15 Fakta Menarik Tentang Batman Yang Jarang Diketahui

by blogunik
 0  

Fakta tentang Batman

Jadi film yang ditunggu-tunggu film Batman terbaru yang kini dibintangi oleh Robert Pattinson kian mencuri perhatian. Bagaimana tidak, film yang rencana awalnya akan tayang pada 25 Juni 2021 ini mengalami penundaan jadwal tayang sehingga membuat para penggemar DC films semakin penasaran.

Batman sendiri adalah tokoh superhero fiksi terbitan dari DC Comic yang diciptakan oleh seniman bernama Bob Kane dan ditulis oleh Bill Finger. Tokoh ini pertama kali muncul dalam komik berjudul Detective Comics volume 27 pada bulan Mei 1939. Batman sendiri berkisah tentang Batman yang bernama asli Bruce Wayne yang merupakan seorang miliuner yang playboy namun dermawan. Ketika malam tiba, dia menjelma menjadi pahlawan berjubah dan bertopeng kelelawar yang memberantas kejahatan di Kota Gotham.

Sementara itu, versi filmnya sendiri pertama kali rilis pada tahun 1943 dan hingga kini sudah banyak aktor ternama yang memerankan sosok Batman. Sebut saja Lewis G. Wilson (1943), Robert Lowery (1948), Adam West (1966), Michael Keaton (1992), Kevin Conroy (1992-1995), Val Kilmer (1995), George Clooney (1999), Christian Bale (2005), Ben Affleck (2016), hingga yang terbaru yang kini menjadi perbincangan adalah Robert Pattinson.

Seperti yang kita tahu Robert Pattinson akan didapuk sebagai pengganti Ben Affleck untuk memerankan tokoh Bruce Wayne, yang merupakan sosok manusia kelelawar yang dikenal dengan nama Batman. Belum diketahui secara pasti bagaimana jalan cerita film Batman terbaru yang akan dibintangi oleh Robert Pattinson ini.

Disisi lain, Batman sendiri merupakan salah satu superhero terpopuler sepanjang masa. Namun dengan ketenaran yang mendunia, banyak fakta tentang Batman yang sejauh ini mungkin belum diketahui oleh penggemar Batman. Untuk itu berikut beberapa fakta menarik tentang Batman yang jarang diketahui orang. So let’s check it out guys!

1. Terinsprirasi dari beberapa karakter

Fakta Menarik Tentang Batman Yang Jarang Diketahui

photo via cbr.com

Sebelum menjadi sosok Batman dengan penampilannya yang sekarang. Tenyata saat awal diciptakannya di tahun 1939, kreator Bob Cane dan penulis Bill Finger mengolaborasikan beberapa karakter yang sudah tenar di masanya seperti Zorro, Dracula, dan The Shadow. Jadi bisa dibilang Batman ini merupakan perpaduan adalan ketiga karakter tersebut.

2. Sempat mengalami perubahan kostum dan karakteristik

Fakta Menarik Tentang Batman Yang Jarang Diketahui

photo via adhomecreative.com

Tidak banyak yang tahu, kalau awalnya kostum Batman bukan berwarna hitam melainkan berwarna merah. Desain awal dari kostum Batman ini berwarna merah dengan ikat pinggang warna kuning dan jubah hitam. Awalnya, Batman juga didesain tidak menggunakan topeng seperti sekarang ini.

Sedangkan Bruce Wayne yang merupakan sosok asli Batman ini awalnya memiliki rambut berwarna pirang kekuningan kemudian warna rambut tersebut diubah menjadi hitam seperti kostumnya yang juga diubah menjadi warna hitam.

Sementara itu, untuk karakteristik Batman, awalnya dia diciptakan dengan sifat yang sadis dan menggunakan pistol sebagai senjatanya kemudian sifat Batman tersebut diubah menjadi pengampun dan hanya bertarung dengan tangan kosong.

3. Batman merupakan salah satu superhero pertama di DC

Fakta Menarik Tentang Batman Yang Jarang Diketahui

photo via dccomics.com

DC memiliki banyak karakter superhero namun Batman merupakan salah satu karakter superhero pertama yang ada di DC. Bahkan Batman dan Superman sudah menjadi ikon superhero DC yang menjadi salah satu alasan kenapa mereka sangat populer sampai sekarang ini.

4. Asal usul nama Bruce Wayne

Fakta Menarik Tentang Batman Yang Jarang Diketahui

photo via thesupersmash.com

Seperti yang kita tahu, pencipta dan penulis karakter Batman ini memberikan nama Bruce Wayne sebagai identitas asli dari Batman. Nama Bruce Wayne sendiri ternyata terinspirasi dari dua nama pahlawan di dunia nyata lho. Bruce adalah nama dari pemimpin perang dari Skotlandia untuk kemerdekaan negaranya yaitu King Bruce I of Scotland. Sedangkan untuk nama belakang Wayne, diambil dari nama belakang pahlawan perang revolusioner Amerika yaitu Brigadir Jenderal Anthony Wayne.

Sementara itu, dalam cerita komiknya, orang tua Bruce Wayne memberikan nama tersebut karena nama tersebut sama seperti keponakan mereka yang seorang detektif, yakni Bruce N. Wayne. Orang tua Bruce Wayne berharap agar anaknya akan menjadi seorang penegak keadilan seperti keponakan mereka yang merupakan seorang detektif.

5. Manusia biasa

Fakta Menarik Tentang Batman Yang Jarang Diketahui

photo via chrisnolan.fandom.com

Fakta menarik dari Batman yang mungkin belum kamu ketahui adalah Batman merupakan seorang manusia biasa. Batman adalah pahlawan super yang paling realistis. Ia tidak memiliki kekuatan super yang benar-benar super hasil dari terkena radioaktif atau merupakan seorang alien yang berasal dari planet lain. Ia hanyalah manusia biasa yang memakai otak, kelincahan badannya dan kekayaan melimpah yang dia miliki untuk bertarung dengan para penjahat.

6. Simbol kelelawar

Fakta Menarik Tentang Batman Yang Jarang Diketahui

photo via batman.fandom.com

Seperti yang kita tahu Batman menggunakan simbol kelelawar pada kostumnya. Bahkan tak hanya kostum, berbagai peralatan canggih yang dimiliki oleh Batman juga berbentuk menyerupai kelelawar, mulai dari markasnya yang Ia beri nama Batcave hingga mobil pendukung aksinya yang dinamai Batmobile.

Tapi apakah kalian tahu kenapa Batman menggunakan simbol ini? Bagi Batman, kelelawar adalah makhluk yang bisa meneror orang dari kegelapan dan orang tahu kalau kelelawar adalah makhluk yang menakutkan. Maka dari itu, Batman menggunakan simbol ini untuk menakuti penjahat agar mereka tidak berani mengusik kedamaian warga Gotham.

7. Takut kelelawar

Fakta Menarik Tentang Batman Yang Jarang Diketahui

photo via cbr.com

Walau menjelma sebagai sosok manusia kelelawar pembela kebenaran, namun ternyata Bruce Wayne adalah sosok yang takut dengan kelelawar lho. Sejak kecil, Bruce memiliki pengalaman buruk dengan kelelawar yang menjadikan dirinya memiliki rasa takut berlebih atau fobia terhadap kelelawar. Namun setelah tumbuh dewasa, dia belajar untuk mulai mengontrol rasa takutnya terhadap kelelawar. Dan ini menjadi salah satu alasan kenapa Bruce menggunakan kelelawar sebagai ikon utama pemberantasan kejahatannya.

8. Inspirasi jubah

Fakta Menarik Tentang Batman Yang Jarang Diketahui

photo via steamregister.com

Banyak yang menganggap kalau jubah hitam yang digunakan oleh Batman pastinya terinspirasi dari kelelawar. Padahal jubah hitam yang terlihat seperti sayap kelelawar tersebut dibuat berdasarkan sebuah desain sebuah mesin terbang karya dari pelukis terkenal Leonardo Davinci. Namun terlepas dari mana inspirasi jubah tersebut berasal, jubah hitam yang lekat dengan kostum Batman ini memang sukses membuat sosok Batman sangat misterius dan membuat takut banyak penjahat.

9. Salah satu karakter fiksi terkaya

Fakta Menarik Tentang Batman Yang Jarang Diketahui

photo via bosshunting.com.au

Bruce Wayne, sosok asli Batman diceritakan merupakan salah satu karakter fiksi yang memiliki kekayaan melimpah. Dia bukanlah alien atau berasa dari legenda, melainkan hanya manusia biasa yang sangat kaya rasa karena usaha warisan keluarganya. Bahkan berdasarkan perhitungan Forbes, Bruce Wayne berada di posisi ke 8 dengan total asset sebesar tujuh 7 milyar dolar AS atau sekitar Rp95 trilliun. Dia memanfaatkan kekayaannya untuk jadi seorang pahlawan kegelapan yang melindungi Gotham dari belakang layar.

10. Memiliki nama lain

Fakta Menarik Tentang Batman Yang Jarang Diketahui

photo via primevideo.com

Mungkin banyak yang belum mengetahui kalau Batman memiliki julukan nama lain. Pahlawan super ini juga dikenal dengan nama The Dark Knight atau The Caped Crusader. Sosoknya yang misterius dan cool pun telah memikat hati banyak orang di seluruh dunia selama beberapa generasi.

11. Gambaran maskulinitas pria

Fakta Menarik Tentang Batman Yang Jarang Diketahui

photo via independent.co.uk

Sosok Batman yang penuh wibawa dianggap sebagai gambaran maskulinitas pria yang sangat ideal. Bagaimana tidak, Batman diceritakan memiliki wajah tampan, pengusaha sukses yang kaya raya bahkan memiliki bentuk tubuh yang atletis. Tak hanya itu, Batman juga memiliki kemampuan intelektual yang bikin semua orang kagum. Dan semua yang ada didalam sosok Batman merupakan impian banyak pria didunia ini. Nggak heran jika Batman disebut sebagai gambaran maskulinitas pria.

12. Berkali-kali ganti pasangan

Fakta Menarik Tentang Batman Yang Jarang Diketahui

photo via dccomics.com

Fakta menarik tentang Batman yang mungkin belum kamu ketahui adalah hubungan asmara Batman yang nyatanya tidak semulus hartanya. Meskipun dia memiliki wajah tampan, bertubuh atletis dan memiliki banyak uang, bukan berarti dia memiliki kisah cinta yang perfect.

Nyatanya, dia sudah berkali-kali mengganti pasangan karena kebanyakan dari mereka tidak bisa nerima kenyataan kalo Bruce adalah Batman. Alasan lain yang membuat kisah cinta Bruce Wayne tidak pernah langgeng adalah karena Bruce tidak ingin pasangannya terlibat ke dalam kehidupannya yang penuh bahaya.

13. Bruce Wayne punya anak bernama Damian Wayne

Fakta Menarik Tentang Batman Yang Jarang Diketahui

photo via greenscene.co.id

Meskipun terlihat tidak pernah menjalin hubungan serius dengan wanita, tapi ternyata Bruce Wayne memiliki seorang putra kandung lho. Nama putranya adalah Damian Wayne, dimana Damian ini lahir dari hubungan Bruce Wayne dengan Thalia Al-Ghul anak dari gurunya, Rash Al-Ghul. Nantinya Damian Wayne ini akan menjadi Robin.

14. Punya masa lalu yang kelam

Fakta Menarik Tentang Batman Yang Jarang Diketahui

photo via theatlantic.com

Batman merupakan superhero yang memiliki masa lalu yang kelam. Saat dirinya masih kecil, dia melihat sendiri dengan kedua matanya saat kedua orangtuanya di bunuh perampok. Saat kematian orang tuanya, Bruce Wayne diurus oleh Alfred dan dirinya juga mulai belajar melanjutkan usaha keluarga.

Karena masa lalunya ini, sejak usia 14 tahun, ia mulai menjalani pelatihan tentang kriminologi, kimia, martial arts, dan forensik, agar dirinya bisa menjadi Batman yang melindungi kota kelahirannya dari para penjahat.

15. Memiliki kakak laki-laki

Fakta Menarik Tentang Batman Yang Jarang Diketahui

photo via batman.fandom.com

Mungkin banyak yang belum mengetahui kalau sebenarnya Batman memiliki kakak laki-laki yang terpaut usia 3 tahun darinya bernama Thomas Wayne Jr. Kakak laki-laki dari Bruce Wayne ini jarang terlihat karena memang diceritakan kalau saat Thomas kecil, dirinya mengalami sebuah kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan pada otaknya yang membuat stabilitas mentalnya terganggu. Kondisi tersebut membuat Thomas menjadi seseorang yang berbahaya.

Orang tua Bruce dan Thomas yang tidak memiliki pilihan lain akhirnya memasukan Thomas ke dalam rumah sakit jiwa yang bernama Willowood kemudian mengubah nama Thomas Wayne Jr. menjadi Thomas Willowood.

Suatu ketika, Thomas kabur dari rumah sakit dan menjadi seorang penjahat yang bernama Boomerang Killer. Meskipun ia tumbuh menjadi penjahat yang kejam, namun pada akhir hidupnya, ia sempat menyelamatkan nyawa sang adik, yakni Bruce Wayne.

Nah itu dia beberapa fakta menarik tentang Batman yang jarang diketahui. Jadi sebagai penggemar film Batman, fakta mana yang baru kamu ketahui?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait