Rekomendasi Film Survival Terbaik, Ada Yang Diangkat Dari Kisah Nyata Lho

Film Survival Terbaik

Bosan? Rekomendasi film survival terbaik berikut ini bisa bikin hari-hari membosankan menjadi lebih seru lho!

Film bertema survival sendiri merupakan film mengenai seseorang atau sekelompok orang yang berjuang dan bertahan hidup dari ancaman kematian atau kejadian berbahaya seperti bencana alam, serangan binatang buas, hingga terjebak di suatu tempat. Film bergenre survival ini tidak hanya seru ditonton namun juga bisa membuat kita ikutan tegang, takut, deg-degan dan panik. Meskipun banyak kisah fiksi, namun banyak juga film bergenre survival yang diangkat berdasarkan kisah nyata sehingga lebih menguras emosi para penontonnya. Nggak heran kalau film bertema survival skill ini memiliki banyak peminat.

Kalau kalian salah satu peminat film-film bertema survival, berikut ini rekomendasi film survival terbaik yang wajib kamu tonton, bahkan ada yang diangkat dari kisah nyata lho. Penasaran film apa saja? Berikut ulasannya!

15 Film Survival Terbaik

1. The Perfect Storm (2000)

Rekomendasi Film Survival Terbaik

photo via spanish.fansshare.com

Film survival terbaik yang wajib kamu tonton diawali dengan film The Perfect Storm (2000). Film yang berlatar tahun 1991 satu ini dibintangi oleh George Clooney dan Mark Wahlberg dan merupakan salah satu film survival terbaik yang diangkat dari kisah nyata tentang sekolompok nelayan yang mencari ikan di laut lepas. Namun tiba-tiba saja mesin kapal mereka mengalami kerusakan parah. Ditambah lagi mereka harus menghadapi cuaca yang semakin buruk.

Mereka juga harus menghadapi gelombang setinggi 12 meter yang membuat kapal mereka terguling. Operasi penyelamatan dilakukan oleh para penjaga pantai namun tidak berjalan lancar karena helikopter juga mengalami masalah. Kelompok nelayan tersebut harus bertahan dengan kemampuan mereka sendiri di tengah badai yang mengguncang lautan.

2. 127 Hours (2010)

Rekomendasi Film Survival Terbaik

photo via imdb.com

Selanjutnya ada film bertajuk 127 Hours yang juga merupakan salah satu film bergenre survival terbaik yang wajib kamu tonton. Film ini akan menyadarkan kamu untuk tetap berhati-hati dalam berpetualang seorang diri, meskipun kamu menganggap dirimu sudah sangat ahli.

Film 127 Hours yang dirilis pada tahun 2010 ini sendiri diambil dari kisah nyata yang mengisahkan tentang Aaron Ralston yang sedang berpetualang dan mendaki gunung sendirian ke Blue John Canyon, Utah. Di tengah petualangannya tersebut, Aaron terperosok ke dalam sela-sela tebing dan sebuah batu besar masuk ke dalam sela-sela tebing hingga tangannya terhimpit batu.

Tidak ada seorangpun yang mengetahui Aaron pergi ke Blue John Canyon. Dia pun mencoba berteriak minta tolong tetapi tidak ada yang mendengar. Kejadian tersebut membuat Aaron harus bertahan hidup dan berjuang selama 127 jam.

3. Film Survival Terbaik – Jungle (2017)

Rekomendasi Film Survival Terbaik

photo via imdb.com

Jungle menjadi film survival terbaik berikutnya yang akan membawa kamu kepada suasana yang penuh ketegangan. Sesuai judulnya, Jungle merupakan film dengan latar hutan yang terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 1981.

Diperankan oleh Daniel Radcliffe, film ini menceritakan tentang petualang asal Israel, Yossi Ghinsberg (Daniel Radcliffe), yang memulai penjelajahannya ke pedalaman Hutan Amazon. Di sana, ia bertemu Marcus Stamm, seorang guru sekolah Swiss, dan temannya, Kevin Gale, seorang pendaki Amerika dan fotografer andal. Ketiganya pun memutuskan untuk melakukan perjalanan bersama ke dalam hutan tersebut.

Sayangnya petualangan mereka berubah menjadi mala petaka yang membuat mereka harus berjuang dan bertahan hidup di dalam hutan tersebut.

4. Life Of Pi (2012)

Rekomendasi Film Survival Terbaik

photo via imdb.com

Kalau ngomongin soal film bertahan hidup alias film survival, tentu film bertajuk Life Of Pi ini tidak boleh dilewatkan. Segala emosi akan kamu keluarkan ketika menonton film satu ini, mulai dari tegang, marah, sedih hingga bahagia. Life of Pi sendiri berkisah tentang seorang anak laki-laki yang berhasil selamat dari sebuah bencana di laut lepas. Tapi, meskipun selamat dan bertahan di atas sebuah sekoci, dia harus menerima kenyataan kalau di atas sekoci tersebut bukan hanya ada dirinya, melainkan ada seekor zebra, orangutan, hyena dan harimau Royal Bengal.

Singkat cerita, hewan liar itu pun satu per satu mati, hingga menyisakan seekor harimau dan dirinya sendiri. Nah buat kamu yang penasaran bagaimana caranya anak laki-laki tersebut bertahan ditengah lautan bersama dengan seekor harimau, langsung saja tonton filmnya ya!

5. The Revenant (2015)

Rekomendasi Film Survival Terbaik

photo via imdb.com

Rekomendasi film survival terbaik selanjutnya adalah The Revenant yang tayang pada tahun 2015 lalu. The Revenant sendiri merupakan film survival terbaik yang diangkat dari kisah nyata dan sukses membawa nama pemeran utamanya yakni Leonardo DiCaprio sebagai pemenang Best Actor dalam gelaran penghargaan Oscar tahun 2016.

The Revenant berfokus pada kisah Hugh Glass (Leonardo DiCaprio), dia merupakan seorang pemandu jalan bagi pemburu yang suatu hari harus terluka parah karena diserang oleh seekor beruang Grizzly. Sayangnya, Kapten Henry (Domhnall Gleeson) yang merasa bahwa Glass tidak mungkin selamat, memerintahkan tiga awaknya untuk menemani Glass sampai dia mati dengan iming-iming hadiah. Seorang awak, Fitzgerald yang tak sabar Glass mati, mencoba membunuh Glass dengan menguburnya hidup-hidup. Dia menggunakan keahliannya untuk bertahan hidup dan membalas dendam pada temannya yang mengkhianatinya.

6. Film Survival Terbaik – Into the Wild (2007)

Rekomendasi Film Survival Terbaik

photo via imdb.com

Diangkat dari kisah nyata seorang pemuda bernama Christoper McCandless, film Into the Wild juga wajib masuk ke dalam deretan film survival terbaik yang wajib kamu tonton. Film Into the Wild sendiri menceritakan tentang kisah pilu dari Christopher McCandless, seorang lelaki lulusan universitas yang tinggal di kota dan ingin mencari jati diri lewat sebuah petualangan.

Ia merusak semua dokumen yang dapat mengidentifikasi identitasnya. Ia juga mendonasikan hartanya dan menolak untuk berkomunikasi dengan keluarga. Hidupnya dimulai dengan berpindah dari satu tempat ke tempat lain dan melakukan apa saja untuk hidup. Namun karena kurangnya pengetahuan yang lengkap soal alam, hal tersebut justru akhirnya merenggut nyawanya.

7. Alive (1993)

Rekomendasi Film Survival Terbaik

photo via tv.apple.com

Rekomendasi film survival terbaik yang diangkat dari kisah nyata selanjutnya adalah film Alive yang rilis tahun 1993 silam. Alive sendiri diangkat dari buku Alive: The Story of the Andes Survivor. Buku tersebut menceritakan kisah nyata yang dialami tim rugbi asal Uruguay yang mengalami kecelakaan pesawat di Pegunungan Andes pada Oktober 1972.

Sesuai bukunya, film ini akan berkisah tentang tim rugby dari Uruguay serta teman dan keluarga mereka, yang mengalami kecelakaan pesawat di Pegunungan Andes pada Oktober 1972. Sayangnya mereka terjatuh di puncak gunung yang belum dipetakan.

Kecelakaan tersebut hanya menyisakan 13 orang yang bertahan hidup dari 45 penumpang. Beberapa penumpang yang berhasil selamat terpaksa berupaya untuk menjaga stok makanan mereka hingga menyebabkan pertikaian. Untuk bertahan hidup, mereka pun terpaksa memakan daging dari penumpang yang meninggal dunia.

8. The Adrift (2018)

Rekomendasi Film Survival Terbaik

photo via imdb.com

The Adrift menjadi film survival terbaik selanjutnya yang akan membuat kalian mengeluarkan beragam emosi saat menontonnya. The Adrift sendiri merupakan film yang diangkat dari kisah nyata yang terjadi di tahun 1983, mengisahkan tentang Tami Oldham dan tunangannya Richard Sharp yang sedang berlayar di laut bebas dan sudah dilakukan sejak 6 bulan lamanya.

Dalam petualangan mereka, banyak tantangan yang harus di hadapi seperti badai yang menghantam kapal mereka yang membuat mereka harus berjuang hidup di tengah lautan sambil menyelamatkan diri satu sama lain.

9. The Martian (2015)

Rekomendasi Film Survival Terbaik

photo via movfreak.blogspot.com

Selanjutnya ada The Martian yang juga merupakan salah satu film survival terbaik yang sayang jika dilewatkan. Film ini merupakan salah satu film bertahan hidup paling menegangkan dengan tema luar angkasa.

Bercerita tentang seorang astronot bernama Mark Watney (Matt Damon) sedang dalam sebuah misi di planet Mars. Namun markas mereka di Planet Mars dihantam oleh badai besar yang membuat semua anggota tim harus menyelamatkan diri.

Rekan-rekan setimnya mengira kalau Mark telah mati dan meninggalkannya seorang diri. Cara Mark bertahan hidup di planet ini akan membuat kalian kagum.

10. Film Survival Terbaik – Buried (2010)

Rekomendasi Film Survival Terbaik

photo via imdb.com

Rekomendasi film survival terbaik selanjutnya adalah Buried. Namun bagi kalian yang memiliki ketakutan terhadap ruang sempit dan gelap, harus berpikir dua kali untuk menonton film ini. Buried sendiri dirilis tahun 2010 dan menceritakan tentang seorang pria bernama Paul Conroy (Ryan Reynolds),yang merupakan seorang sopir truk asal Amerika Serikat yang terpaksa berangkat ke Irak untuk bekerja sebagai kontraktor.

Namun tiba-tiba ia terbangun dan menemukan tubuhnya berada di dalam peti, dan perlahan ia ingat bahwa rombongannya sempat diserang. Ketika tersadar dalam peti itu, dia menemukan korek api, sebilah pisau, dan sebuah ponsel. Bermodalkan ponsel dan korek api tersebut, Conroy yang terperangkap di dalam peti berusaha untuk mencari tahu siapa orang yang menguburnya, menghubungi keluarganya dan pemerintah.

11. Touching the Void (2003)

Rekomendasi Film Survival Terbaik

photo via imdb.com

Touching the Void merupakan film dokumentar yang diangkat dari kisah nyata berdasarkan buku dengan judul yang sama yang ditulis langsung oleh orang yang mengalaminya. Film ini mengisahkan pendakian Joe Simpson dan Simon Yates yang hampir membuat mereka kehilangan nyawanya.

Pada tahun 1985, keduanya sedang berjuang menjadi pendaki pertama yang berhasil mendaki sisi barat Siula Grande di Pegunungan Andes. Selama 32 hari mereka berhasil untuk mencapai puncak tertinggi tersebut. Namun saat mereka mulai menuruni gunung bencanapun terjadi dan membuat salah satu dari mereka mengalami patah kaki. Merekapun dituntut untuk bekerjasama dalam menuruni pegunungan agar selamat dan tidak ada yang terluka lebih parah.

12. Cast Away (2000)

Rekomendasi Film Survival Terbaik

photo via imdb.com

Berbicara soal film survival terbaik sepanjang masa, Cast Away yang rilis tahun 2000 tentu tidak bisa dilupakan. Film ini akan memberikan gambaran tentang bagaimana rasanya harus terdampar di sebuah pulau terpencil sendirian selama bertahun-tahun.

Dibintangi aktor ternama Tom Hanks, film ini mengisahkan tentang seorang eksekutif perusahaan FedEx, Chuck Noland, yang terdampar di sebuah pulau terpencil setelah pesawat yang ditumpanginya mengalami kecelakaan. Kemudian, dia pun harus bertahan selama bertahun-tahun di pulau terpencil tersebut dengan peralatan seadanya. Hingga 4 tahun kemudian, diapun membangun rakit dan berlayar keluar pulau. Setelah beberapa waktu di lautan, ia berhasil diselamatkan oleh sebuah kapal kargo.

13. All Is Lost (2003)

Rekomendasi Film Survival Terbaik

photo via amazon.com

Selanjutnya ada film All Is Lost. Film ini merupakan salah satu film survival terbaik yang wajib kamu tonton. All Is Lost menceritakan seorang pria lanjut usia yang berusaha bertahan hidup seorang diri di Samudra Hindia. Kapal yang membawanya berlayar tertabrak sebuah kontainer yang hanyut di lautan. Hal ini membuat kapalnya berlubang dan dimasuki air pada kabinnya.

Meskipun bisa memperbaiki lubang, tetapi kerusakan tersebut sudah membuat banyak sistem elektronik dan komunikasi menjadi rusak. Ketika badai terjadi, kondisi kapal memburuk dan dia hanya bisa menggunakan arus samudra untuk bergerak. Sementara itu, persediaan makanan yang dia bawa mulai menipis. Sehingga dia menggunakan apa saja untuk bertahan hidup di tengah lautan.

14. Rabbit-Proof Fence (2002)

Rekomendasi Film Survival Terbaik

photo via imdb.com

Ada juga film Rabbit-Proof Fence yang dirilis tahun 2002. Film ini merupakan film yang terinspirasi dari kisah nyata dari era The Stolen Generations (juga dikenal sebagai Stolen Children). Berlatar pada tahun 1931, film ini mengisahkan anak-anak keturunan campuran Aborigin dan kulit putih yang diasingkan untuk “dididik ulang” sebagai pekerja dan pelayan. Namun, tiga anak bernama Molly, Daisy, dan Gracie, tidak ingin menyerah begitu saja dengan tinggal di kamp pemaksaan. Maka dari itu, ketiganya pun melarikan diri dari kamp dan menjelajahi benua sepanjang 2.400 kilometer sambil dikejar oleh ahli pelacak.

15. Film Survival Terbaik – Open Water (2003)

Rekomendasi Film Survival Terbaik

photo via imdb.com

Satu kagi film survival terbaik yang seru untuk ditonton adalah film Open Water yang dirilis pada tahun 2003 lalu. Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata dari tahun 1998. Open Water menceritakan tentang pasangan yang terdampar selama ekspedisi scuba setelah kelompok mereka secara tidak sengaja meninggalkan mereka. Tak hanya ditinggal oleh kelompok, mereka juga harus berjuang untuk bertahan hidup dari peraiaran yang dipenuhi oleh hiu.

Nah itu dia beberapa rekomendasi film survival terbaik yang beberapa di antaranya berdasarkan kisah nyata. Siapkan nyali untuk menontonnya ya!

Artikel Terkait