Deretan Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

Dibuat oleh blogunik

Saat ini tanaman hias sedang digemari oleh masyarakat. Selain dapat mempercantik tampilan rumah, dapat juga menghadirkan suasana yang lebih asri beberapa tanaman hias juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Buat kalian yang baru pemula dan tertarik menghiasi rumah dengan tanaman hias, sebaiknya pilih tanaman hias yang tahan terhadap panas. Karena pada umumnya, banyak yang mengeluh jika tanaman hias terlihat cepat layu terlebih karena cuaca sedang panas.

Jika kamu memilih tanaman hias tahan panas, mereka tidak akan cepat layu meskipun terserang sinar matahari. Selain itu, perawatan tanaman hias ini juga cukup mudah mereka tidak memerlukan banyak air. Berikut ini deretan tanaman hias outdoor yang tahan panas matahari yang bisa kamu pilih.

26 Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

1. Bunga Euphorbia

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via articulo.mercadolibre.com.mx

Tanaman hias outdoor tahan panas pertama yang bisa kamu tanam dirumah yaitu Bunga Euphorbia. Bunga ini tingginya bisa mencapai 40 – 180 cm dan merupakan tanaman tahunan. Ada berbagai macam varian yang dimiliki mulai dari warna hingga jenis kelopaknya bermacam-macam, selain itu tanaman ini juga sangat mudah dirawat. Di masanya, tanaman ini sempat populer, meskipun kini tak lagi berjaya Bunga Euphorbia ini masih bisa kamu gunakan untuk penghias rumah.

2. Bunga Bougenville

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via kylekeeton.com

Bunga Bougenville atau yang lebih populer disebut dengan bunga kertas merupakan tanaman hias yang tahan terhadap sinar matahari bahkan tanaman ini tahan dalam kondisi panas terik sekalipun. Bunga ini sangat cocok memenuhi perkarangan rumah karena mudah dirawat dan tidak memerlukan banyak air. Bunganya juga memiliki warna yang beragam dan bunganya sangat lebat terkadang kamu akan sulit melihat batangnya sendiri. Bunga kertas ini memiliki beberapa varian yang cukup populer antara lain california gold, gold rush, after glow, bambino baby allison, bambino baby victoria, bambino baby lauren, cherry blossom, coconut ice, alexandra, barbara karst dan bambino majik.

3. Bunga Pentas

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via nurserylive.com

Tanaman hias ini dapat berbunga hingga 4 kali dalam setahun, untuk merawatnya tidak terlalu rumit dan tanaman ini dapat bertahan dicuaca yang panas. Bunga berwarna pink ini menghasilkan bunga rimbun dengan masa berbunga tidak lebih dari seminggu. Meskipun tahan terhadap sinar matahari, tanaman ini tetap tidak terlalu menyukai matahari yang terik karena dapat membuat daun serta tangkainya yang masih muda terbakar.

4. Bunga Kamboja

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via teahub.io

Bunga ini diidentikkan dengan pemakaman karena bunga ini banyak ditanam disana. Namun di Bali bunga ini banyak sekali ditanam dirumah sebagai penghias rumah. Bunga yang memiliki warna putih dengan aksen kuning dibagian tengahnya ini sangat mudah ditaman. Bahkan bunga ini akan cepat tumbuh meskipun berada dalam suhu panas sekalipun. Tak hanya memiliki warna yang cantik, bunga kamboja ini juga mengeluarkan aroma yang khas.

5. Bunga Geranium

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via petanimillenial.com

Jika kamu mendengar bunga satu ini mungkin akan teringat dengan manfaatnya yang dapat mengusir nyamuk. Bunga Geranium atau yang dikenal juga dengan nama bunga tapak dara ini dikenal sebagai salah satu tanaman hias outdoor yang tahan panas matahari. Selain memiliki bunga yang cantik, tanaman ini juga sangat mudah dirawat. Bunga ini selain dapat dimanfaatkan sebagai penangkal serangan nyamuk, bunga ini juga dimanfaatkan sebagai minyak untuk bahan wewangian parfum, sabun dan salep.

6. Bunga Lantana Camara

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via bonsai-bci.com

Bunga Lantana Camara atau dikenal dengan sebutan tahu ayam, saliara atau tembelekan adalah jenis tumbuhan berbunga dari famili Verbenaceae yang berasal dari wilayah tropis di Amerika Tengah dan Selatan. Bunga yang cantik ini tumbuh di daerah dengan ketinggian 1.700 m dpl dan memiliki banyak cabang dengan tinggi antara 0,5 – 4 meter. Walaupun namanya tahi ayam atau tembelek, bunga ini ternyata memiliki aroma yang cukup harum. Bunga Lantana Camara ini memiliki bunga yang warna-warni dan termasuk tanaman hias outdoor yang tahan terhadap sinar matahari.

7. Bunga Portulaca

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via wattersgardencenter.com

Tanaman hias yang tergolong familia Portulacaceae ini berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini disebut juga dengan bunga pukul sembilan karena umumnya bunganya akan mekar pada pukul sembilan pagi. Portulaca ini merupakan tanaman sukulen yang menyukai sinar matahari dan bunganya menguncup pada malam hari atau saat mendung. Tanaman ini memiliki warna bunga yang cukup beragam ada kuning, orange, merah, ungu dan lainnya sehingga sangat cantik sekali jika ditanam di perkarangan rumah.

8. Bunga Gaillardia

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via jparkers.co.uk

Jika diperhatikan bunga ini memang mirip dengan matahari namun dalam versi kecilnya. Jenis tanaman hias berbunga ini berasal dari keluarga matahari yang menyerupai daisy dengan warna bunga kuning atau merah. Tanaman yang berasal dari Amerika Serikat bagian barat dan tengah ini, beberapa spesiesnya dapat tumbuh hingga 91 cm. Tanaman ini dapat bertahan dalam cuaca panas dan tanah yang kering sehingga banyak dijadikan sebagai bunga potong ketika musim panas.

9. Bunga Kaliandra Merah

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via bibitbunga.com

Calliandra adalah tumbuhan berbuah polong dengan pohon berukuran sedang dengan bunga tersusun majemuk. Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan Kaliandra terutama kaliandra bunga merah karena dianggap sebagai tanaman penghijau dan sumber pakan ternak. Tanaman yang memiliki sekitar 200 jenis anggota ini memiliki bunga berwarna merah mencolok dengan bunga polong yang panjang. Bunga Kaliandra Merah ini toleran terhadap kondisi lahan yang kering sehingga cocok ditanam sebagai tanaman hias yang tahan panas.

10. Bunga Thunbergia

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via flickr.com

Tanaman rambat ini memiliki bunga yang indah dan sangat cocok digunakan untuk menghias rumah. Dengan menanam bunga ini, rumah akan terkesan lebih sejuk, asri dan indah. Genus tanaman berbunga di keluarga Acanthaceae yang berasal dari daerah tropis Afrika, Madagaskar dan Asia Selatan ini tahan terhadap panas matahari dan tumbuh setinggi 2 – 8 meter.

11. Bunga Sikat Botol

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via bukalapak.com

Meskipun memiliki nama yang cukup unik, namun ternyata tanaman hias ini memiliki bunga yang indah dengan warna merah. Tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman peneduh. Tanaman asli benua Australia ini bisa hidup di daerah-daerah yang memiliki cuaca panas seperti di Indonesia. So, buat kalian yang sedang mencari tanaman hias outdoor yang tahan panas bisa menanam bunga satu ini.

12. Bunga Marigold

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via bhg.com

Marigold ini memiliki bentuk bunga yang unik yaitu gemuk membulat dengan kelopak yang saling menumpuk. Pada umumnya, bunga ini memiliki warna orange atau kuning. Sangat cocok dijadikan penghias rumah dan bunganya pun dapat kamu jadikan penghias ruangan. Keindahan bunga Marigold ini tidak akan rusak meskipun cuaca panas karena tanaman hias ini menyukai sinar matahari.

13. Bunga Angelonia

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via shopee.co.id

Tanaman ini biasanya di tanam dengan pot yang juga bisa bertahan dalam kondisi cuaca yang panas. Ada beberapa Angelonia yang paling umum dijadikan sebagai tanaman hias yaitu angelonia pink, ungu, bicolor, dan putih. Tanaman ini tumbuh dan mekar dnegan mudah tanpa memerlukan perlakuan khusus dalam perawatannya. Angelonia ini memiliki daun berwarna hijau memanjang dan bergiri pada tepinya, daunnya menebarkan aroma khas miirp apel dan tingginya bisa mencapai 65 cm.

14. Beringin

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via bukalapak.com

Bukan beringin yang besar ya! Namun beringin yang berukuran kecil yang bisanya ditanam dalam sebuah pot. Karena jika menanam beringin yang besar, rumahmu bukan terlihat tampak indah sebaliknya terlihat angker. Beringin yang berukuran kecil ini biasanya banyak dijadikan sebagai penghias rumah karena bentuknya yang menarik. Tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan yang sulit, tanaman ini juga mampu bertahan di cuaca yang panas sekalipun.

15. Cocor Bebek

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via amongguru.com

Tanaman yang dikenal karena metode reproduksinya melalui tunas daunini populer digunakan sebagai tanaman hias. Namun tanaman ini juga tumbuh liar di kebun-kebun dan pinggir parit yang tanahnya banyak bebatuan. Cocor bebek ini juga termasuk tanaman hias yang tahan panas matahari dan cukup mudah merawatnya. Kamu hanya perlu menyiramnya minimal setiap 10 hari sekali.

16. Cemara Norfolk

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via plantstory.com

Cemara ini bernama Cemara Norfolk karena berasal dari Norfolk di Selandia Baru. Tanaman hias yang berasal dari keluarga Araucariaceae dan genus Araucaria ini disebut dengan nama cemara pinus batang atau star pine. Cemara ini menjadi salah salah satu jenis tanaman hias yang menyukai kondisi lingkungan dengan intensitas cahaya matahari penuh. Tanaman hias yang tingginya bisa mencapai 6 meter ini sangat cocok ditanam di area taman yang luas.

17. Daun Encok

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via herbaldok.com

Tanaman satu ini telah tersebar di berbagai belahan dunia mulai dari Afrika hingga Indonesia. Daun Encok ini biasa ditanam di seluruh Asia Tropis sebagai tanaman obat dan tanaman hias. Tumbuhan yang meliar ini bisa kamu temukan dengan mudah di Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura hingga Bali. Habitatnya ada di padang rumput dan inilah yang membuat daun encok menjadi tanaman yang mampu bertahan di cuaca yang panas.

18. Jengger Ayam

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via ibadgarden.com

Celosia argentea var. cristata atau lebih populer bernama jengger ayam adalah tanaman yang tumbuh tegak dengan tinggi hingga 90 cm dan biasanya ditanam di taman-taman dan halaman. Batangnya tebal dan kuat berdaun tunggal yang tumbuh berseling dan berbentuk memanjang dengan ujung meruncing bunganya berbentuk bulit, tebal mendaging, bagian atasnya melebar seperti jengger ayam dan berwarna ungu, merah atau kuning. Tanaman ini tahan terhadap panas matahari dengan masa berbunga beberapa kali dalam satu bulan.

19. Kaktus

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via kovermagz.com

Karena habitat aslinya berada di gurun pasir yang tandus, so sudah pasti tanaman ini memiliki daya tahan terhadap panas matahari. Terlebih tanaman kaktus ini memiliki cadangan air dalam batangnya yang berlapiskan lilin. Kaktus ini memiliki berbagai jenis spesies sehingga kamu bisa memilihnya sesuai dengan selera dan peletakkannya di rumah. Selain dapat mempercantik pekarangan atau interior rumah, kaktus juga sangat mudah dirawat.

20. Kembang Sepatu

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via dekoruma.com

Tanaman semak ini berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunganya besar dan berwarna merah cantik dengan putik kuning di tengahnya. Selain warna merah, terdapat juga warna lainnya seperti putih, kuning, orange dan pink. Kembang sepatu ini umumnya tumbuh sekitar 2 hingga 5 meter. Bunga ini ditetapkan sebagai bunga Nasional Malaysia dan disebut dengan Bunga Raya.

21. Lili Paris

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via tokopedia.com

Tanaman hias ini sangat populer di Indonesia, tanaman ini juga ternyata mampu bertahan dengan baik dalam cuaca apapun, dingin bisa panas juga bisa. Lili Paris ini tidak hanya dapat diletakkan sebagai tananam hias gantung saja, namun juga dapat digunakan sebagai penghias pekarangan rumah.

22. Lidah Mertua

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via okezone.com

Sansevieria atau lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Tanaman hias ini memiliki daun keras, sukulen, tegak dengan ujung meruncing. Selain dapat mempercantik rumah, lidah mertua ini juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh salah satunya untuk menyerap polusi udara yang berada disekitar.

23. Mandevilla Sanderi

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via mnpflowers.com

Yang ingin rumahnya terasa sejuk dan lebih teduh, coba deh tanami dengan Mandevilla Sanderi. Tak hanya mempercantik area rumah, kamu pun juga dapat menghadirkan suasana yang asri. Mandevilla Sanderi ini juga relatif mudah dalam perawatannya apalagi jika kamu seorang pemula. Bagaimana tertarik menanamnya dirumah?

24. Palem

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via ibadgarden.com

Dari sekian banyak tanaman hias outdoor, pohon palem memang menjadi salah satu tanaman yang banyak diincar. Palem dapat hidup di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Perawatan dari pohon satu ini cukup mudah, tanaman ini hanya memerlukan air dan pencahayaan yang cukup saja maka tumbuhan ini akan hidup dengan baik. Tak heran jika tanaman hias ini sering digunakan sebagai penghias area umum.

25. Siklok

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via dekoruma.com

Jika dilihat-lihat tanaman hias satu ini hampir mirip dengan salah satu jenis sukulen hanya saja ukurannya yang sedikit lebih besar. Dengan karakteristik daun berwarna hijau keputihan berbentuk tebal dan meruncing. Tanaman hias Siklok ini tahan banting jika terpapar panas sinar matahari dalam waktu yang lama. Jadi tidak perlu khawatir jika musim panas tiba karena tanaman ini mampu bertahan dengan baik.

26. Tabebuya

Tanaman Hias Outdoor Yang Tahan Panas Matahari

photo via dekoruma.com

Pohon satu ini asli dari Brasil, kebanyakan orang menyebutnya sebagai sakura. Hal ini dikarenakan bunganya mirip sekali dengan bunga yang berasal dari Jepang tersebut. Pada umumnya Tabebuya ini ditanam di tanah dengan kondisi lingkungan subtropis dan tropis. Jika kamu memiliki perkarangan rumah yang cukup luas, tanaman hias ini bisa jadi solusinya.

Itulah deretan tanaman hias outdoor yang tahan panas matahari. Tanaman diatas bisa kamu jadikan refrensi jika saat ini kamu sedang mencari-cari tanaman hias yang cocok diletakkan sebagai penghias rumah. Bagaimana? Tanaman hias mana yang ingin kamu miliki?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *