Indonesia Juara 3 Miss Grand Internasional, Pemenangnya Ambruk Setelah Mendengar Pengumuman

11 bulan lalu

Kontes kecantikan untuk para wanita cantik di dunia, Miss Grand International 2018 baru saja rampung digelar dengan penuh kemeriahan di The ONE Entertainment Park, Yangon, Myanmar pada Rabu, 24 Oktober 2018 waktu setempat. Bagi kalian yang masih belum tahu apa itu Miss Grand International, merupakan kontes kecantikan di mana pemenangnya akan menjadi duta perdamaian dunia.

Tahun ini, Indonesia diwakili oleh pemenang Miss Grand Indonesia 2018. Seorang wanita cantik yang penuh bakat, siapa lagi kalau bukan Nadia Purwoko. Walaupun bukan keluar sebagai juara, namun Nadia Purwoko tetap membanggakan masyarakat Indonesia karena berhasil dinobatkan sebagai 2nd Runner Up Miss Grand International 2018.

Suatu kebanggaan bagi Indonesia karena Miss Grand Indonesia, Nadia Purwoko berhasil meraih tempat ketiga di kontes kecantikan yang mengusung perdamaian dan menghentikan peperangan itu. Sosok Nadia Purwoko sebenarnya sudah dijagokan menjadi juara Miss Grand International 2018 sejak namanya disebut masuk dalam babak top 20. Apalagi kemudian namanya juga disebut dalam daftar finalis yang masuk ke babak top 10.

photo via : www.instagram.com/nadiapurwoko

Saat masuk ke babak top 10, Nadia Purwoko pun berkesempatan memberikan pidato yang temanya seputar perdamaian. Nadia Purwoko menyinggung mengenai hak wanita dan anak-anak untuk hidup damai. Dia juga menyebutkan mengenai sosok dirinya yang merupakan seorang pengacara, siap membantu anak-anak, wanita dan korban kekerasan untuk melawan ketakutan dan membantu mereka menyuarakan keinginan yang selama ini terpendam. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Pidatonya tersebut membuat Nadia Purwoko sukses memukau juri. Dia pun berhasil melaju ke babak top 5 Miss Grand International 2018 bersama wakil dari Paraguay, India, Puerto Rico dan Jepang, Pada babak top 5, seluruh peserta harus melalui tahapan tanya-jawab. Dan Nadia mendapatkan pertanyaan negara mana yang akan dikunjunginya jika menjadi pemenang Miss Grand International 2018.

photo via : www.instagram.com/crownindonesiapageant

Dengan mantap Nadia menjawab jika dirinya menjadi juara, makan negara pertama yang ingin ia kunjungi adalah Amerika Serikat. Kenapa? karena AS identik senagai peleburan keanekaragaman budaya dan juga memiliki platform media yang besar. Sehingga kita bisa menciptakan dampak yang besar serta liputan berita yang lebih luas. Nadia juga menyampaikan pesan bahwa untuk menghentikan perang, bukan berarti dengan pergi ke medan perang. Untuk menghentikan perang, kita bisa memulainya dari diri sendiri. Jika kita menemukan kedamaian dan cinta pada diri sendiri, maka akan lebih mudah untuk menyebarkan cinta. Dan cinta itu sesuatu yang menular tapi positif.

Itulah jawaban memukau yang dilontarkan dara cantik 26 tahun ini di babak 5 besar, yang mampu membuat juri sekali lagi terpukau dengan jawaban briliant yang ia lontarkan. Jawaban Nadia ini mengantarkannya ke top 3 bersama Miss Grand Paraguay Clara Sosa dan Miss Grand India Meenakshi Chaudhary.

photo via : /www.instagram.com/bplindonesia

Namun ditahap akhir, walaupun Jawaban Nadia selalu memuaskan, Nadia tetap harus puas di peringkat ke-3 Miss Grand International 2018 dan merelakan tempat tertinggi pada Clara Sosa dari Paraguay. Tak bisa dipungkiri jika pencapaian Indonesia tahun ini belum dapat menandingi pencapaian Indonesia di tahun 2016 lalu. Dimana pada Miss Grand International 2016, Indonesia pernah mencapai prestasi tertingginya. Ariska Putri Pertiwi dari Indonesia pada saat itu dinobatkan sebagai juara Miss Grand International 2016. Tapi walaupun begitu, prestasi yang diraih oleh Nadia Purwoko ini tetap membanggakan dan patut diapresiasi.

Penampilan Nadia Purwoko dalam ajang Miss Grand International 2018 ini memang sangat gemilang dan mencuri perhatian, namun sebuah insiden tak terduga terjadi dan sontak membuat semua orang yang ada di tempat tersebut menjadi kaget dan panik.

photo via : www.instagram.com/_clarasosa

Kontes kecantikan itu pun menjadi perbincangan karena sebuah insiden tersebut. Ketika diumumkan terpilih sebagai pemenang Miss Grand International 2018, sang juara Clara Sosa langsung jatuh pingsan di panggung. Clara Sosa asal Paraguay tampaknya merasa tegang sekaligus terkejut ketika diumumkan memenangkan kontes kecantikan tersebut. Dalam cuplikan video yang beredar, Clara terlihat jatuh pingsan sesaat setelah dinyatakan jadi juara Miss Grand International 2018.

Saat itu, ia dan peserta asal India Meenakshi Chaudhary yang masuk ke babak top 2 tengah menunggu pengumuman pemenang sambil berpegangan tangan dan saling berhadapan. Ketika presenter menyebutkan ‘Paraguay’, wanita bergaun putih itu pun tampak langsung lemas kemudian pingsan. Hal ini tentu membuat Meenakshi yang awalnya ingin memeluk Clara juga merasa kaget.

Setelah Clara Sosa tersungkur pingsan, sejumlah orang pun dengan cepat menghampirinya. Ketika itu, tampaknya acara sempat berhenti sebentar sampai akhirnya Clara sadar dan bisa melanjutkan acara. Tak lama kemudian, wanita yang tampak menangis tersebut langsung diberi selempang, mahkota, dan piala dan berjalan sebagai sebagai pemenang Miss Grand International 2018. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Sebelum pemenang Miss Grand International 2018 ini pingsan, ia sempat menyatakan rasa terima kasihnya kepada keliarga dan para pendukung di negara asalnya yakni Paraguay. Saat mengucapkan terimakasih tersebut, ia masih tampak baik-baik saja meski menyebutkan kalau dirinya hampir terkena serangan jantung. Namun setelah negaranya disebut sebagai pemenang Clara tampaknya merasa sangat emosional hingga jatuh pingsan.

Clara Sosa berhasil menyisihkan sejumlah wanita dari berbagai belahan dunia dan menjadi pemenang Miss Grand International 2018. Juara kedua ditempati oleh peserta India Meenakshi Chaudhary. Sedangkan wakil Indonesia Nadia Purwoko berhasil meraih juara ketiga.

Baca Juga