Merk Wajan Teflon Anti Lengket Yang Bagus

Dibuat oleh blogunik

Wajan merupakan salah satu peralatan dapur yang pastinya dimiliki hampir setiap rumah tangga. Salah satu wajan yang dapat mempermudah dan membuat kegiatan memasak lebih praktis dan menyenangkan adalah teflon. Teflon sendiri dikenal sebagai salah satu wajan yang memiliki kualitas baik dan anti lengket. Sehingga tak heran jika ibu-ibu rumah tangga memilih menggunakan alat memasak satu ini. Mau tahu merk teflon anti lengket yang bagus? Yuk simak ulasannya berikut.

Cara Memilih Teflon Yang Benar

Wajan satu ini memang dikenal anti lengket, mudah dibersihkan dan tahan lama. Namun tentunya hal tersebut tak lepas dari pemilihan wajan teflon yang benar. Nah, berikut ini ada beberapa cara memilih teflon yang benar

  1. Pilih Material Anti Lengket Yang Tepat

    Pada umumnya, bahan anti lengket yang digunakan untuk melapisi alat masak yang paling umum adalah bahan teflon. Bahan satu ini memiliki kualitas yang bervariasi sehingga harganya pun cukup bervariasi ada yang ratusan hingga hampir jutaan rupiah pun ada. Selain itu, wajan yang tipis dan ringan hingga yang tebal dan berat pun ada. Walaupun wajan satu ini banyak disukai para ibu-ibu karena mudah dibersihkan. Namun sebenarnya wajan lapis teflon ini tidak tahan suhu masak terlalu tinggi dan mudah terkelupas bila penggunaan dan perawatannya tidak tepat. Selain itu, terdapat juga wajan anti lengket yang berlapis keramik. Untuk harganya sendiri terbilang cukup mahal dibandingkan dengan teflon, tapi kekuatan lapisan anti lengketnya lebih baik tidak mudah terkelupas dan lebih tahan terhadap suhu tinggi.

  2. Perhatikan Ukuran Wajan

    Wajan sendiri memiliki berbagai macam ukuran ada yang berukuran kecil yang biasanya untuk membuat pancake atau telor mata sapi. Sedangkan wajan yang berukuran besar dapat digunakan untuk menggoreng dalam jumlah yang banyak. Pilihlah ukuran wajan yang kamu perlukan agar dapat digunakan secara maksimal.

  3. Pilih Material Gagang Yang Tidak Panas

    Selain ukuran, teflon juga memiliki gagang yang bervariasi. Ada gagang yang berbahan plastik, kayu dan logam. Wajan yang memiliki gagang berbahan plastik dan kayu cenderung aman digunakan. Gagang plastik sangat ringan, mudah digenggam dan yang terpenting adalah tidak mengantarkan panas sehingga lebih aman dan nyaman saat digunakan untuk memasak.

Cara Merawat Teflon Agar Awet

Jika kamu ingin memiliki teflon yang awet hingga bertahun-tahun, kamu harus mengetahui cara merawat teflon berikut ini

  1. Mencuci Teflon

    Ketika kamu selesai menggunakan teflon dan teflon masih dalam keadaan panas jangan buru-buru menyiramnya dengan air. Karena perubahan suhu yang drastis akan menyebabkan kerusakan pada lapisan anti lengketnya. Maka dari itu sebaiknya tunggu hingga reflon dingin dan barulah cucui sampai bersih. Selain itu, gunakanlah sabun pencuci piring dan spon pencuci piring yang lembut agar teflon tidak tergores dibagian anti lengketnya. Tak hanya itu saja, hindari merendam teflon dengan air sabun karena memungkinkan lapisan anti lengketnya untuk menyerap aroma dan rasa sabun tersebut.

  2. Memasak Dengan Api Kecil Hingga Sedang

    Saat memasak dengan teflon, gunakanlah api kecil hingga sedang. Karena penggunaan api yang besar hanya akan merusak lapisan anti lengket pada teflon.

  3. Jangan Menggunakan Spatula Bebahan Aluminium

    Untuk kamu yang menggunakan teflon, ada baiknya menyesuaikan spatula apa yang kamu gunakan. Spatula yang cocok untuk teflon adalah spatula yang terbuat dari kayu, plastik tahan panas atau silikon. Karena ketiga bahan tersebut tidak akan menggores permukaan teflon sehingga teflon tidak akan rusak.

  4. Membersihkan Noda Yang Membandel

    Jika ada noda yang membandel di teflon kamu bisa menggunakan asam sitrat atau baking soda. Kamu hanya cukup merebus sedikit air yang sudah dicampur dengan asam sitrat atau baking soda. Rebuslah hingga mendidih, setelah itu baru cuci teflon seperti biasa.

  5. Penyimpanan

    Ketika teflon sudha kering, kamu bisa melaipisinya dengan sedikit inyak goreng agar tetap terjaga kelembabannya. Kamu hanya cukup menuangkan sedikit minyak goreng pada kain yang lembut dan mengoleskannya pada permukaan alat masak. Selain itu, hindari penyimpanan menumpuk dengan perabotan yang lain, karena kemungkinan teflon akan tergores. Agar aman, sebaiknya gantung teflon agar tidak tergores dengan peralatan masa lainnya.

Merek Wajan Teflon Anti Lengket Yang Bagus dan Recommended

Buat kalian yang sedang mencari teflon, berikut ini ada beberapa merk teflon yang bagus dan pastinya anti lengket

1. Bima

Merk Teflon Yang Bagus - Bima

Photo via tokopedia.com

Bima adalah salah satu merk teflon yang bagus dan anti lengket, dimana wajan ini berbahan stainless steel yang dibekali dengan lapisan anti lengket. Teflon merk Bima ini memiliki harga yang terjangkau namun kualitasnya bagus. Selain itu teflon ini juga memiliki penghantar panas yang baik sehingga kamu akan lebih mengirit waktu dan juga gas.

2. Happy Call

Merk Teflon Yang Bagus - Happy Call

Photo via happycall.co.id

Happy Call adalah merk alat masak serba guna yang berasal dari Korea, dimana produk ini paling laris dan banyak diminati. Salah satu poduknya yang paling hits yaitu Happy Call Double Pan. Teflon ini dilapisi dengan silicone seal yang memiliki 2 susu teflon yang dapat digunakan keduanya dan memiliki fungsi mirip seperti oven yang akan mengunci panas. Menariknya lagi, teflon ini tidak memerlukan banyak minyak untuk memasak sehingga sangat hemat minyak dan lebih sehat. Tak heran jika merk Happy Call ini menjadi salah satu merk teflon yang bagus dan anti lengket.

3. IKEA

Merk Teflon Yang Bagus - IKEA

Photo via ikea.com

Siapa yang tidak mengenal merk satu ini yaitu IKEA, IKEA dikenal menawarkan berbagai macam produk rumah tangga seperti lemari, kasur, meja, rak, produk dapur dan lainnya. Salah satu produk dapurnya yang banyak diincar oleh para ibu-ibu yaitu teflon. Teflon merk IKEA sendiri ada banyak salah satunya yaitu Kavalkad, produk ini sangat ringan dan sangat nyaman digunakan untuk memasak. Selain ringan, produk ini juga dilengkapi dengan anti lengket sehingga kamu tidak perlu khawatir. Teflon ini terbuat dari bahan aluminium sehingga dapat memasak makanan merata.

4. Kirin

Merk Teflon Yang Bagus - Kirin

Photo via bukalapak.com

Kirin adalah merk teflon yang bagus dan tak kalah dari merk lainnya. Kirin sendiri memiliki teflon yang berkualitas tinggi dan salah satu teflonnya yaitu Kirin Saron Platinum Teflon Frypan ini memiliki lapisan Teflon Platinum Plus bintang 6 yang akan membuat masakanmu menjadi matang merata. Selain itu, teflon ini juga memiliki lapisan cast aluminium yang membuatnya mudah untuk dibersihkan dan dibagian pegangannya terbuat dari bakelite yang anti panas.

5. Lock & Lock

Merk Teflon Yang Bagus - Lock & Lock

Photo via blibli.com

Buat kamu yang ingin memiliki teflon ringan dan kuat kamu bisa memilih merk teflon satu ini yaitu Lock & Lock. Lock & Lock adalah salah satu merk teflon yang bagus dan anti lengket. Teflon ini memiliki dilengkapi dengan metode hard anodizing yang akan membuat teflon lebih tahan lama dan aman dari goresan logam.

6. Maxim

Merk Teflon Yang Bagus - Maxim

Photo via glodokelektronik.id

Maxim adalah salah satu merk yang memproduksi alat rumah tangga yang paling populer di Indonesia. Produk dari Maxim ini dikenal memiliki 3 lapisan yang menjadikannya tidak lengket, tidak mudah tergores dan lebih tahan lama. Merk satu ini juga dikenal menjadi salah satu merk teflon yang bagus dan anti lengket.

7. Maspion

Merk Teflon Yang Bagus - Maspion

Photo via blibli.com

Merk satu ini bisa dikatakan sudah lama berada di pasaran Indonesia yaitu Maspion. Maspion memiliki kualitas produk yang bagus dan memiliki berbagai macam pilihan ukuran. Teflon Maspion ini cocok dilengkapi dengan anti lengket yang berkualitas dan memiliki pegangan yang anti panas. Untuk harganya sendiri bisa dikatakan cukup terjangkau.

8. Oxone

Merk Teflon Yang Bagus - Oxone

Photo via alfacart.com

Oxone adalah merk teflon yang bagus dan anti lengkat dimana teflon ini memiliki harga yang cukup mahal. Teflon merk Oxone ini memiliki kualitas yang bagus tak heran jika harganya cukup mahal. Teflon dengan lapisan marble ini sangat aman untuk kesehatan dan anti lengket karena memiliki lapisan diamond coating material. Dengan lapisannya itu, hasil memasak akan lebih matang merata dengan hanya sedikit minyak.

9. Supra

Merk Teflon Yang Bagus - Supra

Photo via tokopedia.com

Merk satu ini mungkin tak sepopuler merk lainnya namun merk satu ini termasuk salah satu merk teflon yang bagus dan anti lengket, merk tersebut adalah Supra. Merk ini biasanya dijual dalam satu set yang terdiri dari 5 hingga 7 wajan. Produk teflon Supra ini juga ditawarkan dalam berbagai warna yang colorful. Selain itu, merk ini juga memiliki ukuran yang cukup besar ada yang berukuran 30 cm hingga 40 cm yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

10. Yoshikawa

Merk Teflon Yang Bagus - Yoshikawa

Photo via shopee.co.id

Yoshikawa adalah merk teflon yang bagus dan anti lengket yang memiliki lapisan anti lekat yaitu marble coating. Teflon ini juga memiliki handle bakelite yang akan membuat pegangan tahan terhadap panas. Selain itu dengan teflon ini kamu juga bisa memasak tanpa minyak sehingga kamu lebih hemat. Teflon merk Yoshikawa ini juga sangat ringan sehingga sangat nyaman digunakan dan tidak akan membuat tangan cepat pegal.

Itulah beberapa merk teflon anti lengket yang bagus yang bisa kamu pilih untuk menambah prabotan di rumah. Pilihlah teflon berdasarkan fungsinya dan sesuaikan dengan yang kamu butuhkan. Bagaimana kamu berminat memiliki teflon yang mana dari penjelasan diatas?

Baca juga:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.