Apa Itu Vegan Makeup Dan Apa Kelebihannya?

10 bulan lalu, by blogunik

Hampir setiap hari kita menggunakan kosmetik ataupun skin care untuk menjaga dan merawat kulit agar tetap sehat. Tapi tahukah kamu kalau sebagian besar merk makeup, kosmetik hingga skin care yang kita gunakan ternyata hasil dari pengorbanan banyak binatang percobaan? Bahkan binatang-binatang ini harus rela mengorbankan nyawanya untuk menghasilnya produk kosmetik yang aman untuk kita gunakan.

Setidaknya ada lebih dari ribuan atau mungkin jutaan kelinci, tikus, guinea pigs, monyet, anjing, kucing yang dipaksa untuk memakan, menghirup dan menggunakan produk yang sedang diuji coba. Bahkan bulu-bulu mereka dicukur habis untuk memudahkan para peneliti dalam melihat sejauh mana reaksi alergi yang timbul. Dikutip dari Uchysudhanto.com, para binatang percobaan ini akan diuji coba selama 28 hari sampai 90 hari dimana pada akhirnya mereka akan dibunuh lalu dibedah badannya untuk mempelajari efek dari produk terhadap organ dalam mereka. Parahnya, tidak sedikit animal testing ini dilakukan kepada hewan yang sedang hamil. Terlihat kejam? Namun itulah yang terjadi dibalik proses pembuatan kosmetik yang sering kamu gunakan.

Menyoroti hal ini, kini semakin banyak orang khususnya wanita yang sadar akan pentingnya menggunakan makeup, kosmetik maupun skin care yang aman baik bagi manusia maupun hewan, terlebih bagi mereka para pecinta hewan hingga penganut pola hidup vegan. Kampanye Anti Animal Testing juga semakin marak disuarakan, menyebabkan meluasnya kesadaran akan makeup yang aman baik bagi manusia maupun hewan. Jadi nggak heran kalau saat ini kita sering mendengar istilah Vegan Makeup, Vegetarian Makeup hingga Cruelty Free pada brand-brand kosmetik dipasaran. Lalu apa sih Vegan Makeup, Vegetarian Makeup dan Cruelty Free tersebut? Untuk lebih jelasnya, cek ulasannya berikut ini!

Apa Itu Vegan Makeup?

Seperti yang kita tahu, mereka yang menganut aliran vegan berarti tidak mengkonsumsi hewan dan produk turunannya seperti telur, susu, keju dan mentega. Jadi bisa dibilang Vegan Makeup merupakan makeup yang tidak menggunakan bahan-bahan dasar yang berasal dari binatang, seperti beeswax, susu, yogurt, lactic acid, keratin, madu, lanolin maupun collagen. Semua bahan harus berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Selain tidak menggunakan bahan dasar dari binatang, produk tersebut tidak boleh dicoba ke binatang sama sekali. Jadi, kalau semua produk atau brand sudah menggunakan kata-kata 100% Vegan, artinya produk tersebut bisa dibilang produk yang tidak diuji coba pada hewan atau disebut dengan cruelty free.

Perbedaan Vegan Makeup dengan Cruelty Free Makeup?

Sama-sama menggunakan prinsip yang ramah terhadap binatang, tapi keduanya punya makna yang berbeda. Jika vegan makeup 100% tidak memanfaatkan kandungan dari hewan hingga menyakiti hewan, Cruelty Free lebih mengacu pada proses pembuatannya yang tidak membahayakan hewan baik saat pengumpulan bahan dasarnya atapun pada proses pembuatannya. Sebab produk yang melakukan pengujian ke hewan tidak dikategorikan Cruelty Free karena tes yang mereka lakuka kepada hewan-hewan tersebut menyebabkan rasa sakit yang luar biasa bahkan menyebabkan kematian jutaan hewan tiap tahunnya.

Meskipun tidak menyakiti hewan, namun produk makeup maupun kosmetik cruetly free belum tentu vegan makeup. Hal ini dikarenakan bahan-bahan yang digunakan bisa jadi non vegan atau turunan dari hewan, seperti madu, lilin lebah, lanolin, kolagen, albumen, karmin, kolesterol, dan lainnya. Karena memang Cruelty Free lebih mengacu pada proses pembuatan yang tidak menyakiti hewan.

Burt’s Bees merupakan salah satu brand kecantikan yang tidak melakukan uji coba produknya pada hewan, namun kamu tentu mengetahui, kalau brand yang satu ini menggunakan bahan utama beeswax dan royal jelly yang dihasilkan dari hewan lebah. Sehingga Burt’s Bees hanya berlabel Cruelty-free, namun bukan produk kecantikan berjenis vegan.

Kelebihan Vegan Makeup dari Makeup Biasa

Kalau ngomongin soal vegan, tentu tidak hanya soal makanan yang dikonsumsi saja, karena seperti yang kita bahas saat ini, dunia kecantikan pun turut mengusung konsep vegan. Kosmetik vegan bebas dari bahan hewani dan bebas uji coba terhadap hewan (cruelty free). Karena itulah produk kecantikan ini menawarkan berbagai kelebihan dan semakin diminati. Buat kamu yang tertarik mengganti produk kosmetikmu dengan produk vegan, berikut kelebihan kosmetik vegan yang wajib kamu ketahui!

1. Baik untuk kesehatan

Bahan kimia dalam makeup atau produk kecantikan lainnya terkadang bisa memicu iritasi. Bahkan beberapa diantaranya juga berisiko menimbulkan berbagai ancaman bagi kesehatan kulit, gangguan reproduksi hingga ancaman serius pada organ vital. Sedangkan vegan makeup yang menggunakan bahan-bahan alami dan bebas dari bahan kimia dan kandungan hewani bisa membuat kulit tetap terjaga keindahannya dan tentu lebih sehat tanpa efek samping yang berbahaya. Inilah alasan utama kenapa kosmetik vegan yang tanpa bahan kimia jadi sangat digemari belakangan ini.

2. Terhindar dari bahan-bahan berbahaya

Vegan skincare bisa dipastikan terbuat dari bahan-bahan alami berkualitas dan tidak mengandung bahan berbahaya seperti paraben, Sodium Lauryl Sulfate, dan lainnya. Seperti yang kita ketahui, dua bahan di atas adalah musuh utama dalam memilih skincare karena bisa memberikan dampak akumulatif yang tidak baik bagi kesehatan. Jadi, dengan pakai vegan skincare, kamu otomatis terhindar dari bahan-bahan berbahaya.

3. Halal

Karena terbuat dari 100% tumbuh-tumbuhan, vegan kosmetik bisa disebut dengan kosmetik halal. Mengingat vegan kosmetik tidak mengandung elastin dari organ sapi, carmine dari serangga, hingga kolagen dari plasenta hewan atau manusia yang biasanya sering kita temukan dalam produk kosmetik lainnya. Pedahal produk makeup ataupun skincare yang menggunakan mikroba hasil rekayasa genetika dan melibatkan gen manusia atau hewan haram seperti babi tergolong kosmetik yang tidak halal. Dengan prinsip bebas dari bahan hewani dan ekploitasi hewan, tentu kosmetik vegan lebih terjamin kehalalannya.

4. Aman untuk kulit sensitif

Kandungan bahan dalam kosmetik vegan biasanya berasal dari racikan ekstrak tumbuh-tumbuhan. Formula tumbuhan biasanya mengandung banyak air yang bisa bantu menjaga kulit senantiasa lembap. Tanpa kandungan kimia di dalamnya, risiko iritasi pada kulit pun jadi berkurang. Inilah mengapa kosmetik vegan cocok dipakai oleh pemilik kulit yang sensitif.

5. Kosmetik vegan punya formula anti-aging yang baik

Bahan-bahan alami yang dipakai untuk membuat kosmetik vegan umumnya tinggi akan kandungan vitamin dan pelembab yang berfungsi sebagai anti-aging. Inilah yang membuat kosmetik vegan punya keunggulan dalam menjaga keremajaan dan kelembaban kulit supaya wajahmu awet muda.

6. Ikut menjaga lingkungan

Seperti yang kita ketahui, bahan vegan skincare hanya terbuat dari tumbuh-tumbuhan sehingga sangat ramah lingkungan. Selain itu, vegan kosmetik juga tidak memiliki kandungan kimia berbahaya dan tidak ada kekejaman pada hewan dalam proses pembuatannya. Bukan cuma memastikan produknya bebas dari kandungan hewani dan cruelty free, brand kosmetik vegan biasanya juga sangat peduli terhadap lingkungan. Salah satunya dengan menciptakan kemasan yang mudah didaur ulang. Ini artinya, dengan memakai kosmetik vegan kamu pun secara nggak langsung juga membantu menjaga lingkungan.

Daftar Brand Kecantikan Vegan Makeup dan Cruelty Free

Setelah mengetahui berbagai kelebihan dari vegan makeup ataupun kosmetik, nggak lengkap kalau kita tidak membahas merk atau brand-brand kecantikan yang mengusung konsep Vegan dan Cruelty Free. Tapi sebelumnya, kamu harus tahu kalau, istilah kosmetik vegan terbagi menjadi dua, yaitu vegan brand dan vegan product. Vegan brand adalah label kosmetik yang seluruh produknya 100 persen vegan, sedangkan vegan product adalah label kosmetik yang memiliki sebagian produk kosmetik vegan. Kira-kira merk kosmetik apa saja yang mengusung konsep Vegan dan Cruelty Free? Berikut ulasannya!

1. Inika Organic

daftar-brand-make-up-vegan-terbaik-Inika-Organic

photo via instagram.com/simplystylishsuffolk

Inika Organic bisa dibilang merupakan salah satu brand makeup vegan yang paling populer dikalangan para pecinta makeup ramah lingkungan. Tak hanya gencar melakukan kampanye vegan makeup namun produk yang diluncurkan seperti liquid foundation, highlighting cream, hingga lipstiknya pun dijamin pigmented. Brand makeup vegan Inika Organicpun telah bersertifikat PETA dan cruelty-free. Mereka tidak melakukan test produk apapun pada hewan, semua produk mereka adalah 100% vegan.

2. Cover FX

daftar-brand-make-up-vegan-terbaik-Cover-FX

photo via instagram.com/coverfx

Setelah Inika Organic, ada juga Cover FX yang menjadi salah satu brand makeup vegan yang populer di kalangan beauty blogger. Cover FX mengklain dirinya sebagai leader dari vegan dan cruelty-free makeup. Cover FX menghadirkan beragam kosmetik berbahan dasar alam yang ramah lingkungan. Sebagian besar produk Cover FX direkomendasikan untuk semua jenis tipe dan warna kulit. Cover FX juga merupakan brand makeup dengan konsep 100% vegan dan tidak pernah menguji cobakannya pada binatang.

3. The Body Shop

daftar-brand-make-up-vegan-terbaik-The-Body-Shop

photo via instagram.com/thebodyshop

Mungkin kalian sudah nggak asing lagi dengan brand kecantikan satu ini. The Body Shop adalah brand kecantikan yang selalu mengampanyekan cruelty-free dan animal testing free untuk seluruh produknya sejak pertama kali berdiri. Mereka berkomitmen penuh untuk menghindari uji coba menggunakan hewan. Baru-baru ini, The Body Shop mengumumkan bahwa separuh dari produknya telah memiliki label 100% vegan alias menggunakan bahan alami tanpa unsur hewani. Meskipun belum semuanya, beberapa produk andalannya sudah terjamin vegan. Sebut saja Drops of Youth dan parfum dengan Exlirs of Nature.

4. Kat Von D Beauty

daftar-brand-make-up-vegan-terbaik-Kat-Von-D-Beauty

photo via katvondbeauty.com

Baru-baru ini brand kecantikan Kat Von D Beauty telah mengumumkan bahwa mereka memformulasi ulang seluruh produknya untuk menjadi produk yang 100% vegan. Berdasarkan situs resminya, merek ini berkomitmen penuh untuk menjadikan seluruh produknya bebas dari unsur hewani dan menggunakan 100% bahan alami. Kat Von D Beauty juga menjelaskan bahwa produk mereka tidak menggunakan percobaan pada hewan. Dijamin cruelty-free.

5. ESQA

daftar-brand-make-up-vegan-terbaik-ESQA

photo via instagram.com/esqacosmetics

Selanjutnya ada ESQA, brand kecantikan satu ini merupakan brand makeup vegan asal Indonesia lho guys! ESQA menawarkan rangkaian produk yang di buat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Seluruh produknya dijamin bebas dari zat yang mengandung gluten, paraben, sodium lauryl sulfate, dan triclosan. Namun, Esqa Cosmetics ini baru bisa kamu dapatkan di online shop.

6. Flower by Drew Barrymore

daftar-brand-make-up-vegan-terbaik-Flower-by-Drew-Barrymore

photo via instagram.com/flowerbeauty

Kalau kalian penggemarnya Drew Barrymore, pasti kalian udah nggak asing lagi dengan brand kosmetik yang diluncurkannya, yakni Flower. Brand makeup satu ini mengklaim bahwa produk mereka sudah berlabel vegan dan tidak menggunakan bahan kimia berbahaya didalamnya. Brand makeup vegan ini lebih banyak mengandalkan ekstrak tumbuhan dan bahan alami untuk pembuatan produknya. Produk makeup dengan brand Flower inipun dengan mudah dapat ditemukan di drugstore di Amerika Serikat dan beberapa Negara lainnya dengan harga yang cukup terjangkau. Sayangnya, Flower belum hadir di Indonesia.

7. Axiology

daftar-brand-make-up-vegan-terbaik-Axiology

photo via instagram.com/axiology_beauty

Mungkin banyak diantara kalian yang belum mengetahui brand makeup Anxiology. Brand satu ini merupakan salah satu brand yang fokus memproduksi creamy lipstics yang dalam proses produksinya menggunakan minyak essensial buah dan minyak kelapa sebagai bahan dasar. Selain itu, brand makeup Axiology juga merupakan brand yang bebas dari bahan berbahaya, cruelty-free, animal testing free, dan 100% vegan.

8. B. Cosmetics by Superdrug

daftar-brand-make-up-vegan-terbaik-B-Cosmetics-by-Superdrug

photo via superdrug.com

B. Cosmetics by Superdrug adalah brand dari serangkaian produk kecantikan berkualitas tinggi dan ramah vegan dan juga cruelty-free. Brand makeup satu ini mengklaim bahwa produk mereka tidak mengandung bahan-bahan hewani dan turunannya. B. Cosmetics juga tidak melakukan uji coba pada binatang-binatang, sehingga brand makeup vegan ini termasuk brand makeup halal yang bisa aman kamu gunakan.

9. PHB Ethical Beauty

daftar-brand-make-up-vegan-terbaik-PHB-Ethical-Beauty

photo via instagram.com/phbbeauty

Brand makeup vegan berikutnya adalah PHB Ethical Beauty. Produk dari brand makeup satu ini cocok banget buat kamu yang mencari produk kecantikan bersertifikat halal. Tidak hanya halal, PHB Ethical Beauty juga 100% vegan dan cruelty-free. Keistimewaan lain dari brand ini adalah bahwa 20% keuntungan yang didapatkan akan disumbangkan ke berbagai amal di United Kingdom hingga seluruh dunia. Produk kecantikan PHB meliputi kosmetik, skin care, dan hair care. Beberapa produk best seller-nya antara lain organic eyeliner. mineral foundation, lip glosses, hingga make up brush.

10. Jeffree Star Cosmetics

daftar-brand-make-up-vegan-terbaik-Jeffree-Star-Cosmetics

photo via instagram.com/jeffreestarcosmetics

Jeffree Star Cosmetics merupakan brand kosmetik yang identik dengan packaging berwarna cerah, tak hanya packaging namun beberapa palet warna yang dimilikinya juga menyajikan warna-warna yang keren. Meskipun menyediakan warna-warna cerah, kamu nggak usah khawatir saat menggunakannya, pasalnya Jeffree Star Cosmetics merupakan brand makeup yang ramah vegan. Semua makeup di Jeffree Star Cosmetics dijamin cruelty free dan vegan. Makanya makeup dari brand ini aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

11. E.l.f. Cosmetics

daftar-brand-make-up-vegan-terbaik-Elf-Cosmetics

photo via instagram.com/elfcosmetics

Brand makeup vegan selanjutnya adalah E.l.f. Cosmetics. Mungkin kalian sudah nggak asing lagi dengan brand makeup satu ini. Pasalnya E.l.f. Cosmetics merupakan salah satu brand makeup yang cukup populer dikalangan beauty blogger. E.l.f. Cosmetics menyediakan semua produk makeup yang kamu butuhkan untuk mata, bibir, hingga wajah yang semuanya dijual dengan harga yang terjangkau. Meski beberapa brush E.L.F. memakai bahan-bahan berunsur hewani, namun kosmetiknya 100% Vegan dan cruelty free.

12. Pacifica

daftar-brand-make-up-vegan-terbaik-Pacifica

photo via instagram.com/pacificabeauty

Pacifica merupakan brand kecantikan yang populer karena mengkampanyekan produk-produk kecantikan berbahan dasar tumbuh-tumbuhan, yang ramah untuk para vegan dan lingkungan. Pacifica mengklaim dirinya 100% vegan dan cruelty-free. Pacifica juga memiliki banyak pilihan produk kecantikan, mulai dari makeup hingga body butter, parfum yang cocok untuk segala jenis dan tipe kulit.

Nah itulah beberapa brand vegan dan juga cruelty-free makeup yang aman digunakan dan juga ramah lingkun

Artikel Terkait