Inilah Honda ADV 150, Calon Penguasa Pasar Motor Di Indonesia

1 bulan lalu

Siapa sih yang nggak tahu brand Honda? Honda merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia yang sudah tidak perlu diragukan lagi akan kualitasnya. Bahkan sebagian besar merk sepeda motor ataupun kendaraan beroda 4 yang dimiliki oleh masyrakat Indonesia adalah merk Honda.

Nah ngomongin soal Honda, baru-baru ini Honda merilis sepeda motor terbarunya guys. Melalui sebuah even bertajuk Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang diadakan tanggal 18 Juli 2019, PT Astra Honda Motor, yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur, perakitan dan distributor sepeda motor merek Honda, mengenalkan sebuah motor matic terbaru bernama Honda ADV 150. Honda ADV 150 ini diklaim sebagai motor matic adventure pertama di Indonesia.

PT Astra Honda Motor mengklasifikasikan Honda ADV 150 sebagai motor matic penjelajah. Bahkan banyak orang menganggap jika Honda ADV 150 ini adalah pesaing berat nmax. Selain memiliki penampilan fisik yang garang dengan desain bodi yang futuristik dan manly, spesifikasi yang dimiliki oleh matic keluaran terbaru Honda ini juga sangat memikat para penggemar otomotif. Nah seperti apa kira-kira spesifikasi Honda ADV 150 ini? Untuk lebih jelasnya yuk cek ulasannya dibawah ini.

1. Motor matic yang didesain khusus untuk berbagai kondisi jalan

Dikutip dari Tribunnews, Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, bahwa kehadiran ADV 150 merupakan matic yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat yang memiliki aktivitas tinggi yang melewati berbagai kondisi jalan.

Motor keluaran Honda terbaru ini memiliki performa dan fitur-fitur unggulan yang mendukung pengendara memiliki daya jelajah dan durabilitas tinggi dalam menghadapi berbagai kondisi jalan.

2. Honda ADV 150 dibagi menjadi 2 versi (Honda ADV 150 versi ABS – ISS dan Honda ADV 150 versi CBS-ISS)

Guys, Honda ADV 150 ini memiliki 2 versi lho. Versi yang pertama adalah Honda ADV 150 ABS – ISS yang mana rem depannya menggunakan ABS sedangkan versi kedua adalah Honda ADV 150 CBS – ISS yang mana menggunakan pengereman CBS atau Combi Brake System seperti Honda PCX.

3. Pilihan warna

Inilah Honda ADV Calon Penguasa Pasar Motor Di Indonesia

photo via : www.astra-honda.com

Guys, bukan hanya bentuknya saja yang garang, namun Honda ADV 150 juga memiliki 6 pilihan warna yang tentunya sangat menarik. Yang menjadi warna favorit dan paling primadona adalah warna Advance Red. Skema warnanya merah – hitam, dengan grafis stiker kombinasi putih dan hitam di sayap depan dan bodi belakang. Dikutip dari Motorplus, Advance Red memiliki konsep Dynamic Movement.

Warna Honda ADV 150 kedua, adalah Active White, yang dominan warna putih terang. Grafisnya memakai kombinasi hitam dan silver, dengan tarikan garis yang mirip Honda ADV 150 Active Red. Kedua warna diatas, hanya tersedia dalam Honda ADV 150 versi ABS – ISS, yang rem depannya menggunakan ABS.

Inilah Honda ADV Calon Penguasa Pasar Motor Di Indonesia

photo via : photo via : www.astra-honda.com

Nah jika Honda ADV 150 versi ABS – ISS hanya memiliki 2 warna, maka Honda ADV 150 CBS – ISS justru memiliki 4 warna seperti Tough Matte Brown, Tough Matte Black, Tough Red dan Tough Silver. Honda ADV 150 CBS – ISS menggunakan konsep warna Rigid Metallic Effect. Jadi nggak heran kalau sayap, bodi tengah hingga bawahnya memakai warna silver, bahkan untuk semua pilihan warna Honda ADV 150 CBS – ISS.

Tampilannya juga lebih polos tanpa stiker, dengan bodi belakang dihiasi emblem ADV 150 model 3d. Terakhir, sepatbor depan Honda ADV 150 CBS – ISS memakai warna hitam, sedangkan versi ABS – ISS sewarna bodi.

Inilah Honda ADV Calon Penguasa Pasar Motor Di Indonesia

photo via : photo via : paultan.org

4. Fitur yang membuat orang semakin tertarik untuk memilikinya

Seperti namanya, Honda ADV 150 ini merupakan sepeda motor kelas matic adventure 150 cc. Bukan hanya itu, fiturnya juga mampu membuat kamu segera ingin memilikinya. Pasalnya Honda ADV 150 ini memiliki spidometer yang full LCD mirip dengan Honda X-ADV 750. Di bagian kaki-kaki, sok depan masih mengusung model teleskopik dengan sok belakang model double shock. Di bagian pelek, masih menggunakan pelek racing dikombinasi ban semi tahu yang mumpuni diajak cross country.

Selain itu, mesinnya juga meminjam dapur pacu dari All New Honda PCX 150, Yang memiliki spesifikasi 149,3 cc SOHC 2 katup berpendingin cairan. Mesin ADV 150 berkapasitas 149,3 cc persis PCX. Tenaga maksimal 14,4 dk di 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm di 6.500 rpm. Itu berarti tenaga lebih kecil dari PCX yang 14,6 dk, tapi torsi lebih besar dari PCX yang cuma 13,2 Nm.

5. Bobot Honda ADV 150

Terlihat seperti perpaduan motor Ninja dengan matic, Honda ADV 150 ini memiliki postur panjang 1.950 mm, lebar 763 mm dan tinggi 1.153 mm. Bobotnya untuk yang versi CBS 132 kg sedangkan yang ABS 133 kg. Jadi bobotnya 1 kg lebih berat dari PCX, yang mana PCX versi CBS 131 kg dan ABS 132 kg.

Inilah Honda ADV Calon Penguasa Pasar Motor Di Indonesia

photo via : www.motorplus-online.com

6. Roda yang digunakan Honda ADV 150

Seperti terlihat pada gambarnya, roda yang digunakan oleh Honda ADV 150 menggunakan ukuran belang. Roda depan menggunakan pelek dengan ukuran ring 14 inci lebar 2,5 inci dibalut ban 110/80-14, sedangkan roda belakang, menggunakan ring berukuran 13 inci lebar 3,5 inci dibalut ban 130/70-13. Selain itu ban yang dipakai sudah tubeless.

7. Rem Cakram

Meski rem dari Honda ADV 150 ini ditentukan oleh kedua versinya. Namun baik Honda ADV 150 versi ABS – ISS dan Honda ADV 150 versi CBS-ISS, sama-sama menggunakan rem cakram dapa rem depan maupun belakang. Rem depan dijepit dengan kaliper 2 piston sedangkan rem belakang dijepit dengan 1 piston.

Inilah Honda ADV Calon Penguasa Pasar Motor Di Indonesia

photo via : paultan.org

8. Jarak tempuh

Honda mengklaim ADV mampu menempuh jarak 373 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda ECE R40 EURO 3, konsumsi bahan bakar Honda ADV 150 ini adalah 46,6 km per liter dengan fitur ISS on.

9 Fitur unggulan lain

Selain itu, Honda ADV 150 juga masih memiliki fitur unggulan lain yang semakin membuat kamu ingin segera mengendarainya, yakni sistem penerangan yang sudah maju. Lampu depan dan belakang serta sein sudah LED. Untuk kenyamanan berkendara dilengkapi dengan Idling Stop System.

10. Harga Honda ADV 150

Karena penambahan modul dan sensor ABS, harga Honda ADV 150 ABS lebih mahal. Honda ADV 150 ABS – ISS dibanderol Rp 36,5 juta, sedangkan tipe CBS lebih murah Rp 33,5 juta, semua OTR Jakarta.

Nah itu dia fakta seputar Honda ADV 150 yang diramal akan menjadi penguasa motor di Indonesia. Bagaimana menurut kalian sobat? Tertarik untuk memilikinya?

Baca Juga