Dan Lezat - Coconut Ice Cream/I Tim Kati

photo via : www.instagram.com/sekar_kencana

Coconut Ice Cream menjadi kuliner segar khas Thailand yang bisa kamu temukan dengan mudah di seluruh kota Bangkok. Ice Cream satu ini tidak hanya memiliki cita rasa kelapa tapi juga dihidangkan langsung didalam batok kelapa yang berfungsi sebagai mangkoknya. Tapi batok kelapa yang digunakan bukan batok kelapa biasa guys, melainkan batok yang masih memiliki daging kelapa muda yang empuk dan berair. Berbagai macam toping seperti kacang, nata de coco hingga jelly menghiasi ice cream satu ini dan menambah cita rasanya. Selain dapat menikmati cita rasanya yang segar dan lezat, es satu ini juga sangat lucu untuk menghiasi timeline Instagrammu.

6. Oyster Omelet/Nai Mong Hoy Tod

Deretan Makanan Thailand Yang Enak Dan Lezat - Oyster Omelet/Nai Mong Hoy Tod

photo via : www.instagram.com/jk_eat_sweet_ind

Makan Thailand selanjut yang mampu membuat air liurmu menetes karena kelezatannya adalah Oyster Omelet guys. Pada dasarnya, kuliner satu ini terlihat seperti telur dadar biasa, namun campuran kerang atau Oyster serta sayuran seperti bawang daun dan lain-lain membuat makanan satu ini lebih spesial dan tentunya lebih gurih dan enak. Makanan satu ini tambah lezat jika dihidangkan dengan saus cocol khas Thailand. Biasanya omelette ini dijadikan cemilan jadi cukup mudah ditemukan di kaki lima jalanan Bangkok.

7. Massaman Curry

Deretan Makanan Thailand Yang Enak Dan Lezat - Massaman Curry

photo via : /www.deliciousmagazine.co.uk

Makanan Thailand yang punya cita rasa yang nendang selanjutnya adalah Massaman Curry. Massaman Curry atau kari Massaman sudah dikenal di Thailand sejak abad 17 dan hingga kini menjadi salah satu makanan tradisional khas Thailand yang paling populer karena kelezatannya. Massaman Curry terbuat dari daging sapi, daging bebek, atau daging ayam. Rempah-rempah yang dipakai untuk membuat Massaman Curry adalah kayu manis, pala, jinten, dan cabai kering. Rasa kuah kari massaman ini pedas, gurih, dan lembut alias rempahnya tidak terlalu kuat di lidah. Massaman Curry ini lebih nikmat disantap bersama dengan nasi.

8. Gaeng Daeng

Deretan Makanan Thailand Yang Enak Dan Lezat - Gaeng Daeng

photo via : www.instagram.com/jihaesketokitchen

Bagi pecinta pedas gaeng daeng bisa kamu jadikan pilihan untuk menu makanan kamu yang lezat ketika kamu sedang berada di Thailand. Gaeng daeng adalah hidangan Thailand yang populer seperti halnya Tom Yum. Gaeng Daeng atau kari ayam merah ini memiliki aroma wangi rempah yang menggugah selera. Makanan ini memadukan rasa gurih dari santan kelapa, manisnya gula palem dan rasa asin dari saus ikan. Kari merah ini tak hanya berisi potongan ayam saja tetapi di dalamnya ada pula potongan nanas dan potongan bambu muda. Bukan hanya ayam saja, namun makanan ini juga memiliki beberapa pilihan isi seperti daging sapi, babi, bebek atau udang. Bahkan ada gaeng daeng tahu untuk para vegetarian. Menu yang satu ini biasanya disajikan hangat-hangat bersama dengan nasi.

9. Kao Moo Dang

Deretan Makanan Thailand Yang Enak Dan Lezat - Kao Moo Dang

photo via : www.instagram.com/ployliciousss/

Hidangan khas Thailand yang menggugah selera lainnya adalah Kao Moo Dang. Kao Moo Dang sendiri merupakan sepiring nasi putih yang ditutupi dengan potongan daging babi yang diiris tipis-tipis. Tak hanya itu, Kao Moo Dang juga biasanya dilengkapi dengan sosis, dan telur rebus lalu disiram dengan saos sejenis saos barbeque yang gurih kemudian ditaburi dengan daun ketumbar dan bawang daun. Rasanya yang manis gurih akan membuatmu ketagihan dengan kuliner satu ini.

10. Pla Muek Yang/Squid Skewers

Deretan Makanan Thailand Yang Enak Dan Lezat - Pla Muek Yang/Squid Skewers

photo via : www.instagram.com/heavenlygiz

Walaupun bisa ditemukan di berbagai negara termasuk Indonesia, namun saat kamu sedang berada di Thailand tentunya kamu gak boleh melewatkan momen untuk mencicipi jajanan khas Thailand satu ini. Pla Muek Yang atau cumi-cumi bakar khas Thailand ini memiliki cita rasa yang lexat dengan bumbu saos khas Thailand yang tidak bisa kamu temui di negara lain. Sambil berjalan-jalan menikmati keramaian pasar malam Thailand yang penuh lampu, kamu bisa menikmati nikmatnya Pla Muek Yang satu ini.

11. Luk chup/Mung bean candy

Deretan Makanan Thailand Yang Enak Dan Lezat - Luk chup/Mung bean candy

photo via : www.instagram.com/hennylzebua

Jika kalian sering menonton video ASMR asal Thailand seperti SAS-ASMR, mungkin kalian sudah gak asing lagi dengan makanan berbentuk imut satu ini. Yup makanan ini merupakan manisan khas Thailand yang bernama Luk chup atau kadang disebut Look Choop. Bentuknya yang unik dan berwarna warni seringkali membuat kita tak sabar untuk segera memakannya. Dessert asal Thailand ini dibuat persis menyerupai buah-buahan seperti jeruk, pir, semangka, manggis, jambu, pepaya, dan masih banyak lainnya dengan versi mini alias dibentuk mungil-mungil. Bahan utamanya adalah mung bean atau kacang hijau yang telah dihaluskan dan dicampur dengan gula dan santan. Rasanya manis, legit dan tentunya akan membuat kalian ingin selalu mengunyahnya.

12. Nam Tok Moo

Deretan Makanan Thailand Yang Enak Dan Lezat - Nam Tok Moo

photo via : www.instagram.com/crazy.farang

Selanjutnya ada Nam Tok Moo yang siap membuat lidah kalian bergoyang. Makanan khas Thailand satu ini tidak direkomendasikan untuk kalian yang muslim karena penganan satu ini menggunakan daging babi sebagai bahan utama. Namun buat kalian yang non muslim, tentu makanan ini wajib kalian coba jika bertandang ke Thailand. Cita rasa dari Nam Tok Moo ini sangat berbeda dengan rasa olahan daging seperti biasanya pasalnya daging babi yang masih juicy dicampur dengan banyak jus lemon, bawang hijau, cabai, daun mint, saus ikan, membuat daging terasa nikmat dan menyegarkan.

13. Guay Teow Rhua

Deretan Makanan Thailand Yang Enak Dan Lezat - Guay Teow Rhua

photo via : http://thailandindy.com

Walaupun di Indonesia kamu sudah sering mengkonsumsi olahan mie, namun saat bertandang ke Thailand, jangan lupa untuk mencicipi Guay Teow Rhua. Guay Teow Rhua atau biasa disebut mie perahu merupakan makanan khas Thailand di mana pada zaman dahulu penjual menjual mie ini berada di atas perahu. Guay Teow Rhua sendiri adalah mie kuah yang disajikan dengan daging ayam, babi, atau sapi serta dilengkapi dengan tauge dan daun bawang. Rasanya tak kalah enak dengan mie ayam dari Indonesia guys!

14. Grilled Enoki Mushroom and Bacon

Deretan Makanan Thailand Yang Enak Dan Lezat - Grilled Enoki Mushroom and Bacon

photo via : www.shutterstock.com

Kalau ke Thailand belum lengkap rasanya kalau belum menjajal aneka street foodnya. Nah salah satu yang wajib kamu coba juga adalah Grilled Enoki Mushroom and Bacon guys! Buat kamu yang suka sayuran makanan satu ini cocok buat kalian apalagi makanan satu ini memiliki cita rasa yang lezat karena dipanggang dengan saus kedelai dan cabai. Terlihat sederhana namun gigitan pertama mampu membuat kamu ketagihan.

15. Pad Ga Pow Moo Kai Dow

Deretan Makanan Thailand Yang Enak Dan Lezat - Pad Ga Pow Moo Kai Dow

photo via : gate1travelblog.com

Satu lagi, makanan khas Thailand yang membuat air liur kalian menetes adalah Pad Ga Pow Moo Kai Dow. Hidangan tumis ini bisa dibuat dengan ayam, babi atau daging cincang dan digoreng dengan minyak, bawang putih, cabai, kacang hijau dan kemangi. Biasanya disajikan di atas setumpuk nasi dengan telur goreng. Terlihat sederhana namun rasanya sangat menggoyah lidah dan mampu membuat kamu ingin terus memakannya.

Gimana guys? Semua makanan Thailand yang enak dan lezat diatas sudah membuat kalian meneteskan air liur bukan? Makanya segera coba ya guys.

Baca Juga