10 Pesawat Tempur Termahal di Dunia

Dibuat oleh blogunik

Pesawat tempur adalah salah satu alat pertahanan negara yang cukup penting, hal ini dikarenakan kendaraan satu ini tergolong fleksibel dalam melakukan serangan ke pihak musuh. Meskipun pesawat ini hanya muat dua orang saja, pesawat ini mampu melesat ke udara dengan kecepatan yang sangat tinggi. Yang menarik dari pesawat ini yaitu mereka dilengkapi dengan persenjataan yang sangat mutakhir. Tak heran jika pesawat tempur ini memiliki harga yang sangat fantastis, hal ini juga pastinya didukung dengan sistem pesenjataan, mesin, bahan pembuat pesawat dan lainnya yang mendukung pesawat ini agar tidak mudah dilumpuhkan di medan perang. Nah, kira-kira pesawat tempur apa saja sih yang memiliki harga fantastis? Berikut ini pesawat tempur termahal di dunia

10. Su-35 Flanker-E – $76.4 million

Pesawat Tempur Termahal Di Dunia - Su-35 Flanker-E

Photo via wikipedia.org

Su-35 Flanker-E adalah pesawat tempur multiperan, kelas berat, berjelajah panjang dan bertempat duduk tunggal berasal dari Rusia. Pesawat ini dikembangkan dari Su-27 dan pada walnya diberi nama Su-27M. Pesawat tempur ini dikembangkan untuk menandingi F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon. Pesawat ini juga dianggap sebagai sepupu dekat Sukhoi Su-30MKI karena kesamaan fitur dan komponen yang dikandungnya. Pesawat ini merupakan seri flanker terakhir dan merupakan pengisi kekosongan generasi antara 4 dan 5 dan bisa dimasukkan dalam generasi 4++.

9. F/A-18E/F Super Hornet – $79.8 million

Pesawat Tempur Termahal Di Dunia - Super Hornet

Photo via amilitaryaircraft.blogspot.com

F/A-18E/F Super Hornet adalah salah satu pesawat tempur termahal di dunia bermesin ganda berbasis carrier varian tempur multirole berdasarkan McDonnell Douglas F/A-18 Hornet. Pesawat tempur varian F/A-18E memiliki kursi single dan F/A-18F memiliki kursi tandem yang lebih besar serta lebih menguntungkan dari turunan lanjutan F/A-18C dan D Hornet. Super Hornet memiliki senapan mesin 20 mm internal dan dapat membawa rudal udara ke udara dan senjata udara ke permukaan. Bahan bakar tambahan dapat dipasang sebanyak lima tangki eksternal dan pesawat dapat dikonfigurasi sebagai tanker udara dengan menambahkan sistem pengisian bahan bakar udara eksternal.

8. Dassault Rafale – $93.6 million

Pesawat Tempur Termahal Di Dunia - Dassault Rafale

Photo via dassault-aviation.com

Pesawat tempur termahal di dunia selanjutnya adalah Dassault Rafale. Pesawat tempur sebaguna generasi ke-4.5 ini bermesin dua dan bersayap delta asal Prancis yang dibuat oleh Dassault Aviation. Pesawat ini dirancang sebagai pesawat berpangkalan di daratan maupun di kapal induk. Program pesawat Rafale ini terdiri dari tiga versi yaitu versi pesawat tempur mesin kembar multi peran, versi satu tempat duduk Rafale C dan versi dua tempat duduk Rafale B dan versi AL (kapal induk) Rafale M. Ketiga versi pesawat tempur ini dilengkapi dengan mesin, sistem tempur dan navigasi, sistem managemen pesawat dan sistem kontrol penerbangan yang sama. Pesawat temput ini dapat melakukan semua tipe misi dari penyerangan daratan hingga superioritas udara.

7. F-35A Lightning II – $94.6 million

Pesawat Tempur Termahal Di Dunia - F-35A Lightning II

Photo via super-hobby.com

F-35A Lightning II adalah pesawat tempur supersonik berkursi tunggal, bermesin tunggal yang dapat melakukan banyak fungsi seperti pertempuran udara ke udara, dukungan udara jarak dekat dan pengeboman taktis. Pengembangan pesawat ini dibiayai oleh Amerika Serikat, Britania Raya dan beberapa negara lainnya. Jika dilihat pesawat ini bentuknya seperti pesawat jet tempur modern, namun yang membuat jet ini khusus adalah perangkat lunak dan kemampuannya mengumpulkan data intelijen. Pesawat tempur ini juga dikatakan pesawat mata-mata di angkasa karena dapat mengumpulkan informasi dari angkasa luar, darat dan pesawat lainnya kemudian mengirimkannya ke para komandan di darat. Dengan hanya menekan sebuah tombol, maka sebuah kamera yang berada dibawah pesawat akan mulai bekerja untuk melihat keseluruhan pesawat.

6. Eurofighter Typhoon – $105.7 million

Pesawat Tempur Termahal Di Dunia - Eurofighter Typhoon

Photo via matamatapolitik.com

Salah satu pesawat tempur termahal di dunia lainnya yaitu Eurofighter Typhoon. Eurofighter Typhoon adalah sebuah pesawat tempur sayap delta buatan empat negara, berkemampuan melihat diluar batas pandangan (BVR), pesawat tempur superioritas udara jarak dekat dengan kemampuan serangan permukaan dan dapat beroperasi dalam waktu yang lama. Pesawat tempur ini juga menjadi salah satu yang tercanggih di kelasnya sebagai dapur pacu dua mesin Eurojey EJ200 yang dapat melesatkan pesawat hingga mencapai 2 Mach. Selain itu Eurofighter juga mampu melakukan terbang diatas kecepatan suara dengan membawa persenjataan dan secara konstan tanpa menggunakan afterburner/supercruise. Pesawat tempur ini juga dilengkapi dengan Radar Euroradar CAPTOR yang dapat memadu rudal jarak jauh di luar jarak visual serta berbagai senjata untuk menyerang sasaran di darat. Tak hanya itu saja, pesawat ini juga dilengkapi dengan Infra Red Search And Track System yang dapat memadu misilnya tanpa menggunakan radar.

5. F-117 Nighthawk – $107.7 million

Pesawat Tempur Termahal Di Dunia - F-117 Nighthawk

Photo via artstation.com

F-117 Nighthawk adalah pesawat tempur siluman yang hanya dimiliki oleh Angkatan Udara Amerika Serikat. Pesawat ini adalah hasil dari program pesawat siluman Lockheed Have Blue dan menjadi pesawat pertama yang dirancang khusus untuk menggunakan teknologi siluman. Pesawat tempur ini memiliki sebuah jejak radar yang sangat kecil sehingga secara virtual tidak dapat terdeteksi.

4. Chengdu J-20 Black Eagle – $110 million

Pesawat Tempur Termahal Di Dunia - Chengdu J-20 Black Eagle

Photo via wikipedia.org

Chengdu J-20 Black Eagle adalah salah satu pesawat tempur termahal di dunia. Pesawat tempur prototipe generasi kelima bermesin ganda dan multipeeran ini dikembangkan oleh Chengdu Aircraft Industry Group untuk Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat Cina (PLAAF). Pesawat tempur ini menggunakan mesin turbofan afterburning kembar yang memberi kecepatan maksimum 1.350 mph.

3. F-35B Lightning II – $121.8 million

Pesawat Tempur Termahal Di Dunia - F-35B Lightning II

Photo via f35.com

F-35B Lightning II adalah pesawat tempur versi lepas landas dan pendaratan vertikal (STOVL). dari jet Amerika Serikat terbaru dan paling berteknologi maju. Pesawat ini milik Korps Marinir A.S. Pesawat tempur generasi kelima ini menggabungkan kemampuan serangan udara ke udara serta udara ke darat. Selain itu, pesawat ini berisi sistem propulsi LiftFan dan Rolls-Royce yang dipatenkan dan mesin yang dapat berputar 90 derajat. Hal ini memberikan Korps Marinir AS opsi untuk mendarat di garis depan pertempuran tanpa landasan pacu yang panjang dan terstruktur. One Pratt & Whitney F135-PW-100 mesin turbofan kekuatan F-35B, memberikan kecepatan maksimal sekitar 1.200 mph atau 2 Mach.

2. F-35C Lightning II – $122.8 million

Pesawat Tempur Termahal Di Dunia - F-35C Lightning II

Photo via military.com

Pesawat satu ini versi pembawa jet terbaru dan paling berteknologi maju Amerika Serikat miliki Angkatan Laut AS. Pesawat tempur generasi kelima ini menggabungkan kemampuan serangan udara ke udara serta udara ke darat. Yang paling mahal dari keluarga F-35, F-35C memiliki sayap lebih besar dan roda pendaratan yang lebih kuat. One Pratt & Whitney F135-PW-100 mesin turbofan kekuatan F-35C, memberikan kecepatan maksimum sekitar 1.200 mph atau 2 Mach. Pesawat tempur ini menjadi salah satu pesawat tempur termahal di dunia.

1. F-22 Raptor – $152 million

Pesawat Tempur Termahal Di Dunia - F-22 Raptor

Photo via wikipedia.org

Dari sekian banyak pesawat tempur paling mahal, pesawat tempur satu ini menduduki posisi teratas. Pesawat tempur generasi kelima yang tersembunyi ini mulai beroperasi pada tahun 2005. Pesawat ini dilengkapi dengan dua mesin turbofan Pratt & Whitney F119-PW-100 dengan afterburner dan nozel vectoring dorong dua dimensi memberikan kemampuan manuver yang tak tertandingi. Pesawat ini juga memiliki kecepatan tertinggi lebih dari 1.500 mph dengan kemampuan supercruise.

 

Nah, itulah beberapa pesawat tempur termahal di dunia. Tak heran jika pesawat tempur tersebut memiliki harga yang fantastis karena dibekali juga dengan persenjataan dan perlengkapan lainnya yang tidak mudah dilumpuhkan oleh musuh.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.