Mengerikan! Fakta Seputar Tradisi Pembantaian Lumba-Lumba di Jepang

2 bulan lalu

Jepang memang dikenal dengan berbagai hal aneh yang ada di negara ini. Mulai dari benda, teknologi bahkan beberapa budayanya. Salah satu budaya yang aneh sekaligus menyedihkan adalah adanya budaya / tradisi untuk untuk membunuh lumba-lumba secara masal. Kalau kalian tahu yang namanya laut merah yang disebabkan oleh adanya alga, kalau untuk di Jepang laut jadi memerah akibat darah lumba-lumba yang dibunuh. Lumba-lumba yang dibunuh bahkan tidak sedikit. Dari ratusan hingga puluhan ribu lumba-lumba telah terbunuh dalam tradisi yang dilaksanakan hingga saat ini. Tradisi mengerikan ini disebut dengan nama Taiji Drive Hunt. Seperti apa perburuan ini, berikut ini adalah fakta mengerikan tradisi pembantaian lumba-lumba di Jepang ini.

 

1. Lokasi perburuan

Mengerikan! Fakta Seputar Tradisi Pembantaian Lumba-Lumba di Jepang - Lokasi perburuan

photo via : captivecetaceans-tragicallysad.blogspot.com

Tradisi pembunuhan lumba-lumba dalam jumlah banyak ini dilaksanakan leh para nelayan Taiji di Kawasan Wakajima Jepang. Para nelayan ini ini biasanya beramai-ramai memburu lumba-lumaba dengan jalan menggiring kawanan lumba-lumba dari tengah laut menuju kepesisi pantai hingga selanjutnya dibunuh satu persatu.

 

2. Mendapat dukungan Pemerintah

Mengerikan! Fakta Seputar Tradisi Pembantaian Lumba-Lumba di Jepang - Mendapat dukungan Pemerintah

Benar-benar sesuatu yang aneh jika kita melihat hal ini. Kita tentu saja bisa tahu dan juga menyadari jika perburuan terus menerus yang dilakukan pada mahluk ini tentu akan menyebabkan hewan yang satu ini menjadi punah. Namun nampaknya, meskipun telah banyak ditentang oleh dunia Internasional mengenai perburuan lumba-lumba ini, ternyata pemerintah Jepang justru mendukung adanya tadisi ini. Salah satu alasannya karena hal ini telah dilakukan sejak dahulu oleh orang-oran disana.

 

3. Aturan cara penangkapan / pembunuhan Lumba-lumba

Mengerikan! Fakta Seputar Tradisi Pembantaian Lumba-Lumba di Jepang - Aturan cara penangkapan / pembunuhan Lumba-lumba

photo via : www.earthislandph.org

Meskipun pemerintah Jepang secara gamblang menyatakan jika mereka tidak akan melarang ataupun menghentikan tradisi perburuan lumba-lumba ini, namun mereka membuat sebuah aturan tentang cara penangkapan dan pembantaian lumba-lumba. Adapun tatacaranya adalah, Nelayan tidak diperkenankan untuk membunuh lumba-lumba dengan menggunakan pisau ataupun benda tajam sejenisnya. Cara yang diperbolehkan untuk membunuh lumba-lumba ini hanyalah dengan jalan menusukkan batang logam tipis ke leher dari lumba-lumba hingga mereka mati kehabisan darah. Aturan yang satu ini, selain melegalkan pembunuhan terhadap lumba-lumba juga bermakna membunuh lumba-lumba dengan amat kejam

 

4. Keseimbangan ekosistem terancam

Mengerikan! Fakta Seputar Tradisi Pembantaian Lumba-Lumba di Jepang - Keseimbangan ekosistem terancam

photo via : twitter.com/droishimaya

Seperti yang diketahui, lumba-lumba merupakan mamalia laut karnivora. Tidak seperti sahabatnya yakni paus yang hanya makan plankton, Lumba-lumba biasanya bertahan hidup dengan jalan berburu ikan-ikan kecil untuk bertahan hidup. Tentu saja dengan perburuan Lumba-lumba yang terus terjadi, dapat membuat ikan-ikan yang sebelumnya adalah mangsa lumba-lumba jadibertambah semakin banyak dan membengkak. Hal ini tentu saja akan mengganggu keseimbangan dari ekosistem laut yang kita miliki.

 

5. Berbagai macam lumba-lumba mengalami pembantaian

Mengerikan! Fakta Seputar Tradisi Pembantaian Lumba-Lumba di Jepang - Berbagai macam lumba-lumba mengalami pembantaian

photo via : www.dolphinproject.com

Dalam acara tradisi yang dilangsungkan ini, lumba-lumba yang dibantai ataupun diburu sama sekali tidak pandang buluh. Berbagai jenis lumba-lumba diburu dan dibunuh pada tradisi ini. Adapun lumba-lumba yang sering diburu adalah lumba-lumba jenis hidung botol, lumba-lumba yang memiliki strip di tubuhnya, dan lumba-lumba jenis Risso. Semua lumba-lumba ini dikumpulkan dari tengah laut untuk selanjutnya dibawa ke pesisir pantai sebelum akhirnya dibantai dengan sangat mengerikan

 

6. Daging lumba-lumba

Mengerikan! Fakta Seputar Tradisi Pembantaian Lumba-Lumba di Jepang - Daging lumba-lumba

photo via : en.wikinews.org

Entah digunakan untuk makanan atau apa, lumba-lumba yang dibunuh di daerah ini terus semakin meningkat. Tercatat Nelayan Taiji saja membunuh lumba-lumba setidaknya 2.400 ekor di tahun 2009 silam dan bahkan untuk kawasan negara Jepang secara keseluruhan, tercatat negara ini setidaknya membunuh 20.000 ekor lumba-lumba tiap tahunnya untuk diambil dagingnya. Adapun harga daging lumba-lumba dihargai sekitar $500-$600 dan harga inipun terus meningkat tiap tahunnya.

 

7. Dampak langsung perburuan lumba-lumba

Mengerikan! Fakta Seputar Tradisi Pembantaian Lumba-Lumba di Jepang - Dampak langsung perburuan lumba-lumba

photo via : theecologist.org

Jika kita melihat secara langsung, tentu saja dampak perburuan lumba-lumba secara berlebihan adalah akan membunuh banyak sekali spesies lumba-lumba. Seperti yang tercatat dalam sebuah data statistik perburuan lumba-lumba tersebut, jika hal ini tidak dihentikan dan ditanggulangi atau dicegah maka spesies lumba-lumba yang ada tentu saja akan mengalami kepunahan secara perlahan-lahan.

 

8. Dampak tidak langsung perburuan lumba-lumba

Mengerikan! Fakta Seputar Tradisi Pembantaian Lumba-Lumba di Jepang - Dampak tidak langsung perburuan lumba-lumba

photo via : www.coastalliving.com

Jika secara langsung adlah jumlah lumba-lumba yang akan terus berkurang, untuk dampak tidak langsung yang akan dirasakan oleh manusia adalah saat memakan daging lumba-lumba. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Jepang, daging lumba-lumba memiliki kandungan logam berat yang amat tinggi didalamnya. Oleh sebabnya, untuk orang-orang yang mengkonsumsi dagin lumba-lumba secara terus-menerus, akan rentan untuk mengalami penyakit kanker

 

9. Nasib lumba-lumba yang diburu

Mengerikan! Fakta Seputar Tradisi Pembantaian Lumba-Lumba di Jepang - Nasib lumba-lumba yang diburu

photo via : www.japantimes.co.jp

Satu hal pasti dari perburuan lumba-lumba ini adalah kemungkinan dari lumba-lumba ini mati terbunuh amatlah besar. Apalagi masyarakat Jepang yang terkenal suka makan daging ikan baik nantinya diolah menjadi sahimi ataupun sushi, intinya daging ikan amat diminati disana. Tentu saja hal ini juga sama dengan daging Lumba-lumba. Namun, selain dibunuh, untuk lumba-lumba yang masih hidup juga biasanya ditangkap oleh nelayan di daerah Taiji ini guna dibeli oleh akuarium-akuarium yang ada di Jepang. Lumba-lumba ini nantinya akan menjadi pajangan di akuarium besar atau menjadi seperti sirkus lumba-lumba di arena bermain.

Baca Juga