Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Oleh Pengguna Smartphone

    Teknologi
Iklan

Smartphone sebenarnya adalah sebuah kebutuhan sekunder, tapi dijaman teknolgi dan informasi seperti sekarang, kehadiran smartphone dalam setiap prilaku dan kehidupan masyarakatnya menjadi sebuah fenomena yang biasa ataupun lumbrah.

kehadiran smartphone amat sulit dipisahkan dalan kehidupan sehari hari kita. dari mulai bangun tidur hingga kita kembali tertidur di malam jari selalu mendampingi kita.

Dalam aktivitas kita sehari – hari, kehadiran smartphone amat membantu, mulai dari urusan kantor, pribadi, hingga untuk sekedar menghilangkan stress dan penat yang kita rasa.

Sayangnya, masih ada beberapa kesalahan yang kita anggap wajar dan sering kali kita lakukan. walaupun bukan merupakan hal yang watal, namun beberapa kesalahan ini sebenarnya bisa kita hindari. Untuk menghindari dampak buruk yang bisa di alami, mari kita lihat satu persatu kesalahan – kesalahan ini yang sering kita kali kita lakukan tanpa kita sadari.

1. Pakai Paket Data Harian, Tekor-tekor deh

Smartphone tanpa koneksi internet itu ‘nggak guna’, karena hampir semua aplikasi dan fitur canggihnya harus terhubung dengan internet. Jadi, smartphone memang boros kuota.

Lucunya, operator masih menyediakan paket internet harian dengan kuota kecil. Nah kesalahan pengguna smartphone pertama yang harus kamu hindari adalah menggunakan paket data harian.

Kalau lagi kepepet dan nggak punya doku sih ya nggak apa-apa sih. Tapi, sebaiknya beli paket internet bulanan jauh lebih hemat dan menguntungkan.

2. Pakai Internet Unlimited, Nggak Taunya Jebakan Batman

Maksud hati ingin streaming YouTube, mendengarkan lagu melalui Spotify, dan akses media sosial sepuasnya dengan memilih paket internet unlimited. Sayangnya, banyak pengguna yang terjebak oleh ketentuan paket unlimited.

Jangan lupakan FUP (fair usage policy) alias batas pemakaian wajar. Setelah batas FUP tercapai, kecepatan internet kamu bakal turun drastis. Kalau menurut pengalaman sih, bahkan buat sekedar browsing saja ‘lemotnya minta ampun’, jadi lebih baik pakai paket kuota.

3. Nggak Mau Pakai Case, Jatuh Penyok

Zaman sekarang kebanyakan smartphone sudah pakai bahan kaca berpadu metal, yang membuat tampilan smartphone kita itu keren banget. Sayangnya, cukup licin ketika dipegang.

Nah nggak mau pakai case dan anti gores juga merupakan kesalahan pengguna smartphone. Walau disayang-sayang, tetap saja kamu pasti pernah kan tidak sengaja menjatuhkan smartphone?

Kalau mau smartphone awet dan nggak baret, penyok, hingga retak. Pakai case itu wajib deh.

4. Minjem Charger Teman, Ngerepotin!

Fitur fast charging pada smartphone tentu menguntungkan pengguna ya, colok bentar baterai penuh. Namun ini harus pakai charger bawaan asli.

Kalau pinjem punya teman, itu repotin. Selain itu, kalau beda tipe smartphone apalagi charger KW, sebaiknya dihindari. Apalagi kalau smartphone kamu punya fitur fast charging dan pakai port USB Type C.

Proses pengisian yang lama bakal mengakibatkan panas berlebihan dan dalam jangka panjang bisa merusak smartphone. Kesalahan pengguna smartphone yang satu ini masih bisa dihindari.

5. Charger Pakai Powerbank, Nggak Ngeri Meledak ya?

Powerbank itu baiknya digunakan pada saat yang dibutuhkan, misalnya lagi traveling dan saat genting lainnya. Intinya, bukan digunakan setiap hari karena kita malas atau nggak rela meninggalkan smartphone sebentar untuk ngecas.

Ngecas smartphone pakai powerbank yang keseringan juga berpotensi merusak smartphone. Nggak ngeri meledak ya?

6. Main Smartphone Sambil Jalan, Emang Sayang Nyawa?

Kita harus belajar sedikit membatasi diri dalam menggunakan smartphone, khususnya kalau lagi di jalan. Baik itu kalau lagi jalan-jalan di mall, apalagi di jalan raya. Tersandung, menabrak orang lain, hingga kecelakaan bisa saja terjadi.

Menggunakan smartphone kala berjalan kaki tentunya memiliki risiko yang dapat mengancam keselamatan si pengguna dan memilik dampak buruk bagi kesehatan.

Kalau menurut penelitian terbaru, menggunakan smartphone ketika jalan kaki dapat menyebabkan berubahnya gaya berjalan yang aneh dan tidak wajar. Selengkapnya, bisa kamu baca di artikel berikut.

7. Menggunakan Smartphone Sampai Larut Malam, Serem Deh

Kebisaan menggunakan smartphone menjelang tidur dan sampai larut malam juga termasuk kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone. Tanpa disadari, ada banyak resiko yang cukup berbahaya.

Mulai dari kelelahan otak, kerusakan mata, kurang tidur hingga mengakibatkan depresi. Solusi dari Jaka sih cobain deh dalam seminggu sekali, matikan smartphone, simpan, dan cobalah tidur lebih cepat. Rasakan sendiri perbedaannya.

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >