20 Makanan Khas Sunda Yang Lezat Dan Bikin Ketagihan

3 minggu lalu, by blogunik

Makanan Khas Sunda Yang Lezat

Indonesia dikenal memiliki berbagai macam suku dan salah satunya yaitu Sunda. Jika berbicara tentang kuliner, makanan khas Sunda di dominasi dengan rasa yang manis. Namun selain didominasi dengan rasa manis, makanan khas Sunda juga memiliki cita rasa gurih asin, asam segar dan pedas. Kira-kira makanan khas Sunda apa saja yang enak. Nah, berikut ini ada beberapa makanan khas Sunda yang lezat dan bikin ketagihan yang wajib kamu cicipi

1. Batagor

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Batagor

Photo via tipscaramembuat.blogspot.com

Batagor adalah salah satu makanan khas Sunda yang lezat dan sudah sangat populer hampir di seluruh Indonesia. Makanan satu ini sebenarnya cukup mirip dengan baso tahu karena sama-sama disajikan dengan saos kacang. Tapi yang membedakannya adalah cara memasaknya dimana baso tahu digoreng sehingga jadilah batagor singkatan dari baso tahu goreng. Makanan ini juga dilengkapi dengan irisan mentimun, saos kacang dan perasan jeruk purut. Kalian bisa bayangkan betapa enaknya makanan satu ini.

2. Baso Tahu

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Baso Tahu

Photo via pergikuliner.com

Makanan satu ini tidak boleh kamu lewatkan yaitu baso tahu. Baso tahu ini terbuat dari adonan ikan yang dimasukkan ke dalam tahu kemudian di kukus. Baso tahu ini biasanya disajikan dengan saos kacang yang nikmat serta gurih dengan rasa sedikit pedas juga. Pada umumnya masyarakat menyebut baso tahu sebagai siomay. Tapi di Bandung, masyarakat sering menyebutnya baso tahu. Makanan enak ini juga biasanya digabungkan dengan telur rebus, kol rebus, kentang rebus dan pare rebus. Tapi kalian juga bisa memilih sesuai dengan keinginanmu.

3. Bala-bala

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Bala-bala

Photo via cookpad.com

Saat kamu berkunjung ke Bandung pastinya kalian banyak melihat pedagang gorengan yang menawarkan bala-bala. Bala-bala ini jika dilihat mirip dengan bakwan karena terbuat dari tepung terigu yang dicampurkan dengan berbagai jenis sayuran kemudian digoreng hingga kecoklatan. Pada umumnya sayuran yang digunakan untuk bala-bala ini seperti wortel, kol dan tauge. Makanan ini tambah nikmat jika disantap dengan cabe rawit atau saos. Bala-bala ini juga bisa dijadikan teman minum teh atau kopi ketika pagi hari atau sore hari.

4. Bakakak Hayam

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Bakakak Hayam

Photo via fyine.com

Bakakak Hayam adalah salah satu makanan khas Sunda yang lezat. Makanan ini terbuat dari ayam utuh yang dipanggang dengan menggunakan bumbu-bumbu. Bakakak Hayam ini semakin nikmat jika di santap dengan nasi hangat, sambal terasi dan lalapan. Pastinya kamu akan ketagihan dengan menu makanan khas Sunda satu ini.

5. Colenak

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Colenak

Photo via resepkoki.id

Bandung dikenal dengan tape singkongnya, jika kamu ingin mencicipi tape singkong dengan cita rasa yang berbeda kalian bisa mencoba menu makanan satu ini yaitu colenak. Colenak ini terbuat dari tape singkong yang dibakar kemudian disajikan dengan saus gula merah serta parutan kelapa. Bayangkan betapa nikmatnya makanan satu ini jika dipadukan dengan teh atau kopi hangat.

6. Empal Gentong

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Empal Gentong

Photo via cookpad.com

Empal Gentong adalah makanan khas Sunda yang lezat dan wajib kamu coba. Makanan ini dimasak di dalam gentong sehingga makanan ini disebut empal gentong. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipadukan dengan berbagai macam rempah-rempah yang membuatnya terasa sangat lezat. . Empal gentong ini biasanya disantap dengan nasi hangat atau lontong. Untuk menambah cita rasa kalian juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan sambal.

7. Gepuk

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Gepuk

Photo via doyanresep.com

Makanan khas Sunda yang harus kamu coba lainnya adalah empal gepuk. Empal adalah irisan daging sapi yang sudah digoreng dengan bumbu-bumbu. Di tanah Sunda biasanya empal gepuk digoreng dengan bumbu-bumbu dan kelapa sehingga rasanya gurih dan nikmat. Biasanya gepuk ini disajikan dengan nasi hangat atau bisa juga kalian menyantapnya dengan sambal pedas dan lalapan. Makanan ini memiliki rasa yang akan membuatmu ketagihan.

8. Gehu

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Gehu

Photo via sajiansedap.grid.id

Gehu adalah makanan khas Sunda ynag lebih dikenal dengan gorengan khas Sunda. Makanan ini terbuat dari tahu sumedang yang diisi dengan taoge, kemudian di celupkan kedalam adonan tepung terigu lalu digoreng. Pada umumnya kita mengenalnya dengan sebutan tahu isi, namun gehu sendiri singkatan dari taoge dan tahu. Makanan satu ini sangat cocok disantap masih hangat dengan cabe rawit. Makanan ini juga sudah sangat populer di Indonesia.

9. Kupat Tahu

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Kupat Tahu

Photo via yummy.co.id

Makanan satu ini wajib kamu cicipi jika berkunjung ke Bandung dimana makanan ini bernama kupat tahu. Kupat tahu adalah makanan khas Sunda yang wajib kamu coba karena rasanya enak. Makanan ini terbuat dari ketupat atau lontong dan tahu goreng yang disiram dengan saos kacang yang nikmat. Kupat tahu ini tambah nikmat jika ditambahkan dengan sambal jika kamu suka makanan pedas. Namun jika kamu suka yang manis, kamu bisa menambahkannya dengan kecap.

10. Karedok

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Karedok

Photo via usaharumahan.id

Karedok adalah salah satu makanan khas Sunda yang sudah sangat populer di Indonesia. Makanan satu ini terbuat dari berbagai sayuran mentah seperti kol, terong hijau, timun dan lainnya, kemudian disiram dengan bumbu kacang. Tak hanya segar, makanan ini juga memiliki rasa yang nikmat. Makanan ini juga bisa disantap dengan nasi hangat, tahu goreng serta kerupuk.

11. Lotek

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Lotek

Photo via idntimes.com

Lotek adalah makanan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Sunda. Pada umumnya masyarakat Sunda menyantap lotek ini di siang hari karena rasanya gurih dan segar. Lotek ini terbuat dari sayuran yang sudah direbus seperti kol, taeoge, kacang panjang dan kangkung, kemudian disiram dengan saus kacang. Makanan ini juga bisa kamu santap dengan nasi hangat atau lontong, lotek ini semakin nikmat jika ditambah dengan kerupuk.

12. Mie Kocok Bandung

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Mie Kocok Bandung

Photo via pesonaindonesia.kompas.com

Makanan satu ini wajib kamu coba jika berkunjung ke Bandung dimana makanan ini adalah Mie Kocok Bandung. Makanan ini bertambah nikmat jika disantap saat cuaca sedang dingin. Mie Kocok Bandung ini terbuat dari mie kuning yang disajikan dengan kuah kaldu. Mie ini semakin nikmat karena disajikan dengan kikil, irisan seledri dan bawang goreng. Namun ada juga pedang mie kocok yang menambahkan daging sapi, baso dan babat sehingga rasanya semakin nikmat. Mie Kocok Bandung ini juga bisa kalian tambahkan sambal jika menyukai makanan pedas atau tambahkan kecap jika menyukai makanan manis.

13. Nasi Timbel

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Nasi Timbel

Photo via resepkoki.id

Nasi Timbel ini tentunya sudah banyak yang mengenalnya karena nasi ini sering disajikan di berbagai rumah makan. Nasi timbel ini adalah makanan khas Sunda yang sudah sangat terkenal. Pada awalnya, nasi timbel ini dihidangkan untuk para petani dengan menggunakan daun pisang untuk membungkusnya sehingga nasinya menjadi pulen dan memiliki aroma yang harum. Nasi ini biasanya dinikmati dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, ikan asin, pepes ikan dan lainnya. Makanan ini juga bisa disantap dengan sambal terasi agar lebih nikmat.

14. Nasi Tutug Oncom

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Nasi Tutug Oncom

Photo via resepkoki.id

Nasi Tutug Oncom adalah makanan khas Sunda yang lezat dimana makanan ini dihidangkan setelah menumbuknya dengan oncom bakar. Nasi ini diberi nama tutug oncom karena kata tutug berarti tumbuk. Makanan ini memiliki rasa yang nikmat karena ditumbuk dengan oncom bakar. Bahkan makanan ini semakin nikmat jika ditemani dengan tempe goreng, tahu goreng dan ayam goreng.

15. Nasi Liwet

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Nasi Liwet

Photo via blog.tokowahab.com

Saat berkunjung ke Bandung jangan lupa juga untuk mencicipi nasi liwetnya, meskipun nasi ini bisa kamu temukan di Solo namun rasa nasi liwet Sunda tidak bisa kamu lewatkan. Nasi liwet ini dimasak dengan berbagai rempah-rempah seperti serai, cabe rawit, bawang putih, kemangi, daun salam dan lainnya. Meskipun tidak dimasak dengan santan, namun rasanya tetap nikmat dan gurih. Nasi liwet ini juga biasanya disantap dengan ikan asin, tapi ada juga yang menyantapnya dengan tempe, tahu, sayur asem dan lainnya.

16. Pepes Ikan

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Pepes Ikan

Photo via cookpad.com

Pepes Ikan adalah salah satu makanan khas Sunda yang lezat dan wajib kamu cicipi, orang Sunda biasanya menyebutnya dengan pais. Pepes ikan ini memiliki banyak jenisnya seperti pepes ikan asin, pepes ikan teri, pepes ikan mujair dan lainnya. Pepes ikan ini dibuat dengan cara ikan yang telah dibumbui dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus. Biasanya bumbu-bumbu yang digunakan yaitu kunyit daun salam, serai, bawang merah, cabe rawit, jahe dan lainnya. Sebagian bumbu akan dihaluskan dan sebagiannya lagi diiris kasar. Aroma dari pepes ikan ini sungguh menggugah selera dan kamu bisa menikmatinya dengan nasi hangat.

17. Soto Bandung

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Soto Bandung

Photo via food.detik.com

Soto adalah salah satu makanan yang sudah sangat populer di Indonesia, tak heran jika ada berbagai jenis soto yang memiliki rasa yang berbeda-beda. Di Bandung terdapat soto yang terbuat dari tetelan daging sapi. Untuk membuat rasanya lezat ada berbagai macam bumbu yang digunakan seperti jahe, serai, lengkuas, gula, serai, bawang merah, merica, bawang putih dan berbagai rempah lainnya. Biasanya soto Bandung ini disajikan dengan irisan lobak, kacang kedelai, bawang goreng dan irisan seledri. Kamu juga bisa menambahkan sambal serta jeruk nipis agar semakin lezat.

18. Surabi

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Surabi

Photo via twitter.com/pasaraya_id

Makanan khas Sunda satu ini wajib kamu cicipi dimana makanan ini bernama Surabi. Surabi ini terbuat dari tepung beras yang dibakar dalam tungku yang terbuat dari tanah liat. Makanan khas Sunda ini memiliki rasa yang sangat unik meskipun menggunakan bahan-bahan yang sangat sederhana. Pada awalnya surabi ini disajikan dengan gula yang telah dicairkan, namun saat ini banyak pedagang yang mengkreasikan surabi menjadi makanan yang sangat nikmat. Saat ini, Surabi dapat dinikmati dengan berbagai topping seperti keju, selai stroberi dan lainnya.

19. Tahu Sumedang

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Tahu Sumedang

Photo via tokopedia.com

Tahu Sumedang adalah makanan khas Sunda yang sangat populer dan mudah ditemukan di Bandung. Tahu ini dinamakan tahu Sumedang karena memang diproduksi langsung di Sumedang. Tahu ini berbeda dari tahu jenis lainnya karena tahu Sumedang ini memiliki cita rasa yang gurih. Tahu Sumedang ini bisa kamu nikmati dengan cabe rawit atau sambal pedas. Makanan ini juga bisa kamu nikmati dengan kecap yang diberi potongan cabe rawit.

20. Tahu Gejrot

Makanan Khas Sunda Yang Lezat - Tahu Gejrot

Photo via blog.tokowahab.com

Selain tahu Sumedang, makanan khas Sunda lainnya adalah tahu gejrot. Tahu gejrot ini terbuat dari tahu Sumedang yang sudah dipotong-potong kemudian tahu ini disajikan dengan bumbu segar. Dimana bumbunya terdiri dari kencur, bawang putih, bawang merah dan cabe rawit. Makanan ini dikenal memiliki rasa yang enak dan segar.

 

Itulah beberapa makanan khas Sunda yang lezat dan bikin nagih. Jika berkunjung ke tanah Sunda jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya ya!

Artikel Terkait