Hal-Hal Menarik Yang Terjadi Di New York Fashion Week 2018



Para pecinta fashion, sepertinya sudah tak asing lagi dengan even dunia bertajuk New York Fashion Week (NYFW). Acara yang menunjukkan karya-karya terbaru desainer kelas dunia ini memang rutin dilakukan tiap tahunnya. Perhelatan mode tahunan ini hadir sebagai penanda dimulainya rangkaian pekan mode yang akan disusul oleh London, Milan, dan ditutup dengan peragaan di Paris.

Selain desainer dunia, NYFW juga diramaikan oleh sederet artis dan model dunia yang memang sangat lekat dengan namanya fashion. Ditahun 2018 ini, NYFW diadakan 6-14 September 2018 di New York, Amerika Serikat. Selain karya-karya fashion ekslusif yang dipamerkan, terdapat pula serangkaian momen menarik dan tak terduga yang terjadi selama rangkaian acara NYFW, mulai dari munculnya batik di panggung New York Fashion Week, hingga perkelahian antara Nicki Minaj dan Cardi B. Yuk intip selengkapnya!

1. Penampilan para Drag queen

photo via : www.billboard.com

Di Opening Ceremony, NYFW mempresentasikan koleksi Spring 2019 dalam bentuk acara drag live yang diselenggarakan oleh Sasha Valor. Dibintangi lebih dari 40 Drag queen dan model LGBT. Penampilan ini dimaksud untuk merayakan komunitas drag terpinggirkan dengan cara yang menyenangkan, namun inspiratif. Mereka mengenakan rancangan terbaru dari koleksi Spring 2019 dan tampil di panggung dengan membawakan sejumlah lagu secara lipsync. Christina Aguilera pun tampil sebagai kejutan diakhir acara.

Drag queen sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut para seniman yang tampil dengan busana dan dandanan ala perempuan. Biasanya mereka mengenakan busana serba glamor dengan riasan yang berwarna-warni. Tak hanya lelaki, perempuan pun banyak yang bergaya seperti ini. Bedanya, penampil perempuan biasa disebut sebagai bio queen atau faux queen.

2. Perkelahian Nicki Minaj dan Cardi B

Kejadian tak mengenakan juga turut meramaikan kemeriahan NYFW. Dua artis rap ternama, Nicki Minaj dan Cardi B terlibat perkelahian pada pesta Harper Bazaar Icon di sela-sela perhelatan New York Fashion Week yang diadakan 8 September 2018. Menurut para saksi mata, Minaj sedang mengobrol dengan beberapa tamu. Tiba-tiba Cardi B merangsek ke arahnya dan berteriak-teriak. Dalam sebuah video tampak, Cardi melempar sebuah sepatu berhak tinggi ke arah Nicki Minaj.

photo via : http://www.tmz.com

Perkelahian tersebut membuat gaun Cardi B robek, sebelah sepatunya hilang, sebagian rambut palsunya lepas dengan anting dan sebuah kuku menyangkut di sana. Saat digiring meninggalkan ruangan oleh petugas keamanan, terlihat benjolan sebesar bola golf pada pelipis kiri Cardi. Benjolan tersebut didapatkannya dari sikutan bodyguard saat melindungi Nicki Minaj.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

3. Model down syndrome

photo via : uk.blastingnews.com

Keunikan NYFW tahun ini juga diwarnai dengan kehadiran seorang model yang menderita down syndrome bernama Marian Avila. Model asal Spanyol ini tampil perdana di NYFW dengan membawakan busana rancangan Talisha White. Model 21 tahun ini menyatakan sangat bahagia dan senang bisa berjalan di runway. Lewat penampilannya tersebut, Marian ingin menunjukkan pada dunia bahwa tidak ada yang jadi penghalang bagi pengidap Down syndrome untuk mewujudkan mimpinya.

Talisha dan Marian berkenalan secara online, setelah salah seorang model menceritakan padanya tentang kisah hidupnya yang inspiratif. Desainer 25 tahun tersebut pun tertarik untuk mengajak Marian membawakan beberapa koleksi busananya di depan jutaan pasang mata. Talisha memang memiliki misi khusus sebagai desainer. Lewat karya-karyanya, ia ingin mengubah pandangan dunia dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan pada para tamu undangan yang menyaksikan fashion show-nya.

Talisha menyatakan bahwa ia ingin menunjukkan bahwa wanita cantik tidak datang hanya dari satu tipe. Talisha ingin menampilkan wanita dalam berbagai bentuk, dari wanita yang ikut kontes kecantikan hingga model yang berjalan di atas kursi roda, model DOwn syndrome, model bertubuh pendek yang dibilang tidak akan pernah jadi model.

4. Lily Aldridge tampil dengan keadaan hamil

photo via : /www.wmagazine.com

Sejak mengumumkan kehamilan keduanya pada Agustus 2018, banyak yang meramalkan bahwa Lily Aldridge akan absen dari dunia model. Dugaan tersebut terpatahkan oleh penampilannya pada peragaan busana Brandon Maxwell yang digelar Sabtu, 8 September 2018. Di usia kehamilannya yang menginjak lima bulan, ia masih melenggang cantik di panggung New York Fashion Week. Dengan mengenakan gaun merah rancangan Brandon Maxwell, Lily tampil memukau dengan perutnya yang sudah mulai terlihat besar.

Gaya rambutnya ditata sleek dengan makeup natural dan kontur yang terdefinisi tegas sempurna. Berjalan di runway mengenakan heels rupanya bukan menjadi hambatan untuk model ini. Ia masih bisa berjalan dengan anggun tanpa hambatan. Sepanjang karier modeling, ia telah menjajal berbagai runway. Namun baginya, melenggang saat hamil menjadi momen terbaik yang akan dikenang seumur hidupnya. Hadirnya Aldridge pada perhelatan tersebut juga membuka kemungkinan dirinya akan tetap tampil sebagai bidadari Victoria’s Secret di peragaan pada November 2018.

5. Munculnya Batik di panggung NYFW

Batik kembali tampil di ajang NYFW September 2018. Lewat tema Indonesian Diversity, tiga desainer Indonesia yakni Coreta Louise, Vivi Zubedi and Kimberly Tandra memamerkan karyanya. Bekerja sama dengan Indonesia Fashion Gallery, para desainer Indonesia mengusung tema ‘batik’ untuk menyemarakkan musim semi. Hal ini menjadi penting, karena batik sendiri merupakan salah satu warisan budaya tak benda yang telah diakui oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 lalu.

photo via : http://www.zimbio.com

Coreta Louise, memberi penghormatan kepada Batik. Desainer yang mengusung batik dengan motif Minahasa ini menampilkan ragam batik yang elegan dan kaya warna. Ada 24 koleksi yang ditampilkan kala itu, mayoritas adalah ragam batik dengan siluet yang modern tampil memukau di panggung New York Fashion Week.

photo via : http://www.zimbio.com & lifestyle.okezone.com

Kimberly Tandra, Tema batik tersirat jelas dalam ragam busana yang ditampilkan oleh desainer asal Surabaya ini. Ia meyisipkan ragam motif batik yang biasa muncul dalam kain batik, juga detail aksara jawa pada rancangannya. Kimberly juga bermain dengan teknik laser cut dalam membuat ragam motif busana yang ditampilkan, membuat karyanya lebih inovatif.

photo via : www.mscastrorides.com & www.liputan6.com

Vivi Zubedi menampilkan koleksi busana modest di panggung New York Fashion Week. Ini merupakan kali ketiga Vivi Zubedi tampil di panggung New York Fashion Week. Vivi hadir memamerkan koleksi terbarunya yang bertajuk Marrakech, dalam karyanya ia memadukan kecantikan kota Marrakesh di Maroko dengan keunikan wayang asli Indonesia. Selain itu, ia juga memanfaatkan panggung New York Fashion Week ini untuk memperkenalkan monogram VZ yang menjadi ciri khasnya ke mata dunia.

6. Lourdes, Putri Madonna Tampil Nyaris Topless di panggung NYFW

photo via : www.usatoday.com

Di dunia fashion, Madonna juga dikenal akan gayanya yang modis dalam tiap kesempatan dan sering menjadi trend setter untuk berbagai gaya. Popularitas Madonna di dunia fashion tampak menginspirasi sang putri, Lourdes Leon. Di panggung New York Fashion Week September 2018 ini, Lourdes tampil melenggang di atas runway Gypsy Sport Spring 2019.

Lourdes mengenakan bra rantai dengan manik-manik berbentuk kerang laut, ia memadukannya dengan celana jeans yang terkoyak yang menampilkan kakinya yang tak dicukur dan celana dalam hitam yang mengintip di balik jeans. Tak ketinggalan rambut blonde Lourdes juga dihiasi bulu berwarna hijau. Kacamata hitam minuscule yang bertengger di ujung hidungnya membuat tampilannya makin eksentrik. Sebagai pelengkap, Lourdes mengenakan sneakers berwarna putih.

Pilihan Lourdes untuk membawakan busana ini mendapat banyak sorotan dari publik. Dia dikenal memperjuangkan tubuh perempuan untuk percaya diri tampil secara naturalm karena itu dirinya sengaja membiarkan rambut kakinya tak dicukur, sehingga menjadi perbincangan para netizen. Namun sebelumnya ia dan sang ibu juga pernah berfoto memamerkan bulu ketiak mereka. Pada saat itu Madonna beralasan ingin menormalisasi pandangan masyarakat tentang bulu pada tubuh wanita.

7. Hadirnya 2 model hamil besar di runaway Savege x Fenty dari Rihanna

photo via : www.vogue.com.au/

Jauh sebelum digelar, Rihanna dipastikan menjadi salah seorang desainer yang mengisi panggung New York Fashion Week. Rihanna menjadi penutup dalam rangkaian New York Fashion Week Spring/Summer 2019 bersama lini lingerienya Savage x Fenty. Koleksi kolaborasi Rihanna tampil memukau dengan menampilkan model yang tidak biasa. Bukan hanya sekedar menampilkan rancangan lingerie yang unik dan menarik. Penyanyi kelahiran Barbados ini, seolah mengajak kita untuk mencerna kembali tentang standar kecantikan. Berbagai tipe dan ukuran tubuh model membawakan koleksi lingerie Savage x Fenty. Terdapat pula dua model yang sedang hamil besar untuk membawakan koleksi lingerie Rihanna, seperti Slick Woods dan Paloma Eissner.

photo via : www.metro.us

Saat itu Slick Woods mengenakan pasties berwarna hitam dengan aksen cut out. Sehingga memperlihatkan perut hamilnya dengan jelas. Penampilan Slick dilengkapi dengan kaus kaki super tinggi, heels, dan bandana hitam. Ia begitu luwes berjalan di atas catwalk. Bahkan Slick Woods dilaporkan langsung mengalami proses persalinan setelah pertunjukan berakhir. Paramedik pun langsung memberikan pertolongan dan membawanya ke rumah sakit terdekat. Sedangkan Paloma Eissner memakai pakaian dalam berwarna krem dengan aksen bunga dan sarung tangan yang elegan sehingga membuatnya terlihat anggun dan seksi walaupun sedang hamil besar. Penampilan kedua wanita hamil di runway Savage x Fenty cukup menakjubkan. Mereka begitu mencuri perhatian publik dunia karena penampilannya yang tidak biasa.

8. Tas kaca berisi wine Gigi Hadid yang menjadi trending

photo via : www.instyle.com

Penampilan Gigi Hadid memang selalu menjadi sorotan, bukan hanya di runway, namun di berbagai acara dan kegiatan. Seperti penampilan Gigi saat menghadiri jamuan makan malam di tengah-tengah ajang fashion dunia tersebut. Gigi Hadid melangkah keluar dengan gaun kuning mencolok dari koleksi Spring 2019 Brandon Maxwell. Gigi tampil memukau dengan gaun kuningnya tersebutm namun benda yang ditenteng oleh Gigi menjadi perbincangan banyak orang, pasalnya Gigi bukannya menjinjing tas atau pouch, melainkan menenteng tas kaca transparan berukuran besar. Uniknya, isi tas kaca transparan tersebut berisi sebotol anggur. Dengan handle bernuansa emas, namun walaupun begitu tas kaca Gigi Hadid terlihat mewah.

Sepanjang malam, tas yang dipenuhi bunga rosé itu terlihat saat sesi foto di red carpet bersama kalangan selebriti seperti Tiffany Haddish. Tas tersebut merupakan salah satu koleksi terbaru dari Brandon yang akan menghiasi tren musim semi yang akan datang. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >