Ini Lho Olahraga Ringan Yang Bisa Kamu Lakukan Setiap Hari Agar Tubuh Tetap Sehat

Dibuat oleh blogunik

Salah satu kunci hidup sehat adalah rutin berolahraga. Namun ada banyak orang yang tidak suka berolahraga karena malas berkeringat, ataupun karena tidak ada waktu untuk melakukannya. Mengingat saat ini, semua aktivitas dilakukan di rumah karena pandemi corona, tentunya tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak berolahraga. Rumah pun bisa menjadi tempat yang asyik berolahraga bersama anggota keluarga yang lain. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berolahraga ringan secara rutin di rumah. Tidak hanya untuk mengisi waktu luang, hal ini juga membuat kesehatanmu lebih terjaga. Olahraga dapat meningkatkan imunitas yang sangat berguna dalam masa pandemi virus Corona ini.

Olahraga ringan adalah latihan yang membutuhkan lebih sedikit tenaga dibanding latihan level sedang atau berat. Kegiatan rumah seperti menyapu, mencuci baju, menyetrika, atau membersihkan ventilasi bahkan masuk dalam kategori olahraga ringan. Namun selain itu, masih ada beberapa oleahraga ringan lainnya yang diperlukan tubuh agar tetap sehat yang harus kamu lakukan setiap hari. Kira-kira olahraga seperti apa saja? Berikut ulasannya!

1. Stretching

Berbagai Jenis Olahraga Ringan Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari - Stretching

photo via masala.com

Jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan setiap hari adalah Stretching. Stretching atau Menggeliat adalah gerakan yang kita lakukan untuk meregangkan otot atau tendon sehingga otot yang kaku menjadi fleksibel kembali dan rentang gerak (range of motion) jadi lebih besar. Hasilnya adalah otot yang tadinya kaku terasa menjadi nyaman  dan lebih mudah untuk dipakai bergerak kembali. Meski kedengarannya sangat sederhana, namun jika kamu stretching dengan cara yang benar, otot-otot akan menjadi lebih rileks, bahkan kamu secara tidak langsung melatih otot-otot tersebut agar lebih lentur dan bekerja dengan baik.

2. Peregangan dada

Berbagai-Jenis-Olahraga-Ringan-Yang-Dibutuhkan-Tubuh-Setiap-Hari-Peregangan-dada

photo via shape.com

Olahraga ringan selanjutnya yang bisa kamu lakukan setiap hari untuk membuat tubuh tetap bugar adalah peregangan dada. Olahraga ringan ini dapat kamu lakukan di rumah, baik pada pagi maupun sore hari. Peregangan dada bertujuan membuat postur tubuh lebih baik. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu berdiri tegak dengan posisi kaki selebar bahu.  Lemaskan pundak dan rentangkan tangan ke samping. Busungkan dada hingga kamu merasa ada tarikan di bagian tersebut kemudian tahan 5-10 menit, kemudian ulangi gerakan tersebut.

3. Rotasi leher

Berbagai Jenis Olahraga Ringan Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari - Rotasi leher

photo via spinenevada.com

Rotasi leher adalah salah satu olahraga ringan yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Olahraga ini bisa mengatasi rasa tegang di bagian leher yang mengganggu. Untuk melakukan olahraga ini, kamu bisa duduk tegak dengan bahu yang dilemaskan. Putar leher ke arah kiri sejauh mungkin, tahan selama 5 detik. Lakukan hal yang sama ke arah kanan.

4. Berdiri dengan satu kaki

Berbagai Jenis Olahraga Ringan Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari - Berdiri dengan satu kaki

photo via shutterstock.com

Selain rotasi leher, olahraga ringan dengan berdiri dengan satu kaki juga bisa kamu lakukan dirumah agar tubuh tetap terjaga kebugarannya. Caranya kamu hanya perlu berdiri tegak sambil menghadap dinding. Angkat kaki kiri hingga lulut sejajar dengan pinggang atau setinggi mungkin. Tahan selama 5-10 detik, kembalikan kaki ke posisi semula. Ulangi dengan kaki kanan.

5. Squat

Berbagai Jenis Olahraga Ringan Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari - Squat

photo via halodoc.com

Squat juga merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan dirumah. Jenis olahraga ringan ini mudah dilakukan di rumah karena gerakan yang dilakukan hanya berupa gerakan berdiri dan jongkok. Fokus pada olahraga ini adalah untuk membangun kekuatan pada tubuh bagian bawah. Selain memperkuat otot bagian bawah tubuh, olahraga squat secara rutin dapat meningkatkan fleksibilitas dan membakar kalori. Selain itu, olahraga ini juga bisa meningkatkan aliran atau sirkulasi darah ke seluruh tubuh dengan baik. Sehingga distribusi nutrisi dan oksigen pun akan berlangsung dengan maksimal.

Caranya dengan berdiri dengan posisi tegak, buka kaki selebar pinggul, lalu turunkan tubuh seperti hendak duduk, sambil luruskan lengan ke depan untuk menjaga keseimbangan. Kembali ke posisi tegak, lakukan gerakan ini beberapa kali.

6. Sit Up

Berbagai Jenis Olahraga Ringan Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari - Sit Up

photo via lifestyle.okezone.com

Olahraga ringan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah adalah sit up. Olahraga ini tidak membutuhkan banyak tempat. Gerakan sit up berfokus untuk membentuk otot perut. Selain itu, salah satu manfaat lain yang bisa didapat dari olahraga ini adalah bisa mengurangi cidera pada punggung, menjaga keseimbangan tubuh, dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Caranya dengan posisikan tubuh terlentang lalu tekuk lutut. Kemudian angkat tubuh bagian atas ke arah paha. Lakukan beberapa kali hingga otot perut terasa panas.

7. Push Up

Berbagai Jenis Olahraga Ringan Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari - Push Up

photo via alodokter.com

Selain sit up kamu juga bisa mencoba push up. Olahraga ringan ini tidak memerlukan tempat khusus untuk melakukannya. anya perlu tempat yang sesuai dengan ukuran tubuh kita. Selain dapat membentuk lengan, push up yang dilakukan secara rutin juga dapat mengurangi dan mengobati sakit pada punggung. Bagi perempuan bisa mencoba push up dengan menggunakan lutut sebagai penopang tubuh bagian bawah. Pada gerakan ini, kita harus meletakkan lutut sebagai penopang kemudian turunkan tubuh ke bawah seperti dalam pose push-up biasa. Dengan lutut sebagai penopang, kita memiliki lebih banyak keseimbangan sehingga lebih mudah dilakukan.

8. Plank

Berbagai Jenis Olahraga Ringan Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari - Plank

photo via hipwee.com

Plank adalah salah satu bentuk olahraga ringan yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat otot inti tubuh. Gerakan plank membantu membentuk otot di sekitar perut dan pinggang, serta memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan. Kamu akan menahan bagian perut dan bokong, sekaligus tangan dan kaki turut bekerja. Cukup lakukan plank selama 15 – 30 detik saja jika kamu masih baru. Setelahnya, kamu bisa menaikkan waktu plank.

Caranya dengan meletakkan siku di atas lantai dan letakan pergelangan tangan di depan, sejajar dengan siku. Dengan tangan, dorong tubuh ke atas dengan posisi leher lurus. Sedangkan posisi kaki lurus ke belakang. Yang menempel pada lantai hanyalah ujung jari. Pastikan badan lurus dengan mengencangkan otot perut. Tahan otot perut mengencang. Rasakan juga otot gluteal atau daerah pantat mengencang untuk menahan tubuh tetap lurus. Tahan gerakan sambil terus bernapas dengan normal

9. Jumping jacks

Berbagai Jenis Olahraga Ringan Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari - Jumping jacks

photo via gurupenjaskes.com

Jumping jacks merupakan olahraga ringan untuk pemanasan, merenggangkan otot-otot pada tubuh, meningkatkan stamina tubuh, membakar kalori, untuk mengencangkan tubuh dan untuk melatih otot paha, bokong serta bahu kamu agar semakin kencang.

Caranya dengan berdiri tegak, dengan posisi kaki rapat dan tangan di samping tubuh. Kemudian melompat dengan melebarkan kaki dan mengangkat kedua tangan ke samping hingga membentuk huruf V. Kembali pada posisi awal. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali. Istirahat selama beberapa detik, kemudian ulangi. Lakukan 3 set sebanyak 20-25 kali hitungan.

10. Lunges

Berbagai Jenis Olahraga Ringan Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari - Lunges

photo via healthline.com

Kalau kamu ingin mendapatkan paha yang kecil, kencang dan kuat, salah satu gerakan olahraga ringan yang sangat direkomendasikan adalah lunges. Ini adalah latihan untuk bikin paha kencang yang bisa kamu lakukan secara rutin. Kamu bisa melakukannya di mana saja, kapan saja, dan efeknya bagus untuk membentuk kaki dan bokong.

Bagi kamu yang pemula, kamu bisa mencoba gerakan dasar lunge dengan benar. Pertama-tama, taruh kedua tangan di pinggang dan berdiri tegak dengan bahu ditarik sedikit ke belakang. Mulailah dengan langkahkan kaki kanan ke depan, lalu pelan-pelan turunkan tubuhmu sampai lutut kaki depan menekuk 90 derajat. Tahan selama beberapa hitungan, lalu kembali ke posisi semula.

11. Yoga sederhana

Berbagai Jenis Olahraga Ringan Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari - Yoga sederhana

photo via yogajournal.com

Buat kamu yang suka yoga, kamu juga bisa melakukan beberapa gerakan yoga sederhana sebagai olahraga ringan yang bisa kamu lakukan setiap hari. Yoga membantu relaksasi tubuh sekaligus membentuk tubuhmu agar lebih indah. Tak perlu melakukan yoga rumit, cukup sederhana saja misalnya pose bertapa, child pose, cobra pose, dan lainnya. Lakukan selama 3 menit.

12. Naik turun tangga

Berbagai Jenis Olahraga Ringan Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari - Naik turun tangga

photo via realsimple.com

Bila kamu memiliki rumah tingkat dua atau tiga, kamu bisa memanfaatkan tangga sebagai media olahragamu yang efektif. Caranya tentu sangat mudah, kamu hanya perlu untuk menaiki dan menuruni tangga selama beberapa kali. Cukup lakukan ini selama 10-15 menit setiap harinya. Dengan melakukan olahraga sederhana ini secara rutin, kamu bisa mendapatkan tubuh yang langsing. Naik turun tangga dapat membakar kalori dengan sangat efektif.

13. Hula Hoop

Berbagai Jenis Olahraga Ringan Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari - Hula Hoop

photo via shutterstock.com

Alternatif olahraga ringan lainnya yang bisa kamu coba dirumah untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat adalah Hula Hoop. Walaupun terlihat sederhana, olahraga ringan yang sering dianggap hanya sebuah permainan ini ternyata memiliki efek yang luar biasa. Hula hoop memiliki manfaat untuk membentuk pinggul yang indah bagi wanita. Selain itu, bagi pria olahraga sederhana ini dapat melatih stamina bagian bawah tubuh.

14. Angkat dumbbell

Berbagai Jenis Olahraga Ringan Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari - Angkat dumbbell

photo via cyberspaceandtime.com

Angkat dumbbell adalah salah satu olahraga ringan yang dapat kamu pilih untuk menjaga tubuh tetap bugar. Olahraga ringan ini membutuhkan bantuan dumbbell alias barbel kecil dengan berat 1 kg atau botol berisi air yang digenggam di kedua tangan. kamu disarankan melakukannya sambil berdiri, tapi bisa juga dilakukan dalam posisi duduk.

Caranya dengan menggenggam dumbbell dan buka kaki lebar-lebar. Letakkan kedua tangan sejajar di sisi badan, kemudian angkat dumbbell hingga menyentuh pundak. Perlahan, turunkan tangan hingga kembali ke posisi semula. Olahraga ringan ini merupakan bentuk latihan kekuatan yang dapat kamu praktikkan dengan mudah di rumah.

15. Skipping

Berbagai Jenis Olahraga Ringan Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari - Skipping

photo via lifestyle.okezone.com

Satu lagi olahraga ringan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat adalah skipping atau loncat tali. Kita bisa tetap berkeringat walaupun berada di dalam rumah dengan melakukan olahraga ini. Melakukan olahraga ini tidak hanya melatih detak jantung kita, tetapi bermanfaat juga untuk membakar kalori secara intensif. Selain itu, lompat tali mampu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. Lompat tali yang dilakukan secara rutin mampu membakar 13 kalori setiap menit.

Nah itulah beberapa gerakan olahraga ringan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat yang bisa kamu lakukan setiap hari. Meski terlihat sangat sederhana, olahraga ringan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya ialah menghindari penyakit kardiovaskuler. Gerakan olahraga ringan diatas dapat membakar lemak sekitar 2,5 kalori per menit sehingga juga dapat membantu mencegah obesitas atau munculnya penyakit kronis lainnya. So, daripada cuma nonton drama di TV lebih baik melakukan olahraga ringan ini, bukan? Selamat mencoba guys!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait