Rangking 1 Sampai 5 Film The Final Destination

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Para pecinta film horror thriller tentu sudah nggak asing dengan film Final Destination yang sukses membuat sebagian orang trauma ketika menontonnya. Bagi yang belum tahu, Final Destination sendiri adalah salah satu franchise film horror asal Amerika yang memiliki jalan cerita yang unik dengan inti cerita yang khas yaitu “kejar-kejaran dengan maut”.

Berbeda dari film horor lainnya yang biasanya menampilkan adegan kejar-kejaran antara pemeran utama dengan pembunuh berdarah dingin, ataupun adegan bersembunyi dari hantu yang menakutkan, pada franchise film Final Destination, para karakternya justru hampir tidak menampilkan adegan pertahanan diri seperti film horor lainnya. Para karakter justru diburu oleh maut meski disaat sedang duduk di cafe. Hampir tak ada jalan keluar bagi para karakter film ini untuk kabur dari buruan pencabut nyawa.

Seperti yang kita tahu, hampir disetiap seri film Final Destination, tidak menyisakan karakter yang berhasil bertahan hidup. Semuanya tewas dengan beragam cara tragis dan mengerikan yang bagi sebagian penonton mungkin menyebabkan trauma ketika menontonnya.

Namun menariknya, New Line Cinema dan Warner Bros justru berhasil membuat lima film Final Destination, meskipun tidak ada karakter yang bisa menjadi penghubung ikonik dalam setiap seri film Final Destination. Maka dari itu, sangat menarik rasanya jika kita membahas seri Final Destination mana sih yang terbaik dari ke-5 film Final Destination tersebut. Untuk itu, berikut rangking 1 hingga 5 film Final Destination. So let’s check it out guys!

5. The Final Destination (2009)

Rangking 1 Hingga 5 Film The Final Destination

photo via imdb.com

The Final Destination yang rilis tahun 2009 menempati rangking ke 5 alias menempati titik terendah dari franchise film horor satu ini. Banyak yang menilai jika adegan awal yang menyebabkan banyak orang tewas akibat kecelakaan di sirkuit balap mobil sangatlah tidak universal.

Apalagi adegan tersebut banyak menampilkan serpihan dan bagian-bagian mobil balap yang meluncur kearah penonton dan seakan memburu para penonton di sirkuit tersebut. Bahkan banyak pemeran yang ditampilkan terbunuh dengan sangat mengerikan karena tertimpa ban mobil dengan sangat keras. Semua peristiwa yang ditampilkan dalam scene tersebut disebut sangat sederhana dan rendah.

Tak hanya itu, ide-ide pembunuhan lainnya yang ditampilkan dalam film ini juga dinilai terlalu simpel, bahkan ada yang menyebut jika beberapa adegan dalam film ini menjiplak cerita pendek Chuck Palahniuk. Penggemar juga dibuat kecewa karena karakter William Bludworth sama sekali tidak dimunculkan bahkan walau suaranya saja tidak.

4. Final Destination 2 (2003)

Rangking 1 Hingga 5 Film The Final Destination

photo via imdb.com

Meski memiliki beberapa adegan scene yang sangat bagus di dalamnya, namun Final Destination 2 yang rilis pada tahun 2003 ini tidak ada bedanya dengan The Final Destination (2009).

Salah satu yang membuat para penggemar merasa kecewa adalah saat adegan firasat kematian yang menumpuk di awal, dimana salah satu karakternya mendapat penglihatan bahwa rute yang akan ia lalui akan terjadi kecelakaan beruntun yang menyebabkan banyak kematian. Ini membuat kesan “kejutan” dalam film jadi menghilang.

Selain itu alur cerita yang berantakan dan terlalu berbelit-belit serta kisah yang terlalu rumit menjadi beberapa alasan yang membuat film Final Destination 2 tidak terlalu disukai oleh para penggemar.

3. Final Destination 5 (2011)

Rangking 1 Hingga 5 Film The Final Destination

photo via alchetron.com

Final Destination 5 adalah serial terakhir di rilis untuk film ini yang dirilis pada tahun 2011 dan di sutradarai oleh Steven Quale. Bisa dibilang Final Destination 5 ini cukup sukses dan memberikan kepuasan kepada para penggemar.

Cerita dalam film ini diawali dari seseorang pria bernama Sam dan kekasihnya  yang hendak pergi ke sebuah acara di Vancouver-British Island. Dalam perjalanan Sam berangkat menggunakan sebuah bus, namun tiba-tiba saja Sam mendapat penglihatan bahwa jalan yang akan dia lalui akan roboh. Meski bersaha tetap tenang, namun apa yang menjadi firasatnya menjadi kenyataan. Pada saat bus yang dikendari Sam melintas di atas jembatan gantung, tiba-tiba saja jembatannya terlihat bengkok dan patah sehingga menyebabkan banyak mobil tergelinding dan jatuh ke bawah rangka baja jembatan.

Meski kisah yang diceritakan bukanlah hal yang antimainstream namun banyak penggemar yang menyukai adegan ini lantaran semua orang yang selamat karena firasat di awal cerita saling mengenal satu sama lain, sama seperti film Final Destination pertama.
Selain itu, film ini juga menampilkan beberapa adegan kematian yang cukup dramatis, dan meskipun masih ada beberapa kekonyolan 3D, efeknya terlihat jauh lebih meyakinkan daripada yang ada di The Final Destination (2009).

Yang paling menarik adalah plot twist yang dhadirkan dalam film ini. Hampir tidak ada penonton yang sadar dengan beberapa petunjuk yang diberikan sepanjang film. Banyak yang menilai jika plot twist yang diberikan sangat brilian meskipun agak aneh.

2. Final Destination (2000)

Rangking 1 Hingga 5 Film The Final Destination

photo via imdb.com

Final Destination yang dirilis tahun 2000 merupakan film pertama yang mengawali franchise film horror ini. Disutradarai oleh James Wong (The X-Files), Final Destination (2000) memberikan dimensi baru dalam film film horror remaja di tahun 2000-an.

Sebagai film yang digarap pertama kali, tentu semua pihak menggarap film ini dengan pernuh pertimbangan, banyak hal yang harus diperhatikan sehingga menghasilkan film horor yang sukses dan laris manis di tahun 2000-an. Meski belum dapat dikatakan sebagai series Final Destination yang paling baik, namun film ini mampu membuka jalan untuk terbentuknya franchise film horror ini.

Final Destination (2000) sendiri menceritakan tentang seseorang yang memiliki firasat tentang peristiwa mengerikan dan mematikan di masa datang. Tokoh yang memiliki firasat tersebut kemudian mencoba menipu kematian dan menyelamatkan beberapa nyawa lainnya. Namun pada akhirnya, kematian tak bisa dihindari dan mendatangi para korban yang selamat satu per satu. Mulai dari kecelakaan pesawat, hingga rentetan adegan kematian yang tidak terlalu menakutkan ditampilkan dalam film ini dinilai masih masuk akal dan tidak terlalu berlebihan.

1. Final Destination 3 (2006)

Rangking 1 Hingga 5 Film The Final Destination

photo via imdb.com

Nah yang menempati rangking pertama sebagai film terbaik dalam franchise film Final Destination adalah Final Destination 3 yang dirilis pada tahun 2006. Berkaca dari kegagalannya di film Final Destination 2 (2003), Final Destination 3 (2006) hadir dengan perencanaan yang begitu matang.

Apa yang kita harapkan dari kisah horor Final Destination semuanya bisa kita dapatkan dari sekuel ketiganya ini. Mulai dari ketegangan, kecemasan, ketakutan ketika diburu oleh kematian serta adegan pembunuhan yang terencana dan rumit yang bahkan tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Adegan awal dalam film Final Destination 3 (2006) sendiri dibuka dengan adegan kecelakaan rollercoaster yang tergelincir di taman hiburan dan membuat banyak orang meninggal. Sekelompok siswa SMA mencoba mencari tahu apa yang terjadi setelah rollercoaster tersebut menewaskan teman-teman mereka.

Alur cerita yang disampaikan benar-benar rapi dan jelas sehingga penonton tidak harus menonton secara berulang untuk menangkap pesan yang disampaikan oleh film ini. Jadi nggak heran jika film Final Destination 3 dinobatkan sebagai film terbaik dan menempai rangking pertama dalam franchise film Final Destination.

Nah itu dia urutan rangking setiap film Final Destination yang telah dirilis mulai tahun 2000 hingga tahun 2011. Bagaimana menurut kalian? Apa kalian memiliki pendapat yang berbeda?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *