Kenapa Pinggang dan Kaki Kita Bisa Merasa Geli Saat Digelitik?

Dibuat oleh blogunik

Kalian pastilah pernah mengalami tertawa saat digelitik oleh orang lain pada bagian tertentu. Namun biasanya yang paling mudah terasa geli saat digelitik tentu saja bagian pinggang, ketiak dan juga telapak kaki. Namun tahukah kamu kenapa jika bagian-bagian tubuhmu itu disentuh menjadi terasa geli?

Meskipun begitu, mungkin tidak semua orang memiliki spot atau titik rasa geli yang sama antara satu dengan lainnya. Karena masing-masing orang tentu saja memiliki tingkat rasa geli yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Bahkan ada juga seseorang yang memiliki tingkat rasa geli yang begitu rendah hingga ia tidak merasa geli sama sekali saat disentuh ataupun digelitik pada spot-spot tersebut.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Untuk telapak kaki dan ketiak sendiri merupakan dua daerah yang ada didalam tubuh kita yang amat sensitif dengan sentuhan. Hal tersebut terjadi karena pada bagian ini memiliki konsentrasi Meissner’s corpuscles yang lebih tinggi. Ujung dari saraf ini akan membuat telapak kaki memiliki kadar geli yang lebih tinggi daripada bagian tubuh lainnya.

Dengan banyaknya saraf-saraf yang ada pada telapak kaki kususnya, membuat telapak kaki kita menjadi mudah untuk geli jika digelitik ataupun dihelus. Sebagai contoh lebih mudahnya adalah pijat refleksi yang mana pijat refleksi biasanya dilakukan pada bagian telapak kaki yang diketahui memiliki saraf yang menghubungkannya dengan organ-organ tubuh kita lainnya.

photo via : www.dailymail.co.uk

Biasanya, bagian-bagian tubuh yang mudah gelimerupakan tempat yang amat rentan dengan adanya serangan dari luar karena banyaknya saraf maupun pembuluh darah yang ada disekitar bagian tubuh tersebut. Contoh saja bagian ketiak yang amat mudah geli, bagian ini mengandung berbagai pembuluh darah dan juga arteri yang memungkinkan akses yang leluasa menuju jantung. Pembuluh darah yang ada di ketiak sendiri merupakan pembuluh darah yang langsung menuju ke jantung karena tulang rusuk sangkar sudah tidak lagi memberikan perlindungan pada bagian tersebut.

Tentu saja hal tersebut berlaku untuk bagian-bagian tubuh yang lainnya seperti pada bagian leher juga terdapat pembuluh darah yang banyak dan sel-sel saraf yang banyak yang membuatnya sensitif pada sentuah luar. Meskipun disebut sebagai bagian tubuh yang sensitif, namuyn bagian-bagian yang tergelitik tersebut juga berhubungan dengan otak kecil. Selain itu, saat seseorang merasa geli saat digelitik tersebut, tubuh berada dalam posisi pannick attack.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Yang mana pada posisi ini, otak kita tidak tahu akan adanya serangan dari luar. Makanya kalau kamu menggelitik diri senidiri, pasti tidak akan terasa geli, karena otak kita sudah mengenali serangan dari luar tersebut. Namun untuk respon tertawa saat digelitik sendiri itu lebih dikarenakan oleh faktor sosial dan bukan lah faktor biologis tubuh manusia. Kenapa disebut sebagai sebuah faktor sosial, karena kita akan tertawa saat digelitik oleh orang terdekat kita saja dan jika tiba-tiba ada orang yang tidak dikenal beruasaha untuk mengelitik kita, tentu saja respon alami yang ada bukanlah tertawa, melainkan marah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.