Jus Buah Yang Lezat, Sehat Dan Murah Yang Bisa Kamu Buat di Rumah

1 bulan lalu, by blogunik

Jus Buah Yang Lezat, Sehat Dan Murah

Cara yang paling seru untuk mengkonsumsi buah adalah dengan mengolahnya menjadi jus. Jus buah termasuk salah satu minuman segar pelepas dahaga, terutama jika diminum tengah hari ketika matahari sedang terik. Selain rasanya enak dan segar, banyak orang yang gemar minum jus buah karena ingin memperoleh berbagai manfaat baiknya.

Bahkan ada banyak orang yang memadukan beberapa jenis buah dan sayur-sayuran untuk dijadikan segelas jus segar yang kaya manfaat. Selain enak, dan menyegarkan, kandungan nutrisi alami dari buah dan sayur juga mampu menstabilkan kesehatan tubuh dan berat badan secara maksimal.

Nah buat kamu yang susah memakan buah secara langsung, jus buah bisa menjadi alternatif yang tepat agar tubuh tetap mendapatkan segala nutrisi baik dari buah. Untuk itu, berikut beberapa rekomendasi jus buah yang lezat, sehat dan murah yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Let’s check it out guys!

1. Jus stroberi mix wortel

Jus Buah Yang Lezat, Sehat Dan Murah - Jus stroberi dan wortel

photo via zestysouthindiankitchen.com

Rekomenasi jus buah lezat, dan sehat yang pertama adalah jus buah stroberi yang dicampur dengan wortel. Seperti yang kita tahu, stroberi memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, mulai dari baik untuk diet karena rendah kalori, serta memiliki zat antioksidan yang baik sebab stroberi tinggi akan vitamin C. Begitupula dengan wortel. Wortel terkenal akan kandungannya yang baik untuk mata.

Untuk membuat jus stroberi campur wortelpun sangat mudah, kamu hanya memerlukan 6 buah stroberi segar, 2 wortel ukuran besar, ½ cangkir yogurt plain serta es batu. Campur semua bahan dan blender hingga halus merata. Tuang dalam gelas dan minum selagi dingin.

2. Jus alpukat campur seledri, timun dan lemon

Jus Buah Yang Lezat, Sehat Dan Murah - Jus alpukat campur seledri, timun dan lemon

photo via en.clipdealer.com

Kombinasi jus buah dan sayur ini tidak hanya akan menyegarkan saja, tapi tentu juga menyehatkan. Alpukat merupakan buah dengan kandungan berbagai nutrisi mulai dari vitamin K, vitamin C, vitamin B5, vitamin B6, vitamin E, dan kalium. Alpukat juga memiliki kandungan asam oleat, asam lemak yang baik untuk kesehatan jantung. Menambahkan lemon pada jus ini artinya kamu mendapatkan tambahan asupan vitamin C dan juga antioksidan.

Sedangkan untuk seledri, perannya adalah untuk meningkatkan asupan elektrolit. Dan timun bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan memberikan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C.

Kombinasi jus inipun bisa dengan mudah kamu buat dirumah, karena bahan-bahannya yang sangat mudah ditemukan dan tentu saja harganya terjangkau. Kamu hanya memerlukan 2 buah alpukat, 1 cup seledri, 1 buah timun, 1 buah lemon lalu diblender. Kamu juga bisa menambahkan es batu untuk mendapatkan jus yang lebih segar.

3. Jus belimbing campur strawberry

Jus Buah Yang Lezat, Sehat Dan Murah - Jus belimbing campur strawberry

photo via medium.com

Kombinasi jus buah lezat dan menyehatkan berikutnya terdiri dari belimbing dan strawberry. Belimbing adalah buah yang kaya nutrisi mulai dari vitamin C, vitamin B kompleks, dan juga kalium. Belimbing juga memiliki kalori yang rendah. Sedangkan strawberry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan nutrisi lainnya seperti vitamin C, mangan, folat, dan kalium. Untuk dapat menikmati jus segar dan menyehatkan ini, kamu perlu menyiapkan 1 cup strawberry, 1 cup belimbing, dan es batu secukupnya kemudian blender.

4. Jus buah naga campur yakult

Jus Buah Yang Lezat, Sehat Dan Murah - Jus buah naga campur yakult

photo via youtube.com (Nada Kitchen)

Buah naga merah merupakan pembersih racun alami dari dalam tubuh. Selain itu dapat menurunkan tekanan darah, menyehatkan kulit, melancarkan pencernaan, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu buah naga merah juga sangat mudah ditemukan di Indonesia. Sedangkan Yakult adalah minuman probiotik sejenis yogurt sebagai hasil fermentasi susu skim dan gula menggunakan bakteri Lactobacillus casei. Minuman ini sangat baik untuk pencernaan karena bakteri jenis ini membantu melancarkan pencernaan tubuh. Kedua bahan jus ini sangat mudah ditemukan di Indonesia dan harganya pun sangat murah.

Untuk membuat kombinasi jus buah naga dan yakult yang menyegarkan dan berkhasiat ini, kamu hanya perlu menyiapkan 500 gram daging buah naga merah, 200 ml yakult dan 3 butir es batu, kemudian blender semua bahan sampai menjadi jus yang lembut. Tuangkan jus ke dalam gelas dan sajikan dalam keadaan dingin. Tidak perlu disaring.

5. Jus pepaya mix alpukat

Jus Buah Yang Lezat, Sehat Dan Murah - Jus pepaya mix alpukat

photo via istockphoto.com

Buat kamu yang susah makan pepaya ataupun alpukat secara langsung, kamu bisa mengolah kedua buah tersebut menjadi segelas jus buah yang segar dan menyehatkan. Pepaya mengandung karotenoid yang dapat bertindak sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas. Rasa manis dari pepaya juga dapat membantu memberikan cita rasa pada kombinasi jus buah ini.

Sedangkan alpukat merupakan buah dengan kandungan berbagai nutrisi mulai dari vitamin K, vitamin C, vitamin B5, vitamin B6, vitamin E, dan kalium. Alpukat juga memiliki kandungan asam oleat, asam lemak yang baik untuk kesehatan jantung.

Cukup dengan menghaluskan atau memblender, 1 cup pepaya, 1 buah alpukat matang serta 1 gelas air dan bisa juga ditambahkan es batu dan perasan lemon agar lebih segar.

6. Jus pepaya campur nanas dan lemon

Jus Buah Yang Lezat, Sehat Dan Murah - Jus pepaya campur nanas dan lemon

photo via veientilhelse.no

Masih menggunakan pepaya nih guys. Kombinasi pepaya dan nanas memiliki kandungan enzim proteolitik, enzim yang membantu memecah protein. Pepaya juga membantu mengatasi sembelit. Sedangkan lemon menyumbang asupan vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh. Kombinasi jus buah ini sangat baik untuk sistem pencernaan dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Seperti yang disebutkan, kita hanya memerlukan 1 cup pepaya, 1 cup nanas, dan 1 buah lemon. Blender pepaya dan nanas lalu berikan perasan lemon. Kamu juga bisa menambahkan es batu agar jus terasa lebih segar.

7. Jus jeruk campur yogurt

Jus Buah Yang Lezat, Sehat Dan Murah - Jus jeruk campur yogurt

photo via notenoughcinnamon.com

Seperti yang diketahui, buah jeruk kaya akan vitamin C yang baik untuk menjaga sistem ketahanan tubuh. Sedangkan yogurt dengan kandungan protein, mineral, dan vitamn B, bisa menjaga sistem pencernaan kita tetap baik. Tentu hal itu merupakan perpaduan yang sangat baik untuk melawan penyakit yang ingin masuk dalam tubuh.

Cara membuat jus jeruk campur yogurt inipun sangat mudah, kamu hanya perlu memasukan es batu secukupnya ke dalam blender, kemudian peras 1 buah jeruk, tambahkan 1/4 gelas yogurt rendah lemak, kemudian masukan 2 sdm jus jeruk konsentrat dan yang terakhir, bubuhkan 1/4 sdt vanila ekstrak. Blender bahan hingga menjadi jus. Lalu nikmati dalam keadaan dingin.

8. Jus semangka mix lemon

Jus Buah Yang Lezat, Sehat Dan Murah -Jus semangka mix lemon

photo via cookingclassy.com

Kalau matahari sedang terik, mengonsumsi jus semangka memang pilihan yang tepat. Selain menyegarkan buah semangka juga tinggi antioksidan penting seperti beta-karoten dan likopen, serta citrulline dan asam amino yang sama pentingnya untuk kesehatan tubuh. Menambahkan lemon pada jus ini artinya kamu mendapatkan tambahan asupan vitamin C dan juga antioksidan.

Cara membuat jus buah inipun sangat mudah, kamu hanya memerlukan 2 cup semangka, 1 buah lemon dan daun mint. Masukan semangka ke dalam blender lalu berikan perasan lemon, blender sampai halus, jika ingin, kamu bisa menambahkan es batu sesuai selera. Sebelum menuangkan ke dalam gelas, remukkan beberapa lembar daun min di dalam gelas lalu tuangkan jus, aduk sedikit dan minum dalam keadaan segar.

9. Jus mangga campur buah naga

Jus Buah Yang Lezat, Sehat Dan Murah - Jus mangga campur buah naga

photo via istockphoto.com

Rekomendasi jus buah yang enak dan menyehatkan berikutnya adalah jus mangga campur buah naga. Mangga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, konsumsi satu cup mangga memenuhi lebih dari setengah kebutuhan vitamin C harian. Mangga juga memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti tembaga, folat, vitamin B6, vitamin A, vitamin E, vitamin B5, vitamin K, dan masih banyak lagi.

Buah naga memiliki sifat antibakteri dan antijamur sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi. Kombinasi jus buah mangga dan buah naga sangat cocok untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cukup dengan memblender 1 cup mangga matang, 1 cup buah naga serta ½-1 gelas air atau bisa juga menambahkan dengan es batu. Jus ini akan membuat kamu segar kambali.

10. Jus melon campur apel hijau dan susu

Jus Buah Yang Lezat, Sehat Dan Murah - Jus melon campur apel hijau dan susu

photo via delicious.com.au

Satu lagi rekomendasi jus buah yang lezat, menyehatkan serta mudah dibuat sendiri dirumah adalah jus melon yang dicampur dengan apel hijau dan susu. Melon dan susu memiliki kandungan kalsium yang baik untuk kekuatan gigi dan tulang. Kandungan kalsium yang tinggi dalam melon juga dipercaya dapat membantu meredakan hipertensi.

Sedangkan apel hijau adalah buah dengan kandungan serat yang tinggi yang dapat membantu memelihara sistem pencernaan dan menurunkan risiko berbagai penyakit saluran pencernaan. Serat juga sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Perpaduan buah ini sangat baik untuk konsumsi setiap hari. Cara membuatnyapun sangat mudah, kamu hanya perlu mamsukan 1 cup melon ke dalam blender lalu tambahkan 1 buah apel hijau yang telah dipotong kecil-kecl, lalu tuangkan 1 gelas susu low fat. Kemudian blender hingga menjadi jus. Kalau kamu suka dingin kamu bisa menambahkan es batu ke dalam jus.

Nah itulah 10 rekomendasi jus buah yang lezat dan menyehatkan yang bahan-bahannya sangat mudah ditemukan dan harganyapun sangat terjangkau alias murah. Sehingga kamu bisa membuat jus sehat dan menyegarkan sendiri di rumah. Selamat mencoba guys!

Artikel Terkait