20 Film Horor Terseram Yang Bakal Selalu Menghantui Kamu

1 bulan lalu, by blogunik

daftar-film-horor-terseram

Siapa nih yang suka nonton film horor? Film horor memang selalu sukses buat bulu kuduk kita merinding, bahkan jantung dapat berdegup lebih kencang, apalagi ditambah jumpscare yang seketika mampu membuat kita berteriak kencang karena kaget. Meskipun film horor keseringan membuat kita takut untuk ke kamar mandi sendirian, namun tetap saja, film bergenre horor memiliki peggemar setianya sendiri. Nah buat kamu yang ngakunya pemberani, berikut 20 rekomendasi film horor paling terseram yang akan membuat kamu merinding dan ketakutan. Let’s check it out guys!

10 Film Horor Terseram Indonesia

1. Bangsal 13 (2004)

Film horor terseram Indonesia

photo via jagotips.com

Nggak hanya film horor luar negeri, namun film horor Indonesia juga sangat menyeramkan untuk ditonton seorang diri. Salah satunya adalah film hantu bertajuk Bangsal 13 yang tayang pada tahun 2004 slam. Meskipun sudah puluhan tahun, namun alur ceritanya tetap menyeramkan jika ditonton saat ini. Film horor ini diawali dengan seorang dokter jaga bernama Azis yang membuka bangsal 13 yang konon katanya menyimpan misteri. Konflik terjadi ketika Nat dan Mina tidak sengaja menabrak seseorang. Sampai akhirnya, Nat dan Mina menginap di rumah sakit sambil membawa korban yang tertabrak. Berhubung rumah sakit penuh, terpaksa bangsal 13 yang tidak pernah terpakai ini harus dibuka. Berbagai teror menakutkan ditambah suasana bangsal yang mencekam akan membuat kamu jantung kamu berdegup kencang.

2. Kuntilanak (Franchise) – 2006 s/d 2018

Film horor terseram Indonesia

photo via id.wikipedia.org

Film horor Indonesia paling seram berikutnya adalah Kuntilanak. Film horor yang menampilkan sosok hantu legendaris ini memang menjadi salah satu film horor terfavorit masyarakat Indonesia. Dari tahun 2006 hingga perilisan film Kuntilak tahun 2018, Franchise film Kuntilanak ini selalu dapat menggaet jutaan penonton. Film Kuntilanak terakhir yang rilis tahun 2018 lalu menceritakan tentang sekelompok anak remaja yang nekat mengesksplor rumah terbengkalai demi memenangkan sayembara sebuah acara tv untuk membuktikan kebenaran adanya Kuntilanak. Petualangan mereka menjadi malapetaka saat Kuntilanak tersebut masuk ke dunia manusia melalui sebuah cermin kuno dan memburu mereka sebagai korbannya.

3. Keramat (2009)

Film horor terseram Indonesia

photo via imdb.com

Fil horor Keramat yang tayang pada tahun 2009 juga menjadi salah satu film horor terseram yang wajib kamu tonton. Keramat merupakan salah satu film Indonesia yang mengangkat cerita sebuah tim produksi yang berangkat menuju daerah Bantul untuk proses syuting film. Sayangnya, keberadaan mereka di sana terganggu dengan makhluk astral hingga membuat salah satu kru kesurupan. Hal tersebut semakin mencekam karena sudut pandang dalam film ini mengambil layaknya film dokumenter yang mampu menghadirkan realitas dalam film Keramat.

4. Pengabdi Setan (2017)

Film horor terseram Indonesia

photo via curhatlarasati.com

Pengabdi Setan merupakan salah satu film horor Indonesia terseram yang digarap oleh sutradara Joko Anwar. Film Pengabdi Setan ini bercerita tentang seorang ibu yang terkena penyakit misterius dan akhirnya meninggal. Setelah ditinggal sang ibu, suami dan anak-anaknya merasakan hal aneh dan seram. Sepanjang film dimulai penonton akan ditunjukkan kejadian mistis berdasarkan budaya Indonesia. Pengabdi Setan telah berhasil menyabet predikat sebagai film horor Indonesia terlaris dengan meraih 4,2 juta penonton.

5. Danur: I Can See Ghost (2017)

Film horor terseram Indonesia

photo via imdb.com

Pastinya sudah ada banyak yang tahu, kalau film Danur: I Can See Ghosts atau dikenal dengan ‘Danur’ merupakan film horor adaptasi novel karya Risa Saraswati. Film ini mengisahkan tentang indigo Risa Saraswati yang bersahabat dengan teman-teman hantunya. Risa kecil sering merasa kesepian karena kesibukan masing-masing ayah dan ibunya. Hingga pada ulang tahun ke-8, Risa berdoa agar tidak sendiri lagi dan mendapatkan teman baru. Yang akhirnya muncur 3 anak laki-laki secara misterius yang kemudian menjadi teman Risa yaitu Peter (Gamaharitz), William (Wesley Andrew), dan Janshen. Keanehan Risa membuat ibunya (Kinaryosih) khawatir karena seringkali Risa jadi tertawa sendiri hingga terpaksa harus memanggil dukun untuk mengusir para hantu.

6. Jailangkung (2017)

Film horor terseram Indonesia

photo via wikipedia.org

Selanjutnya ada film horor bertajuk Jailangkung yang rilis tahun 2017 lalu. Film Jailangkung versi 2017 ini bukanlah merupakan remake dari Jelangkung (2001). Film ini dibuat dengan menyuguhkan kisah baru. Film Jailangkung mengisahkan tiga bersaudari yang ingin membongkar misteri yang menimpa ayah mereka. Suatu hari Ferdi (Lukman Sardi) ayah mereka ditemukan dalam keadaan koma, tak tahu sebabnya apa. Dokter mengatakan kondisi sang ayah secara medis baik baik saja. Bella (Amanda Rawless) bersama kakaknya Angel (Hanan Al Rasyid), dan adiknya Tasya berusaha menemukan jawaban atas peristiwa aneh yang telah terjadi pada ayah mereka. Mereka mendapat bantuan dari Rama (Jefry Nichol), teman kampus Bella yang tertarik dengan hal metafisik. Mereka memutuskan untuk pergi ke tempat ayah mereka ditemukan. Dengan bantuan seorang pilot bernama Capt Wardana (Augie Fantinus), mereka kembali ke tempat ditemukannya Ferdi. Mereka terkejut dengan kemegahan tempat itu dan menemukan Jailangkung. Jailangkung lah yang membuka rahasia kelam di masa lalu dan kini mengancam nyawa mereka.

7. Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (2018)

Film horor terseram Indonesia

photo via hot.detik.com

Film horor terseram Indonesia berikutnya adalah Suzzanna: Bernapas dalam Kubur yang dibintangi oleh Luna Maya. Film ini menceritakan tentang Suzzanna yang tengah hamil harus ditinggal oleh suami ke Jepang untuk pekerjaan kantor. Namun suatu malam ada perampok yang menyusup kerumahnya. Suzzanna berjuang untuk menyelamatkan diri dari perampok namun naasnya, dirinya terbunuh dan dikubur di belakang rumahnya oleh kawanan perampok tersebut. Mulai dari sanalah segala kisah mistis mulai terjadi, yang pastinya siap menghantui kalian.

8. Kafir: Bersekutu dengan Setan (2018)

Film horor terseram Indonesia

photo via newtheaterindonesia.blogspot.com

Kafir: Bersekutu dengan Setan merupakan salah satu fim horor Indonesia yang sayang jika dilewatkan. Film horor ini bercerita tentang kehidupan keluarga Sri (Putri Ayudya) dan suaminya, Herman (Tedy Syach). Kehidupan damai Sri dan Herman yang sudah dikaruniai dua anak, Andi (Rangga Azof) dan Dina (Nadya Arina), harus berantakan saat si kepala keluarga meninggal secara ganjil. Sepeninggal Herman, Sri berubah menjadi aneh, paranoid dan sering merasa ketakutan di rumahnya sendiri. Berkali-kali ia mendatangi kediaman Jarwo, yang mengatakan ada orang yang menyantet Sri. Ia banyak menjumpai berbagai misteri-misteri yang membuat hidupnya berantakan. Anak bungsunya, Dina (Nadya Arina) turut terbawa dan ikut menelusuri misteri yang merasuki ibunya tersebut. Ia mencoba memecahkan misteri-misteri tersebut melalui sebuah foto rahasia yang sengaja disimpan oleh Sri.

9. Asih (2018)

Film horor terseram Indonesia

photo via decode.uai.ac.id

Siapapun pasti setuju deh kalau Asih menjadi salah satu film horor Indonesia terseram di zaman now. Asih sendiri merupakan spin-off dari sekuel Danur yang diangkat dari novel karya Risa Saraswati. Film Asih  mengambil latar tahun 1980an, 37 tahun sebelum Danur. Film ini menceritakan tentang sosok Asih yang hamil di luar nikah dan pria yang menghamilinya enggan bertanggung jawab atas bayi yang tengah dikandung Asih. Sebagai seorang calon ibu, Asih memilih untuk mempertahankan bayinya. Sementara itu, pihak keluarga Asih tidak suka dengan yang terjadi pada anaknya. Keluarga Asih menganggap yang terjadi pada Asih adalah sebuah musibah dan malapetaka. Keluarga Asih tidak menerima anak Asih yang baru lahir karena dianggap sebagai aib bagi keluarga.

Tidak tahan dengan segala permasalahan yang menimpanya, Asih pun menjadi gila dan membunuh bayinya sendiri. Asih membunuh bayinya dengan menenggelamkannya di bak hingga tubuhnya tak bergerak lagi. Asih yang telah membunuh bayinya kemudian bunuh diri. Sehari setelah tragedi itu, tetangga Asih, Puspita (Citra Kirana) bersalin dengan bantuan Bidan Sekar (Djenar Maesa Ayu). Puspita dan suaminya, Andi (Darius Sinathrya), menamai bayi mereka Amelia. Setelah Amelia lahir, banyak kejadian aneh di rumah Puspita. Ibu mertua Puspita (Marini) yang mulai pikun mendengar perempuan bersenandung dan melihat bayangan melintas di lorong rumah. Seketika itu kehidupan Andi-Puspita berubah mencekam. Puncaknya, Amelia mendadak raib ketika sedang dimandikan ibunya.

10. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Film horor terseram Indonesia

photo via liputan6.com

Satu lagi film horor terseram Indonesia yang wajib kamu tonton yaitu Perempuan Tanah Jahanam garapan sutradara Joko Anwar. Film ini menceritakan tentang keinginan Maya yang diperankan Tara Basro dalam mengungkap misteri keluarganya. Hal itu bermula ketika Maya mengalami permasalahan termasuk dalam pekerjaannya bersama dengan Dini (Marissa Anita). Masalah itu membuatnya ingin ‘rehat’ sejenak dengan mengunjungi tanah leluhurnya. Kunjungan itu dikarenakan Maya menerima kabar bahwa dirinya bisa menerima harta warisan apabila mengunjungi desa leluhurnya. Ia pun memilih untuk berkunjung ke desa leluhurnya nan terpencil dan terpelosok bersama Dini dengan harapan mengetahui keluarganya. Di sanalah hal-hal menyeramkan mulai meneror mereka. Unsur-unsur kejutan (jump scare), cukup kental ditampilkan Joko Anwar di babak-babak awal cerita. Tak hanya itu, Perempuan Tanah Jahanam juga dilengkapi dengan unsur audio seram. Ini menambah efek merinding, meski penontonnya menutup mata.

10 Film Horor Terseram Luar Negeri

1. The exorcist (1973)

Film Horor Terseram Luar Negeri

photo via imdb.com

Film horor klasik yang disutradai oleh William Fredklin ini terinspirasi dari kisah nyata yang berkisah mengenai seorang gadis kecil yang kerasukan iblis dan ibunya yang berusaha sekuat tenaga untuk menyembuhkan putrinya melalui ritual pengusiran setan. Film ini diangkat dari novel karangan William peter Blatty dan berhasil menjadi salah satu film terlaris pada masanya.

2. Poltergeist (1982)

Film Horor Terseram Luar Negeri

photo via imdb.com

Film Poltergeist meceritakan tentang satu keluarga yang diganggu oleh sosok arwah yang berkomunikasi melalui televisi. Suatu hari anak bungsu dari keluarga tersebut menghilang secara misterius sehingga kedua orang tuanya memutuskan untuk meminta bantuan the exorcist. Yang membuat film ini terasa begitu menyeramkan adalah kabar meninggalnya 4 pemain dalam film ini dengan berbagai penyebab. Banyak orang yang menduga meninggalnya mereka akibat kutukan dalam film ini.

3. The Ring (1998)

Film Horor Terseram Luar Negeri

photo via imdb.com

The Ring yang tayang tahun 1998 merupakan salah satu film horor terseram sepanjang masa. Film ini mempopulerkan sosok hantu bernama Sadako yang masih menjadi salah satu hantu paling populer. Film ini berkisah tentang sebuah video misterius yang memiliki kutukan bagi yang menonton videonya sehingga membuat mereka mati dalam jangka waktu 7 hari karena dihantui oleh sosok Sadako ini.

4. The Grudge (2004)

Film Horor Terseram Luar Negeri

photo via imdb.com

Berikutnya adalah film horor bertajuk The Grudge yang rilis tahun 2004 silam. The Grudge mengisahkan tentang sebuah rumah berhantu yang memberikan kutukan bagi siapapun yang memasukinya. Film horor satu ini amat sangat membuat jantung berdegup kencang, apalagi penampakan hantu yang tiba-tiba muncul memenuhi hantu akan membuat jantung kalian terasa copot saking kagetnya.

5. The Exorcism of Emily Rose (2005)

Film Horor Terseram Luar Negeri

photo via imdb.com

The Exorcism of Emily Rose yang tayang tahun 2005 juga menjadi salah satu film horor terseram sepanjang masa yang wajib kamu tonton. Film ini diangkat dari kisah nyata tentang ritual pengusiran setan yang dilakukan Pendeta Moore atas seorang gadis muda bernama Emily Rose yang berujung pada kematian. Buat kamu yang ingin menontin film ini, pastika jangan menonotn sendirian ya!

6. The Conjuring (2013)

Film Horor Terseram Luar Negeri

photo via imdb.com

Film horor berpredikat paling seram berikutnya adalah film The Conjuring yang tayang di tahu 2013. The Conjouring diangkat dari kasus yang dialami oleh keluarga Perron yang mengalami kejadian janggal dan mistis dirumah barunya di Rhode Island. Mengetahui adanya kejanggalan dari rumah barunya mereka memanggil pengusir hantu untuk mengusir hantunya. Kejanggalan yang terjadi mulai dari ditemukannya ruang bawah tanah yang disembunyikan oleh pemilik sebelumnya, kematian anjing peliharaan mereka, jam di rumah yang selalu tepat berhenti pada pukul 03:07, munculnya teman khayalan April yang bernama Rory, sang ibu yang kerasukan sosok hantu yang menyeramkan.

7. The Babadook (2014)

Film Horor Terseram Luar Negeri

photo via imdb.com

Tak ketinggalan, The Babadook yang rilis tahun 2014 lalu juga menjadi salah satu film horor terseram yang bakal buat bulu kuduk kamu merinding. Film ini mengisahkan tentang seorang ibu yang berstatus orang tua tunggal dan anaknya yang masih kecil. Situasi jadi lebih berat lagi ketika keluarga kecil itu diteror oleh hantu yang suka mengeluarkan bunyi, “Baaaa… baaaa… doook… doookk… dooook!”, jangan berpikir sura tersebut erdengar lucu, karena saat kamu mendengarnya, kamu akan merasa merinding seketika.

8. We Are Still Here (2015)

Film Horor Terseram Luar Negeri

photo via imdb.com

We Are Still Here merupakan salah satu film horor paling seram yang bisa kamu tonton untuk menantang tingkat keberanian kamu. Film ini bercerita tentang Anne dan Paul yang baru saja pindah ke rumah baru sebagai jalan untuk menghilangkan kesedihan setelah putranya yang meninggal akibat kecelakaan. Namun, yang terjadi di rumah baru, Annie malah selalu merasakan kehadiran Bobby, tapi Paul selalu mencoba menyangkalnya. Saat anne memanggil sahabatnya yang memiliki kemampuan menangani roh halus, semakin banyak kejadian buruk yang mereka alami. Kelebihan film ini adalah cara menampilkan suasana dan aura yang mencekam dan setting yang terlihat tidak lazim yang akan membuat kamu ketakutan saat menontonnya.

9. The Curse of La Llorona (2019)

Film Horor Terseram Luar Negeri

photo via imdb.com

The Curse of la Llorona merupakan sebuah film horor hollywood yang disutradarai oleh Michael Chaves. Film ini menceritakan tentang Anna, wanita single mother yang hidup bersama kedua anaknya dan berprofesi sebagai seorang pekerja sosial. Suatu hari ia mengurus suatu kasus dimana seorang ibu mengurung dua anaknya di dalam lemari. Sang ibu dari dua anak yang ingin ditolongnya ditemukan tewas di sungai. Hidupnya semakin membingungkan dan menakutkan saat mendapati kasus yang sama seperti yang dialami keluarganya. Anna mulai menyadari bahwa semua keanehan ini merupakan perbuatan dari La LLorona, yang mulai merasuki dirinya dan ingin membawa anaknya ke dunia ghaib. Dengan bantuan ahli supranatural, Anna memasuki dunia mistis dan membebaskan diri dari La Llorona.

10. Annabelle (Franchise) – 2014 s/d 2019

Film Horor Terseram Luar Negeri

photo via imdb.com

Franchise film horor Annabelle juga menjadi salah satu film horor paling seram yang bisa kamu saksikan. Annabelle adalah film horor supranatural Amerika tahun 2014 yang memiliki alur cerita sangat menyeramkan. Film ini adalah prekuel dan spin-off dari The Conjuring dan terinspirasi oleh boneka nyata bernama Annabelle. Franchise film Annabelle ini diawali dengan “Annabelle” di tahun 2014. lalu “Annabelle Creation” di tahun 2017 dan “Annabelle Comes Home” di tahun 2019. Ketiga Franchise film Annabelle ini wajib kamu tonton untuk mendapatkan sensasi horor yang berbeda.

Nah itulah 20 film horor luar negeri hingga Indonesia terseram yang wajib kamu tonton. Mana nih yang menurut kaian paling seram?

Buat kalian yang pengen ketawa sepanjang hari, tontonin aja nih film komedi Indonesia terbaru berikut ini. Dijamin bakal ngakak terus!

Artikel Terkait