Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di Rumah dengan Lahan yang Sempit

Dibuat oleh blogunik

Belakangan ini kegiatan berkebun mulai diminati banyak orang apalagi setelah munculnya pandemi Covid 19. Selain mengisi waktu luang selama di rumah aja, berkebun juga akan memberikan banyak keuntungan. Apalagi yang kamu tanam adalah sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain menyehatkan karena bebas dari pestisida, kamu juga bisa menghemat pengeluaran rumah tangga untuk belanja sayuran dan buah-buahan tiap minggu atau tiap bulannya.

So, daripada waktu luangmu terbuang dengan hal-hal yang tidak berguna, mendingan kamu mulai membuat kebun sayur dan buah di pekarangan rumah kamu. Terhalang lahan yang sempit? Tenang, pasalnya meski luas pekarangan rumah kamu sempit, dengan penataan yang kreatif kamu bisa kok menanam banyak sayuran. Ada banyak inspirasi kebun sayur dan buah di rumah dengan lahan yang sempit yang bisa kamu tiru, seperti di bawah ini!

1. Kebun sayur di balkon

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit

photo via trees.com

Sebagai pengganti halaman belakang, kamu bisa memanfaatkan area balkon sebagai kebun sayur mini dirumah kamu. Kamu bisa memilih jenis-jenis sayuran dan buah-buahan yang tak terlalu banyak memakan tempat. Gunakan pot atau box planter dan tata dengan rapi. Kamu juga bisa menggunakan teralis tanaman untuk menopang tanaman-tanaman seperti tomat, atau sayuran merambat lainnya agar lebih tertata dan terlihat indah.

2. Vertikal garden untuk lahan yang sempit

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit

photo via homestratosphere.com

Memiliki pekarangan yang sempit, bukan penghalang untuk memiliki kebun sayur sendiri. Kamu bisa membuat model vertical garden sebagai solusi yang tepat. Tentukan dinding untuk ditanami vertical garden dan pastikan dinding tersebut kuat untuk menopang beban media tanam dan tanaman. Ada banyak hal yang dapat kamu pilih untuk menanam sayuran dengan vertical garden, salah satunya kantung tanaman yang lebih murah dan efisien. Dengan kantung-kantung tanaman tersebut, kamu bisa menanam sayuran ataupun buah-buahan yang berbeda-beda.

3. Desain kebun sayur di belakang rumah yang sempit

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit

photo via archzine.net

Area belakang rumah yang rempit, juga bisa disulap menjadi kebun sayur dan buah. Kamu bisa menggunakan box planter sebagai tempat menanam sayuran agar terlihat lebih tertata dan terhindar dari rumput-rumput pengganggu di belakang rumah. Buat kamu yang akan menanam tomat atau sayuran jenis merambat, kamu bisa menambahkan teralis tanaman untuk menopang tanaman agar tidak merambat ke tanah dan membuat penampilan kebun jadi tidak beraturan.

4. Inspirasi kebun sayur di pekarangan yang sempit

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit

photo via ilmubudidaya.com

Meskipun pekarangan rumah kamu sempi dan sudah di semen semua, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki kebun sayur impian. Kamu bisa memenuhi pekarangan rumah kamu dengan pot-pot atau box planter yang ditanami jenis sayuran dan buah yang kamu inginkan. Hanya saja dalam menempatkan box planter, pastikan kamu memiliki jalan atau akses untuk menjangkau setiap tanaman.

5. Manfaatkan dinding rumah

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit

photo via decoor.net

Dinding rumah kamu yang polos juga bisa dirumah menjadi vertical garden untuk menanam sayur-sayuran yang kamu suka. Cukup tempelkan dinding kamu dengan pipa paralon atau box planter yang memanjang, maka kamu bisa memiliki kebun sayuran meskipun kamu tidak memiliki pekarangan yang luas.

7. Kebun sayur kecil yang estetik menggunakan ban bekas

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit

photo via comofazeremcasa.net

Buat kalian yang memiliki ban bekas yang tak terpakai, kamu bisa memanfaatkan ban tersebut sebagai pengganti pot yang estetik. Kamu bisa menata ban-ban tersebut secara bertingkat untuk menghemat tempat. Kamu juga bisa mengecat ban-ban tersebut agar terlihat lebih cantik dan menempatkannya disudut kebun.

8. Inpirasi kreatif kebun sayur dan buah dengan botol plastik bekas

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit

photo via homehacks.co

Botol plastik bekas juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat vertical garden yang cantik dan tentunya lebih menghemat tempat. Kamu bisa menempelkan botol-botol platik tersebut di dinding yang akan dijadikan kebun secara vertical. Kamu bahkan bisa menanam berbagai jenis sayuran dan buah seperti stroberi di kebun mini kamu.

9. Cara cerdas menanam banyak sayuran di lahan yang terbatas

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit

photo via theheartysoul.com

Teras depan rumah kamu kosong? Meski sempit kamu bisa menjadikannya tempat untuk berkebun lho. Untuk menghemat tempat kamu bisa menggunakan model vertical garden dengan menggunakan kantong-kantong tanaman. Kamu juga bisa menggunakan banyak kantong tanaman yang menempatkannya seperti pada gambar diatas.. Ini merupakan cara cerdas untuk menanam banyak sayuran di lahan yang terbatas.

10. Tak punya halaman, area dapur juga bisa dijadikan kebun sayur

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit

photo via bobvila.com

Buat kalian yang tidak memiliki pekarangan rumah, area dapur juga bisa menjadi kebun sayur yang mini dengan penempatan yang tepat. Seperti biasa, kamu bisa menggunaan kantong tanaman dan isi dengan sayura-sayuran yang kamu inginkan. Hal yang paling umum untuk ditanam di dekat dapur adalah tanaman-tanaman herba yang sering digunakan seperti basil, mint, cilantro, rosemary dll.

11. Small hydroponic garden di depan rumah

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit

photo via rexgarden.com

Hanya ada sepetak kecil pekarangan di depan rumah? Tenang, kamu bisa menggunakan model hydroponic garden yang bertingkat. Ada banyak bentuk hydroponic garden yang bisa disesuaikan dengan luas rumah kamu, namun yang bertingkat bisa menjadi solusi yang tepat untuk lahan yang sempit. Dengan model hydroponic, kamu bisa mendapatkan sayuran yang bersih bahakan kamu tak perlu repot menyianginya dari rumput-rumput gulma.

12. Kebun sayur yang tertata rapi di lahan sempit

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit

photo via desertification.wordpress.com

Daripada dipenuhi rumput-rumput pengganggu, mendingan sulap pekarangan rumah kamu menjadi kebun sayur dan buah sebagai tempat penyimpanan sayuran yang hidup. Kamu bisa memanfaatkan botol-botol plastik bekas sebagai pengganti pot agar menghemat biaya. Jika tempatnya sempit, kamu juga bisa menyiasatinya dengan menempatkan tanama secara berundak dengan bantuan rak kayu. Bahkan kamu bisa menanam beragam jenis sayuran seperti kangkung, sawi, pokcoy, tomat hingga terong. Dengan kebun ini, kamu bisa lebih menghemat pengeluarakan rumah tangga.

13. Hanging garden yang hemat tempat

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit

photo via tuinieren.nl

Inspirasi kenun sayur dan buah untuk rumah dengan lahan yang sempit selanjutnya bisa dengan cara menggantung alias hanging garden. Selain menempelkannya didindin rumah secara vertical, kamu juga bisa menggantung tanaman sayur kamu. Bahkan kamu bisa menggantung dimana saja asalkan terkena sinar matahari yang cukup dan tidak mengganggu akses keluar masuk rumah. Dengan menggantung tanaman, kamu tentu akan mendapatkan lebih banyak tempat untuk menanam sayuran dirumah kamu yang sempit.

14. Kebun sayur yang menghias patio

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit

photo via trendir.com

Buat kalian yang memiliki area yang akan dibuat patio, alih-aling menanam tanaman hias, kamu bisa menggantinya dengan menanam sayur-sayuran lho. Bisa dengan gaya vertical gardeni yang akan membuat patio kamu semakin cantik dan estetik tanpa menghabiskan banyak tempat. Selain untuk menghias patio, sewaktu-waktu kamu bahkan bisa memanen sayuran saat diperlukan.

15. Kebun buah dan sayur berundak yang estetik

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit

photo via lucywillcoxgardendesign.com

Ingin memiliki kebun sayur yang estetik? Kamu bisa meniru cara menanam sayur seperti gambar diatas. Menggunakan box kayu yang dibuat secara berundak, kamu tak hanya mendapatkan kebun sayur yang estetik, kamu bahkan bisa duduk-duduk santai di kebun tersebut. Ini juga bisa menjadi cara tepat untuk lebih menghemat tempat.

16. Area rooftop bisa menjadi kebun sayur dan buah yang tepat

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit

photo via diynetwork.com

Teralis pembatas di rooftop rumah juga bisa dimanfaatkan sebagai vertical garden yang efisien. Dengan begitu, kamu masih bisa menggunakan area rooftop sebagai tempat kumpul-kumpul sekaligus sebagai kebun sayur dan buah yang menyegarkan.

17. Vertical garden yang bisa jadi tembok pemisah yang estetik

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit

photo via houzz.com.au

Kalau kalian tidak memiliki pekarangan rumah, kamu bisa membuat kebun vertikal di tembok pemisah antara rumah kamu dan rumah tetangga. Ini akan membuat pemandangan rumah kamu menjadi lebih hijau dan indah. Namun pastikan kamu menambahkan teralis pembatas agar tanaman sayur kamu tidak merambat hingga rumah tetangga.

18. Manfaatkan pot dan box plater

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit

photo via sangtaoxanh.net

Dengan memaksimalkan lahan serta menggunakan pot dan box planter kamu bisa memiliki kebun sayur meskipun lahan rumah kamu sempit. Kamu bahkan bisa menggunakan sudut balkon yang kosong sebagai kebun sayur mini kamu. Kamu bisa menggantung tanaman di teralis pembatas hingga menembatkannya secara berjejer menggunakan box planter. Dengan begini, kamu bisa memanen sayur tiap hari.

Nah itu dia beberapa inspirasi kebun sayur dan buah di rumah dengan lahan yang sempit. Tertarik memiliki kebun sayur mini dirumah kamu?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait