Makanan dan Minuman Khas Medan

4 bulan lalu

Medan merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia. Kota Medan memang memiliki keistimewaan sendiri mulai dari tempat wisatanya hingga kulinernya. Jika kamu berkunjung ke Medan tentunya tidak hanya menikmati tempat wisatanya saja, namun tentunya kamu harus mencicipi kuliner yang ada di Medan. Di Medan ada banyak sekali makanan dan minuman yang bisa kamu cicipi, seperti berikut ini makanan dan minuman khas Medan

 

1. Dolung-dolung Parapat

Makanan dan Minuman Khas Medan - Dolung-dolung Parapat

Photo via : https://idetraveling.com

Dolung-dolung Parapat merupakan salah satu makanan khas Medan, dimana makanan ini berasal dari Parapat, kota yang terletak di tepi Danau Toba. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang di dalamnya terdapat gula aren yang dicampur kelapa parut, kemudian dibungkus dengan daun bambu. Dolung-dolung Parapat ini sangat enak jika disajikan panas dan sangat cocok ditemani dengan teh hangat.

 

2. Roti Tawar Selai Srikaya Ganda

Makanan dan Minuman Khas Medan - Roti Tawar Selai Srikaya Ganda

Photo via : https://food.detik.com

Roti Tawar Selai Srikaya Ganda merupakan salah satu makanan khas Medan. Pematang Siantar juga memiliki makanan yang enak yaitu Roti Ganda dengan olesan srikaya dan meses. Kue ini dijual di toko legendaris yang sudah ada sejak tahun 1979 yang bernama Roti Ganda. Roti tawar disini fresh setiap harinya dan begitu juga dengan selainya, roti ini terasa tebal, empuk dan lembut.

 

3. Soto Medan

Makanan dan Minuman Khas Medan - Soto Medan

Photo via : https://www.reseptina.com

Soto Medan merupakan salah satu makanan khas Medan yang rasanya tidak kalah dengan yang ada di Jawa. Meskipun setiap daerah memiliki soto, namun soto Medan ini berbeda karena memiliki ciri khas kuah santan yang berwarna kuning kehijauan dengan jintan sebagai rempah andalannya. Untuk isiannya biasanya variatif ada yang menggunakan daging sapi, ayam dan udang.

 

4. Sirup Markisa

Makanan dan Minuman Khas Medan - Sirup Markisa

Photo via : https://www.bukalapak.com

Sirup Markisa merupakan salah satu minuman khas Medan. Minuman satu ini memang sudah terkenal di kalangan masyarakat. Minuman ini memiliki rasa manis dan segar yang terbuat dari buah markisa. Minuman ini juga bisa kamu jadikan untuk oleh-oleh. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

5. Kopi Sidikalang

Makanan dan Minuman Khas Medan - Kopi Sidikalang

Photo via : https://www.tokopedia.com

Kopi Sidikalang merupakan kopi kebanggaan masyarakat Sumatra Utara. Kopi ini berasal dari daerah Sidikalang, dimana daerah ini memiliki tanah subur, suhu udara yang sejuk dan curah hujan yang cukup. Kopi yang dihasilkan di daerah ini memiliki kualitas terbaik dan rasanya pun kuat karena mengandung kafein yang tinggi.

 

6. Pancake Durian

Makanan dan Minuman Khas Medan - Pancake Durian

Photo via : https://ummypancake.weebly.com

Pancake Durian merupakan salah satu makanan khas Medan. Pancake durian ini memiliki bentuk yang berbeda, pancake ini bentuknya seperti bantal. Untuk isian, pancake ini menggunakan daging durian medan yang dibalut dengan kulit tipis, kemudian dibekukan. Pancake ini bisa kamu jadikan pilihan untuk oleh-oleh, kamu tidak perlu khawatir karena baunya karena pancake durian ini tidak mengeluarkan aroma tajam.

 

7. Teri Medan

Makanan dan Minuman Khas Medan - Teri Medan

Photo via : https://www.tokopedia.com

Teri Medan merupakan salah satu makanan khas Medan, dimana makanan ini sangat enak dan kamu tidak akan berhenti memakannya. Teri Medan ini merupakan sejenis ikan yang kecil-kecil berwarna putih dan memiliki rasa yang gurih-gurih asin. Teri Medan ini biasanya di olah menjadi makanan seperti sambal teri atau yang lainnya. Kamu juga bisa membawa teri Medan ini sebagai oleh-oleh.

 

8. Kacang Sihobuk

Makanan dan Minuman Khas Medan - Kacang Sihobuk

Photo via : https://www.jualo.com

Kacang Sihobuk merupakan salah satu camilan khas Meda, dimana Kacang Sihobuk ini sebenarnya berasal dari Desa Sihobuk Taruntung Tapanuli Utara. Kacang ini memiliki rasa yang gurih dan lezat dan cara memasaknya pun unik. Kacang Sihobuk ini dimasak dengan pasir dalam kuali besar hingga garing merata.

 

9. Teh Susu Medan

Makanan dan Minuman Khas Medan - Teh Susu Medan

Photo via : http://adeknakemal.blogspot.com

Teh Susu Medan merupakan minuman khas Medan, dimana minuman ini banyak penggemarnya dari segala usia. Minuman ini terbuat dari susu kental manis, teh dan telur. Pertama-taman susu kental manis dituang ke dalam gelas lalu tambahkan gula dan masukan kuning telur, setelah itu campurkan bahan tersebut dengan blender. Kemudian taungkan teh panas ke dalam gelas yang berisi campuran tadi.

 

10. Bika Ambon Zulaikha

Makanan dan Minuman Khas Medan - Bika Ambon Zulaikha

Photo via : https://www.bukalapak.com

Bika Ambon Zulaikha merupakan salah satu makanan khas Medan, dimana banyak penggemarnya. Kue ini memiliki rasa yang enak dan tekstur yang lembut, jadi wajar saja jika banyak penggemarnya. Bika ambon merupakan kue dengan warna kuning dan permukaannya terdapat lubang-lubang kecil. Makanan ini sangat enak jika di temani dengan teh hangat.

 

11. Bolu Meranti

Makanan dan Minuman Khas Medan - Bolu Meranti

Photo via : https://bolumeranti.co.id/

Bolu Meranti merupakan salah satu makanan khas Medan yang biasanya paling banyak di incar oleh para wisatawan jika berkunjung ke Medan. Makanan ini memiliki berbagai macam varian rasa seperti blueberry, keju, stroberi, cokelat, moka, nanas dan kacang. Selain itu, bolu ini juga memiliki varian 3 in 1 yang terdiri dari rasa keju, blueberry dan cokelat.

 

12. Rujak Kolam

Makanan dan Minuman Khas Medan - Rujak Kolam

Photo via : https://travelingyuk.com

Rujak Kolam merupakan makanan khas Medan, dimana makanan ini merupakan salah satu dari beberapa street food yang terkenal. Rujak kolam ini dinamakan kolam karena orang yang berjualan rujak ini berada di dekat kolam Deli. Rujak ini memiliki rasa yang pedas dan segar dari buah-buahan yang terdapat di dalamnya.

 

13. Bakso Lembu

Makanan dan Minuman Khas Medan - Bakso Lembu

Photo via : https://www.qraved.com

Bakso Lembu merupakan salah satu makanan yang terbuat dari daging lembu yang diolah bersama tepung dan rempah-rempah. Bakso ini tidak kalah rasanya dengan bakso-bakso lainnya, yang uniknya dagingnya menggunakan daging lembu. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Nah dari daftar diatas kira-kira makanan dan minuman khas Medan yang mana yang kalian suka guys?

Facebook Comments

Baca Juga