22 Kue Khas Makassar Yang Pastinya Menggugah Selera

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Ada yang pernah berkunjung ke Makassar? Ketika berkunjung ke sini tak lengkap rasanya jika tidak mencoba kulinernya yang lezat-lezat. Makassar tidak hanya memiliki makanan berat seperti coto Makassar atau es pisang ijo saja. Namun juga memiliki kue khas yang wajib dicobain ketika datang kesini. Kue-kue-nya ini memiliki rasa yang gurih dan manis sehingga banyak di buru oleh para wisatawan maupun warga lokal. Lantas, kue apa saja sih yang wajib dicicipi? Berikut ini aneka kue khas Makassar yang menggugah selera.

22 Kue Khas Makassar

1. Kue Biji Nangka

Aneka Kue Khas Makassar

photo via sajiansedap.grid.id

Kue khas Makassar pertama ada kue Biji Nangka, kue ini memiliki warna kuning dan bentuknya seperti biji nangka. Terbuat dari kentang, kenari, gula pasir, telur dan sedikit pewarna makanan untuk mempercantik tampilan.

Pertama-tama kentang dihancurkan kemudian ditambahkan bumbu pelengkapnya setelah itu dibentuk seperti biji nangka. Agar mengkilap diatasnya dioleskan dengan kuning telur bebek yang ditambah dengan air gula. Kue Biji Nangka ini memiliki rasa yang manis dan gurih.

Umumnya kue ini sering ada di acara adat Bugis seperti acara pernikahan. Biasanya kue ini disantap dalam keadaan dingindan akan lebih nikmat karena diberik kenari yang dicincang halus.

2. Kue Baje

Aneka Kue Khas Makassar

photo via irsanbook.blogspot.com

Buat yang ingin mencicipinya, kalian bisa membelinya di pasar tradisional yang ada di Makassar. Kue ini terbuat dari tepung beras ketan yang nantinya dicampur dengan gula merah serta diberi parutan kelapa. Rasanya yang manis dari gula merah dipadukan dengan gurih dari parutan kelapa, membuat kue baje ini banyak dicari oleh wisatawan. Umumnya mereka menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh setelah berkunjung ke Makassar.

3. Kue Buroncong

Aneka Kue Khas Makassar

photo via makassarkuliner.com

Selanjutnya ada kue Buroncong, kue primadona di Makassar ini selalu menjadi kue favorit-nya warga lokal dan wisatawan. Jika diperhatikan, banyak yang mengira jika kue buroncong ini kue pukis. Kue buroncong ini terbuat dari tepung terigu, garam, santan, gula dan parutan kelapa. Teksturnya lembut dan rasanya manis serta gurih, sekali mencicipinya kamu akan ketagihan deh!

4. Kue Baruasa

Aneka Kue Khas Makassar

photo via akbarpost.com

Kue kering ini biasanya disajikan untuk upacara keagamaan atau acara pernikahan. Kue khas Makassar ini memiliki bentuk bulat, untuk rasanya sendiri cukup gurih dan manis. Kue Baruasa ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan parutan kelapa yang disangrai. Setidaknya ada 2 varian dari kue baruasa ini yaitu menggunakan gula merah dan gula pasir.

5. Kue Bolu Rampah

Aneka Kue Khas Makassar

photo via makassarkuliner.com

Bolu Rampah merupakan salah satu kue khas Makassar yang enak. Kue ini memiliki bentuk seperti bolu pada umumnya dan memiliki tekstur yang mirip. Hanya saja dalam kue ini ditambahkan bubuk rempah yang menambah rasa renyah.

6. Kue Barongko

Aneka Kue Khas Makassar

photo via cookpad.com

Kue ini terbuat dari buah pisang yang dihaluskan kemudian dicampur dengan gula, telur serta santan. Setelah diaduk merata, adonan ini dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus hingga matang. Kue khas suku Bugis ini memiliki aroma yang enak dan sangat nikmat jika disantap dalam keadaan dingin.

7. Kue Cucuru Bayao

Aneka Kue Khas Makassar

photo via sajiansedap.grid.id

Hingga saat ini kue khas Makassar ini masih banyak digemari, dimana kue ini bernama Cucuru Bayao. Dalam bagasa Makassar “cucuru” berarti kue dan “bayao” berarti telur sehingga artinya adalah kue dengan bahan dasar telur. Kue ini memiliki rasa manis sehingga banyak disukai khususnya anak-anak. Selain menggunakan telor, kue ini dicampurkan juga dengan kenari, gula pasir dan susu. Bentuk dari kue ini sendiri bulat pipih dan warnanya kuning tua dengan tekstur kue yang cukup lembut. Buat kamu yang ingin membelinya, kamu bisa mengunjungi pasar tradisional Makassar.

8. Kue Cucuru Golla Eja

Kue ini bisa kamu dapatkan di pasar-pasar tradisional Makassar dan harganya pun sangat terjangkau. Kue Cucuru Golla Eja ini sekilas mirip dengan cucur coklat karena warnanya. Kue ini banyak disukai karena memiliki tekstur yang lembut dan kenyal serta rasanya cukup manis.

9. Kue Dange

Aneka Kue Khas Makassar

photo via resepkoki.id

Konon kue ini sudah sangat sulit ditemui, kue ini merupakan jajanan tradisional khas Pangkep Makassar. Dulu kue ini sangat populer karena sempat dijadikan makanan pokok. Kue ini terbuat dari olahan tepung ketan hitam yang dicampur dengan parutan kelapa, gula merah dan garam. Rasanya manis legit dan sedikit gurih, cocok untuk teman minum teh atau kopi.

10. Kue Duri Durian

Aneka Kue Khas Makassar

photo via resepmakanta.blogspot.com

Kue ini diberi nama tersebut sebab bentuknya mirip durian dan terbuat dari durian. Kue Duri Durian ini memiliki beberapa versi yaitu panggang, goreng dan kukus. Rasanya sudah pasti enak terlebih jika kamu memang pecinta buah durian.

11. Kue Jalangkote

Aneka Kue Khas Makassar

photo via kids.grid.id

Kalau dilihat-lihat kue ini mirip sekali dengan pastel, namun meskipun rupa sama mereka berbeda. Jalangkote memiliki kulit yang lebih tebal dan memiliki isian yang berbeda dari pastel karena diberi tambahan toge dan laksa. Teksturnya sendiri lebih renyah dan rasanya gurih. Tak hanya berisi sayuran, jalangkote juga berisi telur rebus dan daging cincang. Untuk menikmati kelezatannya, jalangkote biasanya dinikmati bersama cuka dan cabe. Rasa asam dan pedas pun bercampur jadi satu, sehingga membuat ketagihan.

12. Kue Kurma

Aneka Kue Khas Makassar

photo via bwmbumdes.com

Ada yang menarik dari kue khas Makassar satu ini, dimana kuenya sama sekali tidak mengandung kurma. Kue kering ini cukup terkenal dan dijadikan oleh-oleh khas Makassar.

13. Kue Maros

Aneka Kue Khas Makassar

photo via shopee.co.id

Kue Maros merupakan kue khas Makassar tepatnya di daerah Maros disebelah utara kota Makassar. Kue ini memiliki bentuk bulat yang menyatu satu sama lain dan didalamnya berisi selai yang nikmat. Kue Maros ini akan lebih nikmat jika disantap dalam keadaan masih hangat. Jika kamu ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh, lebih baik jangan dibiarkan berlama-lama diruangan terbuka karena kue ini tidak akan awet di suhu ruangan.

14. Kue Putu Cangkiri

Aneka Kue Khas Makassar

photo via makassarguide.com

Kue khas Makassar ini wajib kamu cobain yaitu Putu Cangkiri. Kue ini terbuat dari beras ketan dan memiliki bentuk seperti cangkir yang diletakkan terbalik. Kue ini sering diburu untuk sarapan atau camilan di malam hari. Rasanya manis dan gurih cocok teman minum kopi atau teh.

15. Kue Pelita/Tetu

Aneka Kue Khas Makassar

photo via fimela.com

Jajanan ini biasanya sering sekali dijadikan takjil ketika bulan puasa. Kue pelita atau tetu ini terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan dibungkus daun pandan. Untuk mencicipinya, kamu bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional dan harganya cukup terjangkau.

16. Kue Pawa

Aneka Kue Khas Makassar

photo via sajiansedap.grid.id

Pawa atau bakpao mini ini juga sering sekali ditemukan di Makassar. Kue ini memiliki isian yang cukup beragam dan rasanya sangat enak.

17. Kue Sikaporo

Aneka Kue Khas Makassar

photo via dassnews.com

Kue Sikaporo merupakan kue khas Makassar yang wajib kamu cicipi. Kue ini memiliki tampilan yang cantik dengan warna cerah yaitu kuning dan hijau yang dicetak dalam loyang berbentuk kelopak bunga. Kue khas Bugis ini terbuat dari tepung beras, pasta pandan , telur, gula serta santan. Pada awalnya, kue ini dijadikan sebagai santapan untuk para bangsawan. Tapi kini kue ini bisa dinikmati oleh semua orang. Kue Sikaporo ini juga kerap ada di acara besar seperti pernikahan karena dijadikan simbol keharmonisan dan kesederhanaan rumah tangga.

18. Kue Srikaya

Aneka Kue Khas Makassar

photo via cookpad.com

Walaupun bernama kue srikaya, kue ini tidak terbuat dari srikaya melainkan terbuat dari gula merah, putih telur, santan dan kacang saja. Namun sayangnya kue ini sudah sangat jarang ada di jual.

19. Kue Sunting

Aneka Kue Khas Makassar

photo via hesti-myworkofart.blogspot.com

Next ada kue sunting, kue ini mirip dengan barongko hanya saja lebih tebal karena menggunakan tepung. Selain tepung, kue ini juga menggunakan pisang khususnya pisang kapok. Untuk yang ingin mencicipi kue ini kalian bisa datang ke toko-toko kue di Makassar atau toko oleh-oleh.

20. Kue Taloba

Aneka Kue Khas Makassar

photo via merahputih.com

Kue khas Makassar ini ternyata sudah ada sejak tahun 1930, kue ini ternyata diciptakan oleh permaisuri Raja Bone yang ke-32. Dulu ketika membuat kue ini, permaisuri selalu mengawasinya bahkan mengukur takarannya. Kala itu, kue ini selalu hadir dalam acara-acara tertentu kerajaan. Kue Taloba ini memiliki warna kuning yang cantik dengan taburan kismis diatasnya. Rasanya manis dan teksturnya lembut serta kenyal. Tak heran jika banyak yang menyukai kue khas Makassar satu ini.

21. Kue Tara’jong

Aneka Kue Khas Makassar

photo via merahputih.com

Ketika bersantai, kue ini sangat cocok menemani terlebih sebagai teman minum kopi atau teh di sore hari. Kue khas Makassar ini berbahan dasar singkong dan mirip dengan getuk goreng.

22. Kue Tenteng

Terakhir ada kue tenteng sebagai salah satu kus khas Makassar yang enak. Kue ini cukup terkenal dan sempat menjadi primadona di era 80-an. Buat yang ingin mencicipinya, kue ini banyak dijual di pasar dengan harga yang cukup terjangkau.

Itulah aneka kue khas Makassar yang menggugah selera. Ketika kamu datang ke Makassar jangan lupa untuk mencicipi kue-kue diatas ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.