Inspirasi Bisnis Yang Menjanjikan Keuntungan Besar Dengan Modal Yang Kecil

1 bulan lalu, by blogunik

Di jaman millenial seperti sekarang ini, siapapun bisa membuka bisnis sendiri lho, baik itu muda maupun dewasa. Udah nggak jaman deh minta uang saku ke orang tua. Karena saat ini, orang-orang justru sedang berlomba-lomba untuk membangun sebuah bisnisnya sendiri.

Mungkin kalian berpikir untuk membangun usaha haruslah memiliki modal yang besar, sehingga orang yang berkantong pas-pasan tidak memungkinkan untuk membangun bisnisnya sendiri. Ya, modal memang dibutuhkan untuk membangun sebuah bisnis, namun nggak selalu harus besar lho, pasalnya modal kecilpun jika kalian ulet mengembangkannya maka akan membuahkan hasil yang melimpah.

Karena faktanya, sudah banyak sekali wirausahawan yang telah membuktikan kalau bisnisnya bisa sukses hanya dengan modal kecil. Sebut saja bisnis Zanana Chips milik Gazan Azka Ghafara yang sukses hanya dengan modal Rp. 1 juta dan kini meraih omzet Rp 400 juta per bulan. Ada juga wirausahawan sukses bernama Mohamad Faisal Hidayat. Ia membangun sebuah Cafe Susu hanya bermodal Rp. 1 juta dan peralatan masak yang dipinjam dari sang ibu. Dari modal minim tersebut, Faisal yang awalnya hanya mempekerjakan 2 karyawan, kini memiliki 150 karyawan yang tersebar di 15 gerai. Tiap gerai mampu menghasilkan Rp 30-250 juta per bulan. Artinya dari 15 gerai, ia bisa meraup omzet yang berkisar antara Rp 450 juta – Rp 3,7 miliar.

Gazan Azka Ghafara dan Mohamad Faisal Hidayat adalah dua diantara banyaknya wirausahawan sukses yang meraup keuntungan besar dengan modal yang kecil. Kamupun dapat mengikuti jejak mereka dalam membangun bisnis modal kecil untuk besar. Hanya saja, kamu harus memiliki kemauan yang besar, ulet dan berani menanggung resiko dalam membangun bisnis tersebut.

Nah buat kamu yang tertarik untuk membangun sebuah bisnis meskipun dengan modal yang kecil, berikut beberapa tips yang bisa kamu jadikan acuan dalam membangun sebuah bisnis bermodal kecil dengan keuntungan besar.

Tips dalam membangun bisnis bermodal kecil dengan keuntungan besar

1. Pilih bisnis yang kamu kuasai dan sukai

Ingin sukses dengan bisnis bermodal kecil? Maka jangan pernah meniru bisnis orang lain. Sebaiknya kamu memilih bisnis di sektor usaha yang kamu kuasai. Dengan hal ini kamu akan menghemat waktu, sebab ketika bidang usaha tersebut telah kamu kuasai dan pahami, maka kamu tidak perlu lagi repot-repot melakukan riset. Karena sudah dikuasai dan dipahami, kamu jadi tahu produk yang akan kamu jadikan bisnis seperti apa, keunggulan dan kekurangannya bagaimana, dan siapa target pasarnya. Tanpa butuh waktu lama, kamu pasti bisa mengeksekusi bisnis ini. Dan kamu juga bisa lebih mudah dalam melakukan analisa laba rugi untuk masa depan.

Enaknya lagi kalau kamu benar-benar menyukai sektor bisnis yang akan kamu bangun. Jika kamu menyukai bidang tersebut, maka kamu akan bekerja membangun bisnis dengan sepenuh hati dan tanpa beban maupun paksaan. Jika kamu menyukai bidang kuliner, maka kamu bisa membangun bisnis kuliner kecil-kecilan.

2. Beritahu bisnismu ke teman-teman

Tips yang kedua ini merupakan alasan kenapa kamu harus berteman dengan banyak orang dan memperluas jaringan. Sebab ada saatnya kamu akan membutuhkan teman yang banyak untuk membantumu dalam meraih kesuksesan. Ya, karena dalam menjalankan bisnis dengan modal kecil dan untung besar, kamu harus memanfaatkan teman-temanmu. Buat bisnismu dikenal oleh kalangan teman-teman. Sebab, jika teman-temanmu mengetahui kamu punya usaha, maka akan ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama dia akan menjadi calon pelangganmu dan yang kedua bisa menjadi mitra bisnismu.

3. Jangan gunakan pihak ke tiga untuk promosi

Nah selain promosi ke teman-teman, tentu kamu juga harus melakukan promosi ke masyarakat luas agar mereka mengetahui bisnismu. Nah dalam promosi ataupun dalam melakukan aktivitas marketing ini, usahakan jangan menggunakan jasa dari pihak ke tiga. Pihak ketiga disini bisa dikatakan sebagai agency atau konsultan. Kamu nggak perlu hal itu guys. Karena ketika kamu memutuskan untuk menggunakan jasa mereka, maka akan ada biaya tambahan yang akan kamu keluarkan. Ingat bisnis kamu hanya bermodal minim, jangan menyia-nyiakannya dengan menyewa jasa promosi.

Pasalnya kamupun dapat mempromosikan bisnismu sendiri guys. Pelajari ilmu komunikasi pemasaran dan lancarkan strategi komunikasi yang baik, lebih praktis gunakan sosial media untuk menarik lebih banyak calon konsumen.

4. Buat prioritas anggaran

Memang semua bentuk bisnis pasti memerlukan modal, hanya saja ada yang bermodal uang, ada juga yang bermodal tenaga. Tapi khusus untuk bisnis bermodal uang, apalagi jumlahnya minim, wajib hukumnya untuk mengatur skala prioritas anggaran. Catat proyek-proyek apa yang bakal kamu lakukan dalam waktu dekat dan berapa anggaran biayanya. Dengan hal ini pengeluaran modalmu akan terjaga dan terhindar dari pengeluaran yang tidak berguna.

Ketika kamu tidak mengatur skala prioritas anggaran, maka kondisi keuangan bisnismu akan berantakan. Contohnya saja untuk biaya promosi, jika kamu tidak membatasi dan mengatur biaya untuk promosi, maka aktifitas promosi menjadi tidak terkontrol. Menyewa jasa agency atau konsultan untuk promosi, memberikan diskon besar-besaran dan berbagai hal lainnya yang mengatas namakan promosi. Jika hal itu terjadi, maka lama kelamaan dana yang kamu alokasikan untuk promosi tidak akan pernah mengahasilkan returns yang signifikan. Dan sebagai pemilik bisnis, kamu malah merugi.

Selain itu, kamu juga harus konsisten untuk membedakan mana uang pribadi dan mana uang usaha. Jangan menggunakan uang usaha sebagai uang pribadi kamu.

5. Jangan terburu-buru meminjam uang ke bank

Untuk mendirikan bisnis modal kecil untung besar, kamu jangan terburu-buru meminjang uang ke bank. Ingat bisnis kamu adalah bisnis kecil yang modalnyapun dengan uang minim. Ada baiknya kamu menggunakan uangmu sendiri atau mengajak saudara ataupun teman kamu untuk berinvestasi di bisnismu. Ketika bisnis kamu sudah menguntungkan, jangan lupa untuk tetap mempertahankan kepercayaan mereka dengan membagi hasilnya dengan mereka sesuai dengan investasi yang mereka tanamkan.

Dengan cara ini, tidak menutup kemungkinan, kalau suatu saat bisnismu sukses dan laris manis, maka mereka akan berani berinvestasi dengan dana yang lebih besar.

6. Gunakan media sosial

Dijaman sekarang ini, media sosial adalah alat praktis yang ampuh untuk promosi. Kamu nggak perlu repot-repot door to door, bagi-bagi flyer, promosi kesana sini sampai mulut berbusa untuk mempromosikan bisnismu. Hanya dengan media sosial, sekali posting maka bisnismu bisa dilihat oleh media luas.

Hanya saja kamu harus paham bagaimana cara membuat postingan di media sosial mengenai bisnismu agar lebih menarik dan dapat mencuri perhatian banyak orang untuk melihatnya. Kamu juga bisa langsung berjualan melalui media sosial guys!

7. Fokus dan profesional

Untuk membangun sebuah bisnis, tentu kamu harus fokus dengan bisnis tersebut. Kamu harus mencurahkan tenaga dan pikiran pada bisnis tersebut. Kerjakan bisnis tersebut dengan sepenuh hati dan pisahkan urusan bisnis dengan berbagai macam urusan pribadi. Untuk menjalankan bisnis kamu dituntut untuk bersikap profesional. Apalagi bisnis dengan modal kecil. Jika ada keluarga ataupun teman dekat yang menjadi konsumen bisnismu, maka jangan menerapkan sikap nggak enak hati dengan memberikan potongan harga atau digratiskan. Bisnis adalah bisnis guys, ingat modalmu minim, jika harus membayar maka biarkan mereka membayar sesuai harga. Barulah nanti jika kamu sudah mendapatkan keuntungan besar dan bisnismu stabil, kamu bisa berbagi kesuksesan dengan mereka.

8. Selalu berinovasi dan tahu trend

Untuk menjalankan bisnis, nggak cukup hanya bermodal ulet, kamu juga harus pintar berinovasi dalam menciptakan produk-produk baru dan juga jeli mencari hal-hal yang sedang trend. Sangat penting melakukan pembaruan produk atau jasa agar pelanggan tidak beralih ke yang lain. Trend juga harus diperhatikan, jangan sampai bisnismu dicap ketinggalan jaman dan justru membuat pelanggan meninggalkanmu.

9. Jangan pernah bosan

Salah satu alasan kenapa kamu harus membangun bisnis sesuai bidang yang kamu sukai adalah agar kamu tidak pernah bosan dalam menjalankan bisnis tersebut. Jika kamu memang suka dan memang passionmu disana, maka kamu akan selalu bersemangat dalam menjalankan bisnis.

Memang setiap hal yang dilakukan secara terus-menerus akan membuat orang jenuh dan bosan, tapi jika hal tersebut merupakan hal yang kamu sukai, maka kamu tidak akan pernah jenuh untuk melakukannya. Jikapun merasa penat akan bisnis dan pekerjaan, maka sediakan waktu untuk memanjakan diri sendiri dan merefreshkan pikiran.

10. Sabar dan jangan pantang menyerah

Bisnis tidak selamanya berjalan mulus dan untuk terus. Jangan menyerah ketika kamu diterjang masalah, apalagi harus sampai pindah ke usaha lain. Cobalah untuk bersabar dan fokus untuk mencari terobosan terbaru untuk menghadapi masalahmu.

Dalam berbisnis, ada kalanya kamu harus menjalankan bisnis baru yang sesuai dengan masanya. Namun jika bisnis kamu masih memiliki prospek cemerlang kedepan tapi tersendat gara-gara sebuah masalah, maka hadapi masalah tersebut dan buatlah terobosan baru. Sedangkan jika bisnis yang kamu jalani sudah nggak relevan untuk dikembangkan, maka jangan ragu untuk memulai bisnis baru yang lebih menjanjikan. Contohnya saja jika kamu membuka bisnis rental DVD dijaman sekarang, yang sudah dapat dipastikan tidak akan laku, sebab sekarang adalah era digital dimana film-film bisa dengan mudah ditonton lewat internet, maka tinggalkan bisnis tersebut dan beralih ke bisnis lainnya, misalnya membuka sebuah blog khusus download film atau bisnis lainnya.

11. Jangan larut dalam kegagalan

Dalam berbisnis, bukan hanya modal materi yang diperlukan, tapi juga mindset dan mental sebagai pengusaha. Salah satunya adalah tak mudah menyerah dan pantang larut dalam kegagalan. Jika kita terlarut dalam kegagalan, energi yang kita miliki akan terkuras untuk hal-hal negatif, sehingga sulit untuk bangkit kembali. Setiap pengusaha besar pasti telah melewati berbagai kesulitan dan memilih tidak menyerah.

Setelah mengetahui berbagai tips dalam memulai sebuah bisnis bermodal kecil untung besar, berikut Blog Unik bagikan beberapa inspirasi bisnis modal kecil untung besar yang bisa kamu jadikan acuan untuk memulai bisnis kecil yang menjanjikan. Kira-kira apa saja?  Check it out guys!

Berbagai inspirasi ide bisnis bermodal kecil dengan keuntungan besar

1. Bisnis makanan ringan

Inspirasi-Bisnis-Yang-Menjanjikan-Keuntungan-Besar-Dengan-Modal-Yang-Kecil-Bisnis-makanan-ringan

photo via ramesia.com

Salah satu bisnis yang saat ini sedang trend dikalangan masyarakat adalah bisnis makanan ringan alias snack. Yup pasalnya bisnis menjual makanan ringan ini sangat menjanjikan. Sudah ada banyak bukti wirausahawan yang sukses karena berbisnia makanan ringan dengan modal kecil. Sebut saja seperti Gazan Azka Ghafara dengan bisnis makan ringannya berupa Zanana Chips, ada juga Reza Nurhilman yang sukses dengan keripik pedas Maicihnya.

Setiap orang pasti suka dengan makanan ringan atau snack. Tak hanya diminati anak-anak, tapi juga orang dewasa. Dari pelajar hingga pekerja, banyak yang gemar menikmati makanan ringan sambil melakukan aktivitas mereka.

Jangan meniru orang lain dengan melirik jenis makanan ringan dengan harga bahan yang mahal. Kamu bisa mengawali bisnis kecilmu dengan berjualan snack berbahan dasar murah seperti keripik singkong, talas, keripik bayam atau lain sebagainya. Modal yang dibutuhkan sangat minim, tidak butuh modal besar, tergantung dari snack yang kamu buat.

Untuk awal pemasaran, kamu bisa menitipkannya di warung sekitar rumah, atau jual kepada teman-temanmu dulu. Jika enak, pasti mereka akan kembali memesan produk kalian. Hanya saja kamu harus mempertahankan kualitas rasa dan kebersihan agar pelangganmu tidak lari dan beralih ke yang lain.

2. Menjual aneka macam sambal

Inspirasi-Bisnis-Yang-Menjanjikan-Keuntungan-Besar-Dengan-Modal-Yang-Kecil-Menjual-aneka-macam-sambal

photo via m.omiyago.com

Inspirasi bisnis modal kecil untung besar selanjutnya masih dalam bidang kuliner. Kamu bisa mencoba untuk membangun bisnis dengan menjual sambal. Ya, bisnis sambal saat ini sedang trend dan banyak peminatnya. Mengingat kebanyakan orang Indonesia gemar makan dengan sambal, menjadikan bisnis menjual sambal sebagai bisnis yang menjanjikan.

Ada berbagai macam sambal yang bisa kamu buat untuk di jual, mulai dari sambal bawang, sambal terasi, sambal matah, sambal pete, sambal baby cumi yang kini sedang booming, dan masih banyak jenis sambal yang bisa kamu jual dalam bentuk kemasan, baik itu toples atau botol.

Untuk pemasaranpun kamu nggak perlu menyediakan gerai atau semacamnya, kamu bisa memasarkan produkmu melalui media sosial ataupun melalui jasa kirim. Yang penting kamu harus memastikan olahan sambalmu memiliki rasa nikmat dan berbeda dari yang lain. Sekali sambalmu dicap enak dan memuaskan maka konsumen akan selalu mencari produk sambalmu.

3. Bisnis angkringan kecil-kecilan

Inspirasi-Bisnis-Yang-Menjanjikan-Keuntungan-Besar-Dengan-Modal-Yang-Kecil-Bisnis-angkringan-kecil-kecilan

photo via infobdg.com

Anak muda zaman sekarang sangat suka nongkrong di warung angkringan, terutama bagi mahasiswa yang sering begadang. Bukan hanya itu, orang yang sudah berkeluarga pun masih suka makan di warung angkringan. Buat kamu yang punya teras depan lumayan luas dan letak rumahmu di pinggir jalan utama, bisa lho kamu manfaatkan untuk membangun usaha angkringan kecil-kecilan.

Banyak yang memilih makan di angkringan karena selain harga yang bersahabat, suasana yang santai serta rasa yang enak juga bisa didapat di sebuah angkringan. Jadi nggak heran membuka angkringan bisa menjadi salah satu inspirasi bisnis yang menjanjikan.

Kamu bisa membuka usaha Angkringan ini malam hari selepas pulang kerja, terutama bagi kamu yang rutinitas bekerjanya di pagi hingga sore hari. Pastikan angkringan kamu memiliki nilai jual lebih agar segera memenangkan persaingan. Misalnya saja dengan menyediakan menu istimewa yang berbeda dari angkringan lain. Kalaupun bukan dengan menu berbeda, bisa juga dengan cara penyajian yang berbeda atau cara masak yang lebih baik. Selain itu, pastikan agar angkringan kamu selalu terjaga kebersihannya. Baik itu pada makanan yang disajikan sampai pada perangkat makan yang digunakan. Dengan begitu, pelanggan akan selalu mengunjungi angkringan kamu.

4. Bisnis jual gorengan

Inspirasi-Bisnis-Yang-Menjanjikan-Keuntungan-Besar-Dengan-Modal-Yang-Kecil-Bisnis-jual-gorengan

photo via mommyasia.id

Kalau kamu belum berani buka angkringan, jual gorengan bisa menjadi pilihan yang menjanjikan dalam membangun bisnis modal kecil untuk besar. Mengingat semua kalangan suka menikmati gorengan, baik itu, tua muda, miskin kaya, cantik ganteng, menjadikan bisnis gorengan sebagai salah satu inspirasi bisnis yang menjanjikan keuntungan besar dengan modal yang kecil.

Tidak perlu membuka restoran untuk sukses berjualan gorengan. Gerobak yang kecil pun bisa menjadi sumber penghasilan kamu. Selain, bermodal kecil, membuat gorenganpun sangat mudah. Kamu hanya perlu memberi nilai tambah agar gorenganmu laku keras.

Tidak hanya menjual pisang goreng, singkong goreng, tahu, ote-ote, ataupun molen, kamu juga bisa menjual berbagai macam ide gorengan lainnya seperti jamur crispy, kentang goreng panjang yang sedang happening dan ide-ide baru lainnya.

5. Membuka warung kopi sederhana

Inspirasi-Bisnis-Yang-Menjanjikan-Keuntungan-Besar-Dengan-Modal-Yang-Kecil-Membuka-warung-kopi-sederhana

photo via brilio.net

Inspirasi bisnis yang menjanjikan keuntungan besar dengan modal kecil selanjutnya adalah dengan membuka warung atau kedai kopi sederhana. Tentu kamu nggak perlu membangun kafe-kafe mewah untuk membuat kedai kopi sederhana. Kamu bisa menyulap halaman depan rumahmu menjadi kedai kopi dengan menambahkan tenda, meja beserta kursi serta meja besar untuk kamu meracik kopi. Bisnis kedai kopi akhir-akhir ini sedang naik daun karena peminat kopi kian banyak. Apalagi jika di daerah kamu banyak anak muda yang gemar nongkrong ramai-ramai dengan temannya. Membuka kedai kopi saat malam tiba bisa menjadi penghasilan tambahan yang menggiurkan.

Untuk lebih menarik minat pengunjung, kamu bisa menambah beberapa macam menu minuman lainnya seperti teh, susu murni, susu jahe, dan lain sebagainya. Bisa juga kamu tambahkan dengan beberapa macam cemilan sederhana seperti gorengan, roti bakar, jagung bakar atau yang lainnya. Untuk membuka bisnis ini, minimal kamu harus memilih tempat yang dekat dengan keramaian seperi dekat kampus, dekat kos-kosan, pasar, terminal dan lainnya.

6. Usaha minuman segar kekinian

Inspirasi-Bisnis-Yang-Menjanjikan-Keuntungan-Besar-Dengan-Modal-Yang-Kecil-Usaha-minuman-segar-kekinian

photo via qraved.com

Mengingat cuaca di Indonesia keseringan panas, nggak heran kalau masyarakat Indonesia gemar menyantap minuman dingin. Karena hal ini, tentu membuka bisnis minuman segar merupakan peluang yang menjanjikan. Dengan modal yang minim, kamu bisa membuat booth kecil dan pilih lokasi yang strategis. Jika daerah rumah tempatmu tinggal merupakan kawasan ramai, kamu bisa membangun kedai minuman di halaman depan rumahmu.

Pastikan minuman segar yang kamu jual memiliki nilai jual yang lebih dan berbeda dari pedagang minuman yang lain, agar orang-orang tertarik untuk mencicipi minuman olahanmu. Kamu juga bisa menciptakan tren baru daripada sekedar ikutan tren dengan menciptakan olahan minuman segar ala dirimu sendiri. Misalnya, di tengah-tengah tren cheese tea, kamu bisa menciptakan inovasi baru dengan menciptakan jus kekinian, es campur kekinian ataupun milkshake kekinian dengan berbagai macam toping dan penyajian yang unik.

7. Usaha makanan beku

Inspirasi-Bisnis-Yang-Menjanjikan-Keuntungan-Besar-Dengan-Modal-Yang-Kecil-Usaha-makanan-beku

photo via theibrahimsfamily.com

Satu lagi inspirasi bisnis di bidang kuliner yang bisa kamu bangun dengan modal kecil adalah bisnis makanan beku guys! Mengingat kehidupan masyarakat Indonesia semakin sibuk, dan waktu untuk memasak sangat singkat, membuat sebagian masyarakat beralih pada makanan siap olah atau makanan beku. Untuk itu, kamu bisa menjadikan hal itu sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Yang kamu perlukan hanya freezer untuk membekukan makanan yang kamu olah. Dari daging, sayuran, sosis, dll.

Makanan beku yang paling diminati adalah Daging ayam, daging sapi, udang kupas, kerang, cumi-cumi, ikan laut, daging asap atau daging giling, sayuran yang telah dipotong dan siap masak. Selain bahan mentah, kamu juga bisa membuat makanan siap makan dalam bentuk beku, dimana konsumen hanya perlu menghangatkannya saja. Seperti sosis, rendang, ayam rica-rica dan lain sebagainya.

Pastikan untuk membeli bungkus yang tahan air dan tahan beku, bahan dari stirofoam adalah bahan yang paling memenuhi syarat packaging makanan beku, harganya juga murah. Beli juga plastic wrap supaya bahan makanan yang kita potong tidak berceceran saat dipak.

8. Membuat blog

Inspirasi-Bisnis-Yang-Menjanjikan-Keuntungan-Besar-Dengan-Modal-Yang-Kecil-Membuat-blog

photo via searchenginejournal.com

Buat kamu yang ingin meembangun bisnis namun sama sekali tidak memiliki dana untuk mewujudkannya, nggak perlu khawatir guys, pasalnya kamu bisa kok menghasilkan pundi-pundi rupiah bahkan tanpa modal sama sekali. Yang kamu perlukan adalah waktu dan skill menulis. Caranya adalah membuka sebuah blog. Memulai blogging merupakan cara termurah untuk kamu mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

Untuk memulau blog, kamu dapat menggunakan platform blog gratisan blogspot.com. Kemudian kamu dapat memulai mengisi blog dengan konten atau tulisan dari kamu. Tulisan ini dapat berupa artikel yang informatif atau pengalaman tentang hidup kamu yang berguna bagi pembaca. Dengan demikian pengunjung yang menemukan blog kamu akan tetap mengunjungi blog kamu dan tertarik dengan informasi yang kamu berikan. Kamupun dapat mempromosikan blog kamu kepada teman-temanmu di media sosial.

Nah dalam hal ini, mempromosikan blogmu agar dikenal banyak orang sangatlah penting. Karena setelah jumlah pengunjung yang datang ke blogmu meningkat, kamu dapat memasang iklan di blogmu melalui Google Adsense. Jadi setiap pengunjung yang mengklik iklan tersebut maka Anda dapat menerima uang. Atau jika blog kamu sangat populer, maka banyak usaha lain yang ingin terfitur di blogmu. Lalu kamu dapat menagihkan sejumlah biaya untuk layanan tersebut.

Peluang bisnis online saat ini hingga kedepannya bisa dikatakan paling potensial mengingat pengguna internet di dunia yang akan terus bertambah setiap harinya. Jadi jangan ragu untuk mulai membangun bisnis blog kamu sendiri guys!

9. Membuka online shop

Inspirasi-Bisnis-Yang-Menjanjikan-Keuntungan-Besar-Dengan-Modal-Yang-Kecil-Membuka-online-shop

photo via klikpajak.id

Trend belanja sekarang sudah berubah. Masyarakat lebih suka belanja online daripada belanja langsung ke tokonya sebab lebih praktis dan tidak melelahkan. Itulah sebabnya kenapa peluang bisnis untuk membuka online shop sangat menjanjikan dan memiliki potensi besar kedepannya.

Beberapa produk yang paling banyak dijualbelikan di toko online adalah pakaian, obat herbal, kerajinan khas daerah, tas, kaos, atau produk barang digital lainnya, seperti ebook, perangkat lunak, musik, dan lain sebagainya. Ditambah lagi, bisnis toko online ini bisa dilakukan dengan menjual barang sendiri atau orang lain yang ingin menitip jual pada kita.

Kamu tak perlu khawatir dengan modal karena modal yang perlu dipersiapkan juga relatif kecil. Yang perlu dibeli antara lain hanyalah template yang harganya sekitar Rp300 ribuan. Jika bisa membuat dan mendesain sendiri, maka bisnis ini bisa dibilang nyaris tanpa modal.

Bagi yang masih awam dengan jual beli online dan masih bingung untuk memilih produk apa yang akan dijual, mulailah dengan sistem dropship. Sistem ini akan memberikan kemudahan dalam berjualan karena kamu tidak perlu membeli stok barang untuk dijual. Cukup meneruskan informasi si pembeli atau pelanggan, dan pihak supplier akan mengirimkan barang sesuai pesanan. Atau dengan kata lain, kamu adalah pihak ketiga antara pembeli dan pemilik barang.

10. Bisnis jasa cuci motor

Inspirasi-Bisnis-Yang-Menjanjikan-Keuntungan-Besar-Dengan-Modal-Yang-Kecil-Bisnis-jasa-cuci-motor

photo via diangroup.wordpress.com

Hampir semua masyarakat Indonesia memiliki menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan harian. Namun nggak semua orang mau meluangkan waktunya untuk mencuci motornya, kebanyakan pengguna motor lebih memilih mengeluarkan sejumlah uang untuk menggunakan jasa cuci motor. Dengan demikian bisnis jasa cuci motor bisa menjadi bisnis modal kecil dengan keuntungan besar.

Walaupun setiap sudut kota kamu dengan mudah bisa menemukan jasa cuci motor, namun bisnis ini tidak pernah kekurangan pelanggan. Kamu bisa memanfaatkan halaman depan rumah atau mencari tempat strategis untuk mendirikan usaha tersebut. Kamu juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk memulai bisnis satu ini. Manfaatkan teman-temanmu untuk menjadi pelanggan pertama sekaligus untuk promosi. Siapa tahu teman-temanmu mempromosikan teman-temannya yang lain untuk mencuci motor di tempatmu.

11. Bisnis jasa laundry

Inspirasi-Bisnis-Yang-Menjanjikan-Keuntungan-Besar-Dengan-Modal-Yang-Kecil-Bisnis-jasa-laundry

photo via makassar.tribunnews.com

Dijaman praktis sekarang ini, kebanyakan orang tidak ingin disibukkan dengan hal-hal yang merepotkan seperti mencuci pakaian. Itulah mengapa membuka bisnis jasa laundry sangat menjanjikan dan memberi banyak keuntungan. Lokasi terbaik untuk membuka bisnis ini adalah area dengan mayoritas mahasiswa atau karyawan seperti daerah rumah kost, sekitar kampus, atau kantor. Bisnis satu ini tidak pernah sepi pelanggan, kamu hanya perlu membuat papan nama dan pamflet untuk memprosikan jasa laundrymu ke masyarakat umum. Pastikan kamu memiliki skill mencuci dan menyetrika pakaian yang baik agar pelanggan puas dengan hasil kerjamu, dengan begitu mereka akan datang lagi dan menjadi pelanggan tetapmu.

12. Bisnis kerajinan tangan

Inspirasi-Bisnis-Yang-Menjanjikan-Keuntungan-Besar-Dengan-Modal-Yang-Kecil-Bisnis-kerajinan-tangan

photo via news.indotrading.com

Kalau kamu termasuk sebagai orang yang memiliki kreatifitas tingkat tinggi, maka membuat kerajinan tangan bisa berpeluang menjadi bisnis berkeuntungan besar dengan modal kecil lho! Bahkan jika kamu tidak memiliki modal, kamu bisa memanfaatkan barang-barang di sekitarmu untuk dijadikan sebuah kerajikan tangan. Mengingat kerajinan tangan saat ini terus diburu, terutama bagi turis manca negara, maka jangan ragu untuk menjadikan bisnis kerajinan tangan ini sebagai bisni modal kecil yang menguntungkan.

Kamu bisa menciptakan beragam kerajinan tangan yang unik untuk di kumpulkan para kolektor. Atau ciptakan saja kerajinan tangan yang bisa dipakai sehari-hari, seperti tas dari bahan bekas, sandal hotel dengan lukisan, cermin dengan miniatur kerang, dan sebagainya. Hal ini mempunyai nilai ekonomi tinggi di masyarakat. Kerajanan tangan ini bisa kamu jual sesuai tingkat kerumitan dan keunikannya. Jika rumah kamu berada di sekitar tempat wisata, membuka bisnis ini bisa dijadikan buah tangan para pengunjung. Kamupun dapat mempromosikan produkmu melalui online maupun offline.

Nah itulah beberapa inspirasi ide bisnis bermodal kecil dengan keuntungan besar, yang bisa kamu jadikan acuan untuk mulai membangun bisnis sendiri. Tetapkan bisnis apa yang kamu sukai dan kuasai, dan lakukan beberapa tips berbisnis di atas, maka bisnis yang kamu pilih pasti akan membuahkan hasil yang menjanjikan. Semoga sukses guys!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *