Ini Lho Sumber Monetisasi di TikTok Yang Harus Kamu Ketahui

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Hari gini siapa sih yang nggak tau TikTok? Aplikasi berbagi video pendek ini memang sangat populer dikalangan anak muda, bahkan tak hanya anak muda, anak-anak, orang dewasa bahkan kaum manula pun banyak yang gemar bermain TikTok. Pasalnya di TikTok, kita bisa menemukan beragam video informasi, edukasi hingga video yang menghibur. Nggak heran jika banyak orang yang ketagihan bermain dan scrolling video di TikTok.

Namun ternyata TikTok nggak hanya sekedar hiburan saja lho, pasalnya kini kamu bisa mendapatkan cuan dari aplikasi besutan ByteDance ini. Khusus buat kamu yang aktif berkarya dan membuat konten di TikTok, kamu bisa melakukan monetisasi pada kanal maupun konten video pendek yang kamu buat.

Monetisasi sendiri adalah kegiatan yang bertujuan untuk menjadikan kanal atau konten seorang kreator agar mendapatkan sejumlah penghasilan.

Namun monetisasi di TikTok ini berbeda dengan monetisasi di platform lainnya seperti YouTube. Dimana TikTok tidak menyediakan layanan seperti AdSense dan sejenisnya. Iklan pada TikTok ini tidak menempel pada video para kreator. Iklan pada TikTok ini berdiri sendiri dimana kreator langsung melakukan kerja sama dengan brand.

Dengan kata lain, Monetisasi pada akun TikTok ini berperan sebagai sarana yang menghubungkan antara konten kreator dengan pemilik brand atau sponsor. Konten kreator yang mendapatkan deals atau tawaran untuk mempromosikan produk atau brand tentu secara otomatis akan menghasilkan uang.

Namun perlu diketahui bahwa seorang kreator di TikTok membutuhkan minimal 1.000 (seribu) pengikut agar dapat menerima tawaran kerjasama dari sponsor. Semakin banyak jumlah followers kamu, maka semakin tinggi kesempatan kamu untuk bekerjasama dengan sponsor yang besar. Dan tentunya akan semakin besar kesempatan bisa dapatkan uang dari TikTok.

Selain melakukan kerjasama dengan suatu brand atau pihak sponsor, kamu juga bisa menghasilkan uang dari TikTok dengan cara lain. Nah buat kamu yang ingin mendapatkan cuan dari TikTok, berikut beberapa sumber monetisasi di TikTok yang harus kamu ketahui. So let’s check it out guys!

1. Sponsored Content Post

Ini Lho Sumber Monetisasi Di TikTok Yang Harus Kamu Ketahui

photo via vox.com

Sumber monetisasi di TikTok yang pertama adalah dari Sponsored Content Post alias konten sponsor. Sponsored Content Post adalah postingan yang mempromosikan produk atau brand tertentu. Jadi kamu sebagai konten kreator di TikTok harus mempromosikan brand tertentu yang sudah bekerja sama dengan kamu melalui sebuah video TikTok.

Namun nggak sembarang konten kreator bisa melakukannya. Pasalnya para pemilik brand akan melihat jumlah followers, like, dan tayangan video milik kalian untuk mengukur tingkat engagement content creator di TikTok. Dari sana, akan terlihat apakah followers kamu cocok sebagai target market dari brand atau tidak.

Pelu diketahui juga bahwa jumlah follower yang harus dimiliki oleh konten kreator agar dapat bekerja sama dengan brand tertentu paling minim adalah 1000 followers. Karenanya, sebelum dapat menerima tawaran Sponsored Content Post, kamu harus berusaha menaikkan followers di TikTok. Semakin banyak follower kamu maka semakin besar kamu mendapat tawaran dari brand-brand besar.

2. Donasi atau Payout Coins dari live streaming di TikTok

Nah buat kamu yang sudah memiliki jumlah pengikut yang banyak atau minimal 1000 bahkan lebih, maka kamu bisa melakukan siaran langsung atau live streaming di TikTok. Ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang di TikTok.

Dengan melakukan siaran langsung di TikTok, kamu bisa memasang “donasi” sehingga TikTok memungkinkan mereka yang menonton siaran langsung kamu agar memberikan stiker gift. Stiker gift itulah yang nantinya bisa ditukar dengan uang.

Nah stiker gift ini biasanya hanya akan dikirimkan viewers untuk menghargai usaha konten kreator dalam memberikan konten TikTok. Jadi buat kamu yang ingin mendapat stiker gift saat melakukan siaran langsung, pastikan tema yang kamu bahas adalah hal yang bermanfaat dan menghibur ya!

3. Jasa Pengelola Akun atau TikTok Manager

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapat cuan dari TikTok adalah dengan menjadi TikTok Manager yang tugasnya mengelola akun baik personal milik orang lain maupun milik brand tertentu untuk meningkatkan engagement pada akun tersebut.

Cara mendapatkan uang dari TikTok ini sangat cocok untuk kamu yang paham seluk beluk dunia marketing. Pasalnya, ketika menjadi TikTok manager, kamu harus paham bagaimana cara meningkatkan followers, like, jumlah tayangan video hingga engagement.

Selain itu, kamu juga harus mengatur strategi content marketing, mengembangkan ide kreatif konten TikTok hingga mengelola tawaran kerja sama, dll.

4. Jual Beli Akun TikTok

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan di TikTok adalah dengan jual beli akun TikTok. Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu sangat mahir dalam membangun engagement dengan followers.

Caranya sangat mudah, karena kamu hanya perlu membuat akun TikTok dengan minat pada topik tertentu. Setelah membuat akun, kamu perlu menumbuhkan followers, like, jumlah tayangan, dan engagement dengan sangat baik. Bangun akun dengan followers yang memiliki minat sesuai dengan bidang bisnis suatu brand.

Dengan kata lain, kamu bisa membantu sebuah brand untuk mendapatkan target market yang sesuai untuk wadah berpromosi. Bahkan tak hanya brand, kamupun bisa menjual akun TikTok buatanmu kepada calon kreator TikTok dengan minat yang sesuai dengan dirinya.

5. TikTok Marketing

Selanjutnya ada TikTok Marketing. Namun cara mendapatkan penghasilan dari TikTok Marketing ini ditujukan bagi kamu yang memiliki suatu brand yang ingin promosi dan menarik konsumen dari aplikasi TikTok.

Cara promosi yang paling ampuh di platform ini adalah dengan TikTok Ads. TikTok ads merupakan salah satu media marketing agar bisa meningkatkan performa bisnis kamu melalui TikTok. Sama halnya dengan Facebook Ads atau Instagram Ads, TikTok memiliki algoritma yang dapat membantu iklan kamu terlihat oleh sasaran yang kamu inginkan.

Ada 5 jenis iklan di TikTok yang bisa kamu buat, mulai In-Feed Video, Brand Takeover, Hashtag Challenge, Branded Augmented Reality dan TopView Ads. Cara ini memungkinkan audiens lebih familiar dengan brand kamu dan tertarik membeli produk yang kamu iklankan

6. Influencer Marketing

Ini Lho Sumber Monetisasi Di TikTok Yang Harus Kamu Ketahui

photo via discovermagazine.com

Cara mendapatkan cuan di TikTok berikutnya adalah dengan cara Influencer Marketing. Cara ini ditunjukkan buat kamu yang memiliki sebuah brand dan ingin brand kamu dipromosikan oleh influencer atau konten kreator yang telah terkenal dan memiliki banyak penggemar.

Sederhananya, konsep dari pemasaran ini adalah perusahaan atau pelaku bisnis membayar influencer atau orang yang memiliki pengaruh ke masyarakat untuk melakukan promosi. Tentu saja cara ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan mereka melalui popularitas influencer tersebut.

Selain TikTok, cara ini juga biasa diterapkan di platform media sosial lain seperti Instagram dll.

7. Agensi Influencer

Mengingat ada banyak influencer TikTok yang belum mendapat tawaran kerjasama dengan suatu brand, maka kamu bisa memanfaatkan celah tersebut untuk membuat agensi influencer.

Agensi influencer sendiri adalah perantara yang menghubungkan antara brand yang ingin beriklan dengan influencer TikTok.
Selain jadi perantara, agensi ini juga biasanya menjadi koordinator, hingga manajemen, dari perjanjian iklan. Misalnya, mencarikan influencer yang tepat, mengatur konsep iklan, hingga mengelola kerja sama.

Cara ini cocok bagi kamu yang memiliki keahlian content marketing dan video marketing. Tidak ada salahnya mencari cuan dengan membuka agensi influencer.

8. Mengundang Teman

Sumber monetisasi di TikTok yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengundang teman. Dengan mengundang teman untuk join menggunakan TikTok, maka kamu akan mendapatkan kesempatan mengumpulkan koin yang bisa ditukarkan dengan saldo Dana.

Apabila teman kamu mengunduh aplikasi TikTok melalui tautan yang kamu berikan dengan kode undangannya, maka kamu akan mendapatkan bonus uang tunai setelah teman tersebut bergabung. Penghasilan ini juga akan terus bertambah saat teman yang kamu undang, melakukan aktifitas di TikTok lebih dari 10 menit. Semakin banyak teman yang kamu undang maka semakin banyak cuan yang kamu dapatkan.

9. Promosi Musik

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan cuan dari TikTok dengan cara yang sehat. Salah satunya adalah dengan melakukan promosi musik di TikTok. Seperti yang kita tahu, semua video di TikTok dapat diiringin dengan beragam jenis musik. Bahkan nggak jarang ada lagu lama yang tiba-tiba menjadi viral lantaran banyak digunakan untuk backsound konten TikTok.

Nah untuk kamu yang pandai menciptakan musik, nggak ada salahnya mempromosikan lagu ciptaan kamu di platform favorit semua kalangan ini.

Meski tidak ada royalti yang kamu dapatkan dari lagu-lagumu yang digunakan di TikTok, namun jika lagumu menjadi viral dan banyak dicari oleh orang, maka nggak menutup kemungkinan jika lagumu juga akan diunggah ke platform seperti YouTube. Nah dari YouTubelah kamu akan mendapatkan royalti.

Sederhananya, di TikTok semua orang akan bebas menggunakan lagu tersebut secara cuma-cuma. Tapi, popularitas lagunya yang bisa meluas ke YouTube dapat memberikan keuntungan secara finansial bagi kamu.

10. TikTok Shop

Sumber Monetisasi Di TikTok Yang Harus Kamu Ketahui

photo via openinfluence.com

Selain cara-cara di atas, sumber moentisasi di TikTok yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuka TikTok Shop. TikTok Shop adalah fitur belanja online dari aplikasi TikTok. Di sini kamu bisa menjual berbagai macam produk jualan yang kamu miliki dan natinya pengguna lain yang tertarik dengan produk jualanmu akan membelinya. Menariknya, kamu juga bisa menjual dan mempromosikan produk kamu secara langsung pada saat sesi Live Streaming.

Perlu diketahui adalah fitur TikTok Shop ini tidak mengarahkan pengguna ke situs web dari toko yang bersangkutan. Artinya, semua transaksi pembelian, chatting dengan penjual, hingga proses pembayaran dilakukan di dalam aplikasi TikTok itu sendiri. Tentu fitur TikTok Shop ini lebih memudahkan pengguna dari Instagram Shopping ataupun Facebook Shops.

11. TikTok Creator Marketplace

Ada juga nih cara mendapatkan cuan melalui platform TikTok dengan mengikuti TikTok Creator Marketplace (TCM). TCM ini merupakan satu wadah yang disediakan oleh TikTok untuk kamu para kreator yang ingin mendapatkan uang sambil membuat konten.

Dengan TCM ini kamu bisa mempromosikan diri kamu sendiri kepada perusahaan atau pemilik bisnis untuk menggunakan jasa kamu sebagai orang yang akan mempromosikan produk mereka.

Kamu bisa berkolaborasi dengan suatu brand atau pemilik bisnis untuk membantu mereka dalam menaikkan bisnis dan penjualan mereka. Dengan ini, kamu bisa mendapatkan bayaran yang layak sesuai dengan pengaruh yang kamu berikan untuk meningkatkan brand mereka.

12. TikTok Creator Fund

Satu lagi sumber monetisasi di TikTok yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti program TikTok Creator Fund.

TikTok Creator Fund sendiri adalah program pendanaan dari TikTok yang telah diluncurkan pada bulan Agustus 2020 sebagai bentuk dukungan terhadap konten kreator TikTok secara finansial. Kreator TikTok yang telah tergabung nantinya akan menghasilkan uang dari setiap jumlah tayang (views) pada video TikTok mereka.

Namun untuk dapat bergabung di program TikTok Creator Fund ini, kamu harus memiliki akun TikTok Pro dan telah memiliki lebih dari 10.000 pengikut atau followers. Bahkan kamu juga harus memiliki jumlah penayangan video TikTOk lebih dari 10.000 views selama 30 hari.

Sayangnya yang bisa bergabung pada program ini adalah para konten kreator yang berasal dari negara Amerika, Inggris, Perancis, Italia, Spanyol dan German.

Nah itu dia beberapa sumber monetisasi di TikTok yang harus kamu ketahui. Bagaimana menurut kalian guys? Tertarik untuk mendapatkan uang tambahan dari bermain TikTok?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.