15 Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa Dengan Alur Cerita Yang Keren Abis

3 minggu, by blogunik

Daftar Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa

Film kolosal adalah salah satu genre film yang selalu dibuat hampir setiap tahunnya dengan nuansa yang megah. Film kolosal memang menjadi salah satu tema film yang menarik sekaligus menegangkan saat ditonton. Sebut saja seperti film trilogi The Lord of The Rings yang sangat apik hingga membuat siapapun ikut merasakan ketegangan dari cerita film tersebut.

Film kolosal sendiri merupakan film yang dibuat dengan dana dan skala besar, dengan banyak orang yang terlibat di dalamnya. Cerita film kolosal ada yang diangkat dari kisah nyata, inspirasi dari legenda, hingga yang murni cerita fiksi belaka. Tema-tema film yang diangkat pada film ini biasanya seputar pertempuran dan perebutan kekuasaan, berlatar sejarah maupun kerajaan.

Dari ratusan judul film kolosal, berikut ini adalah 15 rekomendasi judul film kolosal kerajaan terbaik sepanjang masa dengan alur cerita yang keren abis yang wajib kamu tonton! Let’s check it out guys!

15 Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa

1. The Lord of the Rings Trilogy (2001, 2002, 2003)

Daftar Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa - The Lord of the Rings Trilogy (2001, 2002, 2003)

photo via entrepreneur.com

Seperti yang disebutkan tadi, film trilogi The Lord of The Rings memang menjadi salah satu film kolosal terbaik sepanjang masa yang rilis berturut-turut dari tahun 2001,2002 hingga 2003. Film ini diangkat dari novel berjudul sama karangan J.R.R Tolkien. Sutradara jenius Peter Jackson berhasil mengadaptasi cerita tersebut menjadi salah satu film trilogi kolosal terbaik sepanjang masa.

The Lord of the Rings menceritakan tentang perjalanan makhluk kerdil yang disebut hobbit untuk berkeliling dataran demi menyelesaikan misteri sebuah cincin misterius. Selama di The Fellowship of the Ring, The Two Towers dan The Return of the King, mereka bertemu dengan banyak makhluk dan suku yang unik.

Secara garis besar, film ini merupakan sebuah kisah hitam putih antara golongan baik dan golongan jahat dengan cerita yang kompleks. Bujet besar yang dikeluarkan terserap dengan baik lewat permainan efek visual dan plot cerita yang memikat. Dalam tiga tahun berturut-turut, film ini masuk ke dalam nominasi Oscar dan berhasil menyabet Best Picture untuk film The Lord of the Rings: The Return of the King.

2. Braveheart (1995)

Daftar Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa - Braveheart (1995)

photo via elozetes.hu

Selanjutnya ada film kolosal bertajuk Braveheart yang tayang tahun 1995 silam. Film ini dibintangi oleh Mel Gibson yang juga duduk sebagai sutradara. Braveheart tergolong sebagai film kolosal sejarah. Cerita film ini mengangkat kisah seorang pemuda bernama Randall Wallace, diperankan oleh Mel Gibson, yang harus pergi dari rumahnya sendiri di Skotlandia sejak Inggris menginvasi negerinya itu di bawah kendali Lord Edward “Longshanks.” Setelah kabur ke beberapa negara di Eropa, Wallace kembali ke Skotlandia untuk melawan kolonial Inggris.

Lewat pertempuran yang heroik, Wallace menjadi ikon perjuangan bangsa Skotlandia untuk melawan penjajahan Inggris. Taktik dan gaya bertempurnya saat itu terbilang revolusioner dan merepotkan tentara Inggris. Yang membuat film ini bagus adalah visualisasi pertempuran yang dahsyat dengan berbagai strategi perang yang tidak konvensional ala Wallace yang menjadi ikon perjuangan bangsa Skotlandia terhadap pendudukan Inggris di masa itu. Meski pada akhirnya dia ditangkap dan dihukum mati, tetapi semangat juangnya tetap ada di dada setiap orang Skotlandia hingga kini.

3. The Man in the Iron Mask (1998)

Daftar Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa - The Man in the Iron Mask (1998)

photo via imdb.com

The Man in the Iron Mask adalah salah satu film kolosal kerajaan terbaik yang tayang pada 1998. Film ini dibintangi oleh Leonardo Dicaprio, Jeremy Irons, John Malkovich, Gérard Depardieu, Gabriel Byrne, Anne Parillaud dan disutradarai oleh Randal Wallce. Film kolosal terbaik ini diambil dari novel berjudul The Vicomte of Bragelonne: Ten Years Later karya dari Alexandre Dumas. Berkisah tentang mantan muskeeter bernama Athos yang ingin balas dendam setelah Raja Louis XIV menjadi penyebab kematian putranya. Ia memanggil rekan-rekan lamanya, Porthos dan Aramis. Ketiganya kemudian menyusun rencana membebaskan tahanan yang diisukan merupakan saudara kembar raja kemudian menjadikannya raja untuk menggantikan raja yang jahat, karena tidak akan ada yang menyadari jika raja digantikan karena mereka kembar identik. Namun tiga musketeer itu harus bersaing dengan teman lama mereka D’Artagnan yang berada dalam dinas raja.

4. Troy (2004)

Daftar Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa - Troy (2004)

photo via reddit.com

Film kolosal kerajaan terbaik sepanjang masa lainnya adalah Troy. Troy merupakan film perang kolosal yang dibesut oleh sutradara Wolfgang Petersen. Troy dibintangi oleh sejumlah aktor ternama seperti Brad Pitt, Eric Bana dan Orlando Bloom. Troy merupakan film yang diangkat dari puisi karya seorang sastrawan Yunani, Homer. Film ini mengangkat tentang pertempuran dengan tokoh utama Achilles yang legendaris. Film bergenre drama sejarah ini menyajikan adegan peperangan dengan bumbu dramatik yang sangat epic. Kisah film ini berawal ketika seorang pangeran dari Troy menculik istri Raja Sparta ketika dua kerajaan itu baru saja melakukan perjanjian damai. Kejadian tersebut membuat Sparta menyerang Troy dimana Achilles menjadi pahlawan yang paling menarik perhatian dalam pertempuran itu.

5. Gladiator (2000)

Daftar Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa - Gladiator (2000)

photo via m.imdb.com

Film Gladiator juga menjadi salah satu film kolosal kerajaan terbaik yang nggak boleh dilewatkan. Film kolosal ini bersetting di kerajaan Romawi pada era pemerintahan Commodus. Cerita fiktif ini dibintangi oleh Russell Crowe sebagai General Maximus serta Joaquin Phoenix dan Connie Nielsen. Bercerita tentang seorang jendral Romawi yang membuat rencana balas dendam pasca pembunuhan anggota keluarganya serta dirinya yang sengaja dijual sebagai budak. Salah satu plot twist yang membuat Gladiator menjadi salah satu film kolosal terbaik adalah ketika dia berupaya sekuat tenaga untuk balas dendam atas kematian keluarganya. Berkat drama dan aksi yang mendebarkan di medan perang, Gladiator menjadi salah satu film kolosal terbaik sejak perilisannya.

6. Mongol: The Rise of Genghis Khan (2007)

Daftar Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa - Mongol: The Rise of Genghis Khan (2007)

photo via imdb.com

Genghis Khan adalah salah satu tokoh dibalik berdirinya kekaisaran Mongolia. Genghis Khan adalah seorang Kaisar Mongolia yang berhasil menaklukkan sejumlah wilayah di Asia. Jika kamu tertarik belajar sejarah dengan cara yang menyenangkan, film ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Mongol: The Rise of Gengis Khan merupakan sebuah film kolosal yang menguak kisah hidup Gengis Khan dari sudut yang berbeda. Film ini bercerita lebih dalam mengenai pribadi Gengis Khan hingga menjadi sang penakluk. Sudut padang cerita lebih fokus pada kehidupan pribadi Genghis Khan yang revolusioner sekaligus sosok pria yang menyayangi keluarganya.

Mengisahkan tentang pertemuan antara Temudjin – nama lahir Genghis Khan – dengan seorang wanita bernama Borte yang kemudian menjadi istri sekaligus penasehat pribadinya. Kamu pun diajak untuk mengetahui usaha Temudjin sampai akhirnya berhasil menaklukkan sebagian besar wilayah di Asia hingga Rusia. Film semi-historis ini digarap oleh sutradara asal Rusia, Sergei Bodrov. Dengan tangan dinginnya, Bodrov berhasil membuat film ini meraih Academy Award 2007 untuk kategori film berbahasa asing terbaik.

7. Alexander The Great (2004)

Daftar Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa - Alexander The Great (2004)

photo via fanpop.com

Selanjutnya ada film bertajuk Alexander The Great yang merupakan salah satu film kolosal kerajaan terbaik sepanjang masa. Sesuai judulnya, film ini mengangkat tentang kisah salah satu Raja Agung Yunani, yaitu Alexander. Alexander merupakan seorang raja yang sangat hebat dari Yunani. Bagaimana kekaguman masyarakat Yunani dan masyarakat yang di wilayah penaklukan Alexander menjadi inti cerita film ini. Ketika Alexander dinobatkan menjadi raja saat masih berumur 25 tahun hingga kemudian menjadi begitu ambisius untuk menyatukan seluruh dunia. Dalam film ini kamu akan disuguhkan aksi peperangan yang epik dan menarik, salah satunya ketika Alexander mencoba menaklukan Persia.

8. Red Cliff (2008)

Daftar Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa - Red Cliff (2008)

photo via imdb.com

Film kolosal lainnya yang diangkat dari kisah nyata adalah Red Cliff. Red Cliff adalah karya luar biasa dari sutradara ternama, John Woo. Film ini menampilkan Cina di zaman kekaisaran. Diangkat dari kisah Battle of Red Cliff, film ini menggambarkan pertempuran klasik yang terjadi pada akhir periode Dinasti Han di China. Kisah dimulai dari permintaan perdana menteri Cao Cao (Fengyi Zhang) kepada sang Kaisar untuk menyerah daerah selatan yang sudah dikuasai oleh Liu Bei (Yong You) dan Sun Quan (Chen Chang).

Cao Cao berencana untuk menghabisi Lie Bei pada saat ekspansi ke wilayahnya, tetapi Liu Bei berhasil kabur dengan para pengungsi. Pada akhirnya, Liu Bei bekerja sama dengan Sun Quan untuk mengibarkan bendera perang melawan Cao Cao. John Woo selaku sutradara mengemas Red Cliff dengan gaya pengambilan modern dengan teknik yang menjadi ciri khasnya. Kamu akan dimanjakan dengan aksi visual yang mengagumkan dari ribuan orang yang terlibat dalam pertempuran klasik ini. Red Cliff menjadi film kolosal mandarin terbaik. Film ini menceritakan sejarah pertempuran Chibi yang akhirnya membuat negara China terbagi menjadi tiga bagian.

9. The Last Samurai (2003)

Daftar Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa - The Last Samurai (2003)

photo via imdb.com

The Last Samurai yang diperankan oleh Tom Cruise juga menjadi salah satu film kolosal terbaik yang pernah dirilis. The Last Samurai mengambil latar waktu saat era samurai tengah memasuki masa senjanya di Jepang. Masuknya modernitas ke Jepang membuat pemerintah kekaisaran Jepang memutuskan untuk mengakhiri era para samurai sebagai pasukan elit penjaga kerajaan. Nathan Algren (Tom Cruise) hadir sebagai seorang komandan perang dari Amerika yang diminta untuk menghabisi para samurai yang tersisa saat itu. Namun, dirinya justru tertangkap oleh para samurai dan dijadikan tawanan. Saat menjadi tawanan Algren malah bersimpati kepada para samurai dan mempelajari teknik-teknik bertempur ala samurai. Dirinya kemudian ikut bertempur para samurai untuk melawan pasukan kekaisaran Jepang yang ingin menghabisi sisa-sisa samurai ini.

10. Kingdom of Heaven (2005)

Daftar Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa - Kingdom of Heaven (2005)

photo via filmsonthebox.wordpress.com

Kingdom of Heaven merupakan film kolosal mengenai Perang Salib yang merupakan rentetan pertempuran antara Islam melawan Kristen. Bersetting di era pemerintahan King Baldwin IV di Jerusalem yang berhasil membawa perdamaian antar agama di kota itu. Tetapi karena ulah oknum di dalam pemerintahannya, akhirnya membawa kota tersebut ke dalam perang di mana pasukan Islam sedang kuat di bawah pimpinan Sultan Salahuddin Al-Ayyubi yang terkenal dengan kepintaran taktik dan kebijaksanaan yang tinggi.

Film ini akan bercerita tentang Balian, seorang pandai besi dari Perancis yang melakukan perjalanan ke Yerusalem untuk mencari pengampunan Tuhan. Lalu selama perjalanan, hidupnya berubah drastis dan ia menjadi bangsawan yang membantu Raja Balwin IV untuk mempertahankan kota suci tersebut dari penjajah. Di film kolosal terbaik ini ditunjukkan bahwa perang bukan kesalahan kedua pemimpin negara ini, tetapi ada oknum yang menginginkan peperangan di dalam pemerintahan masing-masing. Walaupun sejarah dalam film ini kontroversial, Kingdom of Heaven tetap diakui sebagai salah satu film sejarah kolosal terbaik yang pernah ada.

11. 300 the series (2006, 2014)

Daftar Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa - 300

photo via amazon.com

300 juga menjadi salah satu film kolosal kerajaan terbaik yang cocok untuk ditonton. Film ini adalah salah satu film kolosal dengan koreografi dan sinematografi terbaik yang pernah dirilis. Film ini terdiri dari beberapa sekuel, yakni 300: This is Sparta dan 300: Rise of an Empire. 300 adalah film perang kolosal fiksi yang diangkat dari novel karya Frank Miller. Film ini bercerita tentang 300 orang pasukan Spartan di bawah pimpinan Raja Leonidas yang harus berjuang dalam pertempuran kuno Thermopylae pada abad ke-6. Pasukan Spartan harus melawan tentara Persia di bawah pimpinan Raja Xerxes yang membawa pasukan sebanyak 300.000 orang prajurit. Segala strategi perang yang dilakukan dan dilancarkan oleh pasukan Sparta ternyata cukup membuat pasukan Persia kerepotan. Bahkan beberapa kali mereka sempat bergerak mundur karena serangan dadakan ini.

12. Ben-Hur (1959)

Daftar Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa - Ben-Hur (1959)

photo via skillshare.com

Ben-Hur memang sebuah film lawas. Namun, film ini masuk dalam daftar film kolosal terbaik yang wajib kamu tonton. Mengambil setting sejarah di zaman akhir hidup Yesus Kristus. Dibintangi oleh Charlton Heston dan disutradarai oleh William Wyler, film ini banyak mendapat pujian dan berhasil membawa pulang Oscar di beberapa kategori, termasuk Best Picture.

Film kolosal kerajaan ini menceritakan seorang budak Yahudi bernama Judah Ben-Hur. Sebenarnya, ia adalah seorang pangeran dari Israel yang dijual oleh temannya kepada orang Romawi. Pada masa itu, Israel atau Yahudi memang menjadi salah satu daerah kekuasaan dari Romawi. Yang ingin dilakukan oleh Ben-Hur saat itu adalah balas dendam kepada orang Romawi yang memaksanya untuk menjadi budak sekaligus merebut kembali kemerdekaan untuk kaumnya yang tertindas selama beberapa waktu.

13. Cleopatra (1963)

Daftar Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa - Cleopatra (1963)

photo via movietele.it

Judul film kolosal kerajaan terbaik lainnya adalah Cleopatra. Di film yang dirilis pada 1963 silam ini, Cleopatra dikisahkan sebagai sosok wanita Mesir yang kecantikannya mampu membuat banyak pria tergila-gila. Kecantikannya yang terohor ini membuat seorang kaisar asal Romawi bernama Julius Caesar mendatangi Mesir langsung untuk membuktikan rumor ini. Saat tiba di Mesir, dia langsung dibuat jatuh cinta kepada wanita ini. Rupanya, cinta Julius Caesar didasari oleh keinginannya untuk menaklukkan Kerajaan Mesir dalam genggaman tangan Romawi. Setelah pernikahan megah ini, Julius harus menghadapi banyak rintangan dalam waktu bersamaan.

Pertama, dia harus membuat daerah jajahan barunya tetap tunduk dan bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh Romawi. Kedua, Caesar harus berhadapan dengan petinggi dan jenderal Romawi yang berusaha merebut Cleopatra darinya. Tragedi dan drama yang menjadi bumbu utama di film ini membuat 4 piala Oscars berhasil dibawa pulang dan menjadi penghargaan terbaik pada masanya.

14. The Last Emperor (1987)

Daftar Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa - The Last Emperor (1987)

photo via mydramalist.com

Film kolosal kerajaan terbaik sepanjang masa berikutnya adalah The Last Emperor. Film ini diawali dengan adegan Puyi yang diangkat menjadi Kaisar ketika dia masih berumur 3 tahun. seorang kaisar cilik yang naif dan tidak tahu apa-apa dalam semalam dinobatkan menjadi seorang Kaisar Cina. Mereka menyebutnya , The Son of Heaven. Dijauhkan dari orang tuanya dan tinggal sendirian bersama dengan pelayan-pelayannnya di Istana terlarang membentuk karakter seorang Puyi menjadi sosok remaja yang kesepian. Istana terlarang bagaikan penjara dengan dirinya sebagai tahanan sehingga Puyi tidak pernah mengetahui bagaimana kehidupan di luar tembok Istana. mengutip kata seorang Guru kaisar puyi yang didatangkan dari Inggris, “The emperor is the loneliest boy on the earth”

ketika Cina berubah menjadi Negara Republik dengan Dr.Sun Yat Sen sebagai presiden pertamanya, Puyi bukan lagi seorang Kaisar dengan kekuatan imperialnya,, meski begitu dia tetap diperbolehkan tinggal di Istana bersama ratu, Wen Rong dan selirnya Wen Xiu. Yang miris adalah ketika dirinya diharuskan meninggalkan Istana dan sudah tidak diperbolehkan lagi tinggal disana. untuk pertama kalinya, meskipun dirinya ingin sekali melihat dunia luar, kaisar yang tak pernah keluar Istana merasa takut menghadapi dunia luar.

The Last Emperor menggambarkan kehidupan seorang kaisar terakhir Cina dengan sangat unik dan menarik (gaya flashback pada plot ceritanya). Cerita yang disuguhkan sangat kuat, meggambarkan bagaimana perubahan negeri Cina kuno yang imperialis menjadi negeri komunis, suatu revolusi pada negeri Cina. Film besutan Bernardo Bertolucci ini pun menjadi yang pertama diizinkan untuk mengambil gambar di Forbidden City. Berbagai sisi kemanusiaan dan sisi lain dari kaisar Pu Yi digambarkan dengan sangat baik, menarik, dan menyentuh sekaligus emosional.

15. Mulan (2020)

Daftar Film Kolosal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa - Mulan (2020)

photo via imdb.com

Satu lagi film kolosal kerajaan terbaik yang wajib ditonton adalah Mulan. Seperti yang kita tau, film ini merupakan adaptasi dari film animasi klasik Mulan (1998) yang bercerita tentang Kekaisaran China yang sedang diserang oleh Bangsa Hun dari utara. Kemudian Kaisar mengharuskan setiap keluarga menurunkan satu pria guna mengikuti wajib militer. Keluarga Mulan tidak memiliki pria lain selain ayah Mulan. Untuk menggantikan ayahnya yang sudah tua, Mulan kabur dari rumah. Dia membawa peralatan dan pakaian perang milik ayahnya. Mulan berpakaian mirip laki-laki agar bisa masuk ke dalam barak pelatihan para prajurit kekaisaran China. Dipenuhi martial art dan pertarungan, film satu ini tentu menjadi salah satu film favorit banyak kalangan.

Nah itulah 15 film kolosal kerajaan terbaik sepanjang masa dengan alur cerita yang keren abis dan wajib ditonton. Jadi film kolosal mana yang jadi favorit kamu?

Artikel Terkait