Deretan Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa

3 minggu, by blogunik

Film animasi Disney terbaik

Film animasi memang menjadi salah satu tonton paling digemari sejak dulu kala. Selain animasi asal Jepang seperti Doraemon, Dragon ball, Ninja Hatori, Chibi Maruko Chan, Crayon Shin-chan dll. Animasi Disney terbaik sepanjang masa juga juga selalu mampu mencuri perhatian penggemar dengan jalan cerita yang menarik dan visualisasi yang keren. Bahkan tak ada anak-anak yang tidak menyukai film animasi Disney. Bagaimana tidak, kebanyakan film animasi Disney memang mampu membangkitkan imajinasi anak-anak lewat karakter yang dibuat. Bahkan karakter-karakter yang dibuat selalu menjadi tokoh-tokoh ikonic yang diidolakan banyak orang.

Sementara itu, Disney sendiri merupakan perusahaan asal Amerika Serikat yang sudah memproduksi ratusan film animasi terbaik sampai sekarang. Bahkan nama Disney semakin besar setelah mengakuisisi Pixar dan menjadikannya rumah produksi yang khusus memproduksi film animasi. Dari sekian banyak judul film animasi yang dikeluarkan Disney, berikut 15 film animasi Disney terbaik sepanjang masa. Let’s check it out guys!

15 Film Animasi Disney Terbaik

1. The Lion King (1994)

Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa

photo via elegraph.co.uk

Daftar film animasi Disney terbaik sepanjang masa diawali dengan film The Lion King yang rilis tahun 1994. Animasi 2 dimensi ini bercerita tentang kehidupan raja hutan, dimana semua karakter yang ada di dalamnya adalah hewan. Film animasi Disney ini mengandung banyak makna, mulai dari persahabatan, kekeluargaan, dan politik antar penguasa. The Lion King sendiri menceritakan tentang Simba, sosok singa muda yang berusaha menyelamatkan Kerajaan ayahnya dari kekuasaan pamannya yang malas dan serakah. Saking banyaknya penggemar dari film animasi ini, baru-baru ini, Disney meremake kembali, animasi The Lion King menjadi film versi live action dengan visualisasi 3D yang memukau.

2. Beauty and the Beast (1991)

Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa

photo via doblu.com

Siapa yang nggak tau film animasi Disney terpopuler, Beauty and the Beast? Film animasi 2D Disney ini memang menjadi salah satu film animasi besutan Disney yang mendapat rating yang tinggi dan terkenal hingga ke seluruh dunia. Berkisah tentang Belle, perempuan muda yang tak sengaja terjebak dalam sebuah perjanjian dengan mahkluk menyeramkan penghuni kastil tua yang sebenarnya adalah seorang pangeran yang dikutuk. Namun ternyata dalam istana tersebut bukan hanya sang pangeran yang terkena kutukan. Semua anggota istana pun terkena kutukan dan kutukannya hanya bisa dilumpuhkan oleh kehadiran Belle. Saking populernya, tahun 2017 lalu, pihak Disney juga membuat versi live action untuk animasi ini yang dibintangi oleh Emma Watson, Dan Stevens dan masih banyak lagi.

3. Mulan (1998)

Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa

photo via agreatmovieblog.wordpress.com

Film animasi Mulan yang rilis tahun 1998 silam ini juga menjadi salah satu film animasi Disney terbaik sepanjang masa. Dimana saking banyaknya penggemar animasi ini, pihak Disney memutuskan untuk membuat versi live actionnya. Bahkan versi live action Mulan tetap meraih kesuksesan meski dirilis secara online melalui aplikasi berbayar. Animasi terbaik Disney ini sendiri berkisah tentang Mulan, seorang gadis muda yang menyamar menjadi prajurit laki-laki untuk menggantikan peran ayahnya yang sudah menua. Penyamaran ini awalnya berjalan mulus, hingga pemimpinnya mengetahui sosok asli dari Mulan. Namun, Mulan tetap ingin membuktikan bahwa dirinya bisa bertarung menyelamatkan banyak orang.

4. Aladdin (1992)

Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa

photo via hotstar.com

Aladdin merupakan salah satu film animasi Disney terbaik yang sayang jika dilewatkan. Film animasi ini berfokus pada sosok Aladdin yang digambarkan sebagai seorang pemuda miskin yang jatuh cinta dengan putri raja bernama Jasmine. Dengan bantuan Jin, Aladdin dan Jasmine berjuang untuk menyelamatkan kerajaan dari ancaman penasihat raja yang Jahat bernama Jafar. Film animasi ini juga meraih kesuksesan, dan bahkan Disney-pun meremake kembali film ini menjadi live action yang dibintangi oleh Naomi Scott, Mena Massoud dan Will Smith.

5. The Little Mermaid (1989)

Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa

photo via tribunnewswiki.com

Bisa dibilang setelah adanya film animasi ini, ada banyak orang berimajinasi memiliki ekor indah seperti milik putri duyung bernama Ariel. The Little Mermaid merupakan animasi terbaik Disney yang berkisah tentang seorang putri duyung muda bernama Ariel yang menyelamatkan pangeran tenggelam. Ariel pun jatuh cinta dengan sang pangeran. Sayangnya, Ariel tidak bisa ke daratan untuk bertemu dengan pangeran. Kisah cinta antara makhluk laut dengan manusia ini sangat menarik sehingga membuat The Little Mermaid menjadi salah satu film animasi Disney yang meraih kesuksesan.

6. Sleeping Beauty (1959)

Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa

photo via nydailynews.com

Tentu kalian sudah nggak asing lagi dengan nama “Putri Tidur”. Yup animasi Sleeping Beauty sendiri lebih populer di Indonesia dengan sebutan Putri Tidur. Animasi terbaik Disney ini menceritakan tentang seorang putri kerajaan bernama Aurora. Namun saat perayaan kelahirannya, seorang penyihir jahat mengutuk Aurora akan meninggal pada usia 16 tahun karena tertusuk jarum. Beruntung ada penyihir yang bisa meringankan kutukannya. Dimana Aurora hanya akan tertidur panjang. Untuk membangunkannya, dia harus dicium oleh cinta sejatinya. Dan seperti yang kalian tau, di akhir cerita ada seorang pangeran datang untuk membangunkan putri yang tertidur.

7. Cinderella (1950)

Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa

photo via boredanddangerousblog.wordpress.com

Tak lekang oleh waktu, Cinderella juga menjadi salah satu film animasi Disney terbaik sepanjang masa. Cinderella sendiri mengisahkan tentang seorang gadis yang harus tinggal bersama dengan ibu dan saudara tirinya setelah sang ayah meninggal. Dia pun selalu mendapatkan perlakuan kasar dari orang-orang di rumahnya itu. Hingga suatu hari, pangeran kerajaan mengadakan sebuah pesta dan seluruh gadis di kota tersebut harus hadir. Cinderella pun ingin menghadiri pesta tersebut namun terhalang oleh ibu dan saudara tirinya. Hingga akhirnya dengan bantuan ibu peri, Cinderella bisa menghadiri pesta tersebut dengan gaun yang megah dan sepatu kaca. Namun ada syarat yang harus di patuhi oleh Cinderella dimana dia harus kembali sebelum jam 12 malam.

8. The Princess and the Frog (2009)

Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa

photo via movieforchildrens.blogspot.com

Masih berhubungan dengan princess Disney, kali ini film animasi Disney bertajuk The Princess and the Frog juga menjadi salah satu film terbaik Disney yang nggak boleh dilewatkan. Animasi ini bercerita tentang gadis muda bernama Tiana yang bercita-cita untuk memiliki restoran dan memiliki pasangan seorang pangeran tampan. Suatu ketika, ia bertemu dengan seekor kodok yang sudah dikutuk dan mengaku sebagai pangeran. Untuk mengembalikan kodok tersebut ke wujud aslinya, Tiana harus mencium kodok tersebut, namun sayangnya justru Tiana yang ikut-ikutan berubah menjadi kodok. Cerita pun menjadi lebih seru karena dua karakter tersebut harus mencari cara lain untuk berubah jadi manusia kembali.

9. Pocahontas (1995)

Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa

photo via historyextra.com

Satu lagi film animasi Disney yang menyuguhkan karakter putri Disney yang unik adalah Pocahontas. Film animasi yang tayang tahun 1995 ini menceritakan tentang seorang anak dari suku Indian, yakni Pocahontas. Sejak kecil ia sudah diajarkan untuk bertahan hidup sendiri dalam keadaan apa pun. Pada suatu hari dia bertemu dengan bangsa pendatang dan jatuh cinta dengan seorang bernama John Smith. Sayangnya, Pocahontas sudah dijodohkan oleh pria di sukunya. Kisah Pocahontas ini sangat menarik untuk diikuti, namun sayang pihak Disney belum merilis versi live action dari film anime satu ini.

10. Up (2009)

Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa

photo via bananaoilmovies.wordpress.com

Up adalah sebuah film animasi besutan Pixar yang distribusikan oleh Walt Disney Picture. Film ini layak untuk masuk dalam kategori film animasi Disney terbaik sepanjang masa. Film animasi ini diawali oleh kisah mengharukan dari seorang pria bernama Carl Fredricksen yang ditinggal oleh istrinya. Rumahnya pun sudah berkali-kali ingin dibeli oleh kontraktor. Dilain sisi, Carl Fredricksen sangat berambisi untuk mewujudkan cita-cita mendiang istrinya tercinta Ellie untuk pergi ke Paradise Falls. Di saat itu, dia bertemu dengan anak bernama Russell. Dengan mengikatkan ribuan balon helium pada rumahnya, Mr.Carl berangkat untuk memenui impiannya meliat alam liar Amerika serikat selatan serta memenuhi janji yang di berikan pada mendiang istrinya tercinta Ellie.

11. Toy Story (1995)

Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa

photo via aminoapps.com

Toy Story merupakan salah satu film animasi Disney terbaik sepanjang masa yang memiliki jalan cerita yang menarik. Di seri pertamanya, animasi ini menceritakan tentang sebuah mainan berbentuk koboi bernama Woody yang merupakan mainan milik anak bernama Andy. Ia dikisahkan sebagai pemimpin dari gerombolan mainan Andy lainnya. Hingga Andy membeli sebuah mainan baru berupa astronot bernama Buzz yang membuat Woody merasa terancam. Tidak hanya sebatas film animasi tentang mainan, namun Toy Story juga dipenuhi dengan pesan moral.

12. Finding Nemo (2003)

Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa

photo via disneyplusinformer.com

Film animasi Disney terbaik sepanjang masa yang cocok untuk ditonton bersama keluarga selanjutnya adalah Finding Nemo. Film animasi ini mengisahkan tentang besarnya cinta ayak kepana anaknya. Berfokus pada seekor ikan badut bernama Nemo yang tersesat di lautan luas dan membuat ayahnya sangat khawatir. Ayahnya pun mencari Nemo ke berbagai penjuru. Ditengah pencarian, ayah Nemo bertemu dengan Dory yang juga ternyata butuh pertolongan. Petualangan ayah Nemo dan Dory dalam menemukan Nemo ini pun sangat seru untuk diikuti.

13. Brave (2012)

Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa

photo via laurenyloves.co.uk

Brave merupakan sebuah animasi garapa Pixar yang didistribusikan oleh Disney. Animasi ini mengambil latar kerajaan Skotlandia. Menceritakan tentang Merida, seorang putri Raja Fergus dan Ratu Elinor di Skotlandia yang berbakat dalam memanah. Merida ingin membuktikan kemampuannya sebagai pahlawan, meskipun ia harus melanggar tradisi keramat para dewa. Pelanggaran ini membuat kerajaan menjadi berantakan, dan sebuah kutukan besar menimpa kerajaan. Sang ratu, sekaligus ibu dari Merida beserta ketiga adik kembarnya berubah menjadi beruang. Merida lantas berusaha mencari jalan keluar agar ibu dan adik-adiknya bisa berubah kembali menjadi manusia.

14. Frozen (2013)

Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa

photo via tribunnewswiki.com

Sepertinya tak ada yang tak tahu dengan animasi Disney satu ini. Frozen merupakan salah satu animasi besutan Disney ini terkenal dengan karakter Princess Elsa dan Princess Anna yang memang sangat ikonik. Frozen sendiri bercerita tentang dua saudara putri kerajaan yakni Princess Elsa dan Princess Anna. Meski sama-sama cantik, namun mereka berbeda. Princess Elsa diberkahi kekuatan yang sangat sakti yaitu kekuatan untuk mengubah sesuatu menjadi es. Namun karena kekuatannya tersebut ia hampir mencelakai sang adik. Mulai saat itu, Elsa memilih untuk megurung diri di kamar dan enggan untuk bersosialisasi. Hingga kabar kematian orang tua mereka mengubah segalanya. Elsa yang merupakan anak sulung harus menggantikan posisi sang ayah sebagai sebagai Raja. Elsa pun dinobatkan sebagai ratu.

Namun kekauatan Elsa terungkap dan membuatnya mengasingkan diri di puncak gunung dan membangun sebuah kerajaan es. Namun setelah kepergian Elsa, desa sekitar di landa badai es akibat dampak buruk kekuatan Elsa. Dengan bantuan Kristof, pemuda penjual es dan keledainya, Anna berusaha membujuk Elsa untuk kembali pulang sekaligus menghentikan musibah tersebut.

15. Moana (2016)

Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa

photo via movies.disney.com

Satu lagi film animasi Disney yang layak dikategorikan sebagai film terbaik adalah Moana. Film animasi 3D yang rilis tahun 2016 ini menceritakan tentang Moana, yang dikisahkan sebagai seorang anak kepala suku Motunui, di Kepulauan Pasifik. Gadis berusia 16 tahun itu digariskan untuk melanjutkan tahta sang ayah, oleh karenanya sejak kecil dirinya dibesarkan untuk menjadi seorang pemimpin. Akan tetapi, walaupun tinggal di tepi laut, orangtuanya melarang untuk mendekati laut. Bahkan, sekadar bermain di pantai pun tak dibolehkan. Alasannya, laut dianggap berbahaya bagi suku Motunui.

Sampai tiba masanya, sumber kehidupan di pulau mengalami masalah. Ikan sudah tak terjaring, pohon kelapa pun banyak yang mati. Sebagai pemimpin, Moana pun mengambil keputusan agar para nelayan untuk menjaring lebih jauh ke tengah laut, melewati batu karang yang disinyalir ikan lebih banyak hidup di sana. Dalam petualangannya Moana bertemu dengan Maui, manusia setengah dewa yang tangguh dan tanpa sengaja ditarik oleh kekuatan laut. Bersama Maui, ia berlayar dan mengalami berbagai macam hal menantang, seperti berhadapan dengan monster besar dan petualangan mengalahkan diri mereka sendiri.

Itu dia 15 film animasi Disney terbaik sepanjang masa yang masih seru untuk ditonton hingga saat ini. Mana nih film animasi Disney yang paling kamu suka?

0
Artikel Terkait