Fakta Seputar 10 Years Challenge Yang Lagi Viral

10 bulan lalu, by blogunik

Guys! Sepertinya tahun 2019 dunia maya masih akan diwarnai dengan berbagai challenge yang unik dan belum pernah ada. Salah satunya yang lagi viral di awal tahun 2019 ini adalah 10 Years Challenge. Mungkin beberapa dari kalian sudah mendengar atau bahkan telah mencoba melakukan challenge ini. Yup, 10 Years Challenge ini memang sedang ramai-ramainya di media sosial. Saking viralnya sejumlah artis Tanah Air dan dunia juda telah mencoba tantangan ini.

Nah buat kalian yang belum tahu, 10 Years Challenge ini mengharuska kita untuk berani dan tak malu untuk mengunggah foto-foto kita 10 tahun yang lalu dan disandingkan dengan foto kita yang sekarang. Kalau menghitung mundur, 10 tahun lalu berarti foto-foto yang kamu ambil pada tahun 2009. Dalam waktu 10 tahun tersebut sedikit tidaknya pasti ada bagian-bagian tertentu dari kalian yang berubah. Bisa saja orang-orang akan malu untuk memperlihatkannya, namun untuk itulah tantangan ini dibuat. Yah seru juga ya guys!

Di kutip dari Merdeka.com, 10 Years Challenge ini diketahui muncul di Twitter dengan sebutan “2009 vs 2019”. Lalu merambah ke Instagram dengan hashtag #10yearschallenge. Di Twitter sendiri, hashtag ini menjadi trending global.

Untuk mengikuti tantangan 10 Years Challenge ini sangat mudah, kalian hanya perlu mencari foto jadul pada tahun 2009, entah dari gallery foto yang kamu simpan di komputer, foto 2009 yang pernah kamu upload di media sosial lain seperti facebook, ataupun dari simpanan kamu di gallery HP, semuanya bisa kalian gunakan asalkan itu adalah foto kalian 10 tahun lalu. Setelah foto jadul kalian dapatkan kamu tinggal sandingkan dengan foto kamu yang terkini dan unggah ke media sosial dengan tagar #10YearChallenge. Jika perlu kalian bahkan bisa menambahkan cerita yang lebih detail tentang penampilan kamu yang dulu dengan yang sekarang.

Maraknya 10 Years Challenge ini disambut baik oleh pengguna media sosial, pasalnya tantangan ini membawa nostalgia pengguna media sosial ke masa lalu. Bahkan dikutip dari Viva.co.id, tantangan ini secara tidak langsung telah membantu menemukan kembali sekitar 3 ribu anak hilang.

Hal ini karena foto jaman dulu yang kembali bermunculan dimanfaatkan oleh teknologi pengenalan wajah. Dalam skema ini, teknologi pengenalan wajah mengumpulkan foto profil untuk mendeteksi anak yang hilang. Diketahui Polisi India bisa melacak ribuan anak yang hilang itu dalam empat hari menggunakan teknologi pengenalan wajah. Jadi intinya algoritma pengenalan wajah akan mendeteksi kemungkinan wajah anak dari sisi perkembangan usia dan dipakai polisi untuk memperkirakan wajah terakhir kali anak yang hilang.

Namun walaupun berdampak positif, tantangan ini juga kemungkinan membuat kalian tidak nyaman untuk jangka panjangnya. Di kutip dari Viva.co.id, bisa saja hal ini dimanfaatkan oleh orang-orang komersil ataupun perusahaan asuransi untuk menawarkan jasa perawatan tubuh dan kecantikan.

Misalnya, jika foto kamu yang terkini tampak lebih tua dari yang seharusnya dan kamu terlihat lebih tua dari foto-foto teman-teman seangkatanmu yang lain, maka bisa jadi kamu menjadi target pengiklan tersebut, tentunya privasi kamu akan terganggu setelahnya.

Jadi sekedar saran, jika kamu mengikuti 10 Years Challenge ini, pastikan kamu memfilter dengan siapa saja kamu berbagi foto tersebut sebelum kamu mempostingnya di media sosial. Pastinya hampir semua media sosial memiliki setingan untuk kamu memfilter teman-teman yang bisa melihat postingan kamu.

Terlepas dari dampak positif dan negatif dari 10 Years Challenge, berikut beberapa artis Tanah Air yang mengikuti tantangan mengasyikkan ini.

1. Ada si cantik Marion Jola nih! 2009 vs 2019 nya Marion masih sama-sama manis ya, cuman yang sekarang lebih chubby.

photo via : www.instagram.com/lalamarionmj/

2. Penampilan Sandra Dewi yang dulu sama yang sekarang gak ada yang berubah ya guys! Masih tetap cantik dengan rambutnya yang berkilau. Cuman bedanya kalau yang dulu masih singset dan single, sekaran udah jadi istri dan ibu.

photo via : www.instagram.com/sandradewi88

3. Raditya Dika juga gak mau ketinggalan nih! Komika satu ini ternyata 10 tahun yang lalu mirip Justine Bieber lho! Tapi 2019 kok perbedaannya jauh ya bang?

photo via : www.instagram.com/raditya_dika

4. Pembawa acara Najwa Shihab juga ikutan challenge lho guys, tapi katanya, mbak Najwa malah pakek fotonya yang udah lebih dari 10 tahun yang lalu. Disitu kita sadar kalau mbak Najwa ternyata awet muda sekali.

photo via : www.instagram.com/najwashihab

5. Zara JKT 48, 10tahun yang lalu ternyata masih gadis cilik guys! Tapi sekarang cantiknya nambah ya?

photo via : www.instagram.com/jkt48.zara

6. Dari pipi yang makin berisi, sampai gaya fashion Anji yang lebih classy, semuanya berubah dalam 10 tahun nih

photo via : www.instagram.com/duniamanji

7. Dinda Kanya Dewi juga gak mau ketinggalan nih, tapi gak ada yang berubah dari Dinda, 10 tahun yang lalu sama yang sekarang masih tetap cantik dan senyumnya tetap menawan.

photo via : www.instagram.com/dindakanyaa

8. Bunda Maia Estianty makin terlihat cantik dan terlihat lebih muda padahal sudah 10 tahun berlalu

photo via : www.instagram.com/maiaestiantyreal/

9. Jessica Iskandar juga nggak mau ketinggalan jadi artis wanita Indonesia yang ikutan 10 year challenge. Jessica Iskandar yang dulu tampil dengan wajah polesan makeup natural dan terlihat polos. Dan yang sekarang Jessica tampak lebih seksi dan mempesona.

photo via : www.instagram.com/inijedar

10. Selanjutnya ada Shandy Aulia bih guys! Shandy Aulia mengakui foto yang ia posting bukanlah 10 tahun lalu, tapi 14 tahun yang lalu saat sedang mempromosikan filmnya yang berjudul Apa Artinya Cinta. Waduh, kok gak ada yang berubah ya? Awet muda sekali, resepnya apa nih?

photo via : www.instagram.com/shandyaulia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait