25 Jenis Sate di Indonesia Yang Lezat Dan Maknyus

4 bulan lalu, by blogunik

Aneka Jenis Sate di Indonesia

Sate pertama kali dijajakan oleh pedagang makanan di pinggir jalan di daerah Jawa pada abad ke-19. Makanan satu ini pun mulai terkenal di berbagai negara termasuk Timur Tengah dan Asia Tenggara. Sate ini pada umumnya terbuat dari daging ayam, sapi, kambing, ikan dan lainnya. Daging tersebut lalu di potong-potong dan ditusuk dengan bambu. Setelah itu barulah di bakar dalam bara arang sehingga menghasilkan aroma yang sangat enak. Sate ini juga biasanya dilengkapi dengan saus kacang yang memiliki rasa gurih, manis dan pedas. Di Idonesia sendiri ada berbagai jenis sate yang bisa di jumpai. Nah, kali ini Blog Unik rangkumkan aneka jenis sate yang lezat dan maknyus yang ada di Indonesia.

1. Sate Ambal

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Ambal

Photo via travelingyuk.com

Sate Ambal adalah salah satu jenis sate yang ada di Indonesia. Sate Ambal ini berasal dari daerah Kebumen, Jawa Tengah, dimana sate ini terbuat dari daging ayam kampung. Sebelum dibakar, daging ayam ini dibalurkan dengan bumbu dan didiamkan selama 2 jam agar bubumnya meresap kemudian barulah dibakar dengan bara api. Untuk bumbu pelengkapnya sendiri bukanlah menggunakan bumbu kacang, melainkan menggunakan tempe tumbuk yang dicampur dengan cabai dan bumbu lainnya.

2. Sate Buntel

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Buntel

Photo via instagram.com/kuliner.neng.solo

Sate satu ini berasal dari Solo atau Surakarta, Jawa Timur, dimana sate ini terbuat dari daging cincang. Sate ini biasanya terbuat dari daging sapi, domba atau kambing terutama bagian perut dan iga yang di cincang. Kemudian diberi bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe dan jintan. Setelah itu, sate dibungkus dalam kantung lemak sapi sebelum akhirnya ditusuk dan dibakar.

3. Sate Bandeng

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Bandeng

Photo via idntimes.com

Berikutnya ada Sate Bandeng yang berasal dari Serang. Buat kamu yang tidak suka dengan daging ayam, sapi, domba ataupun kambing kamu bisa memilih sate satu ini. Seperti namanya, sate ini terbuat dari ikan bandeng yang sudah dipisahkan dengan tulangnya dan dicincang halus. Setelah itu barulah di campur dengan berbagai macam bumbu, kemudian adonan tersebut di masukan ke dalam kulit ikan dan ditusuk dengan bambu. Sate ini kemudian dipanggang hingga matang.

4. Sate Babi

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Babi

Photo via instagram.com/henjiwong

Untuk sate berikut ini hanya boleh dinimkati oleh kamu yang non-muslim. Apalagi kalau bukan sate babi. Sate babi ini terbuat dari daging babi yang ditusuk dengan bambu kemudian direndam dengan aneka rempah-rempah khas Bali. Karena direndam bumbu dengan waktu yang cukup lama, sate ini memiliki rasa yang sangat nikmat. Sate ini dibakar dengan bara api kemudian disajikan bersama lontong atau kupat yang lengkap dengan sambalnya yang nikmat.

5. Sate Blora

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Blora

Photo via instagram.com/kuliner_blora

Seperti namanya sate satu ini adalah sate khas Blora yang berupa sate daging dan kulit ayam. Jika dilihat sate ini lebih kecil dan biasanya didampingi dengan bumbu kacang, nasi dan sup santan berbumbu. Rasanya sudah pasti maknyus.

6. Sate Banjar

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Banjar

Photo via olx.co.id

Sate Banjar adalah salah satu jenis sate yang ada di Indonesia yang patut kamu cicipi. Dimana sate satu ini memiliki rasa bumbu yang berbeda dari sate pada umumnya. Bumbu dari sate ini terlihat lebih encer dan warnanya merah kecoklatan.

7. Sate Bebek Tambak

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Bebek Tambak

Photo via phinemo.com

Berkunjung ke Banyumas jangan lupa untuk mencicipi sate bebek tambaknya. Sate ini disajikan dengan bumbu manis kacang tanah atau bumbu pedas dan dilengkapi dengan irisan tomat serta mentimun.

8. Sate Kerang

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Kerang

Photo via resepkoki.id

Buat kalian yang menyukai makanan seafood jangan lupa untuk mencicipi enaknya sate kerang. Pertama-tama kerang direbus dan direndam dengan campuran jus asam, daun jeruk nipis, jahe dan kecap manis. Setelah bumbu meresap, kemudian sate ini dipanggang dan disajikan dengan lontong balap.

9. Sate Kere

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Kere

Photo via instagram.com/kuliner.neng.solo

Sate Kere adalah salah satu sate yang ada di Indonesia yang terbuat dari tempe gambus. Selain tempe, sate ini juga terbuat dari jeroan sapi seperti paru dan usus sapi. Sate kere ini dilengkapi juga dengan bumbu kacang atau sambal kecap seperti sate pada umumnya.

10. Sate Kelinci

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Kelinci

Photo via travelingyuk.com

Sate satu ini merupakan kuliner khas Bandungan, Semarang dimana sate ini adalah sate kelinci. Sate Kelinci ini memiliki rasa yang unik dan biasanya disajikan bersama lontong.

11. Sate Klopo

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Klopo

Photo via grab.com

Sate Klopo adalah sate khas Surabaya dimana sate ini hampir sama dengan sate lainnya. Hanya saja yang membedakannya, terdapat parutan kelapa. Parutan kelapa ini dibalurkan pada sate saat dibakar sehingga rasanya sangat unik.

12. Sate Kalong

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Kalong

Photo via merdeka.com

Meskipun sate ini bernama sate kalong, namun sate ini tidak terbuat dari kelelawar. Sate kalong ini berasal dari Cirebon dimana dagingnya sendiri menggunakan daging kerbau. Sate ini memiliki tekstur yang lebih tebal ketimbang daging sapi dan sedikit alot.

13. Sate Klathak

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Klathak

Photo via sahabatufs.com

Sate Klathak adalah salah satu jenis sate yang enak dan berasal dari Indonesia. Sate Klathak ini menjadi makanan khas dari Yogyakarta. Sate satu ini diberi nama klathak karena pada saat dibakar di atas arang sate ini memiliki bunyi. Sate satu ini patut kamu cicipi karena rasa satenya gurih, manis dan dagingnya kenyal.

14. Sate Lilit

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Lilit

Photo via sajiansedap.grid.id

Berlibur ke Bali pastinya tidak lengkap rasanya jika kamu belum mencicipi sate lilitnya. Sate lilit ini terbuat dari ikan cincang namun ada juga yang menggunakan daging ayam atau babi. Sate ini kemudian diberi berbagai macam rempah-rempah kemudian adonan ini dililitkan pada sereh atau bambu sebelum dipanggang.

15. Sate Lalat

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Lalat

Photo via wisatamadura.or.id

Sate Lalat atau sate laler tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke Pamekasan. Sate satu ini bukanlah trbuat dari lalat melainkan karena memiliki ukuran yang kecil-kecil mirip lalat. Sate ini hampir sama dengan sate Madura, kuahnya menggunakan kuah kacang kental dan dagingnya menggunakan daging ayam.

16. Sate Loso

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Loso

Photo via phinemo.com

Sate satu ini berasal dari Pemalang, Jawa Tengah dimana sate ini berbeda dari bahan sate pada umumnya. Sate Loso ini terbuat dari daging kerbau atau daging sapi yang dimasak bacem kemudian barulah di bakar. Sate ini biasanya disajikan bersama dengan sup yang berisi urat, tulang muda dan taoge.

17. Sate Maranggi

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Maranggi

Photo via tripzilla.id

Sate Maranggi menjadi salah satu jenis sate yang enak dimana memiliki rasa khas dan nikmat. Sate ini berasal dari kota Purwakarta, dulunya sate ini dikenal karena dagingnya yang empuk dan menggunakan bahan dasar daging babi. Sate ini disajikan dengan sambal kecap untuk menambah rasa nikmatnya. Selain terbuat dari daging babi, sate ini juga ada yang terbuat dari daging sapi atau kambing.

18. Sate Madura

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Madura

Photo via instagram.com/henjiwong

Sate satu ini sudah sangat populer di Indonesia dimana sate ini adalah Sate Madura. Kuliner satu ini menjadi makanan khas Pulau Madura dan biasanya menggunakan bahan daging ayam atau kambing. Sate satu ini disajikan dengan bumbu kecap manis dan gula Jawa dicampur bawang putih, bawang goreng, kacang tanah goreng yang dihaluskan, petis, kemiri dan garam. Sedangkan untuk sate kambing dihidangkan dengan kecap manis ditambah irisan bawang merah dan cabai rawit.

19. Sate Makassar

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Makassar

Photo via makassar.terkini.id

Sate Makassar ini merupakan sate khas Sulawesi Selatan yang memiliki rasa enak. Sate ini terbuat dari jeroan sapi atau kambing dibumbui dengan saus terbuat dari belimbing sehingga memiliki rasa yang asam dan pedas. Sate ini tidak disajikan dengan saus ketika matang karena penambahan bumbu hanya dilakukan ketika daging masih mentah.

20. Sate Padang

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Padang

Photo via instagram.com/henjiwong

Jenis sate satu ini tentunya sudah tidak asing lagi, sate ini bernama Sate Padang. Meskipun namanya Sate Padang dan berasal dari Padang, Sumatera Barat, sate ini bisa kamu temukan dimana saja. Sate Padang ini terbuat daru lidah atau daging sapi dimana sebelum dibakar dagingnya direndam dengan campuran jeruk nipis, ketumbar, serai, jahe plus kunyit. Setelah matang, sate ini disajikan dengan siraman saus kuning pedas.

21. Sate Ponorogo

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Ponorogo

Photo via instagram.com/kuliner.neng.solo

Sate Ponorogo adalah salah satu jenis sate di Indonesia yang harus kamu cicipi. Sate satu ini berasal dari Ponorogo, Jawa Timur , dimana sate ini terdiri dari satu potong daging ayam yang diiris memanjang yang telah melalui proses bacem. Sate ini kemudian dihidangkan dengan lontong, bumbu kacang, irisan bawang merah dan cabai rawit serta jeruk nipis.

22. Sate Pusut

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Pusut

Photo via ceritareena.blogspot.com

Jika dilihat sate pusut ini hampir mirip dengan sate lilit, sate pusut ini berasal dari Lombok dan terbuat dari daging cincang. Dagingnya sendiri terbuat dari sapi, ikan maupun ayam yang dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu. Kemudian sate ini dililitkan pada bambu lalu di bakar.

23. Sate Ragey

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Ragey

Photo via uchadisini.blogspot.com

Sate Ragey adalah sate khas Manado, dimana Ragey sendiri memiliki artis besar. Sate ini memiliki potongan daging yang lumayan besar dan biasanya terbuat dari daging babi. Karena menjadi makanan khas, sate ini kerap ada di setiap acara di Sulawesi Utara.

24. Sate Taichan

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Taichan

Photo via instagram.com/henjiwong

Beberapa waktu yang lalu sate ini sempat viral di media sosial. Sate Taichan ini adalah sate ayam yang dibakar tanpa bumbu kecap maupun kacang. Sate ini hanya disajikan dengan sambal, garam dan perasan jeruk nipis saja.

25. Sate Tegal/Sate Baibul

Aneka Jenis Sate Di Indonesia - Sate Tegal atau Sate Baibul

Photo via phinemo.com

Sate Tegal/Sate Baibul adalah sate yang terbuat daru daging kambing muda yang berumur 5 bulan. Dimana dagingnya biasanya dipanggang satuan kodi dan disajikan dua tusuk sate dengan irisan empat potong daging dan lemak. Terkadang juga diganti dengan jeroan kambing. Sate ini disajikan dengan kecap manis yang diencerkan dan dicampur dengan irisan bawang merah, cabai, tomat hijau dan nasi putih.

Itulah beberapa aneka jenis sate yang ada di Indonesia yang wajib kamu cicipi. Gimana enak-enak kan sate-sate diatas?

Artikel Terkait