Aneka Makanan Khas Thailand Yang Lezat Dan Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia

1 bulan lalu

Thailand merupakan salah satu negara yang saat ini semakin dilirik oleh wisatawan di seluruh dunia. Selain memiliki keindahan alam dan tempat wisata yang menyenangkan, negeri gajah puih ini juga memiliki kuliner yang enak-enak. Makanan di Thailand memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan kuliner khas Indonesia. Masakan Thailand terbuat dari berbagai macam rempah-rempah dan bumbu sehingga kenikmatannya sangat sempurna. Di Thailand sebenarnya memiliki empat jenis masakan daerah yang berasal dari Thailand Utara, Thailand Timur Laut, Thailand Tengah dan Thailand Selatan. Dari setiap daerah memiliki pengaruh masakan dari masakan Cina dan masakan dari negara-negara tetangga. Namun dari semuanya itu, kira-kira masakan khas thailand apa yang cocok untuk lidah orang Indonesia? Berikut ini aneka makanan khas Thailand yang enak dan cocok untuk lidah orang Indonesia

1.Pad Thai

Makan Khas Thailand Yang Enak Dan Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia - Pad Thai

Photo via : https://www.fmdos.cl

Pad Thai merupakan salah satu makanan Thailand yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Pad Thai ini bentuknya hampir mirip dengan kwetiau, biasanya makanan ini dihidangkan bersama dengan kuah, kucai, tauge, tahu kuning dan daging. Pad Thai ini sangat mudah di dapatkan di Thailand, terutama di kota Bangkok. Selain itu, Pad Thai ini menjadi satu-satunya makanan khas Thailand yang mengandung Thai di dalamnya. Nama makanan ini memiliki alasan menyandang nama pad thai. Pada tahun 1930-an, makanan ini ada dan di populerkan ke tengah masyarakat dengan tujuan membangkitkan semangat nasionalisme. Selain itu, makanan ini juga dibuat untuk mengurangi penggunaan beras, meskipun pad thai sendiri dibuat dari beras.

2. Tom Yum

Makan Khas Thailand Yang Enak Dan Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia - Tom Yum

Photo via : https://www.zliving.com

Tom Yum merupakan salah satu makanan khas Thailand yang sudah familiar di masyarakat Indonesia. Tom Yum merupakan sup dengan kuah asam pedas yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Makanan ini berisi seafood seperti udang, cumi dan kerang dan kuahnya terasa asam dan pedas yang membuat kita ketagihan. Di Indonesia sendiri memang ada beberapa restoran yang menjual Tom Yum namun berbeda rasanya jika kamu makan tom yum di negara aslinya langsung.

3. Kaeng Khiao Wan

Makan Khas Thailand Yang Enak Dan Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia - Kaeng Khiao Wan

Photo via : https://cmsaws.herworld.com

Kaeng Khiao Wan merupakan makanan yang biasanya berisi ikan, daging babi atau sapi. Kaeng Khiao Wan ini berarti kari yang terbuat dari cabai hijau yang memiliki rasa manis. Makanan ini menggunakan bahan dan bumbu yang terdiri dari sayuran, santan pasta kari hijau, gula hijau, takokak dan kecap ikan. Tak hanya itu saja, untuk menambah variasi terkadang buah-buahan juga ikut dicampurkan. Makanan Kaeng Khiao Wan ini sering dihidangkan dengan nasi putih, roti chapatti atau bihun. Meskipun makanan ini memiliki rasa manis, tapi bisa juga Kaeng Khiao Wan dibuat lebih pedas daripada kari merah.

4. Kaeng Phet

Makan Khas Thailand Yang Enak Dan Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia - Kaeng Phet

Photo via : https://blog.airpaz.com

Kaeng Phet merupakan makanan khas Thailand yang cocok untuk lidah orang Indonesia. Kaeng Phet ini berbahan utama daging sapi, ayam atau babi yang dimasak dengan santan dan bumbu kari dari campuran cabai merah, bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, terasi dan lainnya. Kaeng Phet ini merupakan salah satu jenis kari Thailand yang cukup terkenal dan memiliki cita rasa yang pedas. Kaeng Phet ini memiliki citarasa kuah kari yang begitu pekat sehingga tidak kalah dari kari khas Jepang ataupun India.

5. Khao Soi

Makan Khas Thailand Yang Enak Dan Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia - Khao Soi

Photo via : https://fullofplants.com

Khao Soi merupakan makanan yang berupa mie kuning yang legit yang disajikan dengan kuah santan yang gurih. Mie kuning yang digunakan Khao Soi ini terbuat dari ampuran mie basah.Untuk menimbah kenikmatan, Khao Soi disajikan dengan daging sapi atau daging ayam, acar timun, cabai, irisan bawang merah dan jeruk nipis. Sebenarnya makanan ini bukan berasal dari Thailand, namun berasal dari Myanmar yang kemudian di modifikasi sehingga sesuai dengan selera masyarakat Thailand.

6. Guay Teow Rhua

Makan Khas Thailand Yang Enak Dan Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia - Guay Teow Rhua

Photo via : https://www.gettyimages.co.jp

Guay Teow Rhua merupakan mie yang zaman dulu di jual diatas perahu sebelum mulai dijual di daratan. Mie ini sangat cocok untuk lidah orang Indonesia dan rasanya juga enak. Makanan ini bisa kamu dapatkan di kota-kota Bangkok. Makanan ini merupakan mie kuah yang disajikan dengan daging ayam, babi atau sapi kemudian ditambah dengan tauge dan daun bawang. Makanan ini memiliki porsi yang sedikit sehingga kamu harus memesannya 2 mangkuk agar kenyang.

7. Gai Yang

Makan Khas Thailand Yang Enak Dan Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia - Gai Yang

Photo via : https://www.youtube.com

Gai Yang merupakan makanan khas Thailand yang cocok untuk lidah orang Indonesia. Makanan ini berupa ayam bakar utuh yang bisa didapatkan di daerah Chiang Mai, Thailand. Ayam bakar yang akan disajikan ini terlebih dulu dibalurkan dengan bumbu-bumbu khusus yang menjadikan rasanya lebih khas. Setelah ayam ini dibalurkan bumbu-bumbu lalu dibakar. Untuk penyajian, Gai Yang ini disajikan pada piring besar dengan ayam yang sudah dipotong-potong kasar sehingga lebih mudah dimakan.

8. Khanom Chin Nam Ya

Makan Khas Thailand Yang Enak Dan Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia - Khanom Chin Nam Ya

Photo via : https://www.cooktube.in

Khanom Chin Nam Ya merupakan salah satu makanan khas Thailand yang menjadi salah satu kuliner yang selalu diburu oleh para pencinta kuliner khas. Makanan ini berupa mie putih yang disajikan dengan kuah kaldu yang berupa kari ikan yang mempunyai rasa pedas. Makanan ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di kota Bangkok. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

9. Tod Man Pla

Makan Khas Thailand Yang Enak Dan Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia - Tod Man Pla

Photo via : http://www.djfoodie.com

Tod Man Pla merupakan salah satu makanan yang berasal dari Thailand, dimana makanan ini menghidangkan daging ikan dan ayam. Makanan ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan perkedel. Ikan yang digunakan untuk makanan ini tidak sembarangan melainkan menggunakan ikan yang memiliki daging berwarna putih. Makanan ini biasanya diberi bumbu pasta kari merah ala Thailand. Selain itu makanan ini juga disajikan dengan irisan kacang panjang.

10. Khao Tom

Makan Khas Thailand Yang Enak Dan Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia - Khao Tom

Photo via : https://www.tasteofharmony.org.au

Khao Tom merupakan bubur nasi yang dimasak dengan campuran daging atau seafood. Makanan ini sama dengan halnya Tom Yum yang memiliki penamaan khusus untuk setiap campuran bahan yang digunakan. Jika bubur ini dicampur dengan udang maka diberi nama Khao Tom Goong. Jika dicampur dengan daging babi maka diberi nama Khao Tom Moo. lalu jika dicampur dengan ikan diberi nama Khao Tom Pla. Bubur ini mengandung bumbu rempah yang bisa menghangatkan badan sehingga cocok dihidangkan untuk orang yang sedang sakit atau masa penyembuhan. Selain itu, bubur ini juga cocok dimakan untuk sarapan dan dimakan ketika hawa sedang dingin.

11. Som Tum

Makan Khas Thailand Yang Enak Dan Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia - Som Tum

Photo via : https://www.sbs.com.au

Som Tum merupakan salah satu makanan yang enak dan cocok untuk lidah orang Indonesia. Makanan ini menggunakan beragam jenis sayuran tapi yang utama yaitu pepaya. Makanan ini berasal dari daerah Insaan yang terletak dibagian timur Thailand. Makanan ini merupakan makanan sehat yang berbentuk menyerupai salad yang di dalamnya terdapat irisan pepaya yang diberi bumbu bawang putih, cabai dan tomat. Semua bahan tersebut lalu di haluskan yang kemudian dicampurkan ke dalam salad. Makanan ini memiliki rasa pedas, manis dan asam bercampur menjadi satu dalam semangkuk salad.

12. Khao Pad

Makan Khas Thailand Yang Enak Dan Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia - Khao Pad

Photo via : https://indochinatours.info

Khao Pad merupakan salah satu makanan khas Thailand yang berbahan dasar nasi. Khao Pad ini bisa dibilang nasi gorengnya Thailand, nasi goreng ini berbeda dengan nasi goreng Indonesia. Jika nasi goreng Indonesia tidak terlalu banyak ditambahkan bahan pelengkap, nasi goreng Thailand lebih banyak dan menyehatkan. Nasi goreng Thailand ini diberi banyak tambahan dan potongan mentimun, cabai dan paprika. Selain itu, bahan lainnya yang juga ditambahkan adalah udang, ayam dan kepiting.

13. Kao Na Phet

Makan Khas Thailand Yang Enak Dan Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia - Kao Na Phet

Photo via : https://www.umetravel.com

Kao Na Phet adalah salah satu makanan khas Thailand yang berbahan dasar daging bebek. Daging bebek ini dipanggang dan dibumbui secara khusus sehingga rasa daging bebek ini empuk berpadu dengan rasa saus yang manis dan gurih. Kao Na Phet ini biasanya disajikan langsung diatas nasi putih dan ada juga beberapa rumah makan yang menyajikan Kao Na Phet tanpa nasi putih. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

14. Kai Med Ma Muang

Makan Khas Thailand Yang Enak Dan Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia - Kai Med Ma Muang

Photo via : https://www.thaimarket.nl

Kai Med Ma Muang merupakan salah satu makanan khas Thailand yang cocok untuk lidah orang Indonesia. Makanan ini berupa potongan ayam yang ditumis bersama kacang mete, selian itu makanan ini bisa dinikmati dengan nasi putih. Potongan ayam dan kacang mete ini ditumis bersama kecap asin, bawang, cabe, lada, wortel dan jamur. Kai Med Ma Muang ini bisa kamu temukan di restoran atau warung kaki lima yang berada di Bangkok dan sekitarnya.

15. Kao Moo Dang

Makan Khas Thailand Yang Enak Dan Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia - Kao Moo Dang

Photo via : https://highheelgourmet.com

Kao Moo Dang merupakan salah satu makanan khas Thailand yang cocok untuk lidah orang Indonesia. Namun, makanan ini hanya ditujukan untuk para wisatawan non-muslim karena mengandung daging babi di dalamnya. Kao Moo Dang ini berisi irisan daging babi tipis, sosis dan telur rebus, kemudian makanan ini akan disiram dengan saus sejenis saus BBQ yang memiliki rasa yang enak. Setelah itu, ditaburi dengan daun ketumbar dan daun bawang.

So….kira-kira mana yang menjadi makanan favorit kalian dari daftar makan khas Thailand diatas. Semuanya enak dan lezat lho!

Baca Juga