Deretan Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata Lho, Berani Nonton?

Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata

Dari sekian banyak kisah yang diangkat kedalam film, film yang diangkat dari kisah nyata menjadi salah satu yang sangat menarik untuk ditonton. Terlebih jika film tersebut ternyata bergenre horor, sudah pasti akan menambah kesan menyeramkan dan menegangkan serta layak untuk disimak bagi yang ingin merasakan sensasi baru. Nah agar kamu memiliki pengalaman menonton film horor yang lebih menantang dan menegangkan, berikut ini ada beberapa film horor terseram yang diangkat dari kisah nyata.

15 Film Horor Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

1. The Exorcist (1973)

Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata

photo via imdb.com

Film Horor ini diadaptasi dari novel 1971 dengan judul yang sama karya William Peter Blatty, mengenai seorang gadis kecil yang kerasukan setan dan usaha nekat ibunya yang mencoba menyembuhkan putrinya lewat eksorsisme yang dilakukan oleh dua orang imam Katolik.

Baik film maupun bukunya sendiri terinspirasi dari sebuah praktik eksorsisme yang tercatat pada tahun 1949 oleh seorang bocah laki-laki berusia 14 tahun.

Filmnya yang menarik serta menegangkan ini, tak heran jika memperoleh 10 nominasi Piala Oscar. Meskipun filmnya sangat sukses, film The Exorcist ini dilarang di beberapa kota dan negara karena alasan terlalu mengerikan atau menakutkan dan juga karena alasan agama di beberapa negara.

2. Scream (1996)

Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata

photo via imdb.com

Scream, film ini diangkat berdasarkan kisah nyata uang berasal dari serangkaian pembunuhan yang terjadi pada tahun 1990 di Amerika Serikat. Pembunuha sadis tersebut menimpa lima siswa perguruan tinggi saat berada di asrama di Gainesville Florida.

Pembunuhnya sangat pintar sehingga para polisi sangat sulit untuk menangkapnya. Setahun kemudian, polisi berhasil menangkap pembunuhnya yang bernama Daniel Harold Rolling yang bekerja sebagai nelayan.

3. Open Water (2003)

Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata

photo via imdb.com

Film thriller horor survival Amerika Serikat ini dirilis pada tahun 2003 yang menceritakan tentang pasangan Amerika yang melakukan scuba diving saat berlibur. Mereka ternyata terdampar bermil-mil dari pantai diperairan yang dipenuhi hiu ketika awak kapal mereka secara tidak sengaja meninggalkan mereka.

Film Open Water ini diangkat dari kisah nyata Tom dan Eileen Lonergan yang pada tahun 1998 pergi bersama kelompok scuba diving. Secara tidak sengaja mereka tertinggal di Great Barrier Reef, karena awak kapal gagal menghitung jumlah karyawan yang akurat.

4. The Exorcism Of Emily Rose (2005)

Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata

photo via imdb.com

Film horor selanjutnya yang diangkat dari kisah nyata yaitu The Exorcism Of Emily Rose. Film ini diadaptasi dari kisah nyata Anneliese Michel, perempuan kalhiran Bavaria pada 1952. Penyakit epilepsi yang diderita membuatnya harus mengkonsumi obat-obatan pada 16 tahun untuk meredakan penyakitnya.

Namun sayangnya, obat tersebut memiliki efek samping yang membuatnya depresi dan mendorongnya untuk bunuh diri. Michel juga mulai melihat hal-hal aneh dan amat membeci segala sesuatu yang berkaitan dengan gereja.

Kondisi ini pun membuat keluarga Michel memanggil pendeta untuk melakukan proses pengusiran setan.

5. The Amityville Horror (2005)

Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata

photo via imdb.com

Tak lengkap rasanya tidak memasukan The Amityville Horror sebagai salah satu film horor yang diangkat dari kisah nyata. Film ini berdasarkan pada The Amityville Horor karya Jay Anson dan merupakan remake dari film tahun 1979 bernama sama.

Film ini adalah film ke-9 dalam seri film Amityvilee Horror yang mendokumentasikan pengalaman keluarga Lutz usai mereka pindah ke sebuah rumah di 112 Ocean Avenue, Long Island. Pada 1974, pembunuhan massal di kehidupan nyata Ronald DeFeo Jr. membunuh enam anggota keluarganya di 112 Ocean Avenue, Amityville, New York.

6. The Haunting in Connecticut (2009)

Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata

photo via imdb.com

Film ini bermula ketika Sarah dan anaknya Matt yang menderita kanker sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Sarah mengaku merasa lelah jika harus mengantar anaknya pulang pergi dari rumah ke rumah sakit yang jaraknya sangat jauh. Setelah berdiskusi dengan suaminya, Sarah pun memutuskan untuk menyewa sebuah rumah di daerah Connecticut. Mereka akhirnya menemukan rumah yang disewakan, namun pemiliknya memperingatkan Sarah jika rumah tersebut memiliki “sejarah”.

The Haunting in Connecticut ini diangkat berdasarkan kisah nyata yang dialami keluarga Snedekers yang pindah ke rumah yang berada di Southington, Connecticut. Sang ibu, Carmen Snedeker mulai merasakan kejanggalan setelah menemukan beberapa alat dibasement yang digunakan untuk pemakaman.

Ternyata dulunya rumah itu digunakan untuk mengurus jenazat setelah anak sulungnya melihat hantu dan bermimpi buruk.

7. The Conjuring (2013)

Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata

photo via imdb.com

Film ini dibuat berdasarkan pengalaman Ed fan Lorraine Warren. Ketika kamu menonton The Conjuring, film ini sukses membuat merinding serta menegangkan. Lantas bagaimana dengan cerita aslinya? Hal yang membuat film ini tambah merinding yaitu rumah dalam film ini benar-benar ada di Rhode Island.

Berlatar belakang tahun 1972, The Conjuring menceritakan kejadian nyata mengenai keluarga yang pindah ke sebuah rumah tua di kota Harrisville. Disana mereka mengalami beberapa kejadian misterius yang cukup mengkhawatirkan. Mulai dari tubuh yang tiba-tiba mengalami memar ketika bangun pagi hingga kematian seekor anjing yang tergeletak begitu saja di luar rumah.

Berbeda dari filmnya, keluarga yang tinggal di rumah berhantu ini baru mengalami kejadian aneh setelah tinggal selama 9 tahun sebelum memutuskan untuk pergi dari sana.

8. The Sacrament (2013)

Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata

photo via imdb.com

Film thriller horor Amerika ini ditulis dan disutradarai oleh Ti West. AJ Bowen dan Joe Swanberg berperan sebagai jurnalis VICE yang mendokumentasikan upaya rekan kerja mereka (Kentucker Audley) untuk menemukan saudara perempuannya (Amy Seimetz) setelah dia bergabung dengan komunitas agama yang tertutup. Plot film ini didasarkan pada peristiwa kehidupan nyata dari Pembantaian Jonestown tahun 1978.

9. Annabelle (2014)

Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata

photo via imdb.com

Film Annabelle ini menceritakan tentang pasangan Mia dan John Gordon yang memberi tahu Ed dan Lorraine Warren mengenai boneka hantu. Boneka tersebut bernama Annabelle karena awrah anak tetangganya yang membunuh kedua orang tuanya sendiri dan kemudian bunuh diri. Arwah dari anak tersebut masuk ke boneka dan tidak akan pergi sampai mengambil nyawa seseorang.

Tidak seperti di filmnya yang menampakan wajah seram boneka Annabelle, aslinya boneka Annabelle ini terlihat seperti boneka biasa saja dengan kancing sebagai kedua matanya. Saat ini boneka Annabelle masih disimpan di Museum Ed dan Lorrien Warren. Boneka ini didoakan sebanyak dua kali dalam sepekan untuk menghindari kebangkitan roh jahat.

10. Poltergeist (2015)

Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata

photo via imdb.com

Film ini merupakan remake dari Poltergeist dengan cerita yang sama. Poltergeist menceritakan tentang sebuah keluarga yang menyelamatkan putri bungsu mereka yang diculik oleh mahluk halus.

Alur cerita Poltergeist dikabarkan terinspirasi dari keluarga Hermanns yang tinggal di New York, Amerika Serikat. Rumah mereka berhantu, karena dibangun di atas pemakaman

11. The Conjuring 2 (2016)

Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata

photo via imdb.com

The Conjuring 2 atau dikenal juga dengan The Conjuring 2: The Enfield Case merupakan sekuel dari The Conjuring 2013. Film ini didasarkan pada hantu Enfield, kisah lain dari file kasus Warren. Keluarga Hodgson, yang tinggal di wilayah Enfield, London mengeklaim diganggu oleh kehadiran hantu antara 1977 hingga 1979. Orang-orang yang skeptis mengeklaim itu semua bohong, tetapi insiden tersebut diliput surat kabar Inggris pada saat itu.

12. Hounds of Love (2016)

Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata

photo via imdb.com

Hounds of Love adalah film thriller kriminal Australia tahun 2016 yang ditulis dan disutradarai oleh Ben Young. Plotnya menyangkut pasangan yang menculik dan meneror seorang wanita muda di pinggiran kota Perth, Australia Barat. Film ini didasarkan pada David dan Catherine Birnie, pasangan Australia yang melakukan kejahatan pada 1986 dan dikenal sebagai Moorhouse Murders.

13. Winchester (2018)

Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata

photo via imdb.com

Film horor yang diangkat dari kisah nyata ini terinspirasi dari kejadian nyata yang dilakukan Sarah Winchester, pewaris kekayaan pengusaha senjata api yang terpandang. Setelah berbagai kemalangan yang menimpa keluarganya, Sarah membangun Winchester House di dekat San Fransisco, yang penuh dengan horor seram.

Dibangun selama puluhan tahun dan berdiri dengan banyak ruangan. Rumah tersebut tampak seperti monumen seram bagi kegilaan seorang wanita yang terusik. Namun Sarah tidak membangun rumah tersebut hanya untuk dirinya sendiri, keponakannya (Sarah Snook) dan psikiater Eric Price (Jason Clarke) ia ajak tinggal dirumahnya.

Ia membangun penjara bagi ratusan roh jahat gentayangan yang ingin membalas dendam pada keluarga Winchester. Ironisnya mereka adalah arwah yang meninggal akibat produk senjata Winchester.

14. The Nun (2018)

Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata

photo via imdb.com

The Nun merupakan sebuah film yang terinspirasi dari kejadian nyata yang terjadi pada tahun 2005 di Biara Gereja Ortodoks Rumania Tanacu, Rumania. Dimana Seorang Pastor bernama Daniel Petre Corogeanu membunuh seorang wanita muda bernama Maricica Irina Cornici. Alasannya karena ia percaya wanita tersebut kerasukan setan.

Maricica memang sering sekali bertingkah aneh seperti tertawa maupun berteriak. Maka dari itu pastor dan beberapa biarawati memutuskan untuk melakukan pengusiran setan. Tapi acara pengusiran setan ini membuat Maricica tidak selamat.

Mirisnya ternyata Maricica mengidap skizofrenia. Pastor dan biarawati tidak mau mengakui kesalahannya dan dinyatakan bersalah serta dipenjara.

15. The Conjuring: The Devil Made Me Do It (2021)

Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata

photo via imdb.com

The Conjuring: The Devil Made Me Do It dirilis berdasarkan pada kisah Arne Cheyenne Johnson. Pada 1981, dia dihukum karena pembunuhan tingkat pertama setelah membunuh tuan tanahnya. Insiden itu kemudian dikenal sebagai kasus “Devil Made Me Do It” karena Johnson mengaku tidak bersalah dengan alasan kegilaan. Kegilaan itu disebabkan oleh kerasukan setan. Kasus ini menjadi yang pertama kalinya di Amerika Serikat yang menunjukkan bahwa kerasukan setan menjadi alasan yang dibawa ke pengadilan pidana.

Itulah beberapa deretan film horor yang diangkat dari kisah nyata. Bagaimana terdengar menyeramkan bukan? Tak heran jika filmnya sangat laris dipasaran. Buat kamu yang ingin menontonnya, jangan sendirian ya!!

Artikel Terkait