12 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Yang Paling Populer

Dibuat oleh blogunik

Siapa yang tak kenal Banyuwangi? Kabupaten yang berada paling ujung Timur pulau Jawa ini menyimpan banyak destinasi wisata yang sayang jika tidak di eksplore. Mulai dari wisata alam, wisata seni hingga wisata kuliner bisa kamu temui di Banyuwangi. Namun ketika kamu mengunjungi ke Banyuwangi, tentunya belum lengkap rasanya bila kamu tidak membawa oleh-oleh khas Banyuwangi untuk keluarga di rumah. Secara Banyuwangi dengan segala keindahan dan keunikannya juga memiliki banyak pilihan oleh-oleh yang paling populer dan sayang jika dilewatkan. Nah buat kamu yang memiliki rencana berkunjung ke Banyuwangi, berikut 12 oleh-oleh khas Banyuwangi yang paling populer yang wajib kamu bawa pulang.

12 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi

1. Kue Bagiak

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Paling Populer

photo via selasar.com

Oleh-oleh khas Banyuwangi yang paling populer diawali oleh kue bagiak. Saking populernya, kue bagiak ini hampir dijual diberbagai pusat oleh-oleh yang ada di Banyuwangi. Kue berbentuk persegi panjang dengan sudut oval ini memiliki rasa manis, asin dan gurih yang bercampur menjadi satu. Namun kamu bisa mencicipi berbagai macam varian rasa yang ditawarkan kue bagiak. Beberapa diantaranya adalah kacang, durian, vanilla, pandan dan lain lain. Kue ini pas dijadikan sebagai oleh-oleh, karena bisa bertahan lama hingga tiga bulan tanpa terpapar sinar matahari secara langsung. Harga yang ditawarkan juga sangat murah, sehingga kamu nggak perlu ragu untuk memborongnya.

2. Sale Pisang

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Paling Terkenal

photo via tokopedia.com

Mungkin kalian sudah nggak asing lagi dengan sale pisang karena memang tidak sulit untuk menemukannya, bahkan beberapa daerah lain juga menjadikan sale pisang sebagai oleh-oleh khasnya. Namun yang menjadikan sale pisang Banyuwangi lebih spesial adalah karena Banyuwangi memiliki sale pisang dengan bermacam varian dengan rasa dan aroma yang khas. Terdapat keripik sale pisang, sale pisang goreng dan molen sale pisang. Apalagi Banyuwangi sendiri dulunya dikenal sebagai kota pisang, sehingga mempunyai buah pisang yang berkualitas.

3. Ladrang Sabrang

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Paling Populer

photo via putratravel.net

Camilan khas Banyuwangi yang populer dijadikan sebagai oleh-oleh berikutnya adalah ladrang sabrang. Camilan ini terbuat dari ubi ungu yang memiliki tekstur renyah dengan rasa yang lezat dan gurih. Selain enak dijadikan camilan, jajanan ini juga dipercaya dapat mengobati beberapa jenis penyakit. Mengonsumsinya secara teratur dapat mengobati beberapa penyakit seperti obesitas, kanker, dan diabetes. Selain itu, camilan ini juga mengandung kolin, beta karoten, dan serat yang cocok dijadikan sebagai menu diet. Menariknya lagi, memborong ladrang sabrang juga nggak akan membuat kantong bolong karena harganya yang merakyat.

4. Savana Cake

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Paling Terkenal

photo via banyuwangi.merdeka.com

Savana Cake merupakan oleh-oleh khas Banyuwangi yang belakangan ini sangat populer dikalangan wisatawan. Kue satu ini terbuat dari bahan dasar pisang yang diolah menjadi berbagai varian. Menariknya kue ini terinspirasi dari padang savana yang tersohor yang ada di Taman Nasional Baluran dan Taman Nasional Alas Purwo. Bahkan nama kelima varian kue ini diambil dari nama beberapa destinasi wisata, yaitu Savana Red Island, Savana Green Bay, Savana Blue Fire, Savana Sunrise of Java dan Savana Wedi Ireng. Meskipun savana cake ini rasanya sangat enak dan legit tetapi hanya dibanderol dengan harga Rp 35 ribuan per box jadi sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh keluarga dirumah.

5. Pia Glenmore

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Paling Populer

photo via cumibunting.com

Kalau kalian berpikir hanya Jogja yang menyediakan pia yang lezat, maka kamu wajib berkunjung ke Banyuwangi guys! Pasalnya Banyuwangi juga mempunyai bakpia khas yang dinamakan pia glenmore. Pia Glenmore menawarkan kelebihan tersendiri yang membuatnya patut untuk dijadikan oleh-oleh. Salah satunya adalah rasanya yang lezat dan harganya yang murah. Ada berbagai macam cita rasa yang ditawarkan Pia Glenmore seperti kacang kacang, pisang keju, nanas, strawberry, dan lain sebagainya yang bisa kamu pilih sesuai selera.

6. Kerupuk Rumput Laut

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Paling Terkenal

photo via food.detik.com

Oleh-oleh khas Banyuwangi terpopuler berikutnya adalah kerupuk rumput laut. Sesuai namnya, kerupuk khas banyuwangi ini menggunakan rumput laut sebagai bahan utamanya sehingga membuatnya berbeda dengan olahan kerupuk lainnya. Krupuk ini memiliki cita rasa gurih yang khas dan renyah, serta memiliki manfaat bagi kesehatan karena terbuat dari rumput laut. Meskipun diolah tanpa menggunakan pengawet buatan, tetapi produk yang satu ini dapat bertahan cukup lama. Dengan rasanya yang gurih dan juga tekstur renyah membuat kerupuk rumput laut ini terkenal di seluruh Indonesia.

7. Rengginang

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Paling Populer

photo via travelingyuk.com

Siapa yang nggak tau Rengginang? Camilan murah meriah sejuta umat ini memang memiliki rasa sederhana namun mampu membuat ketagihan dengan rasa gurih dan tekture renyah yang dimilikinya. Saking populernya, bahkan kita bisa dengan mudah mendapatkan rengginang di berbagai pasar hingga supermarket.

Meski begitu, kamu harus tetap mencoba rengginang khas Banyuwangi, pasalnya rengginang khas Banyuwangi mempunyai rasa dan tampilan
sedikit beda. Bentuknya bundar alami dan datar, karena dicetak dengan tangan, bukan dengan dengan cetakan khusus. Saat digoreng akan mekar merata dan rasanya lebih renyah ringan. Proses pengeringan juga tidak dilakukan di bawah sinar matahari melainkan memakai oven.

Menariknya cita rasa yang ditawarkan juga beragam. Ada rasa cumi, terasi, udang, atau bawang putih. Rengginang khas Banyuwangi ini tersedia dalam keadaan mentah atau sudah digoreng sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

8. Kopi Khas Banyuwangi

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Paling Terkenal

photo via fjb.m.kaskus.co.id

Belum lengkap rasanya kamu berburu oleh-oleh di Banyuwangi namun tidak menyertakan kopi khas Banyuwangi. Seperti yang kita tahu, Banyuwangi adalah salah satu daerah yang merupakan penghasil kopi terbesar di Indonesia. Kualitas biji kopi khas Banyuwangi juga sudah terkenal hingga mancanegara, bahkan berada di urutan keempat dengan kualitas terbaik di dunia. Kalau kalian berniat menjadikan kopi khas Banyuwangi sebagai oleh-oleh, Banyuwangi memiliki beberapa kopi yang paling terkenal dan menjadi andalan diantaranya adalah kopi kemiren, kopi lanang dan juga kopi seblang.

9. Batik Banyuwangi

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Paling Populer

photo via shopee.co.id

Ingin membawa oleh-oleh lain selain makanan, kamu bisa berburu batik khas Banyuwangi sebagai buah tangan yang tepat. Banyuwangi memiliki puluhan motif batik yang dapat menambah koleksi batik kamu. Batik dari Banyuwangi ini memiliki corak yang khas, dan saalah satu yang paling populer dan dikenal adalah corak Gajah Oling, yaitu corak batik menyerupai belalai gajah namun berbentuk bunga. Selain itu, corak batik yang menjadi khas Banyuwangi lainnya antara lain motif kangkung setingkes, gedhengan, sembruk cacing dan lain sebagainya.

Ukuran dari batik Banyuwnagi ini juga beragam dan masing-masing mempunyai proses yang berbeda, ada yang cetak, semi cetak dan batik tulis. Uniknya batik Banyuwangi dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu kisaran Harga Rp 80.000 hingga Rp 90.000 per potong. Dimana masing-masing potongannya memiliki lebar 2 meter.

10. Kaos Etnik Banyuwangi

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Paling Terkenal

photo via tokopedia.com

Selain batik, benda yang wajib diburu saat berkunjung ke Banyuwangi adalah kaos etnik khas Banyuwangi. Mengenakan kaos khas Banyuwangi bisa menjadi alternatif lain selain berfoto untuk menunjukkan bahwa kamu pernah mengunjungi Banyuwangi. Setiap kaos didesain dengan unik dan bercirikan daerah tersebut. Di Banyuwangi sendiri terdapat banyak gerai yang menjual kaus etnik dengan ciri dan karakter khas Banyuwangi baik berupa kata-kata maupun desain tertentu.

11. Kerajinan Gintangan Banyuwangi

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Paling Populer

photo via tourbanyuwangi.com

Kerajinan tangan khas Banyuwangi juga termasuk ke dalam daftar oleh-oleh paling populer di Banyuwangi. Salah satu yang paling populer adalah produk anyaman bambu dari Desa Gintangan, Kecamatan Rogojampi. Selain dapat memilih dan membeli langsung oleh-oleh anyaman bambu khas Banyuwangi, pengunjung juga dapat melihat proses pembuatannya. Produk anyaman bambu yang dapat dipilih juga sangatlah beragam dengan desain yang unik dan warna-warna yang cantik, mulai dari hiasan dinding sampai peralatan dapur.

Menariknya, produk kerajinan dari Gintangan ini nggak hanya dipasarkan secara lokal saja lho. Melainkan sudah dipasarkan mulai ke Bali, Surabaya, Medan, Papua, dan beberapa negara lainnya seperti Malaysia, Jepang, Eropa dan Amerika Serikat.

12. Panci-Dandang Kalibaru

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Paling Terkenal

photo via pariwisatabanyuwangi.com

Satu lagi oleh-oleh khas Banyuwangi paling populer adalah produk peralatan rumah tangga yang terbuat dari alumunium. Tepatnya di Kalibaru, kamu akan menemukan sederetan toko yang menjual aneka peralatan rumah tangga yang terbuat dari alumunium, seperti panci, dandang, wajan, oven, dan peralatan lainnya yang memiliki beragam ukuran serta desain yang menarik sehingga bisa jadi alternatif oleh-oleh khas Banyuwangi yang lain daripada yang lain.

Salah satu produk kerajinaan alumunium yang cukup terkenal dari Kalibaru adalah wajan bolic karya Onno W Purbo. Wajan tersebut banyak diburu karena dapat menguatkaan sinyal modem dengan dibuat menjadi seperti antena berbahan wajan dan paralon. Produk kerajinan ini telah menjangkau pasar luas di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan pangsa pasarnya merambah hingga ekspor.

Nah itu beberapa pilihan oleh-oleh khas Banyuwangi paling populer yang sayang jika dilewatkan. Jangan lupa membawa uang yang cukup untuk memborong produk oleh-oleh khas Banyuwangi yang super menarik tersebut ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *