Kabar Duka, Ibunda Presiden Jokowi Meninggal Dunia

2 minggu lalu, by blogunik

RIP,-Ibunda-Presiden-Jokowi-Meninggal-Dunia

0

Presiden Joko Widodo kini tengah berduka. Ibunda tercinta Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, atau yang biasa disapa Eyang Noto meninggal dunia di usia 77 tahun pada hari Rabu, 25 Maret 2020. Beliau tutup usia di RST Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah pukul 16.45 WIB.

Kabar ibunda Jokowi mangkat dibenarkan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung ketika dihubungi awak media pada hari yang sama. Sudjiatmi Notomiharjo dikenal sebagai ibu yang tangguh dan sabar di lingkungan keluarga besar Presiden Jokowi.

RIP,-Ibunda-Presiden-Jokowi-Meninggal-Dunia

photo via liputan6.com

Ibunda Jokowi meninggal dunia karena mengidap penyakit kanker yang dideritanya selama 4 tahun terakhir. Almarhum belakangan diketahui sempat menjalani pengobatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Jokowi memohon doa dari masyarakat agar almarhumah diampuni dari segala dosanya.

Mengutip dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ibunda Jokowi, Sudjiatmi lahir pada 15 Februari 1943. Ia menikah dengan Widjiatno Notomihardjo dan memiliki empat orang anak. Jokowi merupakan anak pertama dari pasangan tersebut. Almarhumah meninggalkan 4 anak, 9 cucu, dan 4 cicit.

RIP,-Ibunda-Presiden-Jokowi-Meninggal-Dunia

photo via republika.co.id

Jenazah ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo, dimakamkan di pemakaman keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah, pada hari Kamis 26 Maret 2020 siang. Almarhumah dimakamkan di sisi kanan makam suaminya, Notomiharjo.

Presiden Joko Widodo ikut turun ke liang lahat ketika prosesi pemakaman berlangsung. Jokowi yang memakai kemeja putih dan peci hitam terlihat berada di liang lahat ibunda. Ia bersiap menyambut jenazah untuk dimakamkan.

Disisi lain, prosesi pemakaman turut dihadiri para pejabat tinggi negara, antara lain Kepala Staf Kepresidanan Moeldoko, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel, dan Waka Polda Jateng Brigjen Pol Ahmad Luthfi. Ada pula Bupati Karanganyar Juliyatmono, Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto, Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi, Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andi Amin Latama, dan beberapa pelayat.

RIP,-Ibunda-Presiden-Jokowi-Meninggal-Dunia

photo via foto.tempo.co

Sebelumnya, Jokowi meminta para menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya tetap di Jakarta dan fokus bekerja. Bahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan dirinya diminta oleh Putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka untuk menyampaikan ke masyarakat agar mendoakan almarhumah dari rumah masing-masing. Mengingat Indonesia dan negara lain di dunia sedang berperan melawan virus corona. Ada pemberitahuan keras untuk menjalankan social distancing, salah satunya dengan menjaga jarak. Oleh karena itu, masyarakat yang ingin melayat dihimbau agar mendoakan dari rumah masing-masing saja.

Segenap tim Blog Unik menyampaikan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga Ibunda Presiden Jokowi diberikan tempat terbaik di sisi-Nya dan buat keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan.

0
Artikel Terkait