Penting! Ketahuilah Berbagai Jenis Makanan Yang Sangat Rentan Memicu Kanker Pada Wanita

9 bulan lalu, by blogunik

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling mematikan bagi manusia didunia ini. Penyakit ini bisa dibilang sangat ganas karena menyebar cepat dan bahkan ada beberapa yang gejalanya sulit dideteksi sehingga banyak penderitanya terlambat untuk mendapatkan penanganan medis dan membuat penderitanya rentan mengalami kematian.

Sebagian besar penyebab kanker adalah genetik dan gaya hidup, termasuk di dalamnya adalah pola makan. Jika kalian masih berpikir kalau kanker hanya dialami oleh seseorang yang memiliki riwayat penyakit kanker dalam silsilah keluarganya, sebaiknya kalian buah jauh-jauh pemikiran tersebut. Pasalnya penyakit kanker ini bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia dan gender. Wanita sendiri memiliki kemungkinan menderita berbagai jenis kanker. Kanker yang sering terjadi pada wanita adalah kanker payudara, kanker serviks, kanker usus besar, kanker ovarium hingga kanker paru-paru.

Salah satu pemicu munculnya penyakit ini adalah karena pola hidup termasuk pola makan yang tidak sehat. Belum tentu makanan yang kita makan setiap hari menjamin diri kita terhindar dari penyakit kanker. Pola makan tidak sehat, dan mengkonsumsi beberapa jenis makanan bisa memperbesar resiko kanker.

Pada dasarnya, membuktikan bahwa makanan tertentu menyebabkan kanker merupakan hal yang rumit. Namun, penelitian observasional telah berulang kali menunjukkan bahwa konsumsi makanan tertentu melebihi jumlah yang disarankan bisa meningkatkan kemungkinan tumbuhnya sel kanker. Nah kali ini Blog Unik akan membahas tentang jenis-jenis makanan yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker pada wanita. Kira-kira makanan apa saja ya yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker tersebut? Berikut ulasannya.

1. Bebagai macam makanan yang dibakar

Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Kanker Pada Wanita - Bebagai macam makanan yang dibakar

photo via : www.sahabatnestle.co.id

Makanan yang dipanggang atau dibakar mengandung bahan kimia yaitu heterocyclic amines (HCAs) dan polycyclic hydrocarbons (PAHs) yang terbentuk akibat proses pemanggangan serta pembakaran dari bahan makanan tersebut. Kedua zat kimia inilah yang meningkatkan risiko kanker karena dapat menyebabkan perubahan DNA di dalam tubuh, serta bersifat mutagenik.

Kedua bahan kimia tersebut akan muncul lebih banyak pada berbagai jenis daging yang dipanggang ataupun di bakar. Daging-daging tersebut jika dibakar akan bereaksi terhadap suhu tinggi, yang mana juga sebagai risiko makanan penyebab kanker payudara hingga kanker serviks yang harus hindari. Jadi guys, kurangi makan makanan yang dibakar ya, seperti sate, ataupun ayam atau ikan bakar dan lain-lainnya.

2. Makanan asin, diasap, atau diasamkan

Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Kanker Pada Wanita - Makanan asin, diasap, atau diasamkan

photo via : /www.matanaga.com & simomot.com & resepkoki.id

Asupan tinggi pada ikan asin, dan camilan asin dapat mempengaruhi munculnya kanker payudara. Karena pada makanan penyebab kanker payudara ini terdapat zat kanker karsinogen yang cukup banyak di dalamnya. Makanan yang diolah dengan penggunaan nitrat atau nitrit sebagai pengawet atau menambah warna makanan seperti sosis, bologna, dan daging asap tinggi lemak dan garam, cenderung buruk bagi kesehatan. Sementara, makanan asam seperti acar juga mengandung garam dalam jumlah tinggi. Bukti menunjukkan bahwa jenis makanan ini dapat memicu kanker kolorektal, kanker perut, hingga kanker payudara. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

3. Alkohol

Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Kanker Pada Wanita - Alkohol

photo via : hellosehat.com

Meskipun benar bahwa jumlah konsumsi alkohol yang sedang atau rendah dapat mengurangi risiko penyakit jantung, namun jika dikonsumsi secara berlebihan maka mampu membuat seseorang terkena gagal jantung, stroke dan kanker. Wanita yang sering meminum minuman beralkohol memiliki risiko terkena kanker lebih tinggi dibandingkan dengan wanita lainnya. Meminum minuman beralkohol secara rutin dinilai dapat memicu risiko sel kanker, mulai dari hati, kanker payudara, hingga kanker usus besar.

4. Makanan hangus

Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Kanker Pada Wanita - Makanan hangus

photo via : http://austinfoodstyle.com

Jangan ketawa dulu guys kalau dengan point satu ini. Emang siapa sih yang mau memakan makanan hangus? Gak ada kan? Tapi makanan hangus ini bukan hanya telor, daging atau apapun yang hitam karena gosong, tapi sayuran yang lodoh dan berubah warna karena terlalu lama dimasak juga bisa menyebabkan kanker. Panas tinggi pada masakan, terutama daging hewan, dapat menyebab rusakanya DNA heterosiklik zat ini merupakan zat yang dapat memicu timbulnya kanker, termasuk kanker payudara. Baiknya, masak daging, sayuran dan bahan masakkan lain pada suhu rendah untuk menghindari hangus.

5. Makanan kaleng

Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Kanker Pada Wanita - Makanan kaleng

photo via : www.liputan6.com

Buat anak kos, yang sering menkonsumsi makanan kaleng, mulai sekarang kamu harus kurangi batasi konsumsi makanan kaleng dan pastikan kalengnya diberi label dengan jelas “Bebas BPA”. Pasalnya bahan BPA yang terkandung dalam makanan kaleng merupakan bahan kimia yang telah terbukti merusak bisa DNA di dalam tubuh. BPA ini dapat meningkatkan resiko munculnya kanker payudara, dan tak menutup kemungkinan kanker jenis lainnya juga. Selain itu, BPA juga bisa menyebabkan diabetes tipe 2.

6. Minuman panas

Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Kanker Pada Wanita - Minuman panas

photo via : muslimobsession.com

Dikutip dari Hellosehat.com, Menurut American Cancer Society, minuman panas seperti kopi atau teh, bisa menjadi minuman dan makanan penyebab kanker payudara. Ini karena efek panas pada minuman yang bersuhu lebih dari 65 deraja Celcius tersebut dapat menyebabkan munculnya efek zat karsinogen penyebab kanker di dalam tubuh. Kanker esofagus merupakan salah satu kanker yang paling sering terjadi akibat suka minum minuman panas. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan kalau penyebab kanker payudara juga bisa disebabkan karena hobi minum minuman panas.

7. Soda diet

Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Kanker Pada Wanita - Soda diet

photo via : www.beveragedaily.com

Bagi para wanita, jangan pernah terkecoh dengan soda diet. Pasalnya, soda diet ternyata lebih buruk daripada soda biasa karena mengandung aspartame. Di mana hal tersebut menjadi penyebab kondisi cacat kelahiran dan kanker. Selain aspartame, sucralose atau splenda, sakarin dan jenis pemanis buatan lainnya sudah terbukti menyebabkan kanker.

8. Susu tinggi lemak

Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Kanker Pada Wanita - Susu tinggi lemak

photo via : http://manado.tribunnews.com

Minum susu memang menyehatkan guys, tapi kamu harus perhatikan juga kandungan lemak yang terdapat pada susu yang kamu konsumsi. Pasalnya menurut penelitian, kandungan estrogen dalam lemak produk susu dapat memicu kanker yang terkait hormon, termasuk kanker payudara dan prostat. Berdasarkan studi dari Journal of National Cancer Institute tahun 2013, wanita yang mengonsumsi lebih banyak susu tinggi lemak, 50 persennya meninggal karena kanker dibandingkan pasien lain. Penelitian lain juga menyebutkan, wanita yang mengonsumsi susu dan keju dalam jumlah tinggi lebih rentan terkena kanker payudara.

9. Keripik kentang

Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Kanker Pada Wanita - Keripik kentang

photo via : www.myrecipes.com

Keripik kentang mengandung kadar tinggi akrilamida, zat karsinogenik lain yang diaktifkan pada makanan yang dipanaskan sampai suhu tinggi melalui memanggang atau menggoreng. Bahan kimia ini memicu gangguan pencernaan, prostat, ovarium dan kanker payudara. Selain itu, keripik kentang juga terdiri dari banyak kalori, garam, dan lemak yang menyebabkan hipertensi, kolesterol tinggi, dan obesitas.

10. Minyak terhidrogenasi

Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Kanker Pada Wanita - Minyak terhidrogenasi

photo via : hellosehat.com

Mungkin kalian masih asing dengan sebutan Minyak terhidrogenasi satu ini. Hidrogenasi merupakan proses kimiawi untuk mengubah minyak nabati dalam bentuk cair menjadi padat.Caranya dengan menambahkan ion hidrogen dalam temperatur dan tekanan tinggi. Contoh minyak terhidrogenasi adalah margarin dan mentega. Penggunaan temperatur yang digunakan sering mengubah beberapa ikatan kimia dalam molekul minyak. Bentuk ikatan yang sering terbentuk adalah ikatan trans, yang membuat lemak terhidrogenasi menjadi tidak sehat.

Minyak terhidrogenisasi ini tidak akan berbau tengik kalau lama dibiarkan. Dan biasa dipakai menggoreng di industri makanan karena titik melelehnya tinggi. Secara umum, semakin padat minyaknya, semakin terhidrogenasi. Dua contoh umum minyak terhidrogenasi adalah Crisco dan margarin. Saat dipanaskan, pengawet ini bisa meningkatkan aktivitas asam lemak Omega 6 dan lemak trans dalam minyak. Asam ini membahayakan kesehatan sel, sehingga meningkatkan bahaya kanker kulit paling banyak. Selain itu, lemak trans membuat lebih banyak bahaya kolorektal, prostat dan kanker payudara

11. Popcorn

Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Kanker Pada Wanita - Popcorn

photo via : www.onegoodthingbyjillee.com

Nonton sambil ngemilin popcorn emang enak guys! Tapi jangan terlalu keseringan juga guys karena gak baik buat kesehatan. Popcorn yang dimasak didalam microwave mengandung bahan kimia beracun yang sangat hebat yang disebut perfluorooctanoic acid (PFOA). Dalam studi dan testimonial, orang-orang yang sering mengkonsumsi Popcorn microwave yang mengandung PFOA memiliki resiko lebioh tinggi menderita kanker Ginjal dan Kandung Kemih. Penelitian lain juga menemukan bahwa PFOA dapat mempengaruhi kesuburan pada wanita.

12. Makanan manis

Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Kanker Pada Wanita - Makanan manis

photo via : hellosehat.com

Buat kamu yang suka ngebersihin krim sisa kue ulang tahun, mending kalian hentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, makanan olahan yang kandungan gulanya tinggi serta makanan rendah serat serta nutrisi dapat meningkatkan risiko kanker. Makanan-makanan yang dapat mengakibatkan kadar glukosa darah menjadi tinggi, sangat berhubungan erat dengan peningkatan resiko munculnya beberapa jenis kanker seperti kanker perut, payudara, dan kolorektal hingga serviks.

Tumor menjadikan gula sebagai makanan mereka guna meningkatkan ukuran tumor sendiri. Menurut penelitian Otto Warburg, peraih Nobel dalam bidang kedokteran yang dikutip dari Okezone.com, menyebutkan bahwa untuk berkembang biak, sel-sel kanker berkembang pada pemanis kaya fruktosa seperti sirup jagung fruktosa tinggi.

13. Segala jenis gorengan

Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Kanker Pada Wanita - Segala jenis gorengan

photo via : news.trubus.id

Seperti yang sering kita dengar, gorengan mengandung banyak lemak yang mengendap dan berbahaya bagi kesehatan kita. Bukan hanya menyebabkan peningkatan berat badan, namun gorengan jika dikonsumsi setiap hari juga meningkatkan resiko munculnya sel kanker. Terutama pada wanita yang sering mengkonsumsi gorengan tiap harinya akan beresiko mengidap kanker payudara dan juga kanker usus besar hingga kanker serviks.

14. Makanan cepat saji

Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Kanker Pada Wanita - Makanan cepat saji

photo via : kumparan.com

Makanan cepat saji merupakan makanan favorit banyak orang, selain rasanya yang enak, penyajiannya pun praktis dan mudah dimakan. Tetapi sesuatu yang berlebihan juga tidak baik. Seperti halnya dengan mengonsumsi makanan cepat saji yang berlebihan dapat menyebabkan kanker serviks. Makanan cepat saji mengandung banyak lemak, zat pengawet serta pemanis yang ketiganya merupakan penyebab munculnya sel kanker, salah satunya adalah sel kanker serviks yang sering muncul pada wanita. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *